5 Tips Touring Naik Motor, Cek Perlengkapan Berkendara!

Jumat 04 Agustus 2023, 08:00 WIB
Ilustrasi. Tips Touring Naik Motor, Cek Perlengkapan Berkendara!  (Sumber : Pexels)

Ilustrasi. Tips Touring Naik Motor, Cek Perlengkapan Berkendara! (Sumber : Pexels)

SUKABUMIUPDATE.com - Touring naik motor termasuk salah satu kegiatan healing favorit di akhir pekan. Sepeda motor touring sendiri adalah jenis sepeda motor yang dirancang untuk touring.

Meskipun hampir semua sepeda motor dapat digunakan untuk touring, namun pabrik telah mengembangkan model khusus yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan khusus pengendara ini

Sebagian pengendara sepeda motor rela merasakan letih dan lelah bahkan sampai mengalami luka-luka demi sensasi bermotor jarak jauh atau touring. Akan tetapi, bila bisa berkendara dengan aman lagi nyaman, sekaligus meminimalkan potensi celaka pastinya semakin bernilai positif.

Baca Juga: Rocky Gerung Dilaporkan ke Polisi Terkait Dugaan Ujaran Kebencian Presiden

Inilah semangat positif tim Safety Riding Promotion (SRP) PT Wahana Makmur Sejati yang dibagikan kepada para pengguna kendaraan roda dua. Termasuk para peserta Green Touring - Road to WAG 51 beberapa saat lalu (28-29/8/2023), yang mana sebagai bagian dari perayaan PT Wahana Artha Group yang menaungi PT Wahana Makmusr Sejati, main dealer motor Honda Jakarta Tangerang.

"Mental jadi modal awal bagi pemotor saat memutuskan melakukan perjalanan jauh dengan motor kesayangannya. Namun jangan cuma mental dan nyali, diperlukan lebih dari kedua faktor untuk pencarian pengalaman makin seru dan tidak terlupakan," ungkap Agus Sani, Head of SRP PT Wahana Makmur Sejati, dikutip via Suara.com, Kamis (3/8/2023).

"Mental itu penting, tapi tanpa skill bisa fatal. Jadi pikirkan matang-matang sebelum memilih motor yang akan dijadikan teman bertualang dalam mencari sensasi di atas roda dua," lanjutnya.

Baca Juga: 10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bahasa Tubuhnya

Instruktur yang telah menghabiskan banyak waktu di bidang edukasi berkendara aman dengan semangat #cari_aman ini berbagi sederet tips memilih tunggangan bermotor serta cara touring aman serta nyaman:

Tips Touring Naik Motor

1. Siapkan mental

Mencoba beragam hal tanpa keberanian tidak akan terwujud, namun jangan sekali-kali praktek ini dijalankan dalam berkendara motor.

Mental akan hadir jika motor yang dipilih sesuai dengan karakter, postur, serta kemampuan pengendalian sepeda motor.

Baca Juga: Mencintai Teman Diam-diam, Tanda Terjebak Hubungan Friendzone?

Tanamkan pengertian, mental tanpa skill berbahaya. Yaitu perlu adanya kemampuan dalam mengendalikan sepeda motor yang menjadi pilihan.

2. Pilihan sepeda motor

Jangan ingin tampil keren lalu memilih motor bermesin besar namun tanpa kemampuan mengendarai yang mumpuni. Pilihlah unit sepeda motor yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Mesin besar tidak menjamin perjalanan menyenangkan.

"Memang benar mental dan cara berkendara yang baik bisa menjadi kunci pengendara berpostur kecil mampu mengendalikan motor dengan baik," papar Agus Sani.

Contohnya gaya berkendara pembalap MotoGP yang berpostur sedang, tidak terlalu tinggi namun dengan baik menggunakan kemampuan mengajak manuver motor di tikungan ataupun akselerasi di jalur lurus.

"Badan kendalikan motor, dan sikap tangan serta kaki pembalap berbeda dengan kegiatan touring di jalan raya. Tujuan dan tentunya karakter motor serta jalan yang dilalui berbeda," tambahnya.

3. Pahami karakter motor

Sekali lagi, bukan asal berani. Motor didesain dengan beragam perbedaan. Seperti kubikasi mesin, bobot, fungsi hingga kemampuan jelajahnya.

Baca Juga: Benarkah Wajah Mirip Berarti Jodoh? Riset Ungkap Alasannya

Memahami karakter motor ini akan menghasilkan sikap berkendara pengguna kendaraan saat melakukan perjalanan jauh dengan motor kesayangannya.

4. Perdalam skill

Jika skill ada dipastikan mental akan lebih baik saat berkendara. Dengan motor yang besar dan berbagai kondisi jalan yang berbeda akan menghasilkan sensasi bermotor yang menyenangkan.

5. Perlengkapan berkendara lengkap dan berkualitas

Perlengkapan berkendara berkualitas juga menjadi bagian dari pemahaman mental. Peranti bermotor ini akan melindungi bagian tubuh dari cedera saat kecelakaan.

Apabila protektor atau pelindung bermutu tinggi tentunya fungsi semakin maksimal, seperti pepatah "ada harga ada rupa".

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 23:13 WIB

Mau Diperbaiki? Jembatan Reyot Penghubung Waluran-Surade Sukabumi Ditinjau Staf Kemenlu

Jembatan gantung yang berada di aliran Sungai Cikarang, Kampung Cukangbayur, Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, kondisinya sudah lapuk.
Pemdes Caringinnunggal Kecamatan Waluran. Staf Kemenlu, Relawan dan Pemdes saat meninjau Jembatan Gantung Sungai Cikarang | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi04 Mei 2024, 22:54 WIB

58 Persen Masyarakat Kabupaten Sukabumi Kurang Puas Atas Kinerja Marwan-Iyos

Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute, merilis hasil survei terkait tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Sukabumi dibawah kepemimpinan Bupati Marwan Hamami dan Wakil Bupati Iyos Somantri.
Gedung Pendopo Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi04 Mei 2024, 21:49 WIB

Niat Cari Kerja: Pelaku Tolak Sodomi hingga Duel Sebelum Bunuh Pria di Citepus Sukabumi

Kasat Reskrim Polres Sukabumi, AKP Ali Jupri, mengatakan bahwa pelaku berinisial A (20 tahun) awalnya mendatangi Ceceu ini dengan niat mencari kerja, sebelum akhirnya membunuh korban
Pelaku pembunuhan setelah ditangkap di Mapolsek Parungkuda Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi04 Mei 2024, 21:09 WIB

Pemkab Sukabumi Akan Relokasi Rumah yang Terdampak Longsor di Cibadak

Pemerintah Kabupaten Sukabumi berencana merelokasi warga terdampak longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/RW 11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, yang berdampak pada belasan rumah.
Foto udara lokasi longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Instagram/@kiekiesukabumi
Sehat04 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari

Berikut Sederet Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari yang Bisa Dilakukan.
Ilustrasi - Pijat Ringan untuk Meringankan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih04 Mei 2024, 20:46 WIB

Survei Terbaru Elektabilitas 17 Calon Bupati Sukabumi: Tidak Ada Sosok yang Kuat

asil survei dirilis oleh Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute bekerjasama dengan Litbang Sukabumiupdate.com.
Ilustrasi pasangan calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari jalur perseorangan atau independen | Foto : Sukabumi Update
Life04 Mei 2024, 20:00 WIB

6 Dampak Buruk Terlalu Memanjakan Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

Terlalu memanjakan anak rupanya memiliki dampak buruk bagi perkembangan anak jika sudah tumbuh dewasa. Ini yang perlu diperhatikan para orang tua.
Ilustrasi. Dampak buruk terlalu memanjakan anak. Sumber foto : Pexels/ Pavel Danilyuk
Sukabumi04 Mei 2024, 19:40 WIB

Sukabumi Dinilai Stagnan, Koalisi 5 Partai Cenderung Usung Figur Alternatif di Pilkada

ima partai politik yaitu, PKB, PKS, Demokrat, PAN dan PDIP secara resmi berkoalisi di Pikada Kabupaten Sukabumi 2024. Deklarasi koalisi digelar di salah satu kafe di Jalan Cemerlang, Kota Sukabumi, Sabtu, (4/5/2024).
Deklarasi koalisi 5 partai, PKB, Demokrat, PKS, PAN, PDIP | Foto : Asep Awaludin
Sehat04 Mei 2024, 19:00 WIB

5 Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Penderita Asam Urat Sebaiknya Mengetahui Apa Saja Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Guna Mencegah Serangannya Kambuh.
Ilustrasi. Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels/OzielGomez)
Sukabumi04 Mei 2024, 18:57 WIB

Di Kubur Berdampingan, Pasutri Tewas Tertabrak Kereta di Kebonpedes Sukabumi Dikenal Ramah

Dalam prosesi pemakaman, berlangsung haru serta diiringi isak tangis keluarga. Mengingat semasa hidup korban yang baik dan suka bersosialisasi dengan tetangga.
Suasana saat pemakaman jenazah suami istri korban tertabrak kereta di Kampung Gunung Kebonpedes Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin