5 Tips Touring Naik Motor, Cek Perlengkapan Berkendara!

Jumat 04 Agustus 2023, 08:00 WIB
Ilustrasi. Tips Touring Naik Motor, Cek Perlengkapan Berkendara!  (Sumber : Pexels)

Ilustrasi. Tips Touring Naik Motor, Cek Perlengkapan Berkendara! (Sumber : Pexels)

SUKABUMIUPDATE.com - Touring naik motor termasuk salah satu kegiatan healing favorit di akhir pekan. Sepeda motor touring sendiri adalah jenis sepeda motor yang dirancang untuk touring.

Meskipun hampir semua sepeda motor dapat digunakan untuk touring, namun pabrik telah mengembangkan model khusus yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan khusus pengendara ini

Sebagian pengendara sepeda motor rela merasakan letih dan lelah bahkan sampai mengalami luka-luka demi sensasi bermotor jarak jauh atau touring. Akan tetapi, bila bisa berkendara dengan aman lagi nyaman, sekaligus meminimalkan potensi celaka pastinya semakin bernilai positif.

Baca Juga: Rocky Gerung Dilaporkan ke Polisi Terkait Dugaan Ujaran Kebencian Presiden

Inilah semangat positif tim Safety Riding Promotion (SRP) PT Wahana Makmur Sejati yang dibagikan kepada para pengguna kendaraan roda dua. Termasuk para peserta Green Touring - Road to WAG 51 beberapa saat lalu (28-29/8/2023), yang mana sebagai bagian dari perayaan PT Wahana Artha Group yang menaungi PT Wahana Makmusr Sejati, main dealer motor Honda Jakarta Tangerang.

"Mental jadi modal awal bagi pemotor saat memutuskan melakukan perjalanan jauh dengan motor kesayangannya. Namun jangan cuma mental dan nyali, diperlukan lebih dari kedua faktor untuk pencarian pengalaman makin seru dan tidak terlupakan," ungkap Agus Sani, Head of SRP PT Wahana Makmur Sejati, dikutip via Suara.com, Kamis (3/8/2023).

"Mental itu penting, tapi tanpa skill bisa fatal. Jadi pikirkan matang-matang sebelum memilih motor yang akan dijadikan teman bertualang dalam mencari sensasi di atas roda dua," lanjutnya.

Baca Juga: 10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bahasa Tubuhnya

Instruktur yang telah menghabiskan banyak waktu di bidang edukasi berkendara aman dengan semangat #cari_aman ini berbagi sederet tips memilih tunggangan bermotor serta cara touring aman serta nyaman:

Tips Touring Naik Motor

1. Siapkan mental

Mencoba beragam hal tanpa keberanian tidak akan terwujud, namun jangan sekali-kali praktek ini dijalankan dalam berkendara motor.

Mental akan hadir jika motor yang dipilih sesuai dengan karakter, postur, serta kemampuan pengendalian sepeda motor.

Baca Juga: Mencintai Teman Diam-diam, Tanda Terjebak Hubungan Friendzone?

Tanamkan pengertian, mental tanpa skill berbahaya. Yaitu perlu adanya kemampuan dalam mengendalikan sepeda motor yang menjadi pilihan.

2. Pilihan sepeda motor

Jangan ingin tampil keren lalu memilih motor bermesin besar namun tanpa kemampuan mengendarai yang mumpuni. Pilihlah unit sepeda motor yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Mesin besar tidak menjamin perjalanan menyenangkan.

"Memang benar mental dan cara berkendara yang baik bisa menjadi kunci pengendara berpostur kecil mampu mengendalikan motor dengan baik," papar Agus Sani.

Contohnya gaya berkendara pembalap MotoGP yang berpostur sedang, tidak terlalu tinggi namun dengan baik menggunakan kemampuan mengajak manuver motor di tikungan ataupun akselerasi di jalur lurus.

"Badan kendalikan motor, dan sikap tangan serta kaki pembalap berbeda dengan kegiatan touring di jalan raya. Tujuan dan tentunya karakter motor serta jalan yang dilalui berbeda," tambahnya.

3. Pahami karakter motor

Sekali lagi, bukan asal berani. Motor didesain dengan beragam perbedaan. Seperti kubikasi mesin, bobot, fungsi hingga kemampuan jelajahnya.

Baca Juga: Benarkah Wajah Mirip Berarti Jodoh? Riset Ungkap Alasannya

Memahami karakter motor ini akan menghasilkan sikap berkendara pengguna kendaraan saat melakukan perjalanan jauh dengan motor kesayangannya.

4. Perdalam skill

Jika skill ada dipastikan mental akan lebih baik saat berkendara. Dengan motor yang besar dan berbagai kondisi jalan yang berbeda akan menghasilkan sensasi bermotor yang menyenangkan.

5. Perlengkapan berkendara lengkap dan berkualitas

Perlengkapan berkendara berkualitas juga menjadi bagian dari pemahaman mental. Peranti bermotor ini akan melindungi bagian tubuh dari cedera saat kecelakaan.

Apabila protektor atau pelindung bermutu tinggi tentunya fungsi semakin maksimal, seperti pepatah "ada harga ada rupa".

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi20 April 2024, 12:05 WIB

Buruh di Sukabumi Ngaku Kaki Terlindas Ban Forklift saat Kerja, Kini Gaji Belum Dibayar

Nurrohman mengaku kecelakaan kerja ini sempat membuatnya tidak dapat berjalan.
Nurrohman (45 tahun) memperlihatkan kakinya yang pernah terlindas ban forklift saat bekerja di PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Life20 April 2024, 12:00 WIB

6 Cara Ampuh Menghadapi Catcalling, Wanita Wajib Tahu!

Catcalling dapat berupa seruan, lirikan, isyarat tubuh yang tidak pantas, atau komentar yang merendahkan dan merendahkan martabat seseorang.
Ilustrasi. Cara Mencegah Catcalling. Sumber : pixabay/fkpsiclgy12
Jawa Barat20 April 2024, 11:11 WIB

Pemerintah Siapkan Pompanisasi untuk Dongkrak Produksi Beras Termasuk di Sukabumi

ementerian mengantisipasi hal-hal semacam itu agar tak menghambat produksi padi. Salah satunya lewat program pompanisasi di setiap daerah.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengikuti rapat koordinasi ketahanan pangan dan produktivitas pertanian di Jawa Barat, di Gedung Sate, Bandung, Kamis, 18 April 2024 (Sumber: dokpim)
Sehat20 April 2024, 11:00 WIB

5 Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Cara mengelola keinginan penderita asam urat konsumsi asupan tinggi protein purin bisa dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein nabati rendah lemak, serta membatasi konsumsi daging merah, makanan laut, dan alkohol.
Kopi. Salah Satu Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : pexels.com/ChevanonPhotography)
Keuangan20 April 2024, 10:46 WIB

Buruh di Sukabumi: Kami Berjuang Sendirian! Mediasi Tunggakan Upah Kembali Buntu

proses mediasi turut dihadiri oleh para petinggi perusahaan yakni HRD, Personalia, PPIC, kepala produksi, direktur utama hingga penasehat perusahaan serta dihadiri sekurangnya 60 eks buruh.
Puluhan eks-buruh PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) kembali melakukan mediasi bersama Pihak Perusahaan untuk memperjuangkan haknya datangi Disnakertrans (Sumber: istimewa)
Life20 April 2024, 10:00 WIB

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Tenang, Yuk Lakukan!

Ingin Hidup Tenang dan Bahagia? Yuk Lakukan Kebiasaan Sederhana Ini!
Ilustrasi. Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Tenang (Sumber : Pexels/Kaushal Moradiya)
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kencana ungu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki masalah kontrol gula (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)