8 Rekomendasi Tempat Wisata di Sukabumi, Cocok untuk Liburan Keluarga!

Jumat 09 Juni 2023, 07:00 WIB
Situ Gunung. | Rekomendasi Tempat Wisata di Sukabumi yang Cocok untuk Liburan Keluarga! (Sumber : Foto: Instagram/@situgunungpark)

Situ Gunung. | Rekomendasi Tempat Wisata di Sukabumi yang Cocok untuk Liburan Keluarga! (Sumber : Foto: Instagram/@situgunungpark)

SUKABUMIUPDATE.com - Tempat Wisata Sukabumi selalu ramai diserbu pengunjung, apalagi ketika weekend tiba. Ditambah dengan Palabuhanratu Sukabumi yang memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Melalui unggahan Instagram resminya, PT. Trans Jabar Tol memberikan beberapa Rekomendasi Tempat Wisata di Sukabumi.

Berikut Rekomendasi Tempat Wisata di Sukabumi, Cocok untuk Liburan bareng keluarga. Apa Saja? Yuk, Simak!

1. Situgunung Sukabumi (Curug Sawer, Jembatan Gantung/Danau)

Situ Gunung. |Situ Gunung. |

Rekomendasi Tempat Wisata di Sukabumi yang pertama adalah Situgunung, Sukabumi. 

Di Situgunung Sukabumi ada beberapa rekomendasi Tempat wisata yang bisa dikunjungi yakni Curug Sawer, Jembatan Gantung dan Danau. Salah satunya, pemudik bisa healing di Curug Sawer dan menjadi opsi destinasi untuk melepas penat di Icon Wisata di Cipamingkis Sukabumi kala Libur Lebaran 2023.

2. Curug Cikaso Sukabumi

Curug Cikaso Sukabumi, tiga air terjun disatu sungai. Air terjun yang tengah dinamai Curug Meong dan cerita mitosnya dijaga sosok mistis dari figur Raden Kian SantangCurug Cikaso Sukabumi, tiga air terjun disatu sungai. Air terjun yang tengah dinamai Curug Meong dan cerita mitosnya dijaga sosok mistis dari figur Raden Kian Santang

Wisata Alam Curug Cikaso Sukabumi berada di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi. Masyarakat sekitar lebih sering menyebut curug Cikaso meskipun sebenarnya memiliki nama Curug Luhur (Air terjun Tinggi). Hal ini karena aliran air dari curug bersumber dari anak sungai Cikaso dan bermuara di Muara Tegal Buleud Kabupaten Sukabumi.

Curug Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun yang saling berdampingan dan memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan lebar tebing 100 meter.

Tepat dibawah curug tersebut terdapat kolam luas berwarna hijau kebiru-biruan bak di negeri dongeng, dengan kedalaman sekitar 15 meter. Namun, pengunjung sangat tidak disarankan berenang di kolam tersebut karena hempasan air terjun bisa membahayakan dan cukup dalam.

Rute menuju Curug Cikaso dapat dijangkau melalui akses ke Jalan Nasional Surade - Tegalbuleud dengan jarak sekitar 8 kilometer.

Para pengunjung yang menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat bisa masuk langsung ke area parkir. Kemudian, untuk masuk ke Curug Cikaso, pengunjung harus naik perahu dan menyusuri Sungai Cikaso hanya sekitar 5 - 10 menit. Jika pengunjung tidak ingin naik perahu, maka alternatif lain yang dapat dipilih yaitu melalui pematang sawah milik penduduk sekitar.

3. Curug Sawer Sukabumi

Healing di Curug Sawer, Rekomendasi Wisata Sukabumi Sekitar Tol Bocimi.Healing di Curug Sawer, Rekomendasi Wisata Sukabumi. (Dok/SU)

Curug Sawer adalah tempat wisata yang berada di kawasan Perhutani tepatnya di Kampung Rancapalek RT 15/05, Desa Cipamingkis. Wisata alam ini masih begitu asri dengan pohon rimbun tumbuh mengapit curug tersebut. Panorama alam Curug Sawer semakin mempesona dengan hamparan sawah yang berada tak jauh dari curug.

Curug Sawer berjarak 5 kilometer dari Kantor Kecamatan Cidolog dan 6 kilometer apabila dari kantor Desa Cipamingkis. Apabila dari Kota Sukabumi, perjalanan yang ditempuh ada menuju jalan raya jalur Sagaranten-Tegalbuleud. Kemudian apabila Jampangkulon melalui jalan raya ke daerah Kalibunder lalu apabila dari daerah Surade akses jalan yang dilalui menuju Tegalbuleud.

Semua akses jalan tersebut tujuannya adalah Desa Cipamingkis. Dari jalan raya perjalanan dilanjutkan menuju jalan desa yang bisa diakses mobil serta motor menuju Kampung Rancapalek. Tetapi, jalan desa itu hanya 3 kilometer saja yang bisa dilalui mobil.

Maka untuk wisatawan yang menggunakan mobil bisa diparkir atau dititipkan ke rumah warga. Sementara perjalanan akan dilanjutkan dengan motor sekitar 2 kilometer ke Kampung Rancapalek. Pengunjung juga akan berjalan kaki sekitar 1 kilometer di kampung ini untuk masuk ke kawasan Perhutani, tempat curug sawer.

Di area Curug Sawer itu ada dua curug lain namanya Curug Cakrawea serta Curug Serelek dari aliran Sungai Cidolog. Jarak dari satu curug ke yang lainnya sekitar 100 meteran. Untuk diketahui, air yang mengalir ke Curug Sawer dan Curug Cakrawea serta Curug Serelek berasal dari Sungai Cidolog.

4. Palabuhanratu, Sukabumi

Pantai Palabuhanratu | Foto : IstPantai Palabuhanratu | Rekomendasi Tempat Wisata Sekitar Bocimi, Lewat Gerbang Tol Cigombong - Cibadak | Foto : Istimewa

Rekomendasi Tempat Wisata di Sukabumi berikutnya adalah Palabuhanratu.

Salah satu wisata di Palabuhanratu Sukabumi adalah Pantai Cikadal Spot Hutan Mangrove. Wisatawan yang mengunjungi kawasan Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp), juga bisa mampir ke hutan mangrove di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Lokasi Hutan Mangrove tidak jauh dari Pantai Cikadal tepatnya berada di Rawa atau Alor Ciateul. Untuk mencapai lokasi hutan mangrove Pantai Cikadal Kawasan Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp), pengunjung bisa masuk dari arah Tamanjaya atau kantor Kecamatan Ciemas, sekitar 26 kilometer menuju arah Pantai Palangpang di Desa Ciwaru.

Kemudian, wisatawan berjalan melewati kantor Desa Mekarsakti dengan kondisi jalan cukup baik, berselang jalan bebatuan, menuju ke Desa Mandrajaya.

Dari kantor Desa Mandrajaya sekitar dua kilometer baru bisa sampai ke lokasi hutan mangrove. Tetapi, bagi pengguna kendaraan roda empat perjalanan bisa memakan waktu sekitar satu jam. Sedangkan pengguna kendaraan roda dua cukup sekitar 30 menit saja.

Jalan alternatif untuk kendaraan roda dua juga tersedia di kawasan ini, yakni dari Balai RK melalui Jembatan Kisohir. Pengunjung Wisata Alam Sukabumi ini selain bisa menikmati pemandangan Pantai Cikadal dengan spot Pulau Mandra, hutan lindung Gunung Badak, juga bisa menjelajahi hutan mangrove sampai ke dalamnya.

Gratis! Masuk ke spot hutan mangrove ini tidak dipungut biaya sama sekali. Tetapi, jika pengunjung ingin ke Pulau Mandra atau spot lain, fasilitas perahu sudah tersedia.

5. Lido Golf & Resort

Desain KEK Lido di Kabupaten Bogor. | Foto: mncland.comDesain KEK Lido di Kabupaten Bogor. | Foto: mncland.com

Rekomendasi Tempat Wisata di Sukabumi yang kelima adalah Lido Golf & Resort.

Sebelumnya diketahui, Presiden Joko Widodo telah meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido milik bos MNC Group Hary Tanoesoedibjo di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. KEK tersebut berada di Kecamatan Cigombong yang berbatasan dengan Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Pemilihan lokasi KEK Lido hanya berjarak 50 menit perjalanan dari Jakarta. Kawasan ini juga dikelilingi Gunung Gede Pangrango dan Gunung Salak.

KEK Lido adalah bukti pemanfaatan akses Tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi) yang sudah bersambung dengan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi). Tempat Wisata Sukabumi satu ini juga ada theme park, movie land, water park, techno park, hingga kawasan untuk otomotif.

6. Begreno Home & Resort

Rekomendasi Tempat Wisata di Sukabumi selanjutnya adalah Begreno Home & Resort. Pemudik yang ingin Libur Lebaran di Begreno Home & Resort bisa masuk lewat Gerbang Tol Caringin. Waktu tempuh dari Gerbang Tol Caringin yakni sekitar 12 menit saja untuk jarak 4.6 kilometer.

7. Kopi Daong

Rekomendasi Tempat Wisata Sukabumi yang ke tujuh adalah Kopi Daong. Pemudik yang ingin Libur Lebaran di Kopi Daong bisa masuk lewat Gerbang Tol Caringin. Waktu tempuh dari Gerbang Tol Caringin yakni sekitar 20 menit saja untuk jarak 8.4 kilometer.

8. Geopark Ciletuh Sukabumi

Terakhir, Rekomendasi Tempat Wisata di Sukabumi adalah Geopark Ciletuh, Sukabumi.  Di Geopark Ciletuh, Sukabumi banyak Tempat wisata yang bisa dikunjungi untuk healing bersama keluarga.

Itulah Rekomendasi Tempat Wisata di Sukabumi yang cocok untuk Liburan Keluarga! Happy Weekend!

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Film29 April 2024, 16:30 WIB

Drama Korea Queen of Tears Akhirnya Tamat, Cetak Rating Tertinggi di tvN

Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024.
Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024. (Sumber : soompi.com)
Sehat29 April 2024, 16:00 WIB

Bantu Kontrol Darah, 9 Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan

Serat yang tinggi dalam beras merah membantu mengatur penyerapan glukosa dalam darah, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini bermanfaat bagi penderita diabetes atau individu yang ingin mencegah diabetes tipe 2.
Ilustrasi - Nasi merah. Bantu Kontrol Darah, Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan. (Sumber : Freepik.com/@topntp26)
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 15:35 WIB

Komisi II DPRD Sukabumi Susun Raperda Penyelenggaran Perhubungan

Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi kini tengah fokus menyusun Rapncangan Peraturan Daerah Tentang Penyelenggaraan Perhubungan (Raperda RPP).
Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi menggelar FGD dengan Organda dan Komunitas Angkot untuk bahan penyusunan Raperda Penyelenggaran Perhubungan | Foto : Ist
Life29 April 2024, 15:30 WIB

6 Tips Mengobati Rasa Sakit Hati Akibat Dikecewakan Pasangan, Yuk Dicoba!

Guna menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan, maka penting kiranya agar setiap diri memiliki keinginan untuk move on yang tinggi.
Ilustrasi. Cara menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan. Sumber foto : Pexels/ SHVETS production
Inspirasi29 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Freepik/pressfoto)
Sukabumi29 April 2024, 14:43 WIB

Dinas PU Perbaiki Kerusakan Jalan Kompa-Cipanggulaan di Parungkuda Sukabumi

Perbaikan jalan sepanjang 200 meter ini untuk meningkatkan kualitas dan keamanan.
Proses perbaikan kerusakan Jalan Kompa-Cipanggulaan, tepatnya di Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 28 April 2024. | Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 14:26 WIB

Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan, Budi Azhar Prediksi Timnas Menang 2-1

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali optimis Timnas Indonesia U-23 bisa menang atas Uzbekistan.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali. (Sumber : Dok.SU)
Sukabumi29 April 2024, 14:14 WIB

Dua Remaja Citamiang Sukabumi Ditangkap, Bergilir Cabuli Anak di Bawah Umur

Kedua pelaku ditangkap setelah polisi menerima laporan soal dugaan pencabulan ini.
Lokasi dugaan pencabulan yang dilakukan RJ dan RE di rumah RE di Jalan Pemuda Kampung Baru, Kelurahan/Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: Polres Sukabumi Kota
Bola29 April 2024, 14:00 WIB

Optimis! Shin Tae-yong Ingin Bawa Timnas Indonesia ke Olimpiade Paris 2024

Shin Tae-yong berambisi bawa Timnas Indonesia terbang ke Olimpiade Paris 2024.
Shin Tae-yong berambisi bawa Timnas Indonesia terbang ke Olimpiade Paris 2024. (Sumber : pssi.org).
Life29 April 2024, 13:41 WIB

Jangan Diabaikan! Ketahui 7 Penyebab Balita Sering Memukul

Apakah balita Anda memukul anak lain saat pertama kali merasa frustasi? Jika ya, berikut cara menangani perilaku ini.
Ilustrasi balita memukul. | Foto: Freepik/@freepik