5 Tempat Wisata Menyeramkan Di Indonesia, Bikin Bulu Kuduk Berdiri

Sabtu 04 Maret 2023, 06:30 WIB
Ilustrasi. Destinasi wisata menyeramkan bisa menjadi alternatif tempat berlibur untuk kamu yang menginginkan suasana berbeda | Foto: Istimewa

Ilustrasi. Destinasi wisata menyeramkan bisa menjadi alternatif tempat berlibur untuk kamu yang menginginkan suasana berbeda | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Berbicara soal tempat wisata tidak selalu berbicara tentang keindahan alam tapi ada pula destinasi wisata yang menyajikan kesan menyeramkan hingga tak jarang membuat para pengunjung merinding.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa tempat wisata menyeramkan yang bisa dikunjungi. Tempat-tempat wisata ini memiliki kisah mistis yang menarik untuk diketahui dan tak jarang membuat orang penasaran.

Selain menikmati keindahan serta keunikan lokasi wisata menyeramkan ini, pengunjung juga bisa sekalian belajar mengenai sejarah dari tempat-tempat tersebut.

Tempat wisata menyeramkan di Indonesia memiliki kisah yang cukup memilukan serta mencekam. Namun, hal tersebut juga lah yang menjadi daya tarik wisata tempat tersebut.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Banten yang Populer, Tak Hanya Kampung Baduy

Mengutip dari Akurat.co yang merujuk banyak sumber, berikut beberapa tempat wisata yang menyeramkan di Indonesia:

1. Lawang Sewu (Semarang)

Lawang Sewu adalah bangunan perkantoran yang terletak di seberang Tugu Muda, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, yang dibangun sebagai kantor pusat Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS).

Terletak di seberang Tugu Muda, Kota Semarang, Jawa Tengah, ternyata bangunan wisata ini memiliki cerita yang menyeramkan. Tempat wisata yang menyeramkan di Indonesia ini dikenal angker karena ruangan bawah tanah nya pernah dijadikan tempat penyiksaan oleh serdadu tentara Jepang.

Hantu yang terkenal menghuni tempat itu adalah seorang Noni Belanda dan hantu tanpa kepala. Lantai dasar gedung B dihuni Kuntilanak, dan Pocong. Pada tahun 2007, sebuah film horor berjudul Lawang Sewu: Dendam Kuntilanak, dirilis berdasarkan legenda urban yang beredar tentang Lawang Sewu.

Baca Juga: 5 Tempat Ngopi di Sukabumi, Cocok Buat Kumpul Santai Pas Weekend

2. Goa Jepang (Bandung)

Goa Jepang adalah salah satu goa yang terletak di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir.H. Juanda, Bandung Utara. Goa Jepang ini dibuat pada tahun 1942 oleh bala tentara pendudukan Jepang dengan bantuan para pekerja paksa romusha.

Goa Jepang tidak pernah selesai dan belum pernah direnovasi sejak kala itu. Selain sebagai tempat perlindungan dan persembunyian, goa juga sering dipakai sebagai tempat penyimpanan logistik makanan, senjata dan amunisi.

3. Goa Jomblang (Yogyakarta)

Tempat wisata yang menyeramkan di Indonesia ini adalah Goa Jomblang yang merupakan satu dari banyaknya kompleks goa di Gunung Kidul. Berlokasi di rentangan perbukitan karst pesisir selatan yang memanjang dari Gombong, Jawa Tengah hingga kawasan karst Pegunungan Sewu, Pacitan, Jawa Timur, Goa Jomblang disebut cahaya surga.

Baca Juga: 8 Wisata Pemandian Air Panas di Jawa Barat, Cocok Untuk Berendam di Akhir Pekan

Goa Jomblang memiliki keindahan sinar matahari yang sangat menawan. Tetapi, dibalik keindahannya, Goa Jomblang ternyata pernah menjadi saksi bisu peristiwa pembantaian massal, yakni pembantaian ratusan orang yang dituduh terlibat Partai Komunis Indonesia atau PKI.

4. Fort Rotterdam (Makassar)

Benteng Rotterdam (Fort Rotterdam) atau Benteng Ujung Pandang (Jum Pandang) ini adalah sebuah benteng Belanda di abad ke-17 yang dibangun dari benteng peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo.

Lokasi benteng ini di pinggir pantai sebelah barat kota Makassar, Sulawesi Selatan. Dulunya benteng ini menjadi tempat pembantaian masyarakat Gowa sehingga banyak mayat berserakan di dalam benteng.

Baca Juga: 13 Fakta Goa Kutamaneuh Sukabumi, Peristirahatan Prabu Siliwangi Sampai Johny Indo

Banyak sosok yang diyakini masyarakat menjadi penghuni benteng ini seperti sosok tentara Belanda yang berbusana dan berlumuran darah, lalu wanita bergaun putih panjang di lorong benteng dan lain sebagainnya.

5. Pantai Parangtritis, (Yogyakarta)

Pantai Parangtritis ini bertempat di Kelurahan Parangtritis, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata yang menyeramkan di Indonesia ini mempunyai nilai simbolis yang merupakan garis yang bersifat magis dimana masyarakat yakin bahwa garis ini menghubungkan Panggung Krapyak, Kraton Yogyakarta, Tugu Yogyakarta dan Gunung Merapi yang dikenal sebagai Garis Imajiner Yogyakarta.

Baca Juga: 20 Destinasi Wisata di Lembang Bandung: Dekat dari Sukabumi, Bisa PP!

Pantai Parangtritis sangat lekat dengan sosok Ratu Pantai Selatan yaitu Nyi Roro Kidul. Diyakini laut selatan adalah daerah kekuasaan Nyi Roro Kidul. Sampai saat ini masih menjadi cerita turun temurun dan sering menjadi perbincangan masyarakat sekitar maupun pendatang. Mitosnya jika datang ke Pantai Parangtritis dilarang memakai pakaian berwarna hijau.

Sumber: Akurat.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi27 April 2024, 08:12 WIB

LW Doa Bangsa Sosialisasikan Wakaf dalam Acara Temu Rembug PPPH Kabupaten Kuningan

Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan
Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan (Sumber : Istimewa).
Sehat27 April 2024, 08:00 WIB

6 Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak

Berikut Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Mendukung Kecerdasan Anak. Ayah Bunda Yuk Simak!
Frittata, Olahan Telur. Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak (Sumber : via tastyfitnessrecipes)
Life27 April 2024, 07:00 WIB

Lakukan Sekarang! 7 Kebiasaan Positif di Pagi Hari yang Akan Membentukmu Menjadi Orang Sukses

Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.
Ilustrasi. Membaca Buku | Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.(Sumber : pixabay.com/@455992)
Inspirasi27 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 April 2024, Yuk Cek Dulu Sebelum Jalan-jalan di Akhir Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update