Termasuk Qodrat, 10 Film Horor yang Sukses Curi Perhatian Sepanjang Tahun 2022

Selasa 27 Desember 2022, 17:45 WIB
Film Qorin. | (Sumber : Instagram/@qorin.film).

Film Qorin. | (Sumber : Instagram/@qorin.film).

SUKABUMIUPDATE.com - Industri perfilman di tanah air dari tahun ke tahunnya semakin mengalami peningkatan. Hal tersebut bisa dilihat dari antusiasme masyarakat Indonesia yang meramaikan film-film lokal.

Nah, di sepanjang tahun 2022 ini, salah satu film yang sering ditonton oleh para pecinta film adalah film horor. Tak bisa disangkal, film horor menempati posisi utama dalam perfilman Indonesia pada sepanjang tahun ini.

Para sineas yang sebelumnya tak tertarik membuat film horor, mulai menyalurkan kemampuannya membesut film horor. Bisa dibilang, tahun ini adalah saat terbaik film horor Indonesia merebut hati penikmat film kita.

Dikutip dari Tempo.co, berikut ini 10 Film horor Indonesia 2022 yang Menarik Perhatian.

1. Teluh (24 Februari 2022)

Teluh merupakan film horor produksi Indonesia yang tayang di bioskop pada 24 Februari 2022. Film ini disutradarai oleh Dedy Mercy, Film ini mencuri perhatian lantaran berlatarkan wilayah Jawa pada pada 1990-an.

Seperti namanya, Teluh berfokus pada kisah balas dendam dan sakit hati yang memuncak menggunakan ilmu hitam. Sinopsis diawali dengan meninggalnya Yulia (Farahdiba Ferreira), seorang karyawan perusahaan batik milik keluarga Pak Indra (Baron Hermanto).

Enam bulan kemudian, keluarga Pak Indra menerima bola api bernama Daru yang jatuh langsung ke atap rumahnya. Dalam budaya Jawa pada masa itu, jatuhnya Daru di suatu tempat merupakan bencana bagi penduduk tempat itu.

Baca Juga: Teror Dimulai! Trailer Film Horor Bayi Ajaib, Comeback Akting Desy Ratnasari

Daru juga merupakan lambang Telugu. Setelah kejadian ini, satu demi satu keluarga Pak Indra mengalami hal-hal aneh dan misterius. Keluarga Pak Indra juga berusaha melawan pengaruh teluh.

2. KKN di Desa Penari (30 April 2022)

KKN di Desa Penari merupakan film terlaris Indonesia sepanjang sejarah perfilman di Tanah Air. Film yang mulai tayang di bioskop pada 30 April 2022 hingga turun layar dalam 75 hari berhasil ditonton 9.233.847 penonton.

Film ini dibuat berdasarkan kisah viral Twitter pada 2019 oleh SimpleMan. Film ini sempat tertunda beberapa kali penayangannya karena pandemic covid-19. Namun, rupanya penundaan ini memberikan berkah bagi MD Pictures, selaku produser film ini lantaran menjadi film terlaris Indonesia.

Baca Juga: 6 Film Horor yang Meneror Bioskop dalam Sebulan Terakhir, Sudah Nonton yang Mana?

Menurut SimpleMan, cerita horor di KKN di Desa Penari ini diambil dari kisah nyata. Film KKN di Desa Penari ini berkisah tentang para mahasiswa yang melakukan KKN di desa tersebut. Ternyata desa yang mereka kunjungi adalah desa mistis.

Sesampainya di desa, Ayu (Aghniny Haque), Nur (Tissa Biani Azzahra), Widya (Adinda Thomas), Bima (Achmad Megantara) dan teman-teman kelompok KKN desa sering diganggu oleh hal-hal aneh yang mengganggu program kerja. berlari Musim semi.

3. The Doll 3 ( 26 Mei 2022)

Film horor selanjutnya adalah The Doll 3 merupakan film horor yang tayang di Bioskop pada 26 Mei 2022. Doll 3 adalah film horor tentang Tara (Jessica Mila) yang kehilangan orang tuanya karena kecelakaan. Bahkan, adiknya Gian (Zizi Zidane) terpaksa bunuh diri karena trauma yang mendalam.

Sedih dan menyendiri dari masyarakat, Tara kemudian pergi ke dukun untuk memanggil roh Gian. Ya, dia ingin adiknya hidup seperti dulu. Upaya tersebut kemudian menghasilkan arwah Gian yang berhasil menghuni boneka bernama Bobby. Boneka itu juga terlihat tidak biasa karena bisa bergerak seperti manusia.

Baca Juga: Review Incantation, Film Horor Kutukan dari Taiwan yang Bikin Merinding

Namun siapa sangka arwah Tara akan kembali karena kehadiran boneka tersebut. Namun, boneka berisi arwah Giani itu membahayakan nyawa orang-orang di sekitar Tara.

4. Ivanna (14 Juli 2022)

Film horor ini tayang di bioskop pada 14 Juli 2022, yang mengadaptasi novel Merintih Berang Ivanna Van Dijk karya Risa Saraswati dan sekuel dari film Danur 2: Madda.

Ivanna bercerita tentang Ambar dan keluarganya yang menyaksikan kejadian aneh saat merayakan lebaran di daerah Bandung. Ambar yang mengalami gangguan penglihatan membuktikan bahwa dirinya dapat melihat hal-hal yang tidak terlihat.

Keluarga Ambar diteror hantu bernama Ivanna, wanita Belanda cantik berambut pirang. Arwah Ivanna sangat membenci orang berpenampilan melayu, wanita cantik dan keluarga bahagia.

Baca Juga: 5 Fakta Film Horor The Antique Shop yang Dibintangi Rio Dewanto

Pasalnya Ivanna menjadi korban ketidakadilan pada masa peralihan antara penjajahan Belanda dan Jepang. Saat itu, kebaikan keluarga Ivanna kepada penduduk asli dikhianati hingga meninggal secara mengenaskan. Ambar mencoba mengungkap motif di balik serangan hantu Ivanna sebelum membunuh orang-orang terdekat Ambar.

5. Ghost Writer 2 (21 Juli 2022)

Film horor ini perdana tayang di bioskop Indonesia pada 21 Juli 2022. Film ini merupakan film horor dengan unsur komedi di dalamnya. Film horor satu ini sukses dengan mencapai 1,1 juta penonton,

Starvision kembali membuat sekuel berjudul Ghost Writer 2 (2022) yang akan bercerita tentang drama, komedi, dan horor.

Di film pertama, sebuah buku harian tua menyimpan rahasia kelam yang memilukan. Bagi Galih (Ge Pamungkas), buku itu merupakan pembelaan terhadap prasangka palsu orang tuanya.

Baca Juga: 5 Film Horor Indonesia dengan Penonton Terbanyak, KKN di Desa Penari Nomor Satu

Bagi Naya, setelah tiga tahun kering ide, buku ini menjadi bahan yang sangat baik untuk novel terbarunya. Ini adalah awal dari cara berbeda bekerja dengan alam.

Sementara di sekuel film hantu lucu Indonesia ini, Naya harus kehilangan Vino, tunangannya yang meninggal dunia. Roh Anggur, yang masih mengembara, percaya bahwa rohnya tidak bisa pergi ke alam baka.

6. Pengabdi Setan 2: Communion (4 Agustus 2022)

Film horor ini tayang di bioskop Indonesia pada 4 Agustus 2022. Pengabdi Setan 2: Communion ini terus mengikuti sejarah keluarga Rin. Dalam film tersebut, Rini, ayahnya, dan adik-adiknya pindah ke sebuah apartemen pada tahun 1984.

Mereka berhasil menyelamatkan diri dari bencana dahsyat yang merenggut nyawa ibu dan Ian bungsu mereka. Mereka berharap bisa hidup nyaman dan aman di rumah-rumah yang ditinggali banyak orang.

Namun, mereka tidak tahu siapa tetangga mereka. Suatu hari BMKG mengumumkan akan terjadi badai hebat. Keluarga Rin memutuskan untuk tinggal di lantai atas apartemen.

7. Rumah Kaliurang (25 Oktober 2022)

Rumah Kaliurang perdana tayang pada 25 oktober 2022. Film ini disutradarai langsung oleh Dwi Sasono dan Dondy Adrian. Film ini tentang lima sahabat, Rani (Shareefa Daanish), Brama (Randy Pangalila), Kinan (Erika Carlina), Aji (Wafdan Saifan Lubis) dan Anom (Khiva Iskak), yang sedang berlibur.

Tiba-tiba, mereka secara tidak sengaja menabrak sesuatu di jalan dan harus berhenti di sebuah rumah misterius di Kaliurang.

Teror pun dimulai ketika mereka mulai mengalami sejumlah kejadian aneh. Situasi jadi sangat menyeramkan ketika mereka sadar bahwa mereka tidak bisa keluar dari rumah itu.

8. Qodrat (27 Oktober 2022)

Oktober 2022 ditutup dengan Qodrat, salah satu film horor Indonesia paling unik karena memadukan genre action-religius. Selain itu, film Qodrat juga dibintangi oleh Vino G. Bastian dan Marsha Timothy.

Film ini menceritakan tentang ustad Qodrat (Vino G. Bastian), seorang ahli spiritual. Ia bersekolah di pesantren tempat ia belajar dan tak mampu menyelamatkan putranya Alif Al-Fatanah (Jason Bangun) dari setan bernama Assuala. Di sana ia kembali menghadapi teror Assuala yang kini merasuki Alif Amri (Keanu Azka), anak bungsu Yasmin (Marsha Timothy).

9. Keramat 2: Caruban Larang (24 November 2022)

Keramat 2 ini perdaya tayang di bioskop pada 24 November 2022. Film ini menceritakan tentang sekelompok anak muda dari Jakarta yang pergi ke Cirebon dengan tujuan yang berbeda.

Ada Arla (Arla Ailani), Jojo (Josephine Firmstone) dan Maura (Maura Gabrielle) yang ingin melakukan penelitian untuk tesis mereka dengan bantuan pembuat film dokumenter bernama Umay (Umay Shahab).

Juga bergabung dengan para pemeran adalah Ajil (Ajil Ditto) dan Keanu (Keanu AGL). Kemudian mereka bertemu Ute (Luteshan), seorang Indigo dengan agenda rahasia. Perjalanan mereka segera lepas kendali.

10. Qorin (1 Desember 2022)

Qorin perdana tayang di bioskop pada 1 Desember 2022. Film ini diproduksi oleh IDN Pictures, film ini bercerita tentang Jin Qorin yang dipercaya terhubung dengan tubuh manusia sejak kelahirannya.

Bercerita tentang Zahra (Zulfa Maharani), seorang penghuni asrama yang pekerja keras dan cerdas. Dia kemudian diminta untuk merawat Yolanda baru yang bermasalah (Agniny Haque) dan melakukan ritual Qorin padanya. Tapi ritualnya justru sebaliknya. Jin Qorin malah membuat kesal Zahra dan teman-temannya.

Sumber: Tempo.co (Jeniati Artauli Tampubolon)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi03 Mei 2024, 13:16 WIB

Dipasang Bronjong, Dinas PU Tangani Longsor Tebing Di Jalan Surade Sukabumi

UPTD Pekerjaan Umum Jampangkulon Kabupaten Sukabumi melaksanakan kegiatan pemasangan bronjong pada lokasi longsor di ruas jalan Kadaleman-Mareleng Sta 3+800 di Desa Kadaleman, Kecamatan Surade.
Pemasangan bronjong di lokasi longsor di jalan ruas Kadaleman-Mareleng, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sehat03 Mei 2024, 13:00 WIB

Langkah Simpel Membuat Teh Daun Mangga untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : YouTube/G Family Thai).
Life03 Mei 2024, 12:30 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang yang Berakhlak dan Beradab, Yuk Terapkan!

Cara mendidik anak agar menjadi orang yang berakhlak dan beradab memang impian semua orang tua. Yuk, terapkan!
Ilustrasi. Cara mendidik anak agar berakhlak dan beradab. Sumber foto : Pexels/GustavoRing
Bola03 Mei 2024, 12:00 WIB

Peluang Terakhir ke Olimpiade Paris 2024: Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Laga Play-off

Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika.
Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika. (Sumber : pssi.org)
Life03 Mei 2024, 11:40 WIB

Simak Alasan dan Konsekuensi Perbedaan Pendapat dalam Mendisiplinkan Anak

Perbedaan pendapat terkadang bisa menjadi pelengkap dalam setiap pasangan, begitu pun ketika mendisiplinkan anak. Namun apa alasan perbedaan itu?
Ilustrasi perbedaan pendapat dalam mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Migs Reyes
Sukabumi03 Mei 2024, 11:38 WIB

Penampakan Pintu Tol Cisaat di Cibolang Kaler, Realisasi dan Target Tol Bocimi Seksi 3

Proses pembukaan lahan di pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler ini dilaporkan oleh edwar widodo, youtuber spesialis pemantau perkembangan pembangunan tol bocimi di Sukabumi.
Proses land clearing, untuk area pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler pembanggunan tol bocimi seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat (Sumber: istimewa/akun youtube edwar widodo)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 11:33 WIB

Hardiknas 2024, Wakil Ketua DPRD Sukabumi: Kurikulum Merdeka Harus Munculkan Inovasi

Masih ada aspek yang perlu ditingkatkan seiring perkembangan teknologi.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi M Sodikin. | Foto: SU/Ilyas Supendi
Life03 Mei 2024, 11:30 WIB

Tak Selalu Positif, Ini 6 Bahaya Terlalu Percaya Diri yang Harus Diketahui

Percaya diri merupakan mentalitas yang baik bagi seseorang. Tetapi, terlalu percaya diri juga tidak baik, mengingat terdapat berbahaya di balik itu semua.
Ilustrasi. Bahaya terlalu percaya diri. Sumber foto : Pexels/Nicole Michalou
Life03 Mei 2024, 11:15 WIB

5 Cara yang Bisa Dilakukan Orang Tua Jika Beda Pendapat saat Mendisiplinkan Anak

Meskipun selalu berbeda pendapat, namun Anda berdua memiliki tujuan yang sama, yaitu mencintai dan membimbing anak dengan kemampuan terbaik Anda.
Ilustrasi orang tua berbeda pendapat. | Foto: Pexels.com/@Agung Pandit Wiguna
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 11:04 WIB

Apresiasi Timnas di Piala Asia U-23, DPRD Sukabumi: Harapan Tembus Olimpiade Masih Ada

Anak asuh Shin Tae-yong memiliki peluang terakhir untuk lolos Olimpiade Paris 2024.
Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua Fraksi PKS Amran Munawar Lutphi. | Foto: Instagram/@fpks.kabsukabumi