Ibu di Sukabumi Kuliahkan Anak dari Beternak, Dompet Dhuafa Lahirkan Wanita Tangguh

Rabu 22 Mei 2024, 16:18 WIB
Yuyum Susilawati berasal dari Sukabumi. | Foto: Dompet Dhuafa

Yuyum Susilawati berasal dari Sukabumi. | Foto: Dompet Dhuafa

SUKABUMIUPDATE.com - Dompet Dhuafa kembali terinspirasi dengan kisah inspiratif dari seorang peternak perempuan tangguh bernama Yuyum Susilawati. Berasal dari Sukabumi, Yuyum membuktikan perempuan juga dapat berdaya dan meraih kesuksesan dalam dunia peternakan.

Yuyum, seorang ibu dari dua anak, tidak hanya menjadi tulang punggung keluarga, tetapi juga aktif dalam pemberdayaan masyarakat. Sebagai peternak domba, Yuyum mampu menyekolahkan kedua putrinya hingga perguruan tinggi. Bahkan, ia kini menjadi ketua Kelompok Peternak Panggugah Lumaku dan membantu empat orang wanita lainnya untuk mengelola ternak.

Sang suami, yang berprofesi sebagai kuli bangunan, membuat Yuyum tidak hanya mengandalkan pada satu jalan saja. Mau tak mau ia turut membantu suaminya untuk menghidupi keluarga. Selain peternak, ia juga menjajaki pekerjaan sebagai buruh tani yang mengelola kebun milik orang lain.

“Alhamdulillah sekolah anak-anak sudah selesai. Si Bapak kerja bangunan dan itu juga kalau ada, makanya kita sambil bertani saja, mengelola lahan yang kosong,” ungkap Yuyum kepada Tim Dompet Dhuafa pada Rabu (22/5/2024).

Kehidupan Yuyum mulai mendapat titik terang saat berkesempatan bergabung jadi salah satu salah satu penerima manfaat, sebagai peternak Program Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa. Pada tahun 2012. Mengelola langsung ternak-ternaknya, serta mampu mendidik dan mengelola keluarganya dengan baik.

Baca Juga: Refleksi Dompet Dhuafa Tahun 2023: Hadirkan Layanan Bagi Pemberdayaan Umat

“Alhamdulillah dengan cara seperti ini, saya ngurusin anak kambing, tapi anak saya bisa sekolah, saya terharu. Ikut saja karena saya nggak punya modal untuk menyekolahkan anak. Alhamdulillah ini terbuka jalan. Berkah ini banyak manfaatnya, terus selanjutnya saya ikutin terus, anak (kedua) masuk (sekolah), ikut salah satu cabang sekolah dari Al Fath Sukabumi,” ujar Yuyum penuh haru.

Kini jumlah ternak yang dimiliki dan dirawat oleh Yuyum sudah ada 15 ekor. Yuyum sangat bersyukur bisa menjadi bagian Kelompok Peternak Panggugah Lumaku. Ia bermimpi untuk terus menjadi peternak perempuan yang tangguh dan berdaya.

Yuyum memang hanya sebagian kecil dari mayoritas mitra laki-laki yang mengelola ternak pada umumnya. Motivasi dan semangat Yuyum dalam mengelola peternakannya hingga berhasil saat ini membuat ia dijuluki wanita yang menginspirasi.

“Banyak manfaatnya untuk warga semua, di sini kebagian alhamdulillah pada makan kambing semua. Terima kasih untuk Dompet Dhuafa, setiap tahunnya Tebar Hewan Kurban (THK) untuk masyarakat di sini semua pada bahagia. Mereka gembira, dulu mah masih ada yang belum makan kambing, sekarang setiap tahun ada terus, sudah 12 tahun makan kambing," kata Yuyun.

“Terima kasih banyak ya, selalu mengalir kurbannya dari Dompet Dhuafa. Semoga banyak manfaatnya, untuk ke depannya juga bertambah ya mudah-mudahan semuanya lancar,” Yuyum menambahkan. (ADV)

Sumber: Siaran Pers

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik18 Juni 2024, 17:00 WIB

Baru Rilis, Intip Lirik dan Terjemahan Lagu The Boy Is Mine Ariana Grande

Yuk Intip Lirik dan Terjemahan Lagu The Boy Is Mine Ariana Grande yang Baru Dirilis!
Official Music Video Lagu The Boy Is Mine Ariana Grande (Sumber : YouTube/ArianaGrande)
Sehat18 Juni 2024, 16:15 WIB

Minum Banyak Air Putih Bisa Turunkan Kadar Gula Darah? Simak Alasan dan Takarannya

Salah satu cara untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh penderita diabetes adalah minum air putih dengan takaran tertentu.
Ilustrasi penderita diabetes minum air putih untuk turunkan kadar gula darah (Sumber : pexels.com/@Artempodrez)
Sukabumi18 Juni 2024, 16:02 WIB

Remaja Sukabumi Tewas saat Idul Adha, Kronologi Kecelakaan Tiga Motor di Cibadak

Dari arah berlawanan datang motor Honda Scoopy yang dibawa MRP (20 tahun).
Korban kecelakaan sepeda motor di Kampung Sekarwangi RT 01/17 Kelurahan Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Senin, 17 Juni 2024. | Foto: Istimewa
Gadget18 Juni 2024, 16:00 WIB

Spesifikasi HP Nubia Neo 2 5G, Smartphone Gaming dengan Harga Rp 2 Jutaan

Dengan diluncurkannya Nubia Neo 2 5G di Indonesia, ZTE Mobile Devices memberikan pilihan yang menarik bagi para gamer yang mencari ponsel dengan performa tinggi namun dengan harga yang lebih terjangkau.
Nubia Neo 2 5G merupakan pilihan yang menarik bagi para gamer yang mencari HP gaming dengan harga terjangkau. (Sumber : Nubia.com).
Life18 Juni 2024, 15:30 WIB

11 Aturan Makan Sehat untuk Penderita Kolesterol, Bantu Jaga Kesehatan Jantung

Dengan mengikuti aturan makan ini, penderita kolesterol tinggi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.
Ilustrasi. Makanan Sehat. Simak Aturan Makan Sehat untuk Penderita Kolesterol, Bantu Jaga Kesehatan Jantung (Sumber : Pexels/JennaHamra)
Sukabumi18 Juni 2024, 15:08 WIB

Traffic Light Roboh Belum Ditangani, Bahayakan Pengendara di Palabuhanratu Sukabumi

Lampu lalu lintas di ruas Jalan Bhayangkara yang mengarah ke Jalan Siliwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, tidak berfungsi.
Kondisi traffic light di ruas Jalan Bhayangkara yang mengarah ke Jalan Siliwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi18 Juni 2024, 15:05 WIB

Dijuluki Timnas Pusat di Euro 2024, Kisah Pesepak Bola Sukabumi Jadi Kapten Belanda

Salah satu pesepak bola Belanda zaman dulu ternyata berasal dari Sukabumi.
Timnas Belanda di Euro 2024. | Foto: Instagram/@oranje_indonesia
Inspirasi18 Juni 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Freepik/pressfoto)
Food & Travel18 Juni 2024, 14:30 WIB

4 Makanan Ini Tidak Boleh Dimakan Jika Anda Penderita Kolesterol Tinggi, Hindari!

Penderita kolesterol bisa menikmati yogurt beku rendah lemak dengan taburan buah beri sebagai hidangan penutup.
Ilustrasi. Olahan Daging Berlemak. Makanan Ini Tidak Boleh Dimakan Jika Anda Penderita Kolesterol Tinggi, Hindari!. (Sumber : Pexels/TarynElliott)
Sehat18 Juni 2024, 14:15 WIB

Mengapa Kadar Gula Darah Bisa Naik saat Pagi Hari? Ini Penyebab dan Cara Mengatasi

Ternyata kadar gula darah dapat melonjak secara tiba-tiba di pagi hari. Penderita diabetes perlu tahu sebab dan cara mengatasinya.
Ilustrasi kadar gula darah yang naik saat pagi hari (Sumber : Pexels.com/@i-SensUSA)