Mau Jadi Guru di SD Ini? Tekad Pemuda Sukabumi untuk Anak Negeri

Selasa 17 Januari 2023, 17:25 WIB
Tresna Adi Putra, mahasiswa yang menjadi relawan pengajar di SDN Cirengrang, sekolah terpencil di Kabupaten Sukabumi (Sumber: istimewa)

Tresna Adi Putra, mahasiswa yang menjadi relawan pengajar di SDN Cirengrang, sekolah terpencil di Kabupaten Sukabumi (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Masih ingat SD Cirengrang di pedalaman Kabupaten Sukabumi yang sempat viral karena minim siswa, guru dan gubuk reyot?? Kekinian SD Cirengrang sudah berstatus Negeri dengan bangunan permanen, namun kondisi siswa dan guru tetap sama, minim.

Kampung Cirengrang adalah salah satu pemukiman di Desa Rambay Kecamatan Tegalbuleud kabupaten sukabumi yang masih susah akses. Jalan tanah dan berbatu yang hanya bisa dilalui Ketika musim kemarau, saat hujan sulit menjangkau lokasi ini.

SD ini dibangun seadanya oleh warga kampung Cirengrang pada 1962. Satu ruang bangunan untuk belajar karena anak-anak mereka terlalu jauh dan beresiko jika harus mencapai sekolah dasar terdekat.

Baca Juga: CASN 2023 Segera Dibuka, Guru dan Tenaga Kesehatan Jadi Formasi Paling Banyak?

1978 anak-anak kampung Cirengrang belajar di sekolah yang secara administrasi menginduk ke SDN Cikawung Desa Cimanggu. Seiring waktu berjalan tak banyak siswa yang belajar di sekolah ini.

Bukan karena minat belajar rendah, tapi anak usia sekolah di kampung Cirengrang sendiri memang tidak begitu banyak. Tak heran, dari tahun ke tahun jumlah siswa hanya belasan bahkan dibawah 10 orang.

Tahun 2022, tercatat hanya 9 anak yang menjadi siswa SD Cirengrang yang pada 2005 resmi menjadi sekolah dasar negeri. Data Pokok Pendidikan Kemendikbud Ristek menyebut sekolah ini hanya punya seorang guru merangkap tenaga pendidik, dan seorang kepala sekolah.

Baca Juga: Program PKM, Dosen Prodi DKV Nusa Putra Ajar Murid SMKN 1 Gunungguruh

Namun sejak 7 bulan lalu, para siswa SDN Cirengrang kedatangan seorang pemuda yang siap membantu mereka belajar. Tambahan tenaga untuk mencerdaskan anak bangsa ditengah, keterbatasan guru rutin yang bertugas di SDN Cirengrang.

Lewat program GSM (Gerakan Sukabumi Mengajar), Adi pemuda 23 tahun yang bernama lengkap Tresna Adi Putra memantapkan hati membantu para siswa di Cirengrang. Mengabdikan diri sebagai relawan tenaga pengajar walaupun sekolah ini jauh dari rumahnya di Desa Nagrak Utara Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi.

Adi dan para siswa SDN Cirengrang Sukabumi tahun ajaran 2023Adi dan para siswa SDN Cirengrang Sukabumi tahun ajaran 2023

“Saat ini ada dua tenaga pengajar di sekolah kami, 1 guru honorer dan tambahan dari relawan mahasiswa,” jelang Kepala SDN Cirengrang, Engkos kepada sukabumiupdate.com, Selasa (17/1/2023).

Baca Juga: Mau Mendaftar Guru Penggerak Kemendikbud? Cek Ini Syaratnya

Adi adalah mahasiswa akhir di jurusan PGSD UMMI Sukabumi. Bergabung dengan GSM ia kemudian memilih mengabdikan diri jauh dari rumah, menjadi pengajar di SDN Cirengrang.

Prihatin dengan kondisi sekolah yang minim fasilitas, Adi memulai pengabdiannya dengan menjadi guru di sekolah itu.

Tentu tidak mudah, walaupun sudah berstatus negeri dan tidak lagi menginduk ke SD yang lan, SDN Cirengrang masih kekurangan banyak fasilitas belajar dan mengajar, alat peraga, buku penunjang bagi siswa dan lainnya.

Baca Juga: Inilah 5 Kecamatan di Kabupaten Sukabumi dengan Guru TK Paling Banyak

Adi dituntut menjadi kreatif, agar tetap bisa memberikan materi yang mudah dicerna oleh para siswa.

“Tidak terasa sudah 7 bulan saya mengajar di SDN Cirengrang,” ujar Adi kepada sukabumiupdate.com.

Dengan segala kesulitan yang dihadapi, Adi tetap semangat karena para siswa SDN Cirengrang adalah anak-anak yang mau belajar untuk cerdas. Tak hanya siswa, warga kampung juga tak kenal lelah terus memberikan dukungan bagi keberlangsungan SDN Cirengrang.

Baca Juga: Pengajar di Ciracap Sukabumi Meriahkan HUT PGRI dengan Lomba Karnaval

Ini yang membuat Adi ‘jatuh cinta’ dengan pengabdiannya di SDN Cirengrang. Sebagai relawan, ia mengajar tanpa honor, kalaupun ada pemberian itu adalah bentuk dukungan ikhlas dari para orang tua siswa melalui komite.

“Kebanyakan bukan berupa uang, melainkan hasil panen,” lanjut Adi.

Selama proses pengabdian ini, Adi dipersilahkan tinggal dirumah warga. Bahkan penduduk Cirengrang membangun rumah sederhana untuk Adi, asalkan pemuda menetap untuk menjadi pengajar di SDN Cirengrang.

“Saya bersama warga sudah berunding, kalau memang Adi bersedia untuk mengajar lebih lama lagi disini, rencananya mau bangun tempat tingkat untuknya selama mengajar disini,” ujar Wahyu, Ketua Komite SDN Cirengrang.

Baca Juga: Bicara Pengajar di Era Revolusi Industri, Sekda Ingin IPM Sukabumi Tumbuh

Menurut Wahyu, Adi adalah guru yang ramah dan digemari oleh siswa. “Caranya mengajar mudah diterima siswa. Ini yang membuat warga kampung menganggap Adi adalah pahlawan pendidikan bagi kami,” tegasnya.

Reporter: Asep Awaludin (Magang)

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Science25 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 25 April 2024, Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat.
Ilustrasi - Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat. (Sumber : Freepik)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 00:04 WIB

Ditutup 25 April, DPC Demokrat Jaring 7 Bacalon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi

Tercatat sebanayk tujuh orang yang menyatakan akan maju menjadi calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan maju melalui partai demokrat
Bambang Topan Firmasyah bakal calon wakil Bupati di Pilkada 2024 saat mendaftar di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 23:27 WIB

Dinas PU Perbaiki Titik Kerusakan di Jalan Ahmad Yani Palabuhanratu Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan rusak yang sempat menjadi keluhan warga di ruas Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu.
Petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi perbaiki jalan Jendral Ahmad Yani di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 22:55 WIB

Pelaksanaan PSAJ Tingkat SMP di Kabupaten Sukabumi Diikuti 25.576 Siswa

Pelaksanaan ujian sekolah kini berganti nama menjadi Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ).
Siswa SMPN 1 Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi saat mengikuti Penilauan Sumatif Akhir Jenjang atau PSAJ | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 April 2024, 22:03 WIB

Pengelola Parkir Pasar Surade Sukabumi Anggap Keluhan Pengunjung Bahan Evaluasi

Pengelola parkir di Pasar Surade Kabupaten Sukabumi memberikan tanggapan terkait keluhan pengunjung soal tata cara memungut uang parkir yang dilakukan oleh petugas.
Kondisi pasar Surade Sukabumi pada, Rabu (24/4/2025) | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi24 April 2024, 21:13 WIB

Pria Paruh Baya Tewas Tergantung di Bojonggenteng Sukabumi Tinggalkan Secarik Surat

Belum diketahui motif bunuh diri yang dilakukan pria paruh baya di Bojonggenteng Sukabumi tersebut.
(Foto Ilustrasi) Pria paruh baya ditemukan tewas tergantung di Bojonggenteng Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 21:00 WIB

Kaya Vitamin C, Inilah 10 Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan

Jeruk Bali mengandung vitamin C yang tinggi, yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu penyembuhan luka, dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan. Foto: Instagram/@uyah_oyok
Life24 April 2024, 20:40 WIB

Mengejutkan, Ini 10 Alasan Mengapa Anak Berperilaku Buruk dan Cara Menanganinya

Anak-anak umumnya akan menunjukkan perasaan dan keinginan mereka dalam bentuk perilaku yang belum mampu diutarakan dengan beberapa alasan yang mengejutkan.
Ilustrasi anak berperilaku buruk. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 20:30 WIB

Bupati Sukabumi Antarkan 150 Penerima Beasiswa Bupati Tahun 2024 ke Universitas Nusa Putra

Sebanyak 150 penerima beasiswa Bupati Sukabumi tahun 2024 di Universitas Nusa Putra tersebut merupakan hasil seleksi dari ribuan peserta.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Civitas Akademika Universitas Nusa Putra dan 150 penerima beasiswa tahun 2024. (Sumber : Istimewa)