Wafat Bulan Desember: Profil Otto Iskandar Dinata, Si Jalak Harupat yang Hilang

Rabu 21 Desember 2022, 18:15 WIB
Si Jalak Harupat: Otto Iskandar Dinata pada Mata Uang Rupiah 20 Ribu, Emisi Tahun 2004 hingga 2021 (Sumber : bi.go.id)

Si Jalak Harupat: Otto Iskandar Dinata pada Mata Uang Rupiah 20 Ribu, Emisi Tahun 2004 hingga 2021 (Sumber : bi.go.id)

SUKABUMIUPDATE.com - Otto Iskandar Dinata, nama pahlawan nasional yang kerap terdengar namun tak semua mengenal.

Otto Iskandar Dinata, dikenal dengan singkatan Otista adalah salah satu pahlawan Jawa Barat yang wafat pada bulan Desember.

Pahlawan Nasional Jawa Barat ini, wajahnya tercetak pada lembar mata uang Rupiah pecahan 20 ribu, emisi tahun 2004 hingga 2021.

Sayangnya, tak semua masyarakat mengenal sosok pahlawan yang satu ini meski namanya cukup familiar. Dikutip dari berbagai sumber, berikut Profil Lengkap Pahlawan Nasional Jawa Barat, Otto Iskandar Dinata.

Otto Iskandar Dinata lahir di Bojongsoang, Dayeuhkolot, Bandung pada tanggal 31 Maret 1879 dan diumumkan tutup usia pada 20 Desember 1945.

Otto Iskandar Dinata adalah anak ketiga dari delapan bersaudara.

Ayah Otto Iskandar Dinata bernama Nataatmaja, namun namanya diubah menjadi raden haji Adam Rahcmat setelah menunaikan rukun Islam yang ke lima (naik haji) dan menjabat sebagai kepala Desa Bojongsoang. Sementara, Ibunya bernama Nyi Raden Siti Hatijah.

Baca Juga: Lahir Bulan Desember, Profil Lengkap Pahlawan Jawa Barat Dewi Sartika

Otto Iskandar Dinata termasuk keluarga bangsawan, tetapi ia sendiri tak pernah angkuh dan sombong. Otista tidak pernah memilih teman dalam bermain dan menganggap semua teman-temannya itu sama.

Sejak masa kanak-kanak jiwa kepemimpinan Otto Iskandar Dinata sudah terlihat dan berkembang semakin sempurna seiring berjalannya waktu.

Ketika Otto Iskandar Dinata menginjak usia 7 tahun, ia masuk ke Sekolah Dasar Jaman Hindia Belanda, HIS yang berlokasi di Bandung. Kala itu, Otto Iskandar Dinata termasuk anak yang pintar dan gemar memberi bimbingan atau sekadar belajar bersama teman-temannya.

Otto kecil ini memiliki nyali yang tinggi dan tidak suka berbasa-basi. Bahkan, sejak menjadi siswa, Otto sering menunjukkan kritik terbuka terhadap diskriminasi anak pribumi dan anak Belanda dalam pendidikan. Keberanian ini akhirnya membuat Otto mendapat julukan ‘Si Jalak Harupat’.

Jalak Harupat sendiri adalah sebutan untuk jenis ayam jantan dalam bahasa Sunda. Mitosnya adalah ayam yang kuat, pemberani, nyaring saat berkokok dan selalu menang saat diadu.

Baca Juga: Hari Ini 77 Tahun Lalu, Pengorbanan dan Darah Rakyat Sukabumi Dibalik Hari Juang Siliwangi

Pada tahun 1917 usai lulus Sekolah Dasar, Otto Iskandar Dinata melanjutkan ke sekolah guru di tempat yang sama, Bandung.

Otista menilai bahwa guru adalah seseorang mulia karena dituntut harus sabar, tekun dan memiliki jiwa pengabdian yang besar. Guru berperan dalam mencerdaskan murid-murd dan rakyat.

Oleh karena itu, Otista berpendirian kuat untuk menjadi guru. Dirinya berpikir jika rakyat telah cerdas, dapat membaca dan menulis, maka nasib tanah air menjadi tanggungjawab bersama.

Singkat cerita, pada April 1923 di Bandung Otto Iskandar Dinata resmi mempersunting Sukriah, putri asisten wedana di Banjarnegara. Mereka kemudian dikaruniai 11 orang anak yang terdiri dari 4 laki-laki dan 7 perempuan.

Disamping kiprahnya sebagai guru dan kepala keluarga, Otto Iskandar Dinata termasuk tokoh yang aktif di berbagai organisasi serta punya catatan historis perjuangan kemerdekaan.

Beberapa catatan tersebut yakni pengurus Organisasi Budi Utomo, organisasi sosial yang didirikan oleh para siswa School Tot Opleiding Voor Inlandsche Artsen (STOVIA) serta Anggota BPUPKI dan Pengusul Nama Soekarno Sebagai Presiden RI.

Kemudian, termasuk perintis Pembela Tanah Air (PETA) bersama Iyos Wiriaatmaja, dan R. Gatot Mangkupraja pada Masa Pendudukan Jepang.

Otista juga sempat menjabat dalam Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) dan turut serta menyusun Undang-Undang Dasar 1945.

Beralih pada Peristiwa Wafatnya Sosok Pahlawan Nasional Jawa Barat, Si Jalak Harupat.

Peristiwa naas harus terjadi pada Otto Iskandar Dinata, berupa fitnah tuduhan mata-mata Belanda.

Baca Juga: Menguak Tragedi Takokak 1948: Pembantaian Sadis Terlupa di Perbatasan Sukabumi

Rentetan fitnah tersebut membuat dirinya diculik sekumpulan prajurit berpakaian serba hitam (Laskar Hitam) pada Rabu, 19 Desember 1945 pukul 5 sore.

Pasukan datang menggunakan truk dari Tangerang dan membawa Otto ke pantai Desa Ketapang, sekira 2 Km dari dari Mauk. Otto disiksa dengan tangan terikat lalu dibunuh bersama tawanan lain bernama Hasbi.

Mayat keduanya pun dibuang ke laut dan tidak pernah ditemukan.

Saat itu, pembunuhan Otto termasuk peristiwa yang sulit dicegah, ditambah Indonesia sedang dalam keadaan genting.

Di waktu yang sama, 19 Desember 1945 sore hari, pertempuran Karawang-Bekasi dan peperangan terjadi di beberapa daerah Indonesia.

Pemerintah Indonesia dengan sangat berat hati, akhirnya menetapkan tanggal 20 Desember 1945 sebagai tanggal kematian Si Jalak Harupat.

Meskipun, catatan historis menyebut jenazah Otto Iskandar Dinata tidak pernah ditemukan.

Namun Pemakaman Si Jalak Harupat yang Hilang dilakukan secara simbolik di Taman Bahagia, Lembang pada hari ini 70 tahun yang lalu, tepatnya 21 Desember 1952.

Untuk diketahui, Sukabumi memiliki sebuah jalan dan wilayah bernama Otista.

Di Kota Sukabumi yakni sebuah Jalan bernama Otto Iskandar Dinata (Otista) sementara Kabupaten Sukabumi nama sebuah Kampung, yaitu Otista, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Sumber : berbagai sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer