TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Google Doodle Hari Ini Tampilkan Raja Ali Haji bin Raja Haji Ahmad, Bapak Bahasa Indonesia

Raja Ali Haji bin Raja Haji Ahmad adalah seorang cendikiawan, penulis dan sejarawan yang dikenal sebagai bapak bahasa Indonesia

Penulis
Sabtu 5 Nov 2022, 12:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ilustrasi pria paruh baya mengenakan peci dan kacamata terpampang jelas ketika membuka laman Google hari ini. Sosok pria tersebut adalah Raja Ali Haji bin Raja Haji Ahmad yang tampilannya ada di Google Doodle hari ini, Sabtu (5/11/2022).


Dihimpun dari Suara.com, ia merupakan seorang sejarawan, cendekiawan, dan penulis terkenal yang memimpin kebangkitan sastra dan budaya Melayu pada abad ke-19. Mengutip dari laman Google Doodle, sosok yang ditampilkan Doodle dalam rangka mengenang sosok Raja Ali Haji bin Raja Haji Ahmad.


"Mengenang Raja Haji Ahmad," tulis Google Doodle yang dikutip Suara.com, Sabtu (5/11/2022).


Raja Ali secara anumerta mendapat gelar sebagai Pahlawan Nasional Indonesia pada 2004. Raja Ali lahir sebagai pangeran Bugis-Melayu pada tahun 1809 dari keluarga ulama.


Ketika dia masih muda, keluarganya pindah ke Pulau Penyengat, Kepulauan Riau. Raja Ali Haji bin Raja Haji Ahmad belajar dengan ulama terkenal dari Kesultanan Riau-Lingga dan diakui sebagai siswa yang berbakat.



Editor
Halaman :
Tags :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x