Tips Memilih Baju Lebaran untuk Seragam Keluarga, Tampil Kompak di Hari Raya

Rabu 05 April 2023, 14:45 WIB
Ilustrasi. Memilih baju lebaran untuk seragam keluarga memang menjadi sesuatu yang gampang-gampang susah | Foto: Freepik

Ilustrasi. Memilih baju lebaran untuk seragam keluarga memang menjadi sesuatu yang gampang-gampang susah | Foto: Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Memilih baju lebaran terkadang tidak hanya untuk diri sendiri tapi beberapa orang juga kerap menggunakan baju lebaran yang sama dalam satu keluarga sehingga terlihat kompak saat Lebaran.

Namun, memilih baju lebaran untuk seragam keluarga memang gampang-gampang susah, ada banyak hal yang kerap menjadi pertimbangan seperti model baju, warna hingga bahan yang digunakan.

Karena itu penting mengetahui tips memilih baju lebaran untuk seragam keluarga agar lebih mudah dalam memilih seragam keluarga untuk Lebaran.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Baju Lebaran 2023 Untuk Pria, Pilih Sesuai Karakter Kamu Ya!

Melansir dari Tempo.co, busana sarimbit atau pakaian seragam untuk pasangan maupun keluarga kian diminati untuk dipakai di Hari Raya Idul Fitri. Busana sarimbit mempunyai kesamaan warna dan corak, menjadi salah satu pilihan sebagian keluarga untuk baju Lebaran. Pemimpin komersial rumah mode RiaMiranda, Yaya Wulandari, pun membagikan tips memilihnya.

"Sarimbit itu harus lengkap, bapak, ibu, anak laki-laki dan perempuan. Untuk trennya kurang lebih sama seperti sarimbit-sarimbit pada umumnya," kata Yaya.

Untuk ayah atau suami dapat mengenakan baju koko atau busana muslim pria, baik itu lengan pendek atau panjang. Dari sisi motif, sebaiknya pilih yang tidak terlalu besar ukurannya.

"Secara motif pasti lebih kalem, enggak terlalu besar motifnya, warnanya lebih ke two tone. Itu disesuaikan dengan anak laki-laki," ujar Yaya.

Baca Juga: Trend Warna Baju Lebaran 2023, Simak Dulu Sebelum Beli Baju Baru

Sementara untuk ibu atau istri serta anak perempuan, kini ada beragam pilihan. Berkaca pada konsumen jenama RiaMiranda, koleksi pakaian mereka antara lain terdiri dari atasan dan bawahan, model tunik dan bawahan, dan terusan sebagai pilihan ketiga.

Pilih warna cerah

Khusus untuk anak-anak, selain menyesuaikan dengan orang tua, busana yang dipilih juga sebaiknya mementingkan kenyamanan. Busana yang terdiri dari atasan dan bawahan kebanyakan dipilih konsumen.

"Anak-anak trennya pilih yang nyaman, lebih ke two pieces. Kalau dress jangan sampai pakai yang kepanjangan karena biasanya bikin ibunya repot mengurus anak," kata Yaya.

Baca Juga: 5 Tren Baju Lebaran 2023 Terbaru Perempuan, Tampil Gaya di Hari Raya

Sementara untuk warna, pilih yang lebih cerah. Kalaupun yang bold, sebaiknya pilih bukan nuansa warna yang gelap tapi yang cerah untuk menyesuaikan dengan suasana Lebaran yang cerah.

Khusus untuk baju koko pria, pemilik usaha Fatih Indonesia, Fahmi Hendrawan, mengatakan mereka kini sudah memiliki pilihan dari sisi warna sehingga tak melulu harus putih. Selain itu, sebaiknya utamakan juga kenyamanan.

"Jangan malu pakai warna pastel, earth tone. Sudah saatnya cowok berekspresi dengan pakaian, harus menggunakan bahan yang nyaman," tandas Fahmi.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel09 Mei 2024, 07:00 WIB

Simpel dan Mudah, Cara Membuat Air Rebusan Ketumbar untuk Meredakan Nyeri Sendi

Air rebusan ketumbar dapat dikonsumsi secara teratur untuk mendapatkan manfaat kesehatannya, terutama untuk meredakan masalah pencernaan, meredakan nyeri sendi, dan memberikan efek detoksifikasi pada tubuh.
Ilustrasi. Mudah Dibuat di Rumah, Cara Membuat Air Rebusan Ketumbar untuk Meredakan Nyeri Sendi (Sumber : Instagram/@sweet.deeva)
Science09 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 9 Mei 2024, Sukabumi Berpotensi Cerah dari Pagi Hingga Dini Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Kamis 9 Mei 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Kamis 9 Mei 2024. | Pixabay/
Sukabumi09 Mei 2024, 00:31 WIB

Hati-hati Jadi TKW! Belajar Rugi dari Warga Sukabumi yang Hamil Sepulang dari Dubai

Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana menanggapi hal tersebut, pihaknya menyebut peristiwa ini harus menjadi contoh (pelajaran) bagi seluruh masyarakat ketika hendak menjadi TKW.
Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Rabu (8/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi08 Mei 2024, 23:30 WIB

Silaturahmi Kepala Desa Se-Dapil V, Satukan Langkah untuk Kemajuan Sukabumi

Silahturahmi dan Halal Bihalal Apdesi Kabupaten Sukabumi bersama para kepala desa, para istri kepala desa, dan aparat desa se Dapil V di gelar di Agro Park, Kecamatan Nyalindung, Rabu (8/5/2024).
Halal Bihalal dan Silaturahmi Apdesi dan Para Kepala Desa Se Dapil V Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/5/2024) | Foto : Dok. Apdesi
Sukabumi08 Mei 2024, 23:23 WIB

Diduga Sopir Main HP saat Berkendara, Angkot di Sukabumi Seruduk Mobil Penjual Cireng

Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi, diduga gegara sopir asyik main HP saat berkendara.
Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi08 Mei 2024, 22:54 WIB

DPRD Sukabumi Raker soal Pencabutan Status UHC Non-Cut Off, Ini Hasilnya

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar ungkap hasil raker soal pencabutan status UHC Non-Cut Off bersama Pemda.
Raker Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi dan Pemda soal pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 21:16 WIB

Banyak Kasus Kriminal Libatkan Anak, Bupati Sukabumi Soroti Dampak Medsos hingga Ekonomi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyebut pengawasan perserta didik harus diperketat mulai dari pengawasan orang tua, lembaga pendidikan hingga lingkungan sosial
Bupati Sukabumi, Marwan Hamami | Foto : Asep Awaludin
Sehat08 Mei 2024, 21:00 WIB

Tanaman Jelatang: Nutrisi dan 5 Khasiatnya untuk Mengobati Beragam Penyakit

Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae.
Ilustrasi - Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae. (Sumber : pexels.com/@Simon Gough).
Sukabumi08 Mei 2024, 20:59 WIB

Kamboja Belajar soal Pencegahan Perkawinan Anak ke Pemkab Sukabumi

Kabupaten Sukabumi jadi tempat belajar soal pencegahan perkawinan anak bagi delegasi Kamboja.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat berbagi cenderamata dengan delegasi pemerintah Kamboja. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 20:14 WIB

Kebakaran Rumah di Lengkong Sukabumi Diduga Akibat Korsleting Listrik, Penghuni Mengungsi

Kerugian akibat kebakaran rumah di Lengkong Sukabumi ini capai Rp65 Juta. Penyebab diduga akibat korsleting listrik.
Kondisi rumah di Lengkong Sukabumi yang hangus terbakar. (Sumber : Istimewa)