TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Heboh Didaftarkan 3 Negara ASEAN, Kenali 5 Model Kebaya yang Ada di Indonesia

Kebaya terbuat dari berbagai bahan kain ringan, salah satunya adalah brokat dan kain katun.

Penulis
Jumat 25 Nov 2022, 20:39 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kebaya saat ini telah menjelma menjadi pakaian fashion bagi setiap orang meski awalnya hanya dapat dipakai oleh anggota keluarga kerajaan. Busana ini terbuat dari berbagai bahan kain ringan, salah satunya adalah brokat dan kain katun.

Melansir dari Tempo.co, sepanjang eksistensinya, beragam jenis dan model telah ditampilkan di acara resmi dan dipakai dalam keseharian. Untuk mengenal beberapa model di antaranya, berikut beragam model kebaya yang telah disadur dari berbagai sumber:

1. Model Janggan

Dikutip dari laman keraton.perpusnas.go.id, kata janggan berasal dari kata ’jangga’ yang berarti leher. Model dari kebaya ini memiliki kemiripan dengan jas laki-laki jawa, yakni surjan. Ini karena kancing dari kebaya ini terletak di bagian leher ke bawah kiri tubuh.

Umumnya, kebaya ini memiliki warna hitam yang menyimbolkan ketegasan, kesederhanaan, dan juga kedalaman. Kebaya model ini juga sering digunakan oleh abdi dalem putri keraton Jawa ketika menabuh gamelan atau ketika menjadi pesinden.

2. Model Encim

Melansir publikasi berjudul Sejarah Dan Perkembangan Bordir Kebaya Encim di Indonesia, kebaya encim adalah busana yang biasa dipakai oleh perempuan Cina-Melayu pada dekade 1900-an. Kebaya model ini merupakan hasil akulturasi yang memiliki perkembangan yang cukup baik.

Salah satu pembeda dari kebaya ini adalah padatnya hiasan bordir di bagian leher, lingkar lengan, dan sekeliling tepian kebaya. Dari segi bentuk, kebaya encim merupakan hasil peralihan dari kebaya panjang menjadi kebaya biku. Perubahan ini sesuai dengan budaya kaum keturunan Tionghoa yang sering menggunakan busana dengan potongan lengan pendek.

3. Model Kutubaru

Kebaya model Kutubaru diyakini berasal dari Jawa Tengah dan muncul sekitar abad ke-18. Model ini menutup dada dari kanan ke kiri dengan secarik kain. Biasanya, model kebaya ini dipadukan dengan kemben. Fungsinya adalah untuk menguatkan siluet pemakainya. Hingga saat ini, kebaya Kutubaru sudah dikembangkan menjadi jenis busana modern dan masih diperjualbelikan di berbagai gerai busana.


Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x