Siapa Samsul yang Trending, Plesetan Cawapres Soal Asam Sulfat?

Senin 25 Desember 2023, 11:00 WIB
Ilustrasi. Anonim | Siapa Samsul yang Trending, Plesetan Cawapres Soal Asam Sulfat? (Sumber : pixabay.com/@GerdAltmann)

Ilustrasi. Anonim | Siapa Samsul yang Trending, Plesetan Cawapres Soal Asam Sulfat? (Sumber : pixabay.com/@GerdAltmann)

SUKABUMIUPDATE.com - Kata kunci "Samsul" ramai diperbincangkan warganet hingga viral di media sosial.

Samsul Trending usai salah satu Calon Wakil Presiden (cawapres) dengan nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka salah menyebut Asam Folat menjadi Asam Sulfat.

Bahkan, pantauan sukabumiupdate.com di X (Twitter), kata kunci "Samsul" masuk di jajaran Trending pada Senin (25/12/2023). Lantas, siapa Samsul yang Trending itu? Simak ulasannya sebagaimana merujuk Suara.com!

Baca Juga: 10 Ciri Anak Memiliki Sifat Buruk, Bunda Perhatikan Sikapnya!

Istilah Samsul disebut-sebut sebagai panggilan atau nama baru yang diberikan masyarakat di media sosial kepada Gibran Rakabuming. Lalu, dari mana asal nama Samsul?

Samsul merupakan nama plesetan yang berasal dari singkatan Asam Sulfat. Asam Sulfat sendiri sempat membuat nama Gibran banyak diperbincangkan oleh publik.

Asam Sulfat yang merupakan cairan untuk membuat baterai, aki hingga kertas itu diucapkan Gibran ketika tengah menjelaskan nutrisi bagi ibu hamil. Padahal yang seharusnya disampaikan Gibran adalah asam folat.

Namun karena salah penyebutan, Gibran jadi bulan-bulanan publik khususnya oleh warganet di media sosial. Potongan video yang memperlihatkan Gibran salah ucap asam folat menjadi asam sulfat viral di media sosial.

"Lalu ketika hamil harus dicek dia misalnya asam sulfat, yodiumnya terpenuhi enggak, ketika anaknya lahir sampai 2 tahun ASI-nya terpenuhi gak, berat badannya tinggi badannya oke gak," kata Gibran dikutip via Suara.com dari sebuah video TikTok @idrisbue pada Senin (25/12/2023).

Baca Juga: 11 Ciri Anak Memiliki Kebiasaan Buruk, Bunda Perhatikan Sikapnya!

Alhasil, sosok Gibran menjadi pembicaraan warga seraya dengan istilah asam sulfat. Seiring berjalannya waktu, istilah asam sulfat itu disingkat menjadi samsul dan menjadi panggilan baru untuk Gibran.

Gibran nampaknya tidak ambil pusing dengan nama panggilan barunya tersebut. Sebab, suami Selvi Ananda itu turut menuliskannya melalui akun X pribadinya.

"Samsul," cuitnya melalui akun @gibran_tweet pada Rabu (20/12/2023).

Baca Juga: 10 Penyebab Anak Memiliki Sifat Buruk, Ada Gangguan Kesehatan Mental!

Cawapres Prabowo itu juga terlihat tidak masalah ketika anggota Dewan Pembina DPP PSI, Giring Ganesha mengunggah gambar AI Gibran dengan tulisan Samsul. Tak hanya hari senin ini, pada Sabtu (23/12/2023), nama panggilan Samsul juga trending di media sosial X.

Sebelumnya diberitakan, Gibran Rakabuming Raka, Calon Wakil Presiden nomor urut 2, kini menjadi topik perbincangan hangat warganet usai sebut ibu hamil membutuhkan asam sulfat.

Kata kunci "ibu hamil" bahkan masuk di jajaran trending di X (Twitter) hingga Selasa (5/12/2023) pagi. Cawapres Prabowo itu langsung viral di media sosial dan menjadi buah bibir netizen indonesia.

Baca Juga: 14 Cara Mengenali Orang yang Menyimpan Rasa pada Kita, Tatapan Matanya Beda

Diketahui, video berdurasi 14 detik yang diunggah oleh akun @awl*** pada Senin, 4 Desember 2023 pukul 13.01 menunjukkan Gibran Rakabuming sedang menyampaikan materi di tengah empat orang yang duduk di meja.

“Ketika hamil harus dicek, ya, asam sulfat, yodiumnya terpenuhi nggak. Ketika anaknya lahir sampai dua tahun asinya terpenuhi nggak, berat badannya,” kata Gibran di video itu yang tampak dalam kegiatan Diskusi Ekonomi Kreatif di sebuah kafe, dikutip Selasa (5/12/2023).

Belum diketahui kapan video Gibran sebut ibu hamil perlu asam sulfat itu diambil dan kapan acaranya Ekonomi Kreatif Gibran diselenggarakan. Namun, dari video viral itu tampak ramai orang yang menyimak Gibran sedang menyampaikan materi.

Hingga Senin, 4 Desember 2023 pukul 20.57 video Gibran sebut ibu hamil perlu asam sulfat itu sudah mendapat 1,1 juta penayangan sekaligus beragam reaksi dari pegiat media. Akun @M.Haris***, misalnya, ia menyebut harusnya untuk ibu hamil bukan asam sulfat, tetapi asam folat. Topik asam sulfat pun jadi trending topik di jagat X.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat07 Mei 2024, 13:00 WIB

Meredakan Gejala Pilek, Rahasia 7 Teh Terbaik yang Ciptakan Tubuh Sehat dan Bugar!

Redakan pilek bisa dengan mengonsumsi teh herbal yang memiliki khasiat luar biasa.
Ilustrasi - Redakan pilek bisa dengan mengonsumsi teh herbal yang memiliki khasiat luar biasa. (Sumber : pexels.com/@Alesia Talkachova).
Entertainment07 Mei 2024, 12:55 WIB

Rebutan Lambe Turah, Ujung Sengketa Pemilik Akun Gosip Paling Hot di Indonesia

Dengan followersnya yang mencapai 12 juta, akun medsos lambe turah menjadi kanal informasi seputar gosip paling hot di Indonesia.
Icon dan logo akun IF lambe turah (Sumber: akun lambe turah)
Kecantikan07 Mei 2024, 12:45 WIB

5 Warna Cat Kuku yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

Kulit sawo matang memiliki pesona tersendiri yang memancarkan kehangatan dan keindahan alami.
Ilustrasi warna cat kuku yang cocok untuk kulit sawo matang (Sumber : pixabay.com / @bbgirl)
Life07 Mei 2024, 12:30 WIB

8 Tips Menyenangkan Orang Lain yang Membuat Citra Diri Semakin Baik

Memberi perhatian kepada orang lain dan memberikan dukungan emosional dapat meningkatkan hubungan sosial dan memberi kesan positif kepada mereka sehingga membuat citra diri semakin baik.
Ilustrasi - Tips Menyenangkan Orang Lain yang Membuat Citra Diri Semakin Baik (Sumber : Freeoik/tirachardz)
Kecantikan07 Mei 2024, 12:15 WIB

Kurang Nutrisi, Berikut 6 Penyebab Kuku Mudah Patah

kuku yang sering patah bukanlah masalah sepele. Bagi banyak orang, kuku yang rapuh dan mudah patah bukan hanya menjadi sumber frustasi.
Ilustrasi kuku yang mengalami patah (Sumber : pixabay.com/@ziounail)
Sukabumi07 Mei 2024, 12:10 WIB

Jadi Tuan Rumah Healthy Cities Summit (HCS) 2024, Kabupaten Sukabumi Bersiap

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan rakor ini untuk menyelaraskan pemahaman. Sehingga antara pemerintah, perusahaan, dan masyarakat selaras dan seirama.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami memimpin rapat koordinasi terkait suksesnya penyelenggaraan HCS ke 6 tingkat nasional tahun 2024 di Kabupaten Sukabumi,bertempat di Pangrango Resort (Sumber: dokpim kabupaten sukabumi)
Bola07 Mei 2024, 12:00 WIB

Persib Punya Catatan Kurang Baik Saat Lawan Bali United, Marc Klok: Kami Akan Ubah Itu!

Persib Bandung akan berusaha keras untuk memperbaiki catatan buruk kala berjumpa Bali United.
Persib Bandung akan berusaha keras untuk memperbaiki catatan buruk kala berjumpa Bali United. (Sumber : Persib.co.id)
Kecantikan07 Mei 2024, 11:45 WIB

Perempuan Wajib Tahu, Ini 7 Cara Merawat Kuku Setiap Saat Agar Sehat dan Bersih

Sebagai perempuan penting sekali untuk mengetahui cara menjaga dan merawat kuku setiap saat. Karena perlu diketahui agar kuku bisa sehat dan bersih
Ilustrasi kuku bersih (Sumber : pixabay.com/ @keynee2)
Sehat07 Mei 2024, 11:30 WIB

10 Rekomendasi Makanan Rendah Kalori untuk Diet Sehat

Sayuran panggang atau rebus seperti wortel, kacang polong, kembang kol, dan kacang panjang adalah pilihan camilan yang rendah kalori dan rendah lemak.
Makanan Rebus untuk Diet. | Rekomendasi Makanan Rendah Kalori untuk Diet Sehat. Foto : Pixabay
Sukabumi07 Mei 2024, 11:04 WIB

Literasi Digital, Pemkot Sukabumi Gelar EdukAsyik dengan Pendekatan Komunikasi Pribadi

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada pengguna internet.
Pemkot Sukabumi melalui Diskominfo menggelar EdukAsyik Literasi Digital di Hotel Balcony, Selasa (7/5/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi