Aminah Cendrakasih dan 15 Artis Lainnya yang Meninggal di Sepanjang Tahun 2022

Kamis 22 Desember 2022, 17:15 WIB
Potret mendiang ibu Aminah Cendrakasih. | (Sumber : Foto: Instagram/@sidoelanaksekolahan).

Potret mendiang ibu Aminah Cendrakasih. | (Sumber : Foto: Instagram/@sidoelanaksekolahan).

SUKABUMIUPDATE.com - Menjelang berakhirnya tahun 2022, banyak sekali peristiwa yang terjadi di tanah air, salah satunya adalah kepergian para artis Indonesia yang telah berpulang ke pangkuan tuhan YME.

Terbaru dan masih hangat adalah kepergian sang artis legendaris tanah air yaitu Aminah Cendrakasih. Mak Nyak sebutannya dalam film si Doel itu meninggal dunia pukul 20.00 WIB di usia 84 tahun.

Rano Karno membagikan kabar duka atas meninggalnya Aminah Cendrakasih. Pemeran si Doel ini turut memanjatkan doa untuk almarhumah.

Baca Juga: Daftar 7 Lagu K-Pop yang Paling Enak Didengar Sepanjang Tahun 2022

"Innalillahi wa Inna ilaihi raji'un. Telah wafat Mak Nyak, Aminah Cendrakasih," tulis Rano Karno di Instagram, Rabu (21/12/2022).

Selain Rano Karno, akun fanbase dari sinetron Si Doel Anak Sekolahan juga ikut membagikan kabar duka. Sejumlah rekan artis juga ikut mendoakan Aminah Cendrakasih melalui kolom komentar.

Mereka diantaranya Aiman Ricky, Marsha Timothy hingga Ariyo Wahab.
"Innalillahi wa Inna ilaihi raji'un. Semoga almarhumah husnul khatimah," tutur Ariyo Wahab.

"Turut berdukacita sedalam-dalamnya," tulis Marsha Timothy.
Dikutip dari Suara.com, sementara sejumlah kabar artis meninggal tahun 2022 ternyata didominasi oleh senior atau sosok yang sudah berumur.

Siapa saja? Simak kaleidoskop artis meninggal tahun 2022 berikut ini.

1. Nindy Ellesse

Penyanyi Nindy Ellesse meninggal dunia pada 3 Januari 2022 setelah berjuang melawan kanker payudara. Pelantun lagu Gelora Cinta tersebut meninggal di usia 54 tahun.

2. Novi Amelia

Di bulan Februari, publik dikejutkan dengan kabar Novi Amelia tewas setelah terjun dari lantai 8 Apartemen Kalibata City. Model majalah dewasa tersebut diduga bunuh diri, tetapi hal itu dibantah sang ayah yang meyakini Novi terjatuh.

Baca Juga: Lebih Dari 10 Cabor, Deretan Atlet Kebanggaan Sukabumi Sepanjang Tahun 2022

3. Dorce Gamalama

Dorce Gamalama meninggal dunia di usia 58 tahun karena Covid-19. Setelah kepergiannya, pemilik nama Dedi Yuliardi Ashandi tersebut terus diperbincangkan terkait cara pemakaman hingga perihal warisan yang menyulut konflik keluarga.

4. Lucky Andreono

Selanjutnya kabar Lucky Andreono meninggal dunia menjadi pembicaraan di akhir Maret 2022. Juara MasterChef Indonesia season 1 itu diceritakan menderita penyakit komplikasi sebelum meninggal dunia.

5. Mieke Wijaya

Kepergian aktris senior Mieke Wijaya yang selama ini menderita diabetes akut dan kanker cukup membuat Nia Zulkarnaen sang putri terpukul. Mieke Wijaya meninggal dunia pada 3 Mei 2022 di usia 82 tahun.

6. Rima Melati

Tak lama setelah Mieke Wijaya, Rima Melati yang juga dikenal sebagai salah satu aktris senior kebanggaan Tanah Air juga meninggal dunia. Rima Melati yang wafat di usia 84 tahun diketahui memiliki penyakit ulkus dekubitus.

Baca Juga: 11 Perceraian Artis Indonesia yang Bikin Heboh Sepanjang Tahun 2022

7. Donny Suhendra

Gitaris Krakatau Band, Donny Suhendra, meninggal dunia setelah menyelesaikan penampilannya bersama Syaharani & the Queenfireworks di Jombang, Jawa Timur, pada Juni 2022. Selama ini dikenal punya penyakit asma, Donny Suhendra meninggal di usia 62 tahun.

8. Bob Tutupoly

Di usia 82 tahun, Bob Tutupoly wafat setelah berjuang melawan penyakit stroke. Lagu Widuri membuat nama Bob Tutupoly dikenang harum saat kepergiannya dikabarkan pada Juli lalu.

9. Eddy Gombloh

Dunia komedi pun kehilangan pelawak terbaiknya, Eddy Gombloh, yang meninggal di usia 81 tahun. Kondisi Eddy Gombloh memburuk setelah positif Covid-19, kemudian dinyatakan meninggal dunia pada 4 Agustus 2022.

10. Reza Gunawan

Kepergian Reza Gunawan suami Dewi Lestari pada September 2022 juga cukup bikin syok. Pasalnya Dewi Lestari dan keluarga sempat menyembunyikan penyakit stroke pria yang dikenal sebagai pakar penyembuhan holistik tersebut.

11. Clerence Chyntia Audry

Bintang FTV Clerence Chyntia Audry menjadi artis Indonesia termuda yang meninggal dunia di 2022. Baru 28 tahun, istri Rio NOAH tersebut meninggal setelah melawan penyakit kanker yang dideritanya.

12. Rudy Salam

Dunia akting pun baru kehilangan aktor senior kawakan Rudy Salam pada 18 November 2022 di usia 73 tahun. Kakak Roy Marten itu ternyata menderita vertigo sehingga tidak bisa banyak bergerak selama 3 tahun terakhir.

Baca Juga: 10 Pasangan Drama Korea yang Bikin Baper Penonton Sepanjang Tahun 2022

13. Lord Rangga

Terakhir ada Lord Rangga yang meninggal dunia pada 7 Desember 2022. Sebelum meninggal dunia, Lord Rangga dilarikan ke rumah sakit akibat terlalu capek. Meski sempat masuk penjara atas pernyataan kontroversialnya, Lord Rangga begitu dicintai di akhir hayatnya.

14. Ki Joko Bodo

Mantan paranormal Ki Joko Bodo atau yang bernama asli Agus Yulianto dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (22/11/2022) dalam usia 57 tahun. Ki Joko Bodo meninggal karena penyakit yang telah lama diderita. Dulu, Ki Joko Bodo dikenal sebagai seorang paranormal. Namun beberapa tahun sebelum meninggal dunia

15. Otis Pamutih

Otis Pamutih meninggal dunia pada Rabu (14/12/2022) sekitar pukul 09.30 WIB. Sang artis meninggal dunia karena sakit stroke yang diderita sejak enam tahun yang lalu.

Kiprah Otis Pamutih di dunia entertainment sudah berlangsung sejak 1995. Ia membintangi sinetron berjudul Singgasana Brama Kumbara.

16. Aminah Cendrakasih

Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air. Aminah Cendrakasih, pemeran Mak Nyak dalam sinetron populer Si Doel Anak Sekolahan telah meninggal dunia pada hari ini, Rabu (21/12/2022) malam.

Dilansir dari Selebtek.suara.com (Portal Suara.com), Aminah Cendrakasih diketahui sudah lama terbaring karena menderita sakit glaukoma yang membuatnya tidak dapat melihat dan sulit beraktivitas.

Nama Aminah Cendrakasih melambung saat berperan sebagai Mak Nyak, ibunda Si Doel dan Atun dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

Dalam sinetron tersebut, ia beradu akting dengan almarhum Benyamin S yang menjadi Babe atau suami Mak Nyak.

Baca Juga: 6 Peristiwa yang Menelan Ratusan Korban Jiwa di Sepanjang Tahun 2022

Selain itu ada juga Rano Karno yang berperan sebagai Doel, Cornelia Agatha, Maudy Koesnaedi, Suti Karno alias Atun, Mandra, Basuki, dan masih banyak lagi.

Di akhir hayatnya, almarhumah masih memiliki semangat saat membintangi dua film yakni Si Doel The Movie (2018) dan Si Doel The Movie 2 (2019).

Itu dia sederet artis meninggal tahun 2022 yang didominasi para senior di dunia hiburan Tanah Air. Bagaimana pendapatmu?

Sumber: Suara.com (Neressa Prahastiwi)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Jawa Barat04 Maret 2024, 09:09 WIB

Mulai 4 Maret! Simak 11 Pelanggaran yang Bakal Ditindak saat Operasi Lodaya

Tujuan operasi ini adalah meningkatnya kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas.
(Foto Ilustrasi) Humas Polda Jawa Barat membagikan 11 pelanggaran yang akan ditindak selama Operasi Keselamatan Lodaya 2024. | Foto: Istimewa
Sehat04 Maret 2024, 09:00 WIB

Lemon: Kandungan Nutrisi dan 8 Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Lemon penuh dengan nutrisi yang sangat bermanfaat, terutama vitamin C.
Ilustrasi - Lemon penuh dengan nutrisi yang sangat bermanfaat, terutama vitamin C. (Sumber : pexels.com/@Kelly).
Internasional04 Maret 2024, 08:50 WIB

FB Setop Pembayaran ke Media Australia, Kabar Buruk untuk Publisher Rights RI

Meta Platforms mengatakan pihaknya akan berhenti membayar penerbit berita Australia untuk konten yang muncul di Facebook.
(Foto Ilustrasi) Perusahaan induk FB, Meta, menolak melanjutkan pembayaran ke penerbit berita Australia. | Foto: Istimewa
Sukabumi04 Maret 2024, 08:03 WIB

Dinsos Fokus Tangani Kemiskinan dan Tingkatkan Kesejahteraan Warga Kota Sukabumi

Isu sosial merupakan masalah yang kompleks masing-masing negara dan di daerah.
Dinsos Kota Sukabumi menggelar FPD untuk penyusunan RKPD tahun 2025 di Hotel Fresh, Jumat, 1 Maret 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Life04 Maret 2024, 08:00 WIB

Menebak Kepribadian Seseorang Berdasarkan Konten yang Disukainya di Medsos

Cara menebak kepribadian seseorang berdasarkan konten yang disukainya di media sosial bisa menjadi trik untuk mencari tahu karakter asli orang lain meskipun hal tersebut tidak akurat 100 persen
Ilustrasi - Menebak Kepribadian Seseorang Berdasarkan Konten yang Disukainya di Medsos (Sumber : Freepik/@freepik)
Gadget04 Maret 2024, 07:53 WIB

Ahmad Syahroni: PAN Sukabumi Butuh Sosok Bernyali untuk Nakhodai Partai

Fungsionaris DPD PAN Kabupaten Sukabumi, Ahmad Syahroni memberikan tanggapan, menurutnya untuk kedepan PAN Kabupaten Sukabumi membutuhkan sosok kepemimpinan yang berani, punya nyali tinggi untuk kemajuan partai dan memiliki jejaring dan diterima semua kal
Faizal Akbar Awaludin, Bendahara DPD PAN Kabupaten Sukabumi / Caleg Terpilih DPRD Kabupaten Sukabumi 2024-2029 | Foto : Ist
Sukabumi04 Maret 2024, 07:52 WIB

FPD Diskumindag: Pengembangan Koperasi hingga Ekonomi Kreatif di Kota Sukabumi

FPD ini untuk mewujudkan keselarasan antara rencana dan implementasi program.
Diskumindag Kota Sukabumi menggelar FPD pada Jumat, 1 Maret 2024 di Hotel Balcony. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Kecantikan04 Maret 2024, 07:00 WIB

6 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kulit yang Mudah Dicoba!

Berikut ini cara menghilangkan bekas luka yang mudah dilakukan di rumah
Ilustrasi - 6 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kulit yang Mudah Dicoba! (Sumber : Freepik/freepik)
Food & Travel04 Maret 2024, 06:00 WIB

Resep Kolak Pisang Yogurt, Takjil Tanpa Santan Cegah Gula Darah Naik!

Intip Resep Kolak Pisang Yogurt, Takjil Tanpa Santan Ini Cegah Gula Darah Naik!
Ilustrasi. Resep Kolak Pisang Yogurt, Takjil Tanpa Santan Cegah Gula Darah Naik! (Sumber : Instagram/@guniezzt)
Science04 Maret 2024, 05:30 WIB

Prakiraan Cuaca Jabar 4 Maret 2024, Masih Berpotensi Hujan di Awal Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 4 Maret 2024
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 4 Maret 2024 (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)