Bertemu DPRD, Penggarap Pertanyakan Status HGU PTPN 8 Afd Bojongterong Sukabumi

Selasa 13 Juni 2023, 19:37 WIB
Komisi I DPRD Kabupaten Sukabimi usai audensi dengan petani penggarap di aula kantor Desa Sirmasari Pabuaran Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

Komisi I DPRD Kabupaten Sukabimi usai audensi dengan petani penggarap di aula kantor Desa Sirmasari Pabuaran Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Petani penggarap, mempertanyakan status HGU PTPN VIII Perkebunan Cibungur, Sub Afdeling IV Bojongterong Desa Sirnasari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi.

"HGU PTPN VIII Perkebunan Cibungur, Sub Afdeling IV Bojongterong, habis masa HGUnya pada tahun 2003, selama ini lahan tersebut digarap sama warga, dan selama itu pihak perkebunan dari tahun 2000, 2001, 2003, serta 2004 tidak pernah menanam pohon apapun, pada lahan seluas 1021,04 haktar. Intinya ditelantarkan,"
ucap perwakilan petani panggarap Desa Sirnasari, Rahmat Hidayat (50 tahun) kepada Sukabumiupdate.com, Selasa (13/6/2023).

Apalagi merujuk peruntukannya yakni tanaman pohon karet, ujar Rahmat, sehingga warga menggarapnya dengan berbagai tanaman, akan tetapi pada tahun 2011, tiba tiba datang PT Masari Dwisepakat Fiber (MDF), dengan dalih kerjasama atau mrnyewa lahan HGU, selama 12 tahun, dengan menanam pohon Aksia Milrnium, berakhir pada 2 Desember 2023.

"Jadi selama kurun waktu 2003, hingga 2011, lahan HGU tersebut digarap sama warga, selanjutnya diambil alih oleh PT MDF. Kini masa penyewaan akan berakhir, dan petani penggarap mempertanyakan status HGUnya apakah masih aktif, apa dalam proses perpanjangan. Yang dikhawatirkan petani lahan HGU tersebut disewakan kembali, dan wacana itu memang ada, bahkan akan ditanam pohon kelapa sawit, dan tebu," ungkapnya.

D. Irawan Safari dewan pembina KNPI Kecamatan Pabuaran persoalan ini kami sudah pertanyakan kepada Kepala Desa Sirnasari, dan alhamdulilah, atas inisiatif pak Kades, kemarin membuat surat pengaduan kepada Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi, dan langsung ditanggapi. Tadi di aula kantor Desa Sirmasari diadakan audensi, dari Komisi I, Dinas Pertanian, DPTR, BPN, serta Muspika Pabuaran. Akan tetapi tidak ada kejelasan karena pihak yang berwenang dari PTPN VIII Perkebunan Cibungur, serta PT MDF tidak ada," terangnya.

Sementara Ketua Komisi I, Paoji Nurjaman membenarkan adanya surat pengaduan dari Kepala Desa Sirmasari, atas nama petani penggarap.

"Komisi I menindaklanjuti surat pengaduan tersebut, dengan turun langsung, untuk mendengar keterangan dari berbagai pihak, juga dari perangkat daerah. Namun sayang pihak pemangku kebijakan dari PTPN VIII Perkebunan Cibungur, dan PT MDF tidak hadir," jelas Paoji.

"Sehingga kami, kata Paoji akan mengadakan kembali rapat lanjutan dan memanggil pihak yang berwenang dari PTPN VIII Perkebunan Cibungur, serta PT MDF. Juga memohon kepada pihak BPN untuk membawa data HGU PTPN VIII Perkebunan Cibungur, Sub Afdeling Bojongterong," katanya singkat.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Produk21 Februari 2024, 07:25 WIB

Jelang Ramadan, Harga Cabai di Pasar Parungkuda Sukabumi Tembus Rp90 Ribu Per Kg

Pedagang ungkap penyebab semakin pedasnya harga cabai di Pasar Parungkuda Sukabumi jelang bulan Ramadan 2024.
Harga cabai mahal di Pasar Parungkuda Sukabumi jelang bulan Ramadan 2024. Pedagang ungkap penyebabnya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life21 Februari 2024, 07:00 WIB

Harganya Seringkali Mahal, Simak 10 Cara Menanam Cabai Rawit di Polybag

Berikut ini cara menanam cabai rawit di polybag agar berhasil panen dengan memuaskan
Berikut ini cara menanam cabai rawit di polybag agar berhasil panen dengan memuaskan (Sumber : Freepik/Racool_studio)
Food & Travel21 Februari 2024, 06:00 WIB

Resep Roti Telur Lipat Korea, Inspirasi Sarapan Enak untuk Anak-anak

Roti Telur Lipat Korea adalah pilihan sarapan yang mudah, bergizi, dan lezat untuk anak-anak.
Roti Telur Lipat Korea adalah pilihan sarapan yang mudah, bergizi, dan lezat untuk anak-anak. (Sumber : YouTube/@Devina Hermawan).
Science21 Februari 2024, 05:30 WIB

Prakiraan Cuaca Jabar 21 Februari 2024, Cek Daerah Mana Saja yang Hujan!

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 21 Februari 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 21 Februari 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya | Foto: Pixabay
Life21 Februari 2024, 05:00 WIB

Doa Malam Nisfu Sya’ban dari Nabi Yunus AS, Amalkan Sebanyak 3 Kali

Doa Nabi Yunus di malam Nisfu Sya'ban ini dianjurkan diamalkan.
Ilustrasi - Doa Nabi Yunus di malam Nisfu Sya'ban ini dianjurkan diamalkan. | (Sumber : Pixabay.com)
Nasional20 Februari 2024, 22:52 WIB

KPU Sebut Ada Kesalahan Data Pileg di 4.167 TPS dan Pilpres di 1.223 TPS

KPU mengungkapkan adanya kesalahan data pemilihan legislatif atau pileg di 4.167 Tempat Pemungutan Suara atau TPS di Indonesia.
Konferensi pers KPU soal perkembangan Pemilu 2024. (Sumber : KPU RI)
Nasional20 Februari 2024, 22:30 WIB

Perpres Publisher Rights Resmi Disahkan Presiden Jokowi, Ini Harapan AMSI

AMSI mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengesahkan Perpres Publisher Rights.
Pengesahan Perpres Publisher Rights diumumkan oleh Presiden Jokowi dihadapan para pimpinan perusahaan media dan organisasi jurnalis pada puncak peringatan Hari Pers Nasional di Ancol, Jakarta. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi20 Februari 2024, 22:21 WIB

Antisipasi Kerusakan, Perumdam TJM Sukabumi Perbaiki Kebocoran Pipa di Cicurug

Kepala Perumdam TJM Sukabumi cabang Cicurug, Tatang Somantri, menjelaskan bahwa pekerjaan rutin ini dilakukan untuk mengatasi indikasi kebocoran.
Petugas Perumdam TJM Kabupaten Sukabumi cabang Cicurug saat memperbaiki saluran pipa di Ruas Jalan Caringin-Cidahu. (Sumber : Istimewa)
Nasional20 Februari 2024, 22:10 WIB

Dorong Jurnalisme Berkualitas, Jokowi Akhirnya Teken Perpres Publisher Rights

Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah meneken Peraturan Presiden (Perpres) Publisher Rights. Perpres ini disebut sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap produk jurnalisme yang berkualitas.
Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan di Hari Pers Nasional di Econventional Hall Ecopark Ancol, Jakarta, Selasa (19/2/2024) | Foto : Capture Youtube Sekretariat Presiden
Sukabumi20 Februari 2024, 21:50 WIB

Minta Kasus Tak Diperbesar, Perajin Siap Ganti Gula Merah Berisi Batu Bata di Sukabumi

Kasus ditemukannya gula kelapa merah yang berisi bongkahan batu bata merah di Kecamatan Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi, sudah diselesaikan secara kekeluargaan.
Temuan gula merah berisi batu bata di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ist