bankbjb

Beredar Hoaks, Korban Tragedi Itaewon Disebut Meninggal Akibat Vaksin AstraZeneca

Unggahan yang menyebut korban Festival Halloween di Itaewon meninggal akibat Vaksin AstraZeneca adalah tidak benar alias hoaks.

Rabu 2 Nov 2022, 08:57 WIB
Beredar Hoaks, Korban Tragedi Itaewon Disebut Meninggal Akibat Vaksin AstraZeneca

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyatakan beredar kabar hoaks yang menyebut korban festival Halloween di Itaewon, Korea Selatan, meninggal akibat vaksin AstraZeneca.

Mengutip keterangan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di laman resminya pada Rabu (2/11/2022), kabar tersebut mengunggah narasi sebagai berikut:

“Ngeri gaaeezz... Festival Halloween di Itaewon diadakan tiap tahun & selalu berjubel pengunjung. Kenapa baru sekarang banyak korban gagal jantung? Karena tahun ini hampir semuanya udah divaksin AstraZeneca - AstraZeneca menyebabkan pembekuan darah - Pembekuan darah berujung pada cardiac arrest / jantung".

Faktanya, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menegaskan unggahan yang menyebutkan korban Festival Halloween di Itaewon meninggal akibat Vaksin AstraZeneca adalah tidak benar alias hoaks.

Dikutip dari kompas.com yang melansir dari aljazeera.com, ratusan korban meninggal akibat crowd crush atau situasi ketika orang berdesakan di ruang terbatas hingga saling tindih. Situasi pada beberapa hari kemarin itu membuat orang sulit bernapas hingga akhirnya mati lemas.

Selain itu, tragedi ini tidak ada kaitannya dengan vaksin Covid-19 AstraZeneca karena vaksin tersebut telah dinyatakan aman dan memiliki efek samping yang tergolong ringan.

#SHOWRELATEBERITA


Halaman :
Tags :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini