TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Beredar Unggahan Hoaks Bilang Pertalite yang Dijual Pertamina Berkadar RON 86

Rabu 12 Okt 2022, 09:10 WIB
Beredar Unggahan Hoaks Bilang Pertalite yang Dijual Pertamina Berkadar RON 86

SUKABUMIUPDATE.com - Beredar unggahan hoaks foto di Facebook bernarasi mengeklaim BBM Pertalite yang dijual Pertamina berkadar Research Octane Number (RON) 86, bukan 90 sehingga lebih mudah menguap dan boros.

Faktanya, dikutip dari laporan liputan6.com, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di portal resminya pada Selasa, 11 Oktober 2022, menyebut klaim Pertalite yang dijual Pertamina berkadar RON 86 adalah tidak benar alias hoaks.

"Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting membantah klaim kadar RON pada Pertalite hanya 86," tulis Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dikutip sukabumiupdate.com.

Kementerian Kominfo mengatakan pemerintah lewat Lembaga Minyak dan Gas Bumi (Lemigas) melakukan pengujian secara teknis menyoal standar dan mutu dari BBM Pertalite yang diduga menjadi boros dan tak sesuai RON yang diklaim.

Dari pengujian sampel BBM Pertalite di beberapa SPBU, hasilnya diklaim telah memenuhi standar dan mutu (spesifikasi) BBM jenis bensin RON 90 yang dipasarkan di dalam negeri sesuai Keputusan Dirjen Migas No. 0486.K/10/DJM.S/2017.


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini