TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Waspada Hoaks, Beredar Tautan Pencairan BLT BBM Tahun 2022

Rabu 5 Okt 2022, 20:10 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyebut beredar tautan hoaks yang menarasikan cara mencairkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) tahun 2022 sebesar Rp 600.000 melalui aplikasi Cek Bansos.

Kementerian Kominfo RI di hoaks" target="_blank" rel="noopener">website resminya pada Selasa, 4 Oktober 2022, menyatakan narasi tersebut mengeklaim masyarakat cukup mengecek data melalui tautan tersebut maka BLT BBM akan langsung cair. Faktanya, dilansir dari jalahoaks.jakarta.go.id, tautan yang beredar bukan tautan resmi dari pemerintah.

Tautan yang beredar mengarah pada artikel media online tekno.kemerahan.com yang menginformasikan tentang aplikasi Cek Bansos. Faktanya, aplikasi Cek Bansos dapat digunakan untuk melihat partisipasi bantuan sosial (BPNT, BST, dan PKH), bukan untuk melakukan pencairan dana BLT BBM.

Diketahui, dengan aplikasi Cek Bansos pengguna dapat melihat daftar penerima bantuan sosial (bansos) di sekitar wilayah administrasinya dan dapat mengajukan keberatan kepada penerima bansos yang dianggap tidak layak. Selain itu, pengguna juga dapat mengajukan diri atau tetangganya yang dianggap layak masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan/atau menerima bansos.


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x