Jangan Sembarangan Beli Sepatu Bayi, Pahami Dulu Hal Berikut

Kamis 27 September 2018, 09:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bayi biasanya mulai berjalan pada usia 1 hingga 1,5 tahun. Buat orang tua, ini juga merupakan pertanda mereka harus membeli sepatu baru yang nyaman dan aman digunakan si kecil.

Louis DeCaro, Presiden American College of Foot & Ankle Pediatrics, menyarankan untuk memilih sepatu batita ini secara cermat, jangan asal beli hanya karena modelnya bagus. Menurutnya, pemilihan sepatu yang tepat membantu kaki batita untuk tumbuh kembang secara baik.

Berikut sepuluh pertimbangan yang harus dilakukan para orang tua sebelum membeli sepatu baru bagi batita sesuai saran DeCaro, seperti dikutip Baby Center.

#Memberi perlindungan
Daya eksplorasi dan jelajah anak akan semakin bertambah setelah bisa berjalan. Pastikan sepatu yang digunakan cukup aman dan melindunginya, terutama jika anak bermain di luar rumah. Pilih sepatu yang melindungi kakinya dari bahaya lingkungan, seperti duri atau batu tajam. Sebaiknya, pilihlah sepatu model tertutup.

#Fleksibel
Pilih sepatu dengan sol fleksibel. Sangat penting untuk menghindari sepatu yang terlalu kaku karena bisa menghambat perkembangan kaki. Orang tua juga harus mencari sepatu yang ringan dan terbuat dari bahan yang bisa membuat kaki bernapas dan alami.

#Tak harus mahal
Tidak perlu untuk membeli sepatu sangat mahal untuk balita sesuai rekomendasi dari American Medical Association Podiatric (APMA). Yang terpenting adalah pilih sepatu yang berkualitas baik dan sesuai dengan tahapan perkembangan.

#Sepatu pesanan lebih baik
Akan lebih bagus jika di sekitar ada ahli pembuat sepatu. Selain ukuran benar-benar pas sesuai bentuk kaki anak, model juga bisa dipilih sesuai selera orang tua.

#Perhatikan jarak ujung kaki dan ujung sepatu
Sisakan ruang antara ujung jemari kaki dan ujung sepatu seukuran kelingking (sekitar 0,5 centimeter). Sepatu yang terlalu ketat atau terlalu longgar selain tak nyaman dikenakan juga berpengaruh pada pertumbuhan kaki. Jika susah untuk memastikannya, biarkan anak memakai sepatu itu selama lebih-kurang sepuluh menit. Jika ada tanda kemerahan pada ujung jari kaki dan tak hilang selama beberapa menit, artinya sepatu itu terlalu kecil untuk anak.

#Ganti sepatu jika anak sudah lancar berjalan
Ketika anak sudah mulai lancar berjalan, gantilah sepatunya. Pada usia 3-4 tahun, anak-anak mulai berjalan lebih banyak dan melakukan kegiatan fisik yang lebih besar. Carilah sepatu olahraga khusus anak yang sesuai.

#Kaki anak tumbuh sangat cepat
Rata-rata, kaki anak-anak dapat tumbuh hingga sepatunya menjadi sesak dalam empat bulan. Karenanya, cek sepatu anak setiap empat bulan sekali untuk memastikan sepatunya benar-benar masih pas untuk usianya.

#Perhatikan akar genetik anak
Adakah riwayat kaki besar dalam keluarga? Apakah ada anggota keluarga yang salah satu jemari kakinya tumbuh lebih panjang dibanding jemari lain? Apakah ada riwayat kaki datar? Jika ada masalah dengan kaki anak, segera konsultasikan ke dokter. Untuk jenis kaki tertentu kadang memerlukan sepatu khusus untuk mendukung pertumbuhannya.

#Perhatikan langkahnya
Koordinasi yang buruk, keseimbangan yang minim, dan postur tubuh yang tak proporsional adalah beberapa tanda bahwa si kecil mungkin memiliki masalah perkembangan. Jika anak menunjukkan salah satu perilaku ini, bawalah ke dokter untuk dilakukan screening. Dalam kasus anak, kelainan pada kaki tak harus selalu disertai rasa nyeri.

#Sepatu bekas tak masalah
Membeli sepatu untuk anak tak harus selalu yang baru. Sepatu bekas tak masalah, apalagi jika Anda tahu sepatu merek tertentu cocok untuk anak. Ingat, pertumbuhan anak balita sangat pesat, termasuk kakinya. Membeli sepatu mahal hanya dipakai enam bulan sayang juga kan? Apa salahnya membeli sepatu bekas asal kondisinya masih bagus dan pas untuk kaki buah hati.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi18 Mei 2024, 14:38 WIB

Harus Ada 85 Ribu Peserta Baru, Syarat Kabupaten Sukabumi Kembali UHC Non-Cut Off

Keaktifan 75 persen peserta JKN menjadi batas UHC Non-Cut Off dimulai Januari 2024.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi Dwi Surini saat dimintai keterangan oleh wartawan pada Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Sehat18 Mei 2024, 14:30 WIB

7 Alasan Mengapa Mangga Baik Dikonsumsi Untuk Turunkan Kolesterol

Mangga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan salah satunya untuk obat penurun kolesterol.
Beberapa alasan mengapa buah Mangga baik dikonsumsi untuk turunkan kolesterol pada tubuh. (Sumber : Freepik/@stocking).
Life18 Mei 2024, 14:00 WIB

7 Manfaat Jalan Kaki Sore Hari, Baik Untuk Kesehatan Tubuh dan Jantung

Jalan kaki sore memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.
Ilustrasi - Sederet manfaat jalan kaki sore hari berikut ini bisa membuat kesehatan lebih baik. (Sumber : Freepik/@teksomolika).
Sehat18 Mei 2024, 13:30 WIB

Tak Hanya Orang Dewasa,  Kolesterol Tinggi Juga Dapat Menyerang Anak-anak!

Orang dewasa bukanlah satu-satunya orang yang terkena kolesterol tinggi. Anak-anak juga mungkin memiliki kadar kolesterol tinggi, yang dapat menimbulkan masalah kesehatan seiring bertambahnya usia.
Ilustrasi - Selain menyerang orang dewasa, anak-anak juga rentan terkena kolesterol tinggi. (Sumber : Pexels.com/@cottonbro studio).
Sehat18 Mei 2024, 13:00 WIB

Patut Diketahui, 5 Tips Ampuh Membantu Menurunkan Kolesterol Pada Anak

Kolesterol pada anak bisa saja terjadi, dan bukan hal yag tidak mungkin. Namun orang tua dapat membantu menurunkannya dengan cara-cara berikut ini.
Ilustrasi - Menurunkan kolesterol pada anak dengan makanan bergizi. (Sumber : pexels.com/@Lena Helfinger).
Life18 Mei 2024, 12:30 WIB

6 Kebiasaan Sepele yang Akan Menghancurkan Karier Anda dengan Cepat

Kebiasaan tertentu ternyata berdampak pada karier. Jadi, rusaknya karier seseorang terkadang disebabkan oleh kebiasaan buruk di masa lalunya.
Ilustrasi - Ada beberapa kebiasaan yang bisa menghancurkan karier seseorang. (Sumber : Pexels/ Alex Green).
Life18 Mei 2024, 12:00 WIB

6 Kebiasaan Baik yang Akan Membawa Keberuntungan Hidup di Masa Depan, Yuk Terapkan!

Keberuntungan hidup terkadang didapatkan oleh sebab kebiasaan baik yang sering dilakukan secara konsisten. Ini penting diketahui semua orang selama hidup.
Ilustrasi - Kebiasaan penting yang bisa membawa keberuntungan hidup di masa depan kelak. (Sumber : Pexels.com/Tranmautritam).
Nasional18 Mei 2024, 11:44 WIB

Kritik Program Susu Gratis, Drh Slamet Sebut Jadi Celah untuk Pemburu Rente

Impor susu segar akan berdampak negatif pada industri susu dalam negeri.
Anggota Komisi IV DPR RI F-PKS drh Slamet. | Foto: Istimewa
Sukabumi18 Mei 2024, 11:34 WIB

Huni Rumah Tak Layak, Nasib Keluarga Korban Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

Kondisi rumah yang ditempati keluarga Hendi sangat mengkhawatirkan.
Fitria (kerudung kuning) bersama anaknya di rumah mereka di Kampung Pangadegan RT 19/08 Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Sehat18 Mei 2024, 11:30 WIB

5 Manfaat Almond Untuk Wanita, Bantu Diet dan Turunkan Kolesterol

Manfaat kesehatan kacang Almond bagi wanita apabila dikonsumsi.
Ilustrasi - Manfaat kesehatan kacang Almond bagi wanita apabila dikonsumsi. (Sumber : pixabay/@stevepb).