Yang Harus Diperhatikan Bila Mudik Bersama Balita lewat Udara

Minggu 10 Juni 2018, 08:52 WIB

SUKABUMIUPDATE.com -  Buat Anda yang hendak mudik dengan menggunakan pesawat terbang dan membawa anak balita, bepergian lewat udara akan menjadi pengalaman yang tak selalu menyenangkan buat si kecil, terutama yang belum pernah naik pesawat. Apalagi bila perjalanan cukup jauh dan menghabiskan banyak waktu.

Anak pasti bingung kenapa harus duduk berlama-lama di tempat yang sempit. Kabar baiknya, tak semua kekhawatiran orang tua sebelum berangkat menjadi kenyataan. Pasalnya, banyak anak yang bisa bersikap baik di dalam kabin, tidak rewel dan menangis keras.

Bila anak sudah banyak mengeluh, sebaiknya Anda meminta maaf dan pengertian pada penumpang yang duduk berdekatan. Seperti dilansir askdrmanny.com, sebenarnya ada beberapa cara agar anak tetap tenang selama bepergian dengan pesawat terbang. Beberapa hal yang harus diperhatikan orang tua adalah:

#Pilih tempat duduk yang cocok 
Setiap orang tentu senang bila kondisi pesawat tak terlalu penuh. Jadi Anda bisa memilih kursi yang di sekitarnya kosong. Kalau bisa, hindari hari-hari padat orang bepergian seperti akhir pekan. Namun di musim mudik Idul Fitri, hal tersebut sulit diwujudkan. Karena itu, ada baiknya Anda memilih tempat duduk dekat gang agar lebih mudah berdiri dan berjalan-jalan bila anak rewel. Buat yang membawa anak di bawah 2 tahun, biasanya si kecil akan dipangku selama perjalanan dan sudah pasti hal itu cukup melelahkan, meski lebih hemat.

#Siapkan semua perlengkapan 
Jangan lupa membawa popok dan tisu basah yang cukup. Bila perjalanan cukup lama, bawa pula permainan agar si kecil tidak bosan, misalnya mainan atau buku cerita bergambar. Siapkan juga selimut dan baju hangat karena kondisi di kabin yang dingin. Nyaris tak ada makanan di pesawat yang cocok untuk balita sehingga Anda perlu membawa makanan, camilan, dan minuman sendiri untuk si kecil.

#Hindari mabuk udara 
Mungkin si kecil tak pernah mabuk bila bepergian dengan mobil. Tapi di pesawat, kondisi bisa berbeda dan bukan tak mungkin anak merasa mual, terutama saat tinggal landas dan mendarat atau bila terjadi turbulensi. Kondisi akan semakin parah bila anak dalam kondisi lapar. Jadi, cobalah memberinya makanan ringan sebelum terbang. Siapkan juga obat antimabuk yang akan membuatnya mengantuk, tapi bukan obat bebas untuk orang dewasa yang bisa dibeli bebas melainkan obat dari dokter anak.

#Waspadai telinga sakit 
Banyak orang tua yang khawatir akan perubahan tekanan di dalam pesawat yang akan membuat telinga si kecil sakit. Namun kekhawatiran itu sering tidak beralasan karena anak-anak tidak mengalami masalah ketika pesawat tinggal landas atau mendarat. Orang dewasa biasanya mengunyah permen karet atau permen kenyal untuk mengurangi rasa sakit itu. Untuk anak, bisa diberikan botol minum dengan dot atau hanya dot. Bila anak masih minum Air Susu Ibu, bisa juga ia disusui ketika waktu mendarat atau tinggal landas. Bila anak sedang flu, beri ia decongestantsebelum terbang karena akan mengurangi tekanan di telinga. 

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Jawa Barat14 Mei 2024, 17:41 WIB

Film Vina Viral, Apa Kata Polisi Soal 3 Pelaku Pembunuhan yang Buron

publik ramai-ramai bertanya bagaimana kelanjutan proses pengejaran terhadap 3 pelaku yang masih buron, bahkan salah satunya adalah otak pembunuhan.
Poster film Vina: Sebelum 7 Hari (Sumber: Dee Company )
DPRD Kab. Sukabumi14 Mei 2024, 17:38 WIB

DPRD Sukabumi Dukung Surat Edaran Pj Gubernur Jabar dan Disdik soal Study Tour

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Muhamad Yusuf harap study tour sekolah harus memperhatikan asas kemanfaatan dan keamanan.
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Muhamad Yusuf. | Foto: Istimewa
Life14 Mei 2024, 17:30 WIB

6 Alasan Orang Tua Tidak Boleh Membentak Anak saat Mendidiknya, Ini Bahayanya

Membentak anak bukan cara mendidik yang baik dari orang tua. Tentu ada beberapa alasan kenapa sampai tidak boleh melakukan demikian
Alasan orang tua tidak boleh membentak anak (Sumber : Pexels.com/@RDNEStockprojec)
Inspirasi14 Mei 2024, 17:24 WIB

Machiavelli: Perlakukan Rakyat dengan Benar, Maka Mereka Akan Menjadi Milik Anda

Filsuf Italia abad ke-16, Niccolo Machiavelli dikenal dengan pandangan-pandangan politiknya tentang bagaimana caranya seseorang mendapatkan kekuasaan, dan terus melanjutkan kekuasaannya secara efektif.
Niccolo Machiavelli , Filsuf Italia abad ke-16, Penulis buku The Prince (Sang Pangeran) | Foto : SU
Life14 Mei 2024, 17:15 WIB

6 Bahaya Buruk Sering Memukul Anak yang Harus Dihindari Orang Tua

Orang tua harus tahu bahwa kebiasaan sering memukul anak bisa mengundang bahaya buruk saat tumbuh dewasa nanti dan menjadikannya punya dendam kepada kalian
Bahaya buruk sering memukul anak selama mendidik (Sumber : Pexels.com/@MonsteraProduction)
Keuangan14 Mei 2024, 17:13 WIB

Disambut Antusias, 148 Nasabah Sudah Buka Rekening Tahara di BPR Cisolok Sukabumi

BPR Sukabumi cabang Cisolok catat sudah ada 148 nasabah yang buka rekening Tahara tahun ini.
Kantor Perumda BPR Sukabumi Cabang Cisolok. (Sumber : SU/Ilyas)
Nasional14 Mei 2024, 17:12 WIB

Komunitas Pers Tolak Draf RUU Penyiaran

Dewan Pers dan seluruh komunitas pers dengan tegas menolak isi draf Rancangan Undang-Undang Penyiaran. RUU ini merupakan inisiatif DPR yang direncanakan untuk menggantikan UU nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran.
Dewan Pers | Foto : Ist
Musik14 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Dari Planet Lain Sal Priadi yang Viral di TikTok

Inilah Full Lirik Lagu Dari Planet Lain Sal Priadi yang Viral d TikTok: "Sepertinya kau memang dari planet yang lain, Dikirim ke bumi untuk orang orang sepertiku"
Official Music Video Lagu Dari Planet Lain Sal Priadi. Foto: YouTube/SalPriadi
Keuangan14 Mei 2024, 16:59 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Serahkan Santunan JKM ke Anggota SRC

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi menyerahkan santunan Jaminan Kematian (JKM) kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan atas nama Unang Sumaryana pemilik warung kelontong Sampoerna Retail Comunity (SRC)
Serahkan Santunan JKM ke Peserta BPJS Kesehatan Komunitas Sampoerna Retal Club | Foto : Dok. BPJS Kesehatan
Sukabumi14 Mei 2024, 16:46 WIB

Jadi Pintu Tol Bocimi Seksi 3, Ternyata 20 Bidang Tanah di Cibolang Kaler Belum Diganti Rugi

Berikut progres pembangunan exit Tol Bocimi Seksi 3 di Cibolang Kaler Cisaat Sukabumi.
Suasana pembangunan exit Tol Bocimi Seksi 3 di Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)