Manfaat Bawang Putih untuk Si Kecil: Usir Demam hingga Diare

Sabtu 24 Februari 2018, 16:47 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui bahwa manfaat bawang putih untuk anak-anak ternyata sangat banyak. Mulai untuk mengobati masalah pencernan hingga sakit telinga. Bawang putih dapat Anda gunakan sebagai penyedap masakan sekaligus mengobati sedikitnya 9 penyakit yang umum sekali diderita oleh buah hati Anda.

Bawang putih merupakan obat mujarab yang terkenal karena aroma dan keunikan rasanya. Dibudidayakan lebih dari 3000 tahun, tidak mengherankan jika bawang putih mengandung senyawa alami yang sangat populer di dunia kesehatan, allicin. Bawang putih sendiri merupakan nutrisi alami yang dapat dimanfaatkan oleh banyak orang tua, termasuk Anda untuk mengobati penyakit.

Berikut beberapa  manfaat bawang putih untuk anak-anak:

Mengatasi masalah pencernan seperti diare dan disentri

Senyawa dalam bawang putih membunuh parasit (cacing) penyebab diare dan disentri dalam usus tanpa memengaruhi fungsi dan aktivitas bakteri baik di dalamnya. Untuk mengobati diare atau disentri pada buah hati, hancurkan beberapa siung bawang putih dan campurkan ke dalam makanannya. Biasanya, anak-anak tidak menyukai bau bawang putih yang menyengat. Anda dapat mengakalinya dengan mencampur ke dalam makanan atau camilan.

Mengobati sakit telinga 

Bawang putih diketahui memiliki senyawa anti-jamur, antibiotik sekaligus antiviral yang berfungsi melawan virus. Untuk mengobati sakit telinga buah hati Anda, campurkan minyak bawang putih dengan minyak zaitun. Oleskan campuran minyak tersebut minimal sekali sehari pada telinga yang sakit.

Menjaga tekanan darah pada anak-anak

Ternyata, bukan hanya orang dewasa saja yang dapat mengalami tekanan darah tinggi. Anak-anak pun dapat mengalami hal serupa. Senyawa allicin dalam bawang putih terbukti mampu melancarkan jalannya peredaran darah dalam tubuh. Bawang putih juga dapat meminimalisir tumbuhnya trombosit dan memerangi thrombosis pada anak-anak.

Mengobati infeksi mata

Selain mengandung banyak senyawa allicin, bawang putih juga diketahui mengandung nutrisi baik seperti quercetin, vitamin C dan selenium. Ketiganya berfungsi untuk mengobati sakit mata sekaligus meredakan bengkak pada mata. Sebelum mengaplikasikan bawang pada mata buah hati Anda, ada baiknya untuk bertanya pada dokter terlebih dahulu.

Mengobati demam dan batuk. 

Untuk mengobati demam dan batuk yang diderita buah hati Anda, hancurkan dua siung bawang putih dan berikan kepadanya untuk langsung dikonsumsi.

Sembuhkan luka

Anti-mikroba dalam bawang putih dapat mencegah infeksi pada luka. Hancurkan beberapa siung bawang putih hingga sarinya keluar. Oleskan bawang putih tersebut pada luka.

Melancarkan pencernaan 

Tambahkan bawang putih pada setiap masakan atau camilan yang akan dikonsumsi oleh buah hati Anda. Tujuannya untuk mengobati iritasi dan inflamasi pada usus yang disebabkan oleh makanan yang tidak sehat atau bersih.

Mengobati gatal-gatal

Antibiotik pada bawang putih mampu meredakan iritasi pada kulit buah hati Anda. Saat mendapati kulit buah hati kemerahan, oleskan bawang putih yang sudah dihancurkan terlebih dahulu hingga sarinya keluar.

Mengobati asma

Untuk mengobati asma pada buah hati, Anda dapat mencampur susu hangat dengan 3 siung bawang putih yang sudah direbus. Berikan setiap malam, menjelang tidur.

 

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life27 April 2024, 18:00 WIB

Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW Ketika Susah Tidur atau Insomnia

Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur.
Ilustrasi - Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project)
Life27 April 2024, 17:30 WIB

Perhatikan Bahasa Tubuhnya! 6 Cara Mengetahui Gerak-Gerik Orang Berbohong saat Berbicara

Orang yang sedang berbohong akan nampak dari gerak-gerik tubuhnya dan isyarat tertentu sebagai bukti sedang menutupi fakta dari lawan bicaranya.
Ilustrasi - Orang yang sedang berbohong akan nampak dari gerak-gerik tubuhnya dan isyarat tertentu sebagai bukti sedang menutupi fakta dari lawan bicaranya. (Sumber : Pexels/Alena Darmel).
Sukabumi27 April 2024, 17:02 WIB

Lomba Cerdas Cermat hingga MHQ, Daftar Juara Pentas PAI di Cidolog Sukabumi

Ada beberapa perlombaan dalam Pentas PAI di Kecamatan Cidolog.
(Foto Ilustrasi) Ratusan SD mengikuti Pentas PAI se-Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Pixabay
Keuangan27 April 2024, 17:00 WIB

Selain Pandai Menabung, Ini 6 Ciri Orang yang Bijak dalam Mengelola Uang

Orang yang bijak dalam mengelola uang akan nampak dari cara mengaturnya dengan baik dn benar serta diperuntukkan demi masa depan cerahnya.
Ilustrasi - Orang yang bijak dalam mengelola uang akan nampak dari cara mengaturnya dengan baik dn benar serta diperuntukkan demi masa depan cerahnya. (Sumber : Pexels/ Karolina Grabowska).
Sukabumi27 April 2024, 16:43 WIB

Bikin Resah Tengah Malam, Jalan Lingkar Selatan Sukabumi Jadi Arena Balap Liar

Arena atau trek balap liar di jalan raya lingkar selatan ini biasanya berlangsung di sekitar babakan mangkalaya, Gunungguruh Kabupaten Sukabumi.
Balap liar tengah malam di jalan raya lingkar selatan mangkalaya Sukabumi (Sumber: istimewa)
Life27 April 2024, 16:30 WIB

7 Ciri-ciri Orang Baperan di Sekitar Kita, Jangan-jangan Kamu Termasuk?

Orang baperan memang sering ditemui di lingkungan sosial kita. Keberadaannya selalu hadir dengan segala macam persoalan kejiwaannya.
Ilustrasi - Orang baperan memang sering ditemui di lingkungan sosial kita. Keberadaannya selalu hadir dengan segala macam persoalan kejiwaannya. (Sumber : Pexels/Liza Summer).
Nasional27 April 2024, 16:22 WIB

Getaran Hingga Jakarta dan Sukabumi, Gempa M4,8 di Sumur Banten

Koordinator mitigasi gempa bumi dan tsunami BMKG Dr Daryono menyebut episenter gempa ini berada di koordinat 7.14 LS dan 105.35 BT, berlokasi di laut 58 km Barat Daya Sumur, Provinsi Banten.
Parameter gempa sumur banten, Sabtu (27/4/2024) (Sumber: BMKG)
Life27 April 2024, 16:00 WIB

Ketahui Kuncinya! 6 Etika Ngobrol yang Harus Diterapkan Jika Ingin Disegani Orang

Etika dalam berbicara atau ngobrol dengan orang lain harus diterapkan agar supaya memunculkan keseganan dari pendengar atau lawan bicara.
Ilustrasi - Etika dalam berbicara atau ngobrol dengan orang lain harus diterapkan agar supaya memunculkan keseganan dari pendengar atau lawan bicara. (Sumber : Pexels/fauxels).
Produk27 April 2024, 15:54 WIB

Es Krim Magnum di Inggris dan Irlandia Ditarik Gegara Kandungan Plastik, Ini Kata BPOM

Noorman memastikan tidak ada produk Magnum Almond yang masuk ke Indonesia.
(Foto Ilustrasi) Unilever Plc menarik produk es krim Magnum di Inggris dan Irlandia. | Foto: Pexels
Life27 April 2024, 15:30 WIB

6 Ciri Orang Rakus yang Harus Dihindari di Lingkungan Kita, Yuk Waspada!

Orang rakus memang kerap merugikan, sehingga sudah semenstinya untuk tidak terlalu akrab dengannya. Tentu demi kesehatan mental itu sendiri
Ilustrasi - Orang rakus memang kerap merugikan, sehingga sudah semenstinya untuk tidak terlalu akrab dengannya. Tentu demi kesehatan mental itu sendiri. (Sumber : Pexels/MART PRODUCTION).