Timnas Indonesia Bungkam Vietnam 1-0, Buka Peluang Lolos 16 Besar Piala Asia

Sabtu 20 Januari 2024, 00:04 WIB
Asnawi Mangkualam usai mencetak gol bagi Timnas Indonesia atas Vietnam di Piala Asia 2023. (Sumber : KARIM JAAFAR / AFP)

Asnawi Mangkualam usai mencetak gol bagi Timnas Indonesia atas Vietnam di Piala Asia 2023. (Sumber : KARIM JAAFAR / AFP)

SUKABUMIUPDATE.com - Timnas Indonesia berhasil meraih poin penuh dalam lanjutan fase grup Piala Asia 2023 usai membungkam Vietnam dengan skor tipis 1-0 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024). Asnawi Mangkualam menjadi pencetak gol tunggal lewat titik putih pada menit ke-42.

Hasil ini membuat Indonesia naik ke peringkat ketiga klasemen sementara Grup D dengan koleksi tiga poin dan menjaga asa peluang lolos ke babak 16 besar sebagai peringkat 3 terbaik.

Sedangkan Vietnam menempati peringkat terakhir setelah menelan dua kekalahan. Di sisi lain, Irak yang sebelumnya mengalahkan Jepang memimpin klasemen dengan enam poin dan memastikan lolos ke babak 16 besar.

Di laga pamungkas tim besutan Shin Tae-yong akan menghadapi Jepang.

Duel tersebut dijadwalkan pada 24 Januari 2024. Sementara Vietnam akan melawan Irak di partai pamungkas Grup D.

Babak Pertama

Dikutip dari tempo.co, Timnas Indonesia bermain menekan sejak awal permainan. Pada menit pertama, Rafael Struick mendapat peluang emas. Menerima umpan terobosan Ivar Jenner, dia melepaskan tendangan keras yang masih bisa dihalau Filip Nguyen.

Nguyen Tuan Anh menciptakan peluang pertama untuk Vietnam pada menit ke-21. Tendangannya dari luar kotak penalti membentur kaki Asnawi Mangkualam dan melebar tipis di sisi kanan gawang Ernando Ari.

Memasuki pertengahan babak pertama, intensitas permainan mulai menurun. Vietnam sedikit lebih menguasai jalannya dengan unggul 53 persen penguasaan bola, namun mereka belum bisa menembus pertahanan Indonesia.

Tiga puluh menit babak pertama berjalan, Indonesia belum bisa mengembangkan permainannya. Shin Tae-yong tampak menginstruksikan para pemainnya untuk melakukan pressing tinggi, namun pasukan The Golden Stars masih dapat menguasai bola meski hanya di area pertahanannya sendiri.

Pada menit ke-36, Skuad Garuda kembali menciptakan peluang emas. Kali ini, sundulan Sandy Walsh yang menerima umpan lambung Justin Hubner dapat ditepis Nguyen Filip.

Wasit menunjuk titik putih untuk Indonesia pada menit ke-40 seteleh Nguyen Thanh Binh melanggar Rafael Struick di kotak penalti. Asnawi Mangkualam yang menjadi eksekutor mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Hingga peluit turun minum dibunyikan, skor 1-0 pun bertahan.

Babak Kedua

Khuat Van Khang membuat peluang emas untuk Vietnam pada menit ke-47. Berawal dari kesalahan Ernando Ari dalam melakukan clearance, bola jatuh di kaki Van Khang yang langsung melepaskan tendangan keras, namun masih bisa ditepis.

Petaka bagi Indonesia datang pada menit ke-64 usai Jordi Amat terlibat duel udara dengan Nguyen Van Tung. Hidungnya terkena sikut pemain Vietnam tersebut dan mengeluarkan banyak darah hingga harus ditarik keluar, lalu digantikan oleh Rizky Ridho.

Tempo pertandingan berjalan lebih lambat di babak kedua. Hingga menit ke-75, perebutan bola banyak terjadi di area tengah. Beberapa peluang tercipta dari kedua tim, namun belum ada yang berbahaya.

Memasuki 10 menit terakhir, Indonesia mulai keluar menekan. Hasilnya beberapa peluang tercipta, namun penyelesaian akhir para pemain masih belum maksimal.

Vietnam harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-90+1 setelah Le Pham Thanh Long mendapat kartu kuning kedua. Ia melanggar Marselino Ferdinan tepat di depan kotak penalti. Laga memanas memasuki fase terakhir, sejumlah peluang berbahaya tercipta, namun papan skor tak berubah hingga wasit meniup peluit panjang.

SUMBER: TEMPO.CO

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Science23 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 23 Juli 2024, Termasuk Wilayah Bogor, Cianjur dan Sukabumi

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Selasa 23 Juli 2024.
Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Selasa 23 Juli 2024. (Sumber : Freepik/timolina)
DPRD Kab. Sukabumi22 Juli 2024, 23:24 WIB

Dewan Andri Dorong Percepatan Pelepasan Lahan Curug Puncak Manik Sukabumi

Andri Hidayana dorong percepatan pelepasan lahan Curug Puncak Manik di Ciemas Sukabumi. Ini alasannya
Curug Puncak Manik Ciemas Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi22 Juli 2024, 23:19 WIB

Kang Dedi Mulyadi dan Deden Deni Silaturahmi dengan Para Istri Kades Se Sukabumi

Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi, Deden Deni Wahyudin mengkonfirmasi kehadiran Kang Dedi Mulyadi dalam acara tersebut merupakan bagian rangkaian dari kegiatan Saba Desa yang dilaksanakan ke kabupat
Dedi Mulyadi dan Deden Deni Wahyudin bersilaturahmi dengan para istri kepala desa se Sukabumi | Foto : Ist
Bola22 Juli 2024, 21:54 WIB

Persib Bandung Kalah Tipis 0-1 dari Borneo FC di Piala Presiden 2024

Persib Bandung harus mengakui keunggulan Borneo FC 0-1 pada laga kedua Grup A Piala Presiden 2024.
Gelandang Persib Bandung, Mateo Kocijan dikepung pemain Borneo FC pada pertandingan Grup A Piala Presiden 2024, Senin, 22 Juli 2024. (Sumber Foto: PERSIB.co.id)
Sukabumi22 Juli 2024, 21:38 WIB

Bertemu Wabup, Pengurus HIPMI Jabar Jimmy Hendrix Bahas Investasi di Sukabumi

Wakil Bupati Sukabumi sekaligus Bakal Calon Bupati Sukabumi, Iyos Somantri bertemu fungsionaris pengurus pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Jimmy Hendrix
Wabup Sukabumi Iyos Somantri bertemu pengurus HIPMI Jabar Jimmy Hendrix, Minggu (21/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi Memilih22 Juli 2024, 21:10 WIB

Relawan Dapil I Sukabumi Siapkan Iyos Menang 80 Persen di Pilkada

Sebagai penasehat Koordinator Relawan Dapil 1, ia menyatakan bahwa pihaknya siap memenangkan Iyos dengan target 80 persen suara.
Bakal Calon Bupati Sukabumi Iyos Somnatri dan Penasehat Relawan Dapil I Reddy Santosa | Foto : Ist
Sukabumi22 Juli 2024, 21:10 WIB

Ini Ciri Mobil Pelaku Tabrak Lari yang Tewaskan Surtini di Parungkuda Sukabumi

Polisi masih kesulitan mengidentifikasi pelaku tabrak lari yang tewaskan Surtini di Parungkuda Sukabumi.
Wanita diduga ODGJ jadi korban tabrak lari mobil di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Parungkuda Sukabumi. (Sumber : Tangkapan layar CCTV/Istimewa)
Kecantikan22 Juli 2024, 21:00 WIB

Apa Itu Skin Tone? Cek Jenis, Cara Menentukan & Contoh Warnanya Agar Lebih PD!

Memahami skin tone penting dalam berbagai konteks, seperti memilih makeup, pakaian, dan aksesori yang paling sesuai.
Ilustrasi. Skin tone bisa bervariasi dari sangat terang hingga sangat gelap, dan memiliki berbagai macam undertone yang berpengaruh pada bagaimana warna terlihat pada kulit. (Sumber : Pexels/Monstera Production)
Life22 Juli 2024, 20:30 WIB

6 Kebiasaan yang Selalu Dilakukan Orang Sukses Setiap Malam

Melakukan kebiasaan-kebiasaan ini setiap malam, orang sukses mampu menjaga keseimbangan hidup, meningkatkan produktivitas, dan meraih tujuan mereka dengan lebih efektif.
Ilustrasi - Kebiasaan Orang Sukses di Malam Hari yang Dapat Kamu Tiru. (Sumber : Freepik.com/@freepik)
Sukabumi Memilih22 Juli 2024, 20:21 WIB

Akhirnya, Gerindra dan PPP Sepakati Pendamping Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Partai Gerindra dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah bertemu dan menyepakati satu nama yang akan diusung sebagai Bakal Calon Wakil Bupati Sukabumi
Jajaran DPC Gerindra dan DPC PPP bertemu untuk menyepakati pendamping Asep Japar di Pilkada Sukabumi | Foto : Dok,Sukabumiupdate