Timnas Indonesia Bungkam Vietnam 1-0, Buka Peluang Lolos 16 Besar Piala Asia

Sabtu 20 Januari 2024, 00:04 WIB
Asnawi Mangkualam usai mencetak gol bagi Timnas Indonesia atas Vietnam di Piala Asia 2023. (Sumber : KARIM JAAFAR / AFP)

Asnawi Mangkualam usai mencetak gol bagi Timnas Indonesia atas Vietnam di Piala Asia 2023. (Sumber : KARIM JAAFAR / AFP)

SUKABUMIUPDATE.com - Timnas Indonesia berhasil meraih poin penuh dalam lanjutan fase grup Piala Asia 2023 usai membungkam Vietnam dengan skor tipis 1-0 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024). Asnawi Mangkualam menjadi pencetak gol tunggal lewat titik putih pada menit ke-42.

Hasil ini membuat Indonesia naik ke peringkat ketiga klasemen sementara Grup D dengan koleksi tiga poin dan menjaga asa peluang lolos ke babak 16 besar sebagai peringkat 3 terbaik.

Sedangkan Vietnam menempati peringkat terakhir setelah menelan dua kekalahan. Di sisi lain, Irak yang sebelumnya mengalahkan Jepang memimpin klasemen dengan enam poin dan memastikan lolos ke babak 16 besar.

Di laga pamungkas tim besutan Shin Tae-yong akan menghadapi Jepang.

Duel tersebut dijadwalkan pada 24 Januari 2024. Sementara Vietnam akan melawan Irak di partai pamungkas Grup D.

Babak Pertama

Dikutip dari tempo.co, Timnas Indonesia bermain menekan sejak awal permainan. Pada menit pertama, Rafael Struick mendapat peluang emas. Menerima umpan terobosan Ivar Jenner, dia melepaskan tendangan keras yang masih bisa dihalau Filip Nguyen.

Nguyen Tuan Anh menciptakan peluang pertama untuk Vietnam pada menit ke-21. Tendangannya dari luar kotak penalti membentur kaki Asnawi Mangkualam dan melebar tipis di sisi kanan gawang Ernando Ari.

Memasuki pertengahan babak pertama, intensitas permainan mulai menurun. Vietnam sedikit lebih menguasai jalannya dengan unggul 53 persen penguasaan bola, namun mereka belum bisa menembus pertahanan Indonesia.

Tiga puluh menit babak pertama berjalan, Indonesia belum bisa mengembangkan permainannya. Shin Tae-yong tampak menginstruksikan para pemainnya untuk melakukan pressing tinggi, namun pasukan The Golden Stars masih dapat menguasai bola meski hanya di area pertahanannya sendiri.

Pada menit ke-36, Skuad Garuda kembali menciptakan peluang emas. Kali ini, sundulan Sandy Walsh yang menerima umpan lambung Justin Hubner dapat ditepis Nguyen Filip.

Wasit menunjuk titik putih untuk Indonesia pada menit ke-40 seteleh Nguyen Thanh Binh melanggar Rafael Struick di kotak penalti. Asnawi Mangkualam yang menjadi eksekutor mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Hingga peluit turun minum dibunyikan, skor 1-0 pun bertahan.

Babak Kedua

Khuat Van Khang membuat peluang emas untuk Vietnam pada menit ke-47. Berawal dari kesalahan Ernando Ari dalam melakukan clearance, bola jatuh di kaki Van Khang yang langsung melepaskan tendangan keras, namun masih bisa ditepis.

Petaka bagi Indonesia datang pada menit ke-64 usai Jordi Amat terlibat duel udara dengan Nguyen Van Tung. Hidungnya terkena sikut pemain Vietnam tersebut dan mengeluarkan banyak darah hingga harus ditarik keluar, lalu digantikan oleh Rizky Ridho.

Tempo pertandingan berjalan lebih lambat di babak kedua. Hingga menit ke-75, perebutan bola banyak terjadi di area tengah. Beberapa peluang tercipta dari kedua tim, namun belum ada yang berbahaya.

Memasuki 10 menit terakhir, Indonesia mulai keluar menekan. Hasilnya beberapa peluang tercipta, namun penyelesaian akhir para pemain masih belum maksimal.

Vietnam harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-90+1 setelah Le Pham Thanh Long mendapat kartu kuning kedua. Ia melanggar Marselino Ferdinan tepat di depan kotak penalti. Laga memanas memasuki fase terakhir, sejumlah peluang berbahaya tercipta, namun papan skor tak berubah hingga wasit meniup peluit panjang.

SUMBER: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat28 April 2024, 07:00 WIB

Bantu Melancarkan Pencernaan, 5 Manfaat Minum Air Hangat Saat Perut Kosong di Pagi Hari

Secara umum, minum air hangat di pagi hari saat perut kosong aman dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya.
Ilustrasi minum air putih - Secara umum, minum air hangat di pagi hari saat perut kosong aman dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya. | (Sumber : Freepik.com)
Science28 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 28 April 2024, Pagi Cerah dan Siang Berpotensi Turun Hujan

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 28 April 2024 dimana cuaca cerah berawan pada pagi dan siang berpotensi hujan terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 28 April 2024 dimana cuaca cerah berawan pada pagi dan siang berpotensi hujan terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)