Jaring Pesepak Bola Muda Berbakat, Askab PSSI Sukabumi Gulirkan Kompetisi

Selasa 15 Agustus 2023, 21:10 WIB
Ketua Askab PSSI Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali menunjukan trofi kompetisi ASKABSI tahun 2023. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)

Ketua Askab PSSI Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali menunjukan trofi kompetisi ASKABSI tahun 2023. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Kabupaten Sukabumi resmi menggulirkan kompetisi ASKABSI tahun 2023 yang ditandai dengan tendangan Kick Off oleh Wakil Bupati Iyos Somantri di Stadion Korpri Cisaat, Sabtu 12 Agustus 2023.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kompetisi sepak bola ini diikuti oleh 16 klub dan 32 SSB yang berasal dari 47 kecamatan di Kabupaten Sukabumi.

Ketua Askab PSSI Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali mengatakan, kompetisi internal yang digelar pihaknya ini untuk kepentingan pembinaan dengan sasarannya untuk pemain usia 10, 12, 15 dan 17 tahun.

Selain itu, lanjut Budi, tim yang juara atau terbaik nantinya akan diikutsertakan pada kompetisi yang lebih tinggi yakni Piala Suratin tingkat Jawa Barat.

"Kenapa di kelas usia karena agenda PSSI di provinsi pun sama untuk kepentingan piala Suratin. Jadi hasil dari kompetisi yang kita adakan ini hasilnya juga adalah untuk Piala Suratin tingkat Jawa Barat pada bulan September mendatang," kata Budi kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Buka Kompetisi Askabsi 2023, Wabup Iyos: Ajang Berkarya Hasilkan Prestasi

Menurut Budi, kompetisi ASKABSI tahun 2023 berlangsung selama satu bulan dan digelar di dua tempat yakni di lapangan Nagrak dan di Cikembar.

Budi yang juga Ketua Persikabumi itu kemudian berharap dengan digulirkannya kompetisi sepak bola ini bisa terjaring pemain berbakat sehingga kedepannya bisa menjadi aset untuk Kabupaten Sukabumi.

“Sumberdaya manusia kita banyak yang berbakat makanya hari ini dari 47 kecamatan hampir semua mengikuti sehingga kita bisa melihat hasil pembinaan di SSB ataupun di klub hasilnya ini di kompetisi," ujarnya.

"Karena kita tidak bisa melihat hasil pembinaan di Klub atau di SSB manakala tidak bergulir kompetisinya, sehingga kita menggulirkan kompetisi ini yang memang menjadi program kami Askab PSSI Kabupaten Sukabumi," pungkasnya.

Sementara itu Wabup Iyos mengatakan, kompetisi ini merupakan motivasi untuk memunculkan kreasi, dan prestasi. Maka dari itu, dirinya mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan. Kompetisi ini menjadi ajang penyaluran minat dan bakat di bidang sepakbola.

"Kami atas nama pemerintah sangat mengapresiasi kegiatan ini," ujarnya.

Bahkan, dirinya akan menginstruksikan dinas terkait untuk mendorong masyarakat dalam pengembangan potensi dan kemampuan. Hal itu untuk menumbuhkan minat dan bakat serta potensi yang ada

"Ini kegiatan positif yang harus terus kita dorong. Sehingga, anak-anak bisa terjauhkan dari kegiatan yang negatif. Selain itu juga meningkatkan kondisi kesehatan jasmani dan rohani, Saya meminta para atlet, peserta dan seluruh tim yang mengikuti kompetisi ini harus tampil lepas dan suguhkan dengan penampilan terbaiknya sehingga mampu membawa nama harum klub sepak bola dan kecamatannya masing-masing di ajang kompetisi ini,” tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi01 Mei 2024, 15:00 WIB

Tasyakuran Hari Jadi Desa Jayanti: Ketua Apdesi Sukabumi Bicara Sinergi Membangun Desa

Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Sukabumi, Deden Deni Wahyudin menghadiri puncak acara tasyakuran Hari Jadi Desa Jayanti ke-12
Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi, Deden Deni Wahyudin saat menghadiri acara puncak Hari Jadi Desa Jayanti ke 12, Selasa (30/4/2024) | Foto : Dok Desa Jayanti
Inspirasi01 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai QC Staff dengan Penempatan di Pabrik Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi lowongan kerja - Lowongan Kerja Sebagai QC Staff dengan Penempatan di Pabrik Sukabumi. | (Sumber : Foto: Freepik.com)
Sehat01 Mei 2024, 14:30 WIB

3 Kunci Sukses Mengobati Diabetes Tipe 2 dengan Perubahan Gaya Hidup Sehat

Ada banyak pilihan untuk mengelola diabetes tipe 2, salah satunya dengan perubahan gaya hidup seperti pola makan, olahraga dan berhenti merokok.
Ilustrasi. Ada banyak pilihan untuk mengelola diabetes tipe 2, salah satunya dengan perubahan gaya hidup seperti pola makan, olahraga dan berhenti merokok. Sumber: Freepik/freepik
Life01 Mei 2024, 14:00 WIB

6 Didikan Orang Tua yang Membuat Anak Keras Kepala, Ini Penyebabnya!

Beberapa didikan akan menjadi penyebab anak menjadi sosok pribadi yang keras kepala saat tumbuh dewasa nanti.
Ilustrasi. Didikan yang membuat anak keras kepala. Sumber foto : Pexels/Joel Santos
Sukabumi01 Mei 2024, 13:32 WIB

MCF Sukabumi Kena Tipu Modus Kredit Motor Pakai Data Palsu, Satu Karyawan Dilaporkan

PT Mega Central Finance (MCF) Cabang Sukabumi yang bergerak di bidang pembiayaan khususnya kredit sepeda motor mengaku alami kerugian hingga ratusan juta rupiah karena adanya tindak tipu gelap yang dilakukan karyawan
Kantor PT Mega Central Finance (MCF) Cabang Sukabumi di Jl. Siliwangi, Cikole, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat | Foto : Asep Awaludin
Bola01 Mei 2024, 13:30 WIB

Daftar Lengkap Tim Terdegradasi ke Liga 2 dan Tim yang Promosi ke Liga 1 Musim Depan

Ada beberapa tim yang promosi ke Liga 1 musim depan dan tim yang harus turun kasta ke Liga 2.
Ada beberapa tim yang promosi ke Liga 1 musim depan dan tim yang harus turun kasta ke Liga 2. (Sumber : Freepik.com/fwstudio/Ist).
Jawa Barat01 Mei 2024, 13:28 WIB

BMKG: Gempabumi Dangkal di Kabupaten Bandung Dipicu Sesar Garut Selatan

Bandung Jawa Barat kembali diguncang gempabumi pada Rabu (1/5/2024) dengan kekuatan 4,2 magnitudo. Gempa M4,2 Bandung Jawa Barat itu terjadi sekira pukul 10.06 WIB.
Gempabumi terletak pada koordinat 7.0° LS ; 107,57° BT. Titik Gempa M4,2 di Bandung berjarak sekitar 20 km Tenggara dari Kabupaten Bandung, Jawa Barat dengan kedalaman 4 km | Foto : BMKG
Nasional01 Mei 2024, 13:03 WIB

Aksi Ribuan Buruh Peringati May Day, Tuntut Hapus Outsourcing dan Tolak Upah Murah

Ribuan buruh turun ke jalan menggelar aksi unjuk rasa pada peringatan Hari Buruh Sedunia alias May Day 2024 di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Rabu (1/5/2024)
Aksi buruh peringati May Daya 2024 | Foto : Akun X @bbxayi
Sehat01 Mei 2024, 13:00 WIB

7 Cara Alami Mengobati Penyakit Diabetes, Jaga Gula Darah Tetap Normal

Ketahui Beberapa Cara Alami Mengobati Penyakit Diabetes untuk Menjaga Gula Darah Tetap Normal.
Ilustrasi - Cara Alami Mengobati Diabetes. (Sumber : Pexels/NataliyaVaitkevich)
Bola01 Mei 2024, 12:30 WIB

Kiper Baru Garuda! Maarten Paes Resmi Jadi WNI, Ini Harapannya untuk Timnas Indonesia

Maarten Paes Resmi Jadi WNI! Kiper Muda Ini Siap Berjuang untuk Timnas Indonesia
Maarten Paes Resmi Jadi WNI! Kiper Muda Ini Siap Berjuang untuk Timnas Indonesia (Sumber : pssi.org).