Timnas Indonesia U-22 Lolos ke Final Setelah Menang Dramatis 3-2 Atas Vietnam

Sabtu 13 Mei 2023, 18:24 WIB
Timnas Indonesia U-22 Lolos ke Final Setelah Menang Dramatis 3-2 Atas Vietnam. | (Sumber : pssi.org.)

Timnas Indonesia U-22 Lolos ke Final Setelah Menang Dramatis 3-2 Atas Vietnam. | (Sumber : pssi.org.)

SUKABUMIUDATE.com - Timnas Indonesia U-22 resmi melenggang ke final cabang sepakbola SEA Games 2023 Kamboja, setelah sukses mengalahkan Vietnam dengan skor akhir 3-2.

Dengan 10 pemain, Timnas Indonesia U-22 berhasil meredam perlawan Vietnam. Semua gol Timnas Garuda dicetak oleh Komang Teguh Trisnanda menit ke-10, Muhammad Ferrari menit ke-53, dan Muhammad Taufany Muslihuddin menit ke-90+7.

Sementara dua gol Vietnam dicetak oleh Nguyen Van Tuong di menit ke-36 dan gol bunuh diri pemain Indonesia Amiruddin Bagas Kaffa di menit ke-45+3. Gol dimenit 90+ dari Taufany sukses mengantarkan Timnas ke final.

Baca Juga: Link Nonton Film Sewu Dino Full Movie, Film Horor Tentang Santet yang Mematikan

Mengutip Tempo.co, Indonesia pun menunggu pemenang laga Thailand vs Myanmar sebagai lawan di final SEA Games 2023 yang akan berlangsung pada Selasa, 16 Mei 2023.

Indonesia langsung membuka keunggulan lewat skema lemparan jauh Pratama Arhan pada menit ke-10. Komang Teguh Trisnanda yang bergerak dari belakang menyambutnya dengan sundulan keras. Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Gol cepat tersebut membuat permainan anak asuh Indra Sjafri lebih cair sehingga aliran bola ke depan menjadi lancar. Ramadhan Sananta pun mendapat peluang emas pertamanya setelah melepaskan tendangan keras mendatar dari luar kotak penalti pada menit ke-17, namun kiper Vann Chun Quan masih bisa menangkapnya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Laundry Pakaian di Kota Sukabumi, Cocok Untuk yang Males Nyuci!

Setelah unggul, Indra Sjafri tampak menginstruksikan para pemainnya untuk bermain lebih sabar sambil menunggu momentum serangan balik. Taktik tersebut membuat Vietnam unggul penguasaan bola 58 persen berbanding 42 persen sampai menit ke-30.

Di sisi lain, situasi ini membuat Vietnam sulit menembus pertahanan Indonesia yang dikomandoi Rizky Ridho. Beberapa kali pemain Golden Star Warriors melepaskan umpan ke kotak penalti, tetapi selalu berhasil diamankan.

Vietnam memperoleh peluang emas pertamanya pada menit ke-34. Tendangan Nguyen Van Tung yang berdiri bebas di kotak penalti masih melambung tipis di atas gawang Indonesia.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Toko HP di Sukabumi yang Terpercaya, Lengkap dengan Alamatnya!

Satu menit berselang, Nguyen Van Tung kembali mendapat peluang dan kali ini sukses dimaksimalkan menjadi gol. Menerima umpan Nguyen Duc Phu, pemain berusia 21 tahun itu mampu melepaskan sundulan yang tak bisa dibendung kiper Ernando Ari. Skor imbang 1-1.

Sepuluh menit terakhir babak pertama, Indonesia mulai mencoba keluar menyerang. Akan tetapi, tekanan dari Vietnam membuat para pemain tak bisa nyaman berlama-lama dengan bola.

Penghujung babak pertama sempat diwarnai keributan yang diawali dari pelanggaran keras Komang Teguh terhadap Nguyen Duc Phu. Pemain asal klub Borneo FC itu pun diganjar kartu kuning.

Baca Juga: 6 Cerita Misteri Gunung Salak, Mitos Kerajaan Gaib Hingga Kerap Telan Korban Jiwa

Hingga peluit babak pertama dibunyikan kedua tim tidak mampu menambah gol. Beberapa peluang tercipta, tetapi tidak ada yang membahayakan gawang masing-masing. Skor 1-1 bertahan.

Kedua tim melakukan pergantian pemain di awal babak kedua. Indonesia menarik keluar dua pemainnya, Komang Teguh Trisnanda dan Ananda Raehan, lalu memasukkan Muhammad Taufany Muslihuddin dan Muhammad Ferarri. Sementara Vietnam mengganti Ho Van Cuong dengan Huynh Cong Den.

Gol kedua Indonesia lagi-lagi tercipta dari skema lemparan jauh Pratama Arhan pada menit ke-53. Bola berhasil ditepis Vann Chun Quan dan jatuh di kaki Marselino Ferdinan. Dia langsung melepaskan tembakan keras yang mengenai Muhammad Ferarri sehingga bola memantul ke arah gawang. Skor 2-1 untuk keunggulan tim Garuda.

Baca Juga: Kenali 4 Tipe Kepribadian Introvert, Kamu Mirip yang Mana?

Pratama Arhan diusir keluar lapangan karena menerima kartu kuning kedua usai melanggar Nguyen Duc Phu pada menit ke-60. Sebelumnya, kartu kuning pertama Arhan didapat pada babak pertama setelah melanggar pemain yang sama pada menit ke-29.

Indra Sjafri merespons kondisi tersebut dengan memasukkan Ilham Rio Fahmi dan menarik keluar Witan Sulaeman. Bek sayap asal klub Persija Jakarta itu ditempatkan di sisi kiri.

Vietnam juga melakukan pergantian pemain. Kali ini ada dua nama yang dimasukkan, yaitu Nguyen Van Truong dan Khuat Van Khang yang menggantikan Nguyen Duc Phu dan Vo Minh Trong.

Memasuki 20 menit terakhir laga, Vietnam memasukkan satu lagi pemain, yakni Dinh Xuan Tien, keluar Nguyen Thanh Nhan. Indonesia juga menarik keluar Ramadhan Sananta yang digantikan Irfan Jauhari.

Baca Juga: 5 Tips Agar Pasangan Tetap Mencintaimu Meski Sudah Berhubungan Lama

Bermain dengan 10 pemain membuat Indonesia menerapkan strategi bertahan. Situasi ini dimanfaatkan Vietnam untuk terus menekan pertahanan pasukan Merah Putih. Beberapa peluang cukup mengancam gawang, namun lini belakang masih cukup kokoh.

Petaka datang bagi Indonesia pada menit ke-78. Bagas Kaffa salah melakukan antisipasi umpan Nguyen Ngoc Thang sehingga bola bergulir ke gawang Ernando Ari. Skor imbang 2-2.

Vietnam kembali mengancam gawang Indonesia pada menit ke-83. Berawal dari umpan satu dua di area sepertiga akhir lapangan, Khuat Van Khang melepaskan tendangan keras mendatar yang dapat ditangkap Ernando Ari.

Baca Juga: Kenali 6 Kebiasaan Orang Sukses yang Wajib Kamu Tiru, Segera Lakukan!

Taufany Muslihuddin sukses membuat Indonesia kembali memimpin di akhir babak kedua. Tendangan keras mendatarnya mampu merobek jala Vann Chun Quan. Skor 3-2 pun bertahan hingga pertandingan usai.

Berikut susunan pemain lengkapnya:

Indonesia: Ernando Ari; Rizky Ridho, Komang Teguh Trisnanda, Amiruddin Bagas Kaffa, Pratama Arhan; Alfeandra Dewangga, Ananda Raehan, Marselino Ferdinan; Witan Sulaeman, Muhammad Fajar Fathur Rahman, Ramadhan Sananta.

Vietnam: Vann Chun Quan; Quang Thinh Tran, Nguyen Ngoc Thang, Tan Tai Phan, Van Cuong Ho, Vo Minh Trong; Nguyen Thai Son, Nguyen Phu Duc, Le Van Do; Nguyen Thanh Nhan, Nguyen Van Tung.

Sumber: Tempo.co

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola03 Mei 2024, 14:15 WIB

Jokowi Minta Timnas Indonesia U-23 Rebut Tiket Olimpiade Paris 2024 di Laga Play-off

Jokowi mengapresiasi perjuangan timnas Indonesia yang berlaga di Piala Asia U-23 2024.
Jokowi mengapresiasi perjuangan timnas Indonesia yang berlaga di Piala Asia U-23 2024. (Sumber : X/@jokowi).
Bola03 Mei 2024, 14:00 WIB

Hadapi Bali United, Bek Persib Alberto Rodriguez Antusias Tatap Championship Series

Alberto Rodriguez antusias hadapi Bali United di Championship Series.
Alberto Rodriguez antusias hadapi Bali United di Championship Series. (Sumber : X@persib)
Sukabumi03 Mei 2024, 13:49 WIB

Disperkim Segera Bangun Tugu Nol Kilometer Kabupaten Sukabumi, Lokasi Mulai Dirapihkan

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) telah memulai melakukan penataan area lokasi yang akan menjadi tempat pembangunan Tugu Nol Kilometer Kabupaten Sukabumi yang berada di Alun-Alun Palabuhanratu.
Penataan area pembangunan tugu nol kilometer Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life03 Mei 2024, 13:48 WIB

Hadiahi Perilaku Baik, Ini 8 Cara Mengajarkan Keterampilan Disiplin Diri pada Anak

Apa pun jenis disiplin yang Anda gunakan pada anak, tujuan akhir dari strategi pengasuhan Anda adalah untuk mengajarkan disiplin diri pada anak.
Ilustrasi mengajarkan keterampilan disiplin diri pada anak. | Foto: Pexels.com/@Andrea Piacquadio
Sukabumi03 Mei 2024, 13:36 WIB

Penguatan P2WKSS, Pemkot Sukabumi Tingkatkan Peran Perempuan dalam Pembangunan

Ineu Nuraeni menjelaskan soal P2WKSS dan lokus program di Kelurahan Sukakarya.
Rapat koordinasi program P2WKSS pada Jumat (3/5/2024) di Balai Kota Sukabumi. | Foto: Website KDP Kota Sukabumi
Life03 Mei 2024, 13:30 WIB

6 Alasan Kenapa Perantau Dikenal Punya Mental Tangguh dan Petarung, Ini Penyebabnya

Para perantau pada umumnya akan memiliki mental tanggung dan petarung. Sebab, berada di lingkungan baru membentuknya sedemikian rupa.
Ilustrasi. Alasan perantau punya mental tangguh. Sumber foto : Pexels/GustavoFring
Science03 Mei 2024, 13:25 WIB

Prediksi Temperatur di Jawa Barat, BMKG Soal Suhu Panas di Indonesia dan Asia

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung, Teguh Rahayu, pada Kamis 2 Mei 2024 menjelaskan bahwa fenomena ini dipengaruhi oleh gerak semu matahari.
peta temperatur wilayah pada Jumat (3/5/2024) (Sumber: zoom.earth)
Sukabumi03 Mei 2024, 13:16 WIB

Dipasang Bronjong, Dinas PU Tangani Longsor Tebing Di Jalan Surade Sukabumi

UPTD Pekerjaan Umum Jampangkulon Kabupaten Sukabumi melaksanakan kegiatan pemasangan bronjong pada lokasi longsor di ruas jalan Kadaleman-Mareleng Sta 3+800 di Desa Kadaleman, Kecamatan Surade.
Pemasangan bronjong di lokasi longsor di jalan ruas Kadaleman-Mareleng, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sehat03 Mei 2024, 13:00 WIB

Langkah Simpel Membuat Teh Daun Mangga untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : YouTube/G Family Thai).
Life03 Mei 2024, 12:30 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang yang Berakhlak dan Beradab, Yuk Terapkan!

Cara mendidik anak agar menjadi orang yang berakhlak dan beradab memang impian semua orang tua. Yuk, terapkan!
Ilustrasi. Cara mendidik anak agar berakhlak dan beradab. Sumber foto : Pexels/GustavoRing