Terpilih jadi Ketua Umum PSSI, Ini 5 Janji Erick Thohir untuk Sepakbola Indonesia

Kamis 16 Februari 2023, 15:30 WIB
Terpilih jadi Ketua Umum PSSI, Ini 5 Janji Erick Thohir untuk Sepakbola Indonesia. | (Sumber : Twitter/@erickthohir.)

Terpilih jadi Ketua Umum PSSI, Ini 5 Janji Erick Thohir untuk Sepakbola Indonesia. | (Sumber : Twitter/@erickthohir.)

SUKABUMIUPDATE.com - Erick Thohir akhirnya terpilih menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 dalam Kongres Luar Biasa (KLB) di hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Menteri BUMN, Erick Thohir terpilih menjadi Ketua Umum PSSI setelah mengalahkan kandidat lainnya dengan unggul 64 suara.

Erick Thohir bertarung dengan La Nyalla Mattalitti yang mendapat 22 suara, sementara dua kandidat lainnya yaitu Doni Setiabudi dan Arief Putra Wicaksono tidak mendapat satu suara pun.

Baca Juga: Kecelakaan dengan Truk Tronton, Pemotor Tewas di Jembatan Pamuruyan Sukabumi

Sebagai informasi, pemilihan anggota eksekutif (Exco) PSSI termasuk ketua umum, dilakukan melalui mekanisme pemungutan suara. Terdapat 87 voters yang berhak memberikan suaranya dalam KLB PSSI.

Mereka terdiri dari 34 Asosiasi Provinsi, 18 Liga 1, 16 klub Liga 2, 16 Liga 3, Federasi Futsal Indonesia, Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia dan Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia.

Mekanismenya, seorang calon bakal sah menjadi Ketua Umum andai mendapatkan setidaknya 45 suara alias 50 persen +1 dari jumlah voters yang hadir.

Baca Juga: Donasi Dana Gempa Cianjur untuk Terorisme, Dua Lembaga Ini Ungkap Temuan

Dalam kongres ini, sebanyak 86 voters telah memberikan suaranya, sementara satu voters gugur yakni PSMS Medan. Klub Liga 2 2022-2023 itu tak punya hak suara karena dualisme yang status hukumnya belum tetap.

Sebelum terpilih, Erick sudah lebih dulu mengumbar janji dan program untuk membenahi sepak bola Indonesia. Berikut lima janji Erick Thohir yang kini resmi terpilih jadi Ketum PSSI 2023-2027 yang dikutip via Suara.com.

1. Lanjutkan Liga 2 dan Liga 3

Erick Thohir berjanji untuk melanjutkan kembali Liga 2 dan Liga 3 yang dihentikan PSSI musim ini sesuai hasil rapat Exco pada 12 Januari 2023.

Tak hanya itu, Erick juga sempat mengatakan bahwa kompetisi sepak bola di Indonesia harus diperbanyak, salah satunya adalah kembali menggelar Piala Indonesia.

Baca Juga: Resmi! Erick Thohir Terpilih Menjadi Ketua Umum PSSI Periode 2023-2027

"Liga 2 dan Liga 3 Insyaallah diadakan agar sepakbola Indonesia semakin berkembang dan maju," kata Erick beberapa waktu lalu.

2. Kejar Ketertinggalan dari Negara Lain

Salah satu fokus Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI adalah membawa sepak bola Indonesia ke arah yang lebih baik. Dia menilai olahraga bal-balan profesional Tanah Air sudah tertinggal dari negara-negara lain.

"Banyak yang sering bilang ke saya, sepak bola kita jalan di tempat. Saya rasa kurang sepakat. Sepak bola kita juga berkembang, tapi perkembangan negara lain jauh lebih cepat. Ini yang ingin saya kejar," ujar Erick Thohir.

3. Penggunaan VAR di Liga 1

Indonesia menjadi salah satu dari mayoritas negara Asia Tenggara (ASEAN) yang belum mengimplementasikan teknologi Video Assistant Referee (VAR) di kompetisi domestik.

Erick Thohir berjanji bakal menggunakan teknologi yang membantu wasit memberi penilaian lebih baik terhadap berbagai insiden di lapangan khususnya di Liga 1.

"Makanya kita jangan menyalahkan siapa-siapa. Jangan salahkan wasit. Makanya nanti implementasi dengan VAR seperti di Piala Dunia," kata Erick sambil menegaskan VAR bakal mengurangi tuduhan terhadap kecurangan-kecurangan wasit.

4. Perbaiki Kualitas Wasit

Di tengah kinjera wasit Indonesia yang kerap menjadi sorotan karena banyaknya keputusan kontroversi yang dibuat terutama di Liga 1 musim ini, Erick Thohir pun ingin kualitas para pengadil ditingkatkan.

Menurut Erick, salah satu masalah di sepak bola Indonesia adalah sumber daya manusia (SDM) wasit yang masih harus ditingkatkan. Selain ilmu, kesejahteraan wasit juga dinilai Erick penting.

Baca Juga: Merasa Diperas Soal Dana BOS, Kepsek SMP di Sukabumi Lapor Saber Pungli

"Jangan kita hukum wasit tapi kita tidak pernah ke rumah wasit itu. Saya sebagai menteri BUMN saya turun menemui karyawan yang sakit ketika Covid. Jangan kita menuduh wasit tapi kehidupannya tidak ada, akhirnya mudah diintervensi," kata Erick Thohir.

5. Bangun Training Center Timnas Indonesia

Salah satu program yang gagal dijalankan PSSI pimpinan Mochamad Iriawan adalah membangun pemusatan latihan atau training center (TC) untuk Timnas Indonesia. Erick Thohir ingin mewujudkan ambisi itu.

Baca Juga: 3 Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Agar Rezeki Lancar dan Berkah

Bahkan, Erick berjanji bakal merampungkan training center untuk Timnas Indonesia dalam satu tahun kepemimpinannya sebagai Ketua Umum PSSI.

"Negara sebesar dan sekaya ini tidak punya fasilitas untuk tim nasional. Harus dibangun duluan kalau bisa tahun depan jadi. Harus," tegas Erick.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer
Keuangan26 April 2024, 20:00 WIB

Sumber Pendapatan Pasif, 6 Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan

Beberapa jenis investasi, seperti saham dividen, obligasi, atau properti sewa, dapat menghasilkan pendapatan pasif secara teratur. Pendapatan dari investasi ini dapat membantu meningkatkan arus kas dan memberikan stabilitas finansial tambahan.
Ilustrasi. Perhitungan Ekonomi. Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Life26 April 2024, 19:53 WIB

Terapkan Konsekuensi, Ini 7 Cara Memperbaiki Perilaku Tidak Baik Pada Anak

Ekspektasi orang tua terhadap anaknya kadang membuat mereka tertekan. Maka dari itu, lakukan tips berikut untuk membuat anak memperbaiki perilakunya.
Ilustrasi cara memperbaiki perilaku tidak baik anak / Sumber Foto : Freepik/jcomp