Donasi Dana Gempa Cianjur untuk Terorisme, Dua Lembaga Ini Ungkap Temuan

Rabu 15 Februari 2023, 18:17 WIB
BNPT dalam rapat dengan Komisi III DPR RI menyebut ada indikasi aksi galang dana korban gempa cianjur untuk kegiatan terorisme (Sumber: tv parlemen)

BNPT dalam rapat dengan Komisi III DPR RI menyebut ada indikasi aksi galang dana korban gempa cianjur untuk kegiatan terorisme (Sumber: tv parlemen)

SUKABUMIUPDATE.com - Dua lembaga yang menangani terorisme, BNPT dan PPATK baru-baru ini mengungkap temuan mengejutkan soal dana donasi untuk korban gempa Cianjur Jawa Barat. Ada temuan organisasi teroris memanfaatkan momen gempa cianjur untuk menggalang dana dari warga, yang kemudian terindikasi diselewengkan.

Temuan ini diungkap Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam rapat kerja dengan Komisi III di DPR, Jakarta, pada Senin dan Selasa, 13-14 Februari 2023.

Dalam rapat tersebut, Kepala PPATK Ivan Yustiavandana mengatakan secara total, hasil pengungkapan perkara TPPU terkait terorisme dari kategori penggelapan dana yayasan, pada 2022 senilai Rp 1,7 triliun.

Baca Juga: Polresta Sukabumi Amankan Terduga Pengedar Obat Berbahaya

“Yayasan memang ada resikonya. Ada mendompleng kegiatan yang legal jadi saking banyaknya sebuah momentum misal terjadi bencana dari 100 pembukaan rekening untuk kegiatan yang benar di situ ada 99 yang meng-hijack niat baik para pihak yang memang baik," ujar Ivan.

Menurut Ivan, ada 2 potensi besar arah aliran dana dari penggelapan dana yayasan ini. Pertama, konsumsi pribadi hingga terindikasi dana mengalir untuk dukungan pada kegiatan terorisme.

"Digunakan untuk kepentingan dia pribadi banyak kita lihat beli mobil, beli rumah, dikirimi ke orang-orang sekitarnya untuk memperkaya diri sendiri dari sumbangan dari orang sehingga tidak dipakai untuk kepentingan membangun atau membantu orang lain yang terkena bencana. Fakta lainnya kita menemukan terkait dugaan tindak pidana terorisme," ucap Ivan.

Baca Juga: Dinsos Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Cidolog Sukabumi

Untuk indikasi penggelapan dana korban bencana Cianjur untuk kepentingan kegiatan terorisme, Ivan mengatakan, PPATK sudah menjalin kerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan kepolisian untuk penelusuran lebih lanjutnya.

"Yang di Cianjur itu memang terkait dengan kegiatan yang diduga tersangkut dengan terorisme," tegasnya.

Dalam acara yang sama, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Boy Rafli Amar menyebut dengan jelas indikasi kelompok Jamaah Ansharud Daulah (JAD) ikut menggalang dana untuk korban gempa Cianjur.

Baca Juga: Ada 172 Usulan, Edi Bicara Program Prioritas di Musrenbang Cicurug Sukabumi

"Melakukan penggalangan dana dengan mencoba merebut simpati masyarakat, melalui kegiatan kemanusiaan, khususnya terhadap korban gempa cianjur," tulis BNPT dalam slide dengan tema perkembangan teror dalam negeri saat rapat dengan Komisi III DPR RI.

Sumber: TV Parlemen

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 21:18 WIB

Petahana Bertumbangan, Inilah 7 Caleg Diprediksi Lolos DPRD di Dapil 1 Sukabumi

Rapat pleno rekapitulasi perolehan suara calon anggota DPRD Kabupaten Sukabumi daerah pemilihan (Dapil) 1 tingkat kecamatan selesai dilaksanakan. Tujuh orang diprediksi melenggang menjadi anggota DPRD
Caleg DPRD dengan suara terbanyak di Dapil I Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life27 Februari 2024, 21:00 WIB

Cake Resume Quiz Sedang Viral, Ini 7 Manfaat Manfaat Bermain Quiz

Berikut ini beberapa manfaat bermain quiz seperti Cake Resume Quiz atau What Cake R U
Ilustrasi - Berikut ini beberapa manfaat bermain quiz seperti Cake Resume Quiz atau What Cake R U (Sumber : ooopenlab.cc)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 20:40 WIB

Digelar di Jajaway, Ini Jadwal Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten Sukabumi

KPU Kabupaten Sukabumi akan mengadakan rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten dengan target penyelesaian dalam waktu 4 hari.
Kantor KPU Kabupaten sukabumi | Foto Sy
Film27 Februari 2024, 20:10 WIB

5 Fakta Menarik Ruy Iskandar, Aktor dari Indonesia di Avatar The Last Airbender

Berikut fakta-fakta menarik dari Ruy Iskandar, aktor Indonesia yang menarik perhatian karena berperan menjadi Letnan Zee di Avatar The Last Airbender.
Ruy Iskandar (tengah) berfoto dengan Paul Sun Hyun Lee dan Dallas Liu ketika Syuting Avatar The Last Airbender. Sumber Foto: Instagram/@ruyiskandar
Aplikasi27 Februari 2024, 20:00 WIB

Link Download Gambar Ramadan 2024, Desain Baru dan Menarik

Berikut ini kumpulan link download Ramadan 2024 yang bisa digunakan secara gratis
Link Download Gambar Ramadan 2024, Desain Baru dan Menarik (Sumber : Freepik/pikisuperstar)
Sukabumi27 Februari 2024, 19:48 WIB

Dinkes Sukabumi: Total Siswa Korban Keracunan Capai 35 Orang, 3 Dirujuk ke RS

Dinkes Kabupaten Sukabumi mengirimkan sampel jajanan penyebab keracunan massal siswa SD untuk diuji di Labkesda Jabar.
Penyidik dari Polres Sukabumi Kota saat mengamankan sampel jajanan yang menyebabkan puluhan Siswa SD Sukabumi keracunan. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 19:42 WIB

Kantongi 91 Ribu Suara, Hergun Optimis Kembali Melenggang ke Senayan

Caleg petahana DPR RI dari Partai Gerindra Heri Gunawan kembali mengukir prestasi gemilang dengan meraih suara terbanyak di Dapil Jawa Barat IV, melingkupi Kabupaten dan Kota Sukabumi.
Heri Gunawan, Caleg petahana DPR RI dari Partai Gerindra di Dapil Jabar IV (Kokab Sukabumi) | Foto : Sukabumi Update
Kecantikan27 Februari 2024, 19:00 WIB

Hindari Kebotakan! 7 Cara Perawatan Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami
Ilustrasi - Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami (Sumber : Freepik.com/@stockking)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 18:52 WIB

10 PPK di Kota Sukabumi Diperiksa Bawaslu, Dugaan Pemindahan Suara Caleg PDIP

10 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terlapor dihadirkan di tengah persidangan kasus dugaan pemindahan suara Pileg 2024 DPRD Kota Sukabumi
Proses Persidangan dugaan pemindahan suara yang digelar di Kantor Bawaslu Kota Sukabumi pada Selasa (27/2/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 18:32 WIB

Buntut Dugaan Pemindahan Suara, Caleg PDIP DPRD Kota Sukabumi Saling Lapor

Caleg PDIP DPRD Kota Sukabumi Saling Melaporkan ke Bawaslu, Adu Data Soal dugaan kecurangan.
Ketua Tim Pemenangan Ujang Taufik, Firmansyah Kusmayadi menyerahkan laporan ke Bawaslu Kota Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)