Jadwal Piala AFF 2022 Filipina vs Indonesia: Prediksi Susunan Pemain

Senin 02 Januari 2023, 08:00 WIB
Potret aksi perjuangan Timnas Indonesia pada laga kontra Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno. | (Sumber : Twitter/@PSSI).

Potret aksi perjuangan Timnas Indonesia pada laga kontra Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno. | (Sumber : Twitter/@PSSI).

SUKABUMIUPDATE.com - Laga terkahir Grup A Piala AFF 2022, Timnas Indonesia bakal menghadapi tuan rumah Filipina di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina pada Senin (2/1/2023).

Laga ini akan menjadi laga penentuan setelah skuad Garuda, julukan Timnas Indonesia, bermain imbang 1-1 kontra Thailand, Kamis (29/12).

Hasil imbang itu dibarengi dengan kemenangan yang diraih Kamboja atas tamunya, Brunei Darussalam, dengan skor 5-1, Kamis (29/12).

Dengan dua hasil tersebut, kini grup A memiliki tiga tim yang punya kesempatan untuk lolos ke semifinal, yakni Thailand, Timnas Indonesia, dan Kamboja.

Ketiga tim ini menduduki peringkat tiga teratas, dengan Thailand dan Timnas Indonesia mengantongi 7 poin di peringkat pertama serta kedua dan Kamboja di peringkat ketiga dengan 6 poin.

Baca Juga: Timnas Indonesia Ditahan 10 Pemain Thailand 1-1 di Piala AFF 2022

Tak ayal, laga terakhir grup A Piala AFF 2022 akan menjadi partai penentuan, dimana Timnas Indonesia akan menghadapi Filipina dan Thailand akan menghadapi Kamboja.

Dengan kondisi ini, Timnas Indonesia mau tak mau harus menang saat bertandang ke Filipina agar tak bergantung pada hasil Thailand vs Kamboja untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2022.

Melihat syarat tersebut, bagaimana sekiranya formasi yang akan dimainkan Shin Tae-yong di laga Filipina vs Timnas Indonesia nanti?

Formasi Menyerang dengan 3 Bek

Tak hanya sekadar menang, Timnas Indonesia juga harus bisa mengalahkan Filipina di laga terakhir grup A Piala AFF 2022 dengan skor besar.

Skor besar ini bertujuan agar Timnas Indonesia lolos ke semifinal dengan status juara grup. Sebagai informasi, skuad Garuda kalah selisih gol dari Thailand di tangga klasemen grup A saat ini.

Untuk mendapatkan skor besar, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia pun mau tak mau harus bermain menyerang dan memainkan lini serang andalannya.

Baca Juga: Bus Timnas Thailand Diserang saat Menuju GBK Hingga Kaca Pecah, Warganet: Bikin Malu!

Namun permainan menyerang ini juga harus diimbangi permainan bertahan yang mumpuni agar Filipina yang tak punya misi apapun di laga ini, tak mencuri kesempatan untuk mencetak gol.

Sehingga, Shin Tae-yong pun berpotensi menggunakan formasi tiga bek agar bisa memperkuat lini pertahanannya dari serangan balik Filipina.

Formasi tiga bek ini nyatanya akan membuat pertahanan dan penyerang Timnas Indonesia berjalan seimbang, karena dua Fullback akan beralih menjadi Wing Back yang harus naik turun dalam menyerang dan bertahan.

Nyatanya, formasi tiga bek ini cocok dengan karakter permainan Timnas Indonesia dan Shin Tae-yong selalu mengecap sukses dengan formasi ini, di mana skuad Garuda banyak mencetak gol.

Untuk posisi kiper, Nadeo Argawinata tetap akan menjadi andalan, menyusul penampilan apiknya dan penyelamatan gemilangnya dalam tiga laga terakhir.

Lalu untuk trio di barisan bek, Shin Tae-yong bisa mengandalkan Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, dan Hansamu Yama yang tampil lugas di laga kontra Brunei Darussalam.

Baca Juga: Indonesia vs Thailand di Piala AFF 2022, Rekor Pertemuan Shin Tae-yong vs Alexandre Polking

Untuk posisi Wing Back, ada baiknya Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam diistirahatkan agar posisi keduanya digantikan Edo Febriansyah dan Yakob Sayuri.

Untuk posisi gelandang, duet Rachmat Irianto serta Marc Klok dirasa cukup jitu setelah tampil memukau di laga kontra Thailand.

Lalu trio lini serang bisa diberikan kepada Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, serta Ilija Spasojevic yang punya insting mencetak gol tinggi.

Berikut Jadwal Filipina vs Indonesia di Piala AFF 2022

Laga: Filipina vs Indonesia
Tempat: Rizal Memorial Stadium, Filipina
Waktu: Senin (2/1/2023), pukul 19.30 WIB
Siaran langsung: RCTI

Berikut prediksi formasi Timnas Indonesia kala melawat ke Filipina di laga terakhir grup A Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia (3-4-3)

Nadeo Argawinata; Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, Hansamu Yama; Yakob Sayuri, Rachmat Irianto, Marc Klok, Edo Febriansyah; Witan Sulaeman, Ilija Spasojevic, Egy Maulana Vikri.

Sumber: Suara.com (Felix Indra Jaya)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sehat25 April 2024, 10:30 WIB

Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami dengan 8 Gaya Hidup Sehat

Penting untuk diingat bahwa sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum memulai atau mengubah regimen pengobatan asam urat, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.
Ilustrasi. Untuk Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami Yuk Terapkan Cara Pola Hidup Sehat. | Foto: Freepik/@freepik
Life25 April 2024, 10:00 WIB

Bersyukur, 10 Kebiasaan Kecil yang Membuat Kamu Bisa Hidup Lebih Bahagia

Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, kamu dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan.
Ilustrasi - Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, Anda dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi25 April 2024, 09:43 WIB

28 Tahun Otda: Kota Sukabumi Komitmen Soal Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat

Otonomi daerah adalah upaya desentralisasi kekuasaan kepada pemerintah daerah.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada memimpin apel memperingati Hari Otda ke-28 di halaman Setda Kota Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Inspirasi25 April 2024, 09:31 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Syarat: Bisa Bahasa Inggris Dasar

Jobseeker Yuk Cek Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Salah Satu Syaratnya adalah Bisa Bahasa Inggris Dasar.
Ilustrasi. Wawancara. Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Syarat: Bisa Bahasa Inggris Dasar (Sumber : Pexels/EdmondDantes)
Nasional25 April 2024, 09:03 WIB

Menunggu Prabowo-Gibran Dilantik, Begini Aturan Pasang Foto Presiden dan Wapres

Foto presiden dan wakil presiden sering dipasang di berbagai instansi dan kantor.
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. | Foto: Instagram/Prabowo Subianto
Sehat25 April 2024, 09:00 WIB

Mengenal 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa untuk Menyembuhkan Luka!

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan yang jarang orang ketahui.
Ilustrasi - Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan yang jarang orang ketahui.(Sumber : Freepik.com/@Racool_studio)
Keuangan25 April 2024, 08:21 WIB

Daftar Lengkap 537 Pinjol Ilegal Terbaru yang Diblokir Satgas Pasti

Satgas Pasti mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati.
(Foto Ilustrasi) Satgas Pasti memblokir 537 entitas pinjol ilegal di sejumlah situs dan aplikasi. | Foto: Istimewa
Sehat25 April 2024, 08:00 WIB

10 Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat

Berikut Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat. Yuk Coba Konsumsi!
Ilustrasi. Minyak Zaitun. Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat (Sumber : pixabay.com/@SteveBuissinne)
Life25 April 2024, 07:00 WIB

Komunikasi Terbuka, 10 Cara Mendidik Anak Laki-laki yang Susah Diatur

Penting untuk terus beradaptasi dengan kebutuhan dan kepribadian anak laki-laki yang sulit diatur sambil tetap memegang nilai-nilai dan prinsip yang diyakini.
Ilustrasi pola asuh orang tua. | Komunikasi Terbuka: Cara Mendidik Anak Laki-laki yang Susah DiaturFoto: Freepik/@foto tekan