Ramaikan Jalanan, Warga Sungapan Sukabumi Karnaval Beratribut Piala Dunia 2022

Minggu 11 Desember 2022, 17:39 WIB
Karnaval beratribut Piala Dunia 2022 Qatar warga Kampung Sungapan, Desa Kadudampit, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Minggu (11/12/2022). | Foto: SU/Abdi/Magang

Karnaval beratribut Piala Dunia 2022 Qatar warga Kampung Sungapan, Desa Kadudampit, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Minggu (11/12/2022). | Foto: SU/Abdi/Magang

SUKABUMIUPDATE.com - Piala Dunia 2022 Qatar memasuki semifinal. Empat tim yang akan berlaga pada 14-15 Desember 2022 itu adalah Argentina, Kroasia, Prancis, dan Maroko. Menyambut ini, warga Kampung Sungapan, Desa Kadudampit, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, mengadakan karnaval pada Minggu (11/12/2022).

Karnaval tersebut juga dalam rangka lomba hias kampung bertema piala dunia yang diselenggarakan salah satu stasiun televisi. Karnaval ini dimulai dari kantor Desa Kadudampit, menyusuri Jalan Kadudampit, hingga minimarket terdekat kemudian putar balik ke tempat semula.

Salah satu warga Kampung Sungapan yang ikut berpartisipasi, Abah Uyud (75 tahun), mengatakan kegiatan ini terlaksana berkat warga yang kompak.

Baca Juga: Trofi World Cup 3 Meter di Kadudampit Sukabumi, Kreasi Warga Meriahkan Piala Dunia

“Ahamdulillah kekompakan warga. Meski acaranya level dunia, kampung tepencil di Desa Kadudampit juga ikut meramaikan,” kata dia kepada sukabumiupdate.com. “Katanya, hadiah-hadiahnya jika ini dapat, akan disumbangkan ke masjid (di Kampung Sungapan),” imbuh Abah Uyud.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Dedi Buhibudin yang juga merupakan warga Kampung Sungapan, hadiah lomba yang nantinya didapat akan digunakan membangun majlis taklim di daerah tersebut. Dedi menyebut hadiah utama bernilai Rp 250 juta dari total hadiah Rp 1 miliar. Pengumuman pemenang akan diberitahukan 18 Desember 2022, bertepatan final Piala Dunia 2022 Qatar.

Dedi menyatakan ada isu miring mengenai kegiatan hias kampungnya.

“Banyak tuduhan dari pihak luar Kampung Sungapan, kegiatan ini terselenggara karena ada dukungan dua perusahaan di daerah Sungapan. Padahal sama sekali tidak ada dukungan berbentuk materi dari kedua perusahaan tersebut. Ini murni swadaya masyarakat,” kata Dedi mengklarifikasi.

“Bahkan ada pihak sponsor yang datang kepada kami dan menawarkan dukungannya, tapi kami menolak dengan tujuan kegiatan ini murni swadaya masyarakat,” tambah dia.

Baca Juga: Fakta Menarik Piala Dunia 2022: Maroko Cetak Sejarah Usai Singkirkan Portugal

Dibantu Babinsa dari Polsek Kadudampit, acara karnaval diikuti berbagai kalangan usia. “Ada 1.000 orang, anak-anak, remaja,.dan orang tua,” lanjut Dedi saat ditanya berapa jumlah warga yang ikut berpartisipasi dalam karnaval tersebut.

Sebelumnya diberitakan, warga Kampung Sungapan juga menghias kampungnya dengan tema Piala Dunia 2022 Qatar. Bahkan mereka membuat replika trofi piala dunia setinggi 3 hingga 5 meter.

Reporter: Abdi/Magang

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi13 Juni 2024, 06:26 WIB

Warga Tewas Tersambar Petir Di Ciemas Sukabumi, Alami Luka Di Wajah Seperti Terbakar

Pihak kepolisian mengatakan dari keterangan para saksi bahwa saat kejadian kondisi cuaca hujan gerimis disertai petir, diketahui korban sedang duduk diatas Bale - bale bambu sambil main Hp, diduga sedang teleponan
Kapolsek Ciemas saat mengunjungi ruma duka korban tewas tersambar petir di pantai Palangpang Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi13 Juni 2024, 06:02 WIB

2 Warga Tewas, Polisi Akan Selidiki Kasus Dugaan Keracunan Massal di Sagaranten Sukabumi

Kepolisian Resort Sukabumi akan melakukan penyelidikan terkait kasus keracunan massal yang menewaskan dua orang di Kampung Cimanggir, Desa Pasangrahan, Kecamatan Sagaranten.
Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo | Foto : Ilyas Supendi
Food & Travel13 Juni 2024, 06:00 WIB

8 Resep Menu Makan Ramah Gula Darah untuk Penderita Diabetes: Sarapan hingga Camilan

Menu-menu yang ramah untuk penderita diabetes ini dirancang untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil dan memberikan energi yang tahan lama sepanjang hari.
Ilustrasi. 8 Resep Menu Makan Ramah Gula Darah untuk Penderita Diabetes: Sarapan hingga Camilan (Sumber : Pexels/JennaHamra)
Science13 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 13 Juni 2024, Siang Hari Berpotensi Turun Hujan

Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dimana sebagian besar wilayah berpotensi hujan saat siang.
Ilustrasi.Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dimana sebagian besar wilayah berpotensi hujan saat siang.  | Foto: Pixabay/adege
Sukabumi13 Juni 2024, 01:54 WIB

Korban Cabul Pensiunan BUMN di Sukabumi Bertambah Jadi 3 Orang Anak

Polisi mengabarkan bahwa korban pencabulan pria pensiunan BUMN di Sukabumi bertambah jadi tiga orang anak.
(Foto Ilustrasi) Tiga anak jadi korban cabul pria pensiunan BUMN di Sukabumi. | Foto: Pixabay
Sukabumi12 Juni 2024, 23:45 WIB

Diduga Bunuh Diri, IRT di Nyalindung Sukabumi Ditemukan Tergantung di Pohon Melinjo

Seorang ibu rumah tangga inisial ST (35 tahun) warga Desa Wangunreja, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi ditemukan tewas tergantung di pohon Melinjo, Selasa (11/6/2024).
Proses evakuasi korban oleh petugas Kepolisian Polsek Nyalindung Mapolres Sukabumi pada Selasa (11/6/2024) | Foto Asep Awaludin
Sukabumi12 Juni 2024, 23:13 WIB

Tingkatkan Kualitas SDM: Perumdam Tirta Jaya Mandiri Sukabumi Gelar Pelatihan

Perumdam TJM Kabupaten Sukabumi menggelar Pelatihan Peningkatan Kinerja bagi Kepala Urusan Teknik dan Kepala Urusan Administrasi di Gedung Pertemuan Ibu Ratu, Jalan Garuda Baros, Sukabumi, pada Selasa, 11 Juni 2024
Pelantihan peningkatan SDM Perumdam Tirta Jaya Mandiri Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
DPRD Kab. Sukabumi12 Juni 2024, 22:39 WIB

Tragedi Kedua Kecelakaan Kerja di Sukabumi, DPRD Tekankan Pentingnya Pengawasan K3

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar, menyoroti peran dan tanggungjawab Dinas Tenaga Kerja dan Pengawas Ketenagakerjaan
Hera Iskandar, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi12 Juni 2024, 22:12 WIB

Bahu Jalan Provinsi di Cibadak Sukabumi Longsor Akibat Hujan Deras

Bahu jalan provinsi yang berada di Kampung Cinyocok RT 2/8, Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi mengalami longsor pada Rabu (12/6/2024), sekitar pukul 00.30 WIB.
Petugas saat memeriksa lokasi longsor yang berada di Kampung Cinyocok RT 2/8, Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Rabu (12/6/2024) | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi Memilih12 Juni 2024, 21:27 WIB

Pilkada Sukabumi, Petinggi PKS Sebut Asjap-Anjak Bisa Jadi Opsi

Salah seorang petinggi PKS mengatakan saat ini DPP PKS masih membahas kedua nama tersebut. Menurutnya, PKS secara tersirat menginginkan kader untuk bisa maju di Pilkada Kabupaten Sukabumi.
Flyer Pasangan bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi, Asep Japar - Anjak Priatama Sukma | Foto : Ist