Para Legenda Persib Salat Gaib dan Doakan Korban Tragedi Kanjuruhan di Sidolig

Jumat 07 Oktober 2022, 19:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah mantan pemain Persib Bandung berkumpul bersama di Stadion Sidolig untuk melakukan salat gaib dan doa bersama bagi korban Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada 1 Oktober 2022 hingga menyebabkan 131 orang meninggal.

Tragedi Kanjuruhan tersebut menyisakan duka bagi banyak orang, termasuk bagi para legenda persib Bandung.

Melansir dari Suara.com, terlihat beberapa nama besar seperti Indra Thohir, Robby Darwis, Djadjang Nurdjaman, Yaris Riyadi Asep Poni hingga Sutiono Lamso hadir di Stadion Sidolig pada Jumat (7/10/2022).

Eks Gelandang Serang yang juga sempat menjadi Pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman mengungkapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya bagi korban tragedi Kanjuruhan.

Dalam kesempatan doa bersama itu, Djadjang berharap agar tragedi Kanjuruhan menjadi terulang di kemudian hari.

"Saya mewakili para mantan pemain persib semua angkatan, mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya Tragedi Kanjuruhan. Sesuai arahan presiden, harus mengevaluasi semuanya, manajemen semuanya suporter pertandingan mudah-mudahan kompetisi semakin baik berbuah," ujar Djanur, sapaan akrabnya, di Stadion Sidolig, Jumat (7/10/2022).

Dalam kesempatan itu pula, Djadjang menilai banyak perubahan yang terjadi dalam dunia suporter sepakbola Indonesia. Seperti semakin terorganisirnya suporter dalam membela tim kesayangan dibanding jaman Perserikatan dahulu.

"Harapan ke depan, dengan kejadian ini semoga ada perbaikan tidak ada permusuhan sesama suporter ada damai dari segala lapisan. Mulai dari Bobotoh, Jakmania, Aremania ada hikmahnya bersatu. Pasti ada trauma ibu dan anak mau menonton ke stadion, tapi Mudah mudahan tekad suporter ke depan akan mulai membaik," jelasnya.

photoUmuh Muchtar saat menghadiri acara Solat gaib dan doa bersama untuk korban Tragedi Kanjuruhan - (persib.co.id)</span

Sementara itu, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Umuh Muchtar menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian belasungkawa yang ada di Bandung untuk Malang. Sebelumnya, Bobotoh telah melakukan doa bersama juga di Stadion Sidolig untuk korban tragedi Kanjuruhan.

"Kita berdoa dan para Bobotoh sudah mengucapkan berdoa dan alhamdulillah dari para mantan suatu kesempatan juga kita bisa bertemu jarang jarang. Alhamdulillah ini sangat bagus dan tetap memperhatikan masalah persepakbolaan dan tetap kita juga mengatakan turut berduka cita yang sangat mendalam dan ini kejadian yang luar biasa," tandas Umuh dalam kesempatan doa bersama bagi korban tragedi Kanjuruhan.

Sebelumnya, berbagai elemen masyarakat pun menunjukkan rasa empati dengan berbagai hal, mulai dari menggelar doa bersama hingga bakar lilin yang dilakukan Bobotoh di Jalan Dago Cikapayang.

Sikap empati pun turut ditunjukkan para pemain Persib Bandung. Pada latihan hari ini, Senin, 3 Oktober 2022, para pemain mengenakan pita hitam sebelum berlatih. Mereka saling menalikan pita hitam tersebut baik di pergelangan tangan maupun lengan.

Sebelum latihan dimulai, para pemain beserta jajaran kepelatihan tim Persib Bandung melakukan doa bersama yang ditujukan untuk korban dan keluarga yang ditinggalkan. Doa bersama dipimpin oleh Komisaris PT PBB Umuh Muchtar.

Pelatih Persib Bandung Luis Milla sangat berduka atas kejadian yang merenggut banyak korban jiwa tersebut. Milla turut merasakan kesedihan dan duka yang dialami keluarga korban juga publik Kota Apel tersebut.

“Hari ini sepak bola Indonesia sedang berduka. Saya ingin menyampaikan rasa duka cita yang sangat dalam untuk tragedi ini. Untuk keluarga dan kerabat yang ditinggalkan semoga kalian tetap diberikan kekuatan,” kata Luis Milla.

SUMBER: SUARA.COM

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life27 April 2024, 12:15 WIB

Rasa Iri atau Dendam, 7 Alasan Seseorang Membenci Kita yang Perlu Diwaspadai

Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik.
Ilustrasi - Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik. (Sumber : Pixabay.com/nooneknow22).
Bola27 April 2024, 12:00 WIB

Jadwal Semifinal Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia vs Uzbekistan

Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini.
Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini. (Sumber : pssi.org)
Sukabumi27 April 2024, 11:55 WIB

Indonesia Menuju Olimpiade, Kisah Wasit Asal Sukabumi Pernah Pimpin Laga di Ajang Serupa

Kosasih memulai kariernya sebagai pesepak bola bersama klub Pertiwi.
Kosasih Kartadiredja, wasit berlisensi FIFA pertama di tanah air asal Sukabumi. | Foto: Historia.id
Fashion27 April 2024, 11:30 WIB

7 Tips Berpakaian Agar Terlihat Tinggi, Bikin Badan Jadi Lebih Proporsional

Dengan sedikit usaha dan strategi, orang bertubuh pendek dapat menemukan pakaian yang pas, stylish, dan nyaman.
Ilustrasi - Dengan sedikit usaha dan strategi, orang bertubuh pendek dapat menemukan pakaian yang pas, stylish, dan nyaman. (Sumber : Pixabay.com/@ditaa12).
Figur27 April 2024, 11:21 WIB

Lahir di Sukabumi, Sastrawan Joko Pinurbo Meninggal Dunia

Rencananya jenazah Joko Pinurbo akan dimakamkan di Sleman.
Foto Joko Pinurbo pada 2018. | Foto: Instagram/@joko_pinurbo
Inspirasi27 April 2024, 11:00 WIB

Lowongan Kerja Administrasi Minimal Lulusan SMA dengan Lokasi Penempatan di Kota Bandung

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Administrasi dengan Lokasi Penempatan di Kota Bandung. | (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi27 April 2024, 10:32 WIB

435 Kasus DBD Tercatat di Kota Sukabumi pada Triwulan Pertama 2024

Periode triwulan pertama 2024, sebanyak 132 pasien berasal dari usia 5-14 tahun.
(Foto Ilustrasi) Dinkes Kota Sukabumi merilis data terbaru kasus DBD selama Januari hingga Maret 2024. | Foto: Pixabay
Life27 April 2024, 10:30 WIB

Stres dan Kecemasan, 5 Penyebab Susah  Tidur  yang Harus Anda Diwaspadai

Stres dan kecemasan adalah salah satu faktor utama yang menjadi penyebab orang susah tidur.
Ilustrasi - Stres dan kecemasan adalah salah satu faktor utama yang menjadi penyebab orang susah tidur. | (Sumber : Freepik.com/@DCStudio)
Sukabumi Memilih27 April 2024, 10:15 WIB

Didukung Golkar Gerindra dan PPP, Asjap Percaya Diri Maju di Pilkada Sukabumi

Asjap mengaku bahagia dan percaya diri atas kepercayaan yang didapatnya.
Asjap setelah acara deklarasi koalisi di Grand Sulanjana, Jalan Salabintana, Kecamatan/Kabupaten Sukabumi, Jumat, 26 April 2024. | Foto: SU/Asep Awaludin
Life27 April 2024, 10:00 WIB

9 Alasan Mengapa Semakin Dewasa Kamu Pasti Merasa Kesepian

Ada beberapa alasan yang menunjukan seseorang mengalami kesepian dalam hidupnya.
Ilustrasi - Ada beberapa alasan yang menunjukan seseorang mengalami kesepian dalam hidupnya. (Sumber : pexels.com/mikoto.raw Photographer).