Ini Jalan Bangbayang Tegalbuleud Sukabumi Sekarang, Dulu Viral karena Dilintasi Pakai Tandu

Kamis 16 Januari 2020, 12:34 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Jalan raya Cimahpar Bangbayang di Kecamatan Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi Jawa Barat selesai diperbaiki. Jalan yang dulu kerusakannya viral karena warga yang sakit harus dievakuasi pakai tandu akibat mobil tidak bisa masuk, hari ini Kamis (16/1/2020) diresmikan oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami.

Dikutip dari akun resmi Pemerintah Kabupaten Sukabumi, jalan ini adalah akses tercepat warga sejumlah kampung di dua desa untuk mencapai pusat Kecamatan Tegalbuleud. "Jalan (Bangbayang-Cimahpar) jadi akses terdekat bagi masyarakat untuk ke Kecamatan Tegalbuleud. Akses ini lebih cepat, ketimbang harus mutar lewat jalan utama," ujar Bupati Sukabumi Marwan Hamami dalam sambutannya.

Menurut Marwan keberadaan jalan penghubung tersebut membuka akses ekonomi masyarakat. Sehingga masyarakat sekitar bisa menjual hasil pertanian ke luar daerahnya.

BACA JUGA: Viral Karena Dilintasi Pakai Tandu, Jalan Bangbayang Tegalbuled Sukabumi Mulai Diperbaiki

 

"Dulu hasil pertanian tidak bisa dijual ke luar. dengan akses ini, mereka bisa meningkatkan jaringan perdagangan terkait produksi pertanian," ucapnya.

Pemkab Sukabumi sambung Marwan telah menyelesaikan pekerjaan infrastruktur jalan sekitar 85 persen dari total jalan Kabupaten Sukabumi sepanjang 1.400 kilometer. "Sisanya nanti di 2020 akan terus dilanjutkan. Bahkan terus ditingkatkan," ungkapnya.

Terkait jalan-jalan yang sudah baik kondisinya, Bupati meminta masyarakat turut memperhatikan dan memeliharanya. Sehingga jalan yang sudah baik dapat terus terjaga. 

"Perhatikan muatan kendaraan yang melintas, drainasenya. Bahkan bila perlu berswadaya membuat selokan agar air tidak cepat merusak jalan," terangnya.

Kepala Desa Bangbayang, Asep Priatna mengaku peresmian jalan ini kado luar biasa di tahun 2020 ini, karena sudah lebih dari 20 tahun tidak pernah mendapatkan perbaikan. Asep menjelaskan, dulu masyarakat harus memutar dengan menempuh jarak 64 kilometer ntuk mencapai Kantor Kecamatan dan mengeluarkan biaya transportasi yang tidak sedikit.

"Kalau hujan kendaraan sama sekali tidak bisa masuk. Makanya dulu ramai foto foto warga bawa yang sakit pakai tandu, itu karena ambulans nggak bisa mencapai rumah warga kampung ,” jelasnya.

Kadis PU Asep Japar mendampingi Bupati Sukabumi Marwan Hamami resmikan perbaikan jalan Bangbayang, Kamis (16/1/2020)

 

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Sukabumi tidak hanya meresmikan dan mengecek kondisi jalan Bangbayang-Cimahpar. Marwan juga menyerahkan 10 ribu pohon produktif dan turut serta menanamnya di sekitar Jalan Bangbayang-Cimahpar.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sukabumi Asep Japar menerangkan perbaikan tahapan kedua ruas jalan Bangbayang-Cimahpar Desa Bangbayang, Kecamatan Tegalbuled ini dimulai akhir tahun 2019 silam. Dengan metode lapis macadam perbaikan jalan ini menggunakan anggaran perubahan tahun 2019 sebesar kurang lebih Rp 933 juta.

BACA JUGA: Jalan Berlumpur, Warga Kampung Cimahpar Tegalbuleud Harus Ditandu Ketika Ingin Berobat

Menurut Asep Japar, total panjang jalan rusak ruas Bangbayang – Cimahpar ini empat kilometer, 300 meternya sudah diperbaiki pada tahun 2018 dan 500 meter diprogram regular. "Di tahun 2019 ini diperbaiki 1500 meter (1,5 kilometer),” jelasnya. 

“Masih ada 1700 meter akan diperbaiki menggunakan anggaran murni tahun 2020 mendatang,” pungkasnya.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Keuangan06 Mei 2024, 13:32 WIB

Terbaru Sepatu Bata! Pabrik-pabrik Bangkrut, Tumbang Dihantam Kerugian

Setelah banyak pabrik bangkrut termasuk di Sukabumi, terbaru produsen alas kaki, PT Sepatu Bata Tbk industri, menutup pabriknya yang berada di Purwakarta Jawa Barat.
Ragam produk sepatu BATA (Sumber: istimewa/akun ig BATA)
Life06 Mei 2024, 13:30 WIB

Beri Ruang Untuk Emosi Mereka, 7 Cara Mendisiplinkan Anak di Depan Umum

Mendisiplinkan anak di luar rumah bisa membuat stres. Namun kuncinya adalah tetap berpegang pada teknik disiplin yang biasa dilakukan dan tetap memperhatikan tujuan jangka panjang.
Ilustrasi. Mendisiplinkan anak di depan umum dengan memberikan ruang emosi. Sumber : pexels.com/@Scott Webb
Life06 Mei 2024, 13:13 WIB

Ini 7 Strategi Disiplin untuk Anak Penderita ADHD yang Bisa Diterapkan

Anak dengan penderita ADHD memerlukan perhatian khusus, bahkan dalam hal disiplin sekalipun.
Ilustrasi strategi disiplin anak ADHD. | Foto: Pexels.com/@RDNE Stock Project
Sehat06 Mei 2024, 13:00 WIB

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Bagi Asam Lambung (GERD), Bikin Gejala Memburuk!

Beberapa makanan dan minuman dilarang dan sebaiknya dihindari bagi penderita asam lambung.
Ilsutrasi Makanan Pedas - Beberapa makanan dan minuman dilarang dan sebaiknya dihindari bagi penderita asam lambung. | Foto: Freepik (Sumber : Freepik)
Life06 Mei 2024, 12:30 WIB

6 Sikap Orang Tua yang Bisa Membuat Anak Berperilaku Buruk

Ada beberapa hal yang jarang orang tua sadari bahwa anak-anak peniru yang ulung, baik itu perilaku baik maupun perilaku buruk.
Ilustrasi. Hindari perilaku buruk agar anak tidak meniru. Sumber : pexels.com/@Gustavo Fring
Keuangan06 Mei 2024, 12:25 WIB

Harga Beras Bulog Naik! Cek Harga Eceran Terbaru per Wilayah, Termasuk Sukabumi

Per 1 Mei 2024 pemerintah menaikan harga eceran beras bulog.
Beras SPHP Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan untuk operasi pasar (Sumber: perum bulog)
Bola06 Mei 2024, 12:00 WIB

Persib Belum Pernah Menang Lawan Bali United Sejak 2017, Alberto: Fakta yang Aneh!

Alberto Rodriguez yakin catatan Persib akan berubah positif kala bertemu Bali United di Championship Series.
Alberto Rodriguez yakin catatan Persib akan berubah positif kala bertemu Bali United di Championship Series. (Sumber : Instagram/@albertorguezmartin)
Jawa Barat06 Mei 2024, 11:46 WIB

Membahas Peran Perda 5/2021 Jabar, M Jaenudin Bicara Perlindungan Masyarakat

Ketua Fraksi PDIP DPRD Jabar ini meminta pemerintah harus menjamin warganya untuk merasa tentram, tertib dan terlindungi berdasarkan norma-norma yang berlaku di masyarakat.
Anggota DPRD Jawa Barat, Muhammad Jaenudin, S.Ag., MH. melaksanakan Kegiatan Penyebarluasan Peraturan Daerah (Perda) Tahun Anggaran 2023/2024 di Aula Resto King Raos Cibolang Cibatu Cisaat Sukabumi (Sumber: doktim/baim)
Sukabumi06 Mei 2024, 11:45 WIB

Jualan di Jalan Ahmad Yani, Gas LPG PKL Bandel di Kota Sukabumi Disita Petugas

Beberapa PKL dinilai bandel karena menempatkan gerobak di badan jalan.
Petugas Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Sukabumi saat menyita gas tiga kilogram (LPG) milik PKL yang berjualan di Jalan Ahmad Yani, Jumat, 3 Mei 2024. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Life06 Mei 2024, 11:30 WIB

5 Kesalahan Orang Tua Penyebab Anak Sulit Disiplin Saat Dewasa

5 Kesalahan Orang Tua Penyebab Anak Sulit Disiplin Saat Dewasa
Ilustrasi. Kesalahan orang tua penyebab anak sulit disiplin. Sumber foto : Pexels/Karolina Grabowska