Ikan Asin Jenis Teri di Cicurug Tembus Rp 100 Ribu Perkilogram

Rabu 26 Juni 2019, 09:37 WIB

SUKABUMIUPDATE.com -  Pedagang ikan asin di Pasar Semi Modern (PSM) Cicurug Kabupaten Sukabumi, mengeluhkan sepinya pembeli akibat harga ikan asin yang terus mengalami kenaikan. Bahkan jenis ikan asin teri tembus hingga Rp 100 ribu perkilogram.

BACA JUGA: Penjualan Ikan Asin di Pasar Cibadak Kabupaten Sukabumi Menurun 70 Persen

Salah satu pedagang ikan asin, Dede Supriadi (36 tahun) mengaku penurunan omset penjualan hingga 50 persen, akibat naiknya harga ikan asin teri tersebut. Penurunan pendapatan itu dirasakannya menjelang pemilihan umum hingga sekarang, meskipun ketersediaan ikan asin jenis teri ini banyak namun sepi pembeli.

"Sangat signifikan kenaikan harga ikan asin teri sekitar 25 persen dari harga awal. Awalnya hanya Rp 80 ribu namun saat ini mencapai Rp 100 ribu perkilogram. Ini yang membuat omset saya menurun hingga 50 persen," ujarnnya kepada sukabumiupdate.com, Rabu (26/6/2019).

Menurutnya hampir semua jenis ikan asin teri mengalami kenaikan, seperti ikan asin teri nasi, teri Cue, teri asin, cumi asin, ikan asin sepat gede, mayoritas  mengalami kenaikan mulai Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu perkilogram. "Termasuk ikan asin jenis jambrong, bukan hanya mengalami kenaikan juga karena sulitnya stok," paparnya.

 BACA JUGA: Garam Langka dan Mahal Picu Kenaikan Harga Ikan Asin di Kota Sukabumi

Kordinator unit pasar Cicurug, Sulaeman membenarkan harga ikan asin di Pasar Cicurug ini mengalami kenaikan. "Ikan asin teri itu dari Rp 70 ribu menjadi 80 ribu perkilogram, hingga saat ini mencapai Rp 100 ribu perkilogram," jelasnya.

Selain jenis ikan asin, kata Sulaeman pada minggu ke IV Juni 2019 sejumlah kebutuhan dapur pun mengalami kenaikan harga.

"Cabai keriting dari Rp 40 ribu perkilogram menjadi Rp 46 ribu perkilogram, cabai besar Rp 40 ribu perkilogram menjadi Rp 46 ribu, cabai hijau dari Rp 24 ribu menjadi Rp 40 ribu, cabai rawit merah dari 24 ribu menjadi Rp 32 ribu perkilogram," rincinya.

Meskipun ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan, kata Sulaeman, namun situasi pembeli masih terbilang berjalan normal. "Kenaikan harga itu faktor transportasi yang biasanya mudah sekarang agak sulit," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Nasional03 Mei 2024, 18:35 WIB

57 Pemimpin Redaksi Deklarasi ICEC di Hari Pers Internasional, Cek Visi dan Misinya!

ICEC sendiri bertujuan untuk bertukar ide dan keahlian dalam mengelola dan memimpin media. Selain itu, untuk membangun redaksi yang berpihak pada kepentingan publik.
Perwakilan dari 57 Pemimpin Redaksi meneken deklarasi Perhimpunan Pemimpin Redaksi Indonesia (Indonesia Chief Editors Club/ICEC). (Sumber: istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 18:12 WIB

Warga Ungkap Fakta, Suami Istri Tewas Tertabrak Kereta Api di Kebonpedes Sukabumi

Kecelakaan menimpa dua warga tertabrak kereta api atau KA Siliwangi terjadi di perlintasan kereta tepatnya di Desa Kebonpedes, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, Jumat (3/5/2024), sekitar pukul 16.07 WIB.
Sepasang suami istri tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Life03 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Pengantin Baru Agar Rumah Tangganya Diberi Keberkahan dan Keharmonisan

Bagi pengantin baru dianjurkan untuk membaca doa agar rumah tangganya diberikan keberkahan oleh Allah SWT.
Ilustrasi seseorang sedang berdoa. - Bagi pengantin baru dianjurkan untuk membaca doa agar rumah tangganya diberikan keberkahan oleh Allah SWT.(Sumber : istockphoto.com/@golfcphoto)
Sukabumi03 Mei 2024, 17:55 WIB

PT KAI Soal Palang Pintu, 2 Warga Tewas Disambar KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi

Dua pemotor yang berboncengan dilaporkan tewas setelah disambar kereta api yang tengah melaju di perlintasan tanpa palang pintu di Kebonpedes Sukabumi.
Lokasi kejadian dua pemotor disambar kereta api saat melintasi perlintasan tanpa palang pintu di Kebonpedes Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat03 Mei 2024, 17:30 WIB

7 Makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah, Salah Satunya Rendah Karbohidrat

Inilah Makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah Agar Tetap Stabil, Salah Satunya Rendah Karbohidrat
Ilustrasi. Mentimun adalah salah satu satu contoh sayuran non amilase, tergolong makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah (Sumber : Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi03 Mei 2024, 17:20 WIB

35 Anggota DPRD Kota Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Inilah Daftar Nama-namanya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi resmi menetapkan 35 nama anggota DPRD terpilih. Penetapan itu dilakukan berdasarkan PKPU 6 tahun 2024 dan keputusan KPU no 5 tahun 2024.
Rapat Pleno penetapan 35 nama Anggota DPRD Kota Sukabumi, Kamis (2/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi03 Mei 2024, 17:08 WIB

Polisi Selidiki Temuan Senjata Api Terkubur di Cisaat Sukabumi, Stand dengan Amunisi Aktif

Pihak Kepolisian akan melakukan penyelidikan atas penemuan dua senjata laras panjang yang terkubur di dalam tanah lengkap dengan kotak senjata hingga peluru yang masih aktif yang di Cisaat Kabupaten Sukabumi.
Dua senjata api laras panjang yang ditemukan terkubur di Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Senin, 29 April 2024. | Foto: Asep Awaludin
Sukabumi03 Mei 2024, 17:04 WIB

Angkot Terbakar di Nagrak Sukabumi, Diduga akibat Selang Bensin Bocor

Berikut kronologi dan dugaan pemicu terjadinya kebakaran angkot di Nagrak Sukabumi.
Tangkapan layar video angkot yang terbakar di Nagrak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Musik03 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Bleeding Love Leona Lewis yang Viral

Berikut Lirik dan Terjemahan Lagu Bleeding Love Leona Lewis yang Viral di Media Sosial.
Lagu Bleeding Love Leona Lewis (Sumber : YouTube/LeonaLewis)
Sehat03 Mei 2024, 16:30 WIB

9 Tips Mengkonsumsi Makanan Purin untuk Penderita Asam Urat

Yuk Coba Sederet Tips Mengkonsumsi Makanan Purin untuk Penderita Asam Urat Berikut!
Ilustrasi - Daging Ayam. Tips Mengkonsumsi Makanan Purin untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : Freepik.com/@mdjaff)