Jawab Permintaan Bupati Sukabumi, USAID Latih Pelaku UKM

Selasa 27 November 2018, 08:48 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Mitra Kunci atau USAID (United States Agency for International Development) bekerja sama dengan Equal Opportunity For Empowerment (EOE)-SAKU (Siap Kerja Siap Usaha) dan Coaching Indonesia, memberikan pelatihan kepada ratusan trainer dan pelaku UKM Sukabumi di salah satu hotel Jalan Suryakencana, Kota Sukabumi.

Project Leader EOE-SAKU, Hastin Atas Asih menjelaskan pelatihan ini untuk menjawab permintaan Bupati untuk mendidik pengusaha di kalangan anak muda di Sukabumi. Pasalnya Untuk menjadi pengusaha, dibutuhkan proses yang bertahap melalui pendampingan dan coaching dari para pelaku UKM dan pelatih.

"Program ini diharapkan dapat meningkatkan karakter atau soft-skills agar siap menghadapi lajunya kompetensi di dunia usaha dan industri, sehingga dapat mengatasi hambatan-hambatan yang terjadi pada masa memulai usaha dan dapat menumbuhkan wirausaha-wirausaha di kalangan anak muda," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Selasa (27/11/2018).

BACA JUGA: Coca-cola Foundation Indonesia Resmikan Program EOE-SAKU di Sukabumi

EOE/SAKU melalui kerjasama dengan Pemerintah Sukabumi, kata Hastin memberikan pelatihan pelatih kepada pelatih-pelatih dari universitas, balai latihan kerja (Disnaker), PLUT, Lembaga-lembaga pelatihan kerja swasta, SMK, LSM (Contohnya OISCA) dan himpunan pramuwisata untuk menjadi aktor-aktor perubahan.

"Untuk melatih soft-skills atau kesiapan kerja, pelatihan kewirausahaan dan pelatihan vokasi kepada 239 anak muda perempuan dan laki-laki di bidang IT computer, otomotif, las, pramuwisata, pengolahan pangan, menjahit, dan servis HP," katanya.

Menurutnya banyak anak muda yang berminat untuk menjadi pengusaha. Sebagian dari mereka memiliki bakat dan pengalaman wirausaha, Pelatihan Coaching Bisnis kepada para pelaku UKM dan pelatih akan dapat membimbing secara tepat bagaimana memulai usaha secara berkelanjutan.

BACA JUGA: Tandatangani RKT Program USAID, Ini Harapan Sekda Kabupaten Sukabumi

"Kita memberi bekal dulu untuk para pelatihnya yang sudah terpilih sebelum mereka melakukan pelatihan vokasi kepada 239 anak muda yang akan dilatih. Selama tiga bulan anak-anak ini juga akan dilatih agar nantinya bisa memulai membuka usaha, kalau pun ingin mencari modal terlebih dahulu nantinya para pelatih akan mencarikan sebuah channel agar anak-anak muda tersebut dapat bekerja terlebih dahulu mengumpulkan modal sesuai dengan minatnya sebelum mereka membuka usaha," jelasnya.

Untuk mendukung kebijakan Pemerintah Kabupaten Sukabumi, tambah dia EOE-SAKU juga mendukung pelatihan tour guide dan pengembangan desa-desa wisata di Destinasi Wisata Geopark. Apalagi Pemerintah Kabupaten Sukabumi memiliki strategi pengembangan ekonomi local melalui pertanian dan pariwisata.

"Dua sektor ini menjadi andalan karena bidang ini dapat memberikan kesempatan besar dalam menyerap tenaga kerja, juga dapat mendukung kelestarian alam. Namun pelatihan ini juga dilakukan dengan menyesuaikan kebutuhan, minat, serta potensi yang ada di wilayah Sukabumi," tandasnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi12 Juli 2024, 23:56 WIB

Diduga Pakai Sianida, Pengolahan Emas di Bojong Pari Sukabumi Picu Kekhawatiran Warga

Sungai pun turut tercemar, aktivitas pengolahan emas di Bojong Pari Waluran Sukabumi tersebut hingga saat ini kata warga belum tersentuh oleh penegak hukum.
Tong tempat pengolahan emas di Kampung Bojong Pari, Desa Waluran Mandiri, Waluran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi12 Juli 2024, 22:52 WIB

Puluhan UMKM Ramaikan Event Jampang Ngabhuana 2 di Surade Sukabumi

Sebanyak 40 pelaku UMKM meramaikan event tahunan Jampang Ngabhuana 2 di lapang Lodaya Setra Surade Sukabumi.
Pelaku UMKM ramaikan event Jampang Ngabhuana 2 di lapang lodaya setra Kelurahan/Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil)
DPRD Kab. Sukabumi12 Juli 2024, 22:32 WIB

Dukung Aksi Demo HMI soal Truk ODOL, DPRD Sukabumi Minta Dishub Tegakan Aturan

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar dukung aksi unjuk rasa HMI kepada Dishub terkait penegakan aturan jam operasional truk ODOL.
Demo massa HMI cabang Sukabumi di kantor Dishub Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi12 Juli 2024, 22:05 WIB

Disdik Kabupaten Sukabumi Beri Beasiswa Tahfidz Quran untuk 64 Pelajar

Disdik Kabupaten Sukabumi memberikan beasiswa tahfidz quran tingkat SMP tahun 2024 kepada 64 pelajar. Ini harapannya.
64 pelajar SMP yang mendapatkan beasiswa Hafidz Quran di Kantor Disdik Kabupaten Sukabumi, Jumat (12/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Nasional12 Juli 2024, 21:35 WIB

Lewat Perpres, Jokowi Obral HGU IKN ke Investor hingga 190 Tahun

Presiden Jokowi teken Perpres kebut pembangunan IKN Nusantara, investor bisa pakai HGU hingga 190 Tahun.
Presiden Joko Widodo saat melakukan groundbreaking pembangunan gedung kantor PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk di Kawasan IKN Nusantara Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu, 5 Juni 2024. (Sumber : BPMI Setpres)
Sukabumi12 Juli 2024, 21:15 WIB

Dinilai Tak Tegas Tegakan Aturan Jam Operasional Truk, Dishub Sukabumi Digeruduk HMI

HMI Cabang Sukabumi geruduk kantor Dishub Kabupaten Sukabumi di Cikembar, desak tegakkan Perda terkait jam Operasional Truk ODOL.
Aksi unjuk rasa HMI di depan kantor Dishub Kabupaten Sukabumi,  Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Cikembar, Jumat (12/7/2024). (Sumber : SU/Ibnu)
Life12 Juli 2024, 21:00 WIB

8 Bahasa Tubuh Pria yang Menyukaimu Secara Diam-diam

Bahasa tubuh pria saat jatuh cinta atau menyukai seseorang dapat dilihat dan dikenali.
Ilustrasi - Bahasa tubuh pria saat jatuh cinta atau menyukai seseorang dapat dilihat dan dikenali. (Sumber : Freepik/Pressfoto)
Sehat12 Juli 2024, 20:00 WIB

8 Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi

Mengelola kolesterol tinggi dengan perubahan gaya hidup dan, jika perlu, obat-obatan adalah kunci untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Pengobatan rumahan adalah salah satu cara untuk mengatasi kolesterol tinggi. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi12 Juli 2024, 19:32 WIB

Potensi Cisolok, Surga Wisata Alam hingga Budaya di Kabupaten Sukabumi

Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, merupakan salah satu kecamatan yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang luar biasa
Kantor Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Sehat12 Juli 2024, 19:28 WIB

Bupati Sukabumi Apresiasi RSUD Sekarwangi dan RSHS Kerja Sama Pengampuan Layanan KJSU

Apresiasi kerja sama RSUD Sekarwangi dan RSHS Bandung dalam pengampuan layanan KJU, ini harapan Bupati Sukabumi Marwan Hamami.
Jajaran RSUD Sekarwangi dan RSHS Bandung berfoto bersama Bupati Sukabumi Marwan Hamami. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)