Cara Dubes Kanada Teuku Faizasyah Gaet Investor Energi Terbarukan

Sabtu 13 Mei 2017, 00:51 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Duta Besar Indonesia untuk Kanada Teuku Faizasyah mengatakan, potensi energi terbarukan di Indonesia sangat siap menerima  investasi dari Kanada. Perpaduan antara dukungan potensi sumber daya alam yang dimiliki Indonesia dengan keunggulan teknologi Kanada dapat menciptakan kemitraan semakin menguntungkan.

Teuku Faizasyah menjelaskan hal itu ketika membuka Forum Investasi Opportunities in the Renewable Energy Sector in Indonesia di Montreal, Kanada, pada Rabu (10/5). Forum diselenggarakan bersama KBRI Ottawa, Kementerian Ekonomi, Ilmu Pengetahuan dan Inovasi Provinsi Quebec.

Acara dihadiri oleh para investor potensial dan CEO perusahaan energi terbarukan di Montreal dan sekitarnya, Forum menampilkan dua pembicara yaitu Deputi Gubernur Bank Indonesia  Sugeng dan Deputi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Himawan Hariyoga.

Panelis dalam forum tersebut Sekretaris Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Dadan Kusdiana, Kepala Cabang BI New York Erwin Haryono, CEO Manulife Quebec Richard Payette dan Analis Export Development Canada (EDC) Jean Mark Hunt.

Menurut Teuku Faizasyah, Montreal adalah kota terbesar kedua di Kanada setelah Toronto yang menjadi pusat bisnis Provinsi Quebec. Masyarajat di provinsi ini menggunakan bahasa Prancis sebagai medium komunikasi. Jumlah penduduknya hampir 5 juta jiwa, sekitar 94 persen kebutuhan listrik di Montreal disuplai dengan energi terbarukan, terutama air. 

"Oleh karena itu, teknologi energi terbarukannya sangat maju dan efisien," tutur Teuku Faizasyah dalam rilis yang diterima Tempo, Jumat (12/5).

Deputi Gubernur BI Sugeng memaparkan, stabilitas moneter Indonesia selalu dijaga ketat untuk mendukung iklim investasi. Deputi Kepala BKPM Himawan Hariyoga menambahkan, pemerintahan Presiden Joko Widodo berusaha mempermudah perizinan dan memberikan berbagai fasilitas bagi investar asing.

Dadan Kusdiana dari Kementerian ESDM menjelaskan besarnya kebutuhan dan target energi nasional untuk kurung waktu 8 tahun ke depan. Menurut Dadan, energi terbarukan ditargetkan berkontribusi sekitar 23 persen pada total bauran energi nasional (dari saat ini sekitar 10 persen). 

"Indonesia memberikan fasilitas terbaik bagi investasi sektor energi untuk menjamin kecukupan energi dalam rangka mencapai pertumbuhan ekonomi yang tinggi," kata Dadan. 

EDC, lembaga semacam BUMN Kanada, memberikan jaminan bagi investasi dan ekspor perusahaan ke luar negeri. Sejak tahun lalu, EDC telah membuka kantor perwakilan di Jakarta. Sukses investasi Manulife bisa menjadi model bagi pengusaha Kanada lainnya. Setelah 30 tahunan beroperasi di Indonesia, Manulife kini bertengger di jajaran perusahaaan asuransi papan atas. 

"Untuk benar-benar memahami kebiasaan dan budaya Indonesia, sebaiknya kita menggandeng mitra lokal," kata CEO Manulife Payett. Pemerintah Kanada mendorong para pengusahanya memanfaatkan pasar dan peluang bisnis di Indonesia.

Teuku Faizasyah menambahkan, KBRI Ottawa akan menemui kembali para peserta Forum Investasi guna meyakinkan mereka agar berinvestasi di Indonesia. Saat ini sedang dirancang kunjungan beberapa CEO

asal Provinsi Quebec ke Indonesia. "Kami berupaya maksimal membantu program pencapaian target pemenuhan energi nasional, juga mencari peluang kemitraan."

 

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Food & Travel19 Mei 2024, 07:00 WIB

Mudah dan Simpel, Cara Membuat Infused Water Mengkudu untuk Meredakan Nyeri Sendi

Membuat Infused Water Mengkudu untuk Meredakan Nyeri Sendi Ternyata Simpel. Yuk Coba!
Ilustrasi. Buah mengkudu dikenal karena berbagai khasiatnya yang baik untuk kesehatan, termasuk sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan mendukung sistem kekebalan tubuh. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science19 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 Mei 2024, Yuk Cek Langit di Hari Minggu Ini

Prakiraan cuaca Jawa Barat pada 19 Mei 2024 termasuk wilayah Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca Jawa Barat pada 19 Mei 2024 termasuk wilayah Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Sukabumi18 Mei 2024, 21:43 WIB

Tertimpa Bangunan Akibat Longsor, Kronologi Tewasnya Penjaga Ponpes di Sukabumi

Meninggalnya Jaenudin pertama kali diketahui oleh tenaga pengajar dan santri.
Petugas di lokasi longsor Ponpes Yaspida, Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Nasional18 Mei 2024, 21:07 WIB

Sempat Dirawat, Tokoh Pers Salim Said Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Prof Salim Said dikonfirmasi oleh istrinya, Herawaty.
Salim Said meninggal dunia. | Foto: Istimewa/Ranahriau.com
Sehat18 Mei 2024, 21:00 WIB

Nyeri Dada, 7 Gejala Tak Biasa Kolesterol Tinggi Pada Pria di Malam Hari

Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari.
Ilustrasi - Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi18 Mei 2024, 20:53 WIB

Jumat Berbagi, Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi Bagikan 100 Porsi Makanan

Yuniar Budi Satrio menekankan pentingnya berbagi dengan sesama.
Kegiatan Jumat Berbagi Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi. | Foto: PLN
Sehat18 Mei 2024, 20:00 WIB

Galau Asam Urat Sering Kambuh? Cobain 6 Makanan Ini untuk Mengobatinya

Asam urat yang menyerang tubuh akan membuat si penderitanya merasa terganggu dan tersiksa.
Ilustrasi. Beberapa makanan ini ampuh untuk mengatasi asam urat. (Sumber : Freepik/lifeforstock)
Life18 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut.
Ilustrasi - Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi Memilih18 Mei 2024, 18:56 WIB

Koalisi Harapan Baru Sukabumi, Relawan Deklarasi Iyos Somantri untuk Pilkada 2024

Iyos mengatakan komunikasi dengan beberapa partai politik terus dilakukan.
Iyos Somantri dimintai keterangan oleh wartawan setelah deklarasi di salah satu hotel di Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Bola18 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bali United, Siapakah yang Lolos ke Final?

Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024.
Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).