Tips Teknologi: Awas Bug Jahat Mengintai Google Chrome 79

Jumat 20 Desember 2019, 06:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tips teknologi kali ini Tempo mengupas tentang bagaimana cara mengetahui apakah ponsel Android Anda dipengaruhi bug Chrome 79 atau tidak. Chrome 79 dirilis pekan lalu, tapi Google menghentikannya setelah terungkap bahwa bug jahat membuat data pada smartphone Android tidak dapat diakses.

Menurut laporan, pembaruan tersebut telah diunduh oleh sekitar 50 persen pengguna Android di seluruh dunia. Tidak seperti Apple iOS, yang terbatas pada iPhone, sistem operasi Android dapat ditemukan pada banyak merek ponsel.

Berikut detail cara mengeceknya, menurut laman Metro.co.uk:

1. Cara memeriksa versi Chrome Anda

Untuk memeriksa versi Chrome mana yang telah Anda instal, Anda harus masuk ke menu pengaturan di ponsel Anda. Dari sana, klik daftar aplikasi yang diinstal dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan browser Google Chrome.

Kemudian Anda harus  mengklik ‘Tentang’ atau ‘Lanjut’ atau beberapa variasi di bagian bawah pengaturan untuk Chrome yang akan memberi tahu Anda versi mana yang telah diinstal. Banyak aplikasi memperbarui otomatis, jadi Anda mungkin menginstal versi terbaru tanpa sadar.

Versi dengan bug adalah Google Chrome 79.0.3945.79. Jika ponsel Anda menginstal versi browser ini, Anda mungkin terkena efek bug.

2. Apa bahayanya?

Beberapa orang yang menginstal pembaruan mengatakan bahwa data di dalam aplikasi lain telah dihapus. Itu karena aplikasinya tidak lebih dari gateway ke lokasi internet yang menggunakan kode sumber Chromium untuk beroperasi.

Pengembang di belakang software mengatakan bahwa meskipun data belum dihapus oleh bug, pada dasarnya telah dipetakan kembali ke lokasi yang berbeda dan dianggap tidak dapat diakses. Jadi, untuk semua maksud dan tujuan, dihapus.

Salah satu aplikasi yang diketahui terpengaruh oleh bug ini adalah Twitter Lite, versi dari Twitter biasa yang menghabiskan lebih sedikit ruang di ponsel Anda. Belum jelas berapa total aplikasi yang terpengaruh atau apa dampaknya.

3. Apa yang bisa dilakukan?

Tunggu pembaruan yang menurut Google akan segera hadir dan akan mengatasi masalah. "Pembaruan M79 untuk Chrome dan WebView pada perangkat Android ditangguhkan setelah mendeteksi masalah di WebView di mana beberapa data aplikasi pengguna tidak terlihat di dalam aplikasi itu," kata juru bicara Google kepada Metro.co.uk.

Data aplikasi ini tidak hilang dan akan terlihat di aplikasi ketika mengirimkan pembaruan pekan ini. "Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," kata Google.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life07 Mei 2024, 19:30 WIB

Bisa Bunda Terapkan,Inilah 5 Alasan Orang Tua Membesarkan Anak Tanpa Hukuman

alasan orang tua membesarkan anak tanpa hukuman, orang tua membesarkan anak tanpa hukuman, membesarkan anak tanpa hukuman.
Ilustrasi membesarkan anak tanpa hukuman (Sumber : pexels.com/@Harrison Haines)
Life07 Mei 2024, 19:15 WIB

Terapkan Yuk Bund, 5 Aktivitas Fisik Untuk Balita Yang Bisa Dilakukan Dirumah

Menjaga balita Anda tetap aktif secara fisik dan terhibur bukanlah hal yang mudah.
Ilustrasi aktivitas fisik balita (Sumber : pexels.com /@Tatiana Syrikova)
Keuangan07 Mei 2024, 19:00 WIB

10 Cara Menghindari Perilaku Konsumtif yang Membuat Hidup Sulit Kaya

Dengan menerapkan strategi-strategi ini, Anda dapat menghindari perilaku konsumtif yang dapat menghambat kemampuan Anda untuk membangun kekayaan dan mencapai tujuan keuangan Anda.
Ilustrasi. Suka belanja. Cara Menghindari Perilaku Konsumtif yang Membuat Hidup Sulit Kaya. (Sumber : Pixabay)
Sehat07 Mei 2024, 18:45 WIB

7 Penyebab Munculnya Ketombe di Kepala yang Jarang Diketahui

Ketombe adalah kondisi umum pada kulit kepala yang ditandai oleh pengelupasan kulit yang berlebihan.
ilustrasi ketombe di kepala (Sumber : pixabay.com /@mythjj1)
Life07 Mei 2024, 18:30 WIB

Menebak Kepribadian Seseorang Berdasarkan Bentuk Kuku, Kamu Coba yang Mana?

Tes kepribadian bisa dilihat dari bentuk kuku seseorang.
Ilustrasi - Tes kepribadian bisa dilihat dari bentuk kuku seseorang. (Sumber : Jagranjosh.com).
Nasional07 Mei 2024, 18:19 WIB

Nany Afrida dan Bayu Wardhana Terpilih Sebagai Ketum dan Sekjen AJI 2024-2027

Pemilu AJI 2024 telah memilih Nany Afrida dan Bayu Wardhana terpilih sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Aliansi Jurnalis Independen (AJI) periode 2024-2027 melalui
Nany Afrida dan Bayu Wardhana terpilih sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Aliansi Jurnalis Independen (AJI) periode 2024-2027 | Foto : Dok. AJI
Sukabumi07 Mei 2024, 18:18 WIB

Melihat Progres Pembangunan Exit Tol Bocimi Seksi 3 di Cisaat Sukabumi

Total lahan yang terdampak proyek pembangunan Exit Tol Bocimi seksi 3 di Desa Cibolang Kaler Cisaat Sukabumi kurang lebih sekitar 23 hektare.
Kondisi lahan di Cibolang Kaler, Cisaat Sukabumi yang dibersihkan untuk proyek pintu exit Tol Bocimi Seksi 3, Selasa (7/5/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel07 Mei 2024, 18:15 WIB

Long Weekend Libur 9-10 Mei 2024, Glamping di Sukabumi Yuk! Ini Daftar Spotnya

Ada long weekend di depan mata, 9 dan 10 Mei 2024 libur. Mau kemana nih? glamping tipis-tipis di sukabumi aja, ada spot baru dan seru!
Glamping di puncak manis Kadudampit Sukabumi, Spot terbaru glamping di Sukabumi (Sumber: istimewa/aditya)
Sehat07 Mei 2024, 18:15 WIB

10 Penyebab yang Bisa Membuat Kepala Mudah Gatal, Harus Diwaspadai

Kepala yang mudah gatal bisa terasa seperti sensasi terbakar, terasa perih, atau rasa gatal yang intens di kulit kepala.
Ilustrasi kepala yang gatal (Sumber : pixabay.com / @nidzom)
Life07 Mei 2024, 18:00 WIB

3 Ayat Al-Quran untuk Memohon Selamat dan Terhindar dari Orang-orang Zalim

Doa ini terdapat dalam Al-Quran dan sangat bermanfaat untuk memohon selamat dan terhindar dari orang zalim.
Ilustrasi - Doa ini terdapat dalam Al-Quran dan sangat bermanfaat untuk memohon selamat dan terhindar dari orang zalim. | Foto : Pixabay