Ilmuwan Ungkap Bentuk Alam Semesta, Seperti Balon Menggembung

Selasa 05 November 2019, 14:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Selama bertahun-tahun para ilmuwan percaya bahwa alam semesta kita seperti selembar kertas, tetapi bukti baru menunjukkan bahwa bentuk alam semesta melengkung seperti balon raksasa yang menggembung, sebagaimana dilaporkan Daily Mail, 5 November 2019.

Sebuah studi baru-baru ini menganalisis data dari latar belakang gelombang mikro kosmik, gema samar dari Big Bang, dan menemukan bahwa gravitasi tampaknya membengkokkan gelombang mikro.

Temuan-temuan ini mengarah ke alam semesta yang tertutup, yaitu sebuah gagasan bahwa jika Anda melakukan perjalanan cukup jauh ke ruang angkasa, Anda akan berputar kembali ke tempat Anda mulai.

Dalam makalah yang diterbitkan di Nature Astronomy, para peneliti mencatat rilis Plant Legacy 2018 yang mengkonfirmasi keberadaan 'pelensaan gravitasi' di latar belakang gelombang mikro kosmik (CMB), yang menunjukkan gelombang mikronya menekuk.

CMB adalah benda tertua yang ditemukan di alam semesta. “Semesta tertutup dapat memberikan penjelasan fisik untuk efek ini, dengan spektrum latar belakang gelombang mikro kosmik Planck sekarang lebih memilih kelengkungan positif pada tingkat kepercayaan lebih dari 99 persen,” menurut penelitian itu.

Temuan ini bertentangan dengan 'kebijaksanaan konvensional dan penelitian lain berdasarkan kumpulan data CMB yang sama', Live Science melaporkan.

"Dan teori alam semesta yang datar sebenarnya bisa menjadi topeng [krisis] kosmologis di mana sifat-sifat alam semesta yang diamati tampaknya saling tidak konsisten," tulis para penulis.

Kosmolog Universitas Sapienza Roma Alessandro Melchiorri, yang terlibat dalam studi baru-baru ini, menjelaskan kepada Live Science bahwa model alam semesta tertutup akan menimbulkan berbagai masalah bagi bidang fisika. "Saya tidak ingin mengatakan bahwa saya percaya pada alam semesta yang tertutup," katanya kepada Live Science.

"Saya sedikit lebih netral. Saya akan mengatakan, mari kita tunggu data dan apa yang akan dikatakan data baru. Apa yang saya percaya adalah bahwa ada perbedaan sekarang, bahwa kita harus berhati-hati dan mencoba menemukan apa yang menghasilkan perbedaan ini."

Meskipun rilis Plant Legacy 2018 mengkonfirmasikan alam semesta tertutup dengan akurasi 99,8 persen, para peneliti masih mencatat bahwa 'pengukuran di masa depan diperlukan untuk mengklarifikasi apakah ketidaksesuaian yang diamati disebabkan oleh sistematika yang tidak terdeteksi, atau oleh fisika baru atau hanya fluktuasi statistik'.

Temuan ini muncul hanya satu bulan setelah perhitungan baru menunjukkan bahwa alam semesta bisa menjadi beberapa miliar tahun lebih muda dari perkiraan para ilmuwan sekarang, dan bahkan lebih muda dari yang disarankan oleh dua perhitungan lain yang diterbitkan tahun ini yang memangkas ratusan juta tahun dari zaman kosmos.

Ayunan besar dalam perkiraan para ilmuwan mencerminkan pendekatan yang berbeda untuk masalah rumit dalam menentukan usia sebenarnya dari alam semesta. Usia alam semesta yang diterima secara umum adalah 13,7 miliar tahun, berdasarkan pada Konstanta Hubble 70.

Namun, Inh Jee, dari Max Plank Institute di Jerman, penulis utama studi tersebut di jurnal Science, dan timnya menghasilkan Konstan Hubble 82,4, yang akan menempatkan usia alam semesta sekitar 11,4 miliar tahun. Jee menggunakan konsep yang disebut pelensaan gravitasi - di mana gravitasi melengkungkan cahaya dan membuat objek yang jauh terlihat lebih dekat.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat03 Mei 2024, 17:30 WIB

7 Makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah, Salah Satunya Rendah Karbohidrat

Inilah Makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah Agar Tetap Stabil, Salah Satunya Rendah Karbohidrat
Ilustrasi. Mentimun adalah salah satu satu contoh sayuran non amilase, tergolong makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah (Sumber : Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi03 Mei 2024, 17:20 WIB

35 Anggota DPRD Kota Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Inilah Daftar Nama-namanya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi resmi menetapkan 35 nama anggota DPRD terpilih. Penetapan itu dilakukan berdasarkan PKPU 6 tahun 2024 dan keputusan KPU no 5 tahun 2024.
Rapat Pleno penetapan 35 nama Anggota DPRD Kota Sukabumi, Kamis (2/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi03 Mei 2024, 17:20 WIB

35 Anggota DPRD Kota Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Inilah Daftar Nama-namanya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi resmi menetapkan 35 nama anggota DPRD terpilih. Penetapan itu dilakukan berdasarkan PKPU 6 tahun 2024 dan keputusan KPU no 5 tahun 2024.
Rapat Pleno penetapan 35 nama Anggota DPRD Kota Sukabumi, Kamis (2/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi03 Mei 2024, 17:08 WIB

Polisi Selidiki Temuan Senjata Api Terkubur di Cisaat Sukabumi, Stand dengan Amunisi Aktif

Pihak Kepolisian akan melakukan penyelidikan atas penemuan dua senjata laras panjang yang terkubur di dalam tanah lengkap dengan kotak senjata hingga peluru yang masih aktif yang di Cisaat Kabupaten Sukabumi.
Dua senjata api laras panjang yang ditemukan terkubur di Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Senin, 29 April 2024. | Foto: Asep Awaludin
Sukabumi03 Mei 2024, 17:04 WIB

Angkot Terbakar di Nagrak Sukabumi, Diduga akibat Selang Bensin Bocor

Berikut kronologi dan dugaan pemicu terjadinya kebakaran angkot di Nagrak Sukabumi.
Tangkapan layar video angkot yang terbakar di Nagrak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Musik03 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Bleeding Love Leona Lewis yang Viral

Berikut Lirik dan Terjemahan Lagu Bleeding Love Leona Lewis yang Viral di Media Sosial.
Lagu Bleeding Love Leona Lewis (Sumber : YouTube/LeonaLewis)
Sehat03 Mei 2024, 16:30 WIB

9 Tips Mengkonsumsi Makanan Purin untuk Penderita Asam Urat

Yuk Coba Sederet Tips Mengkonsumsi Makanan Purin untuk Penderita Asam Urat Berikut!
Ilustrasi - Daging Ayam. Tips Mengkonsumsi Makanan Purin untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : Freepik.com/@mdjaff)
Sehat03 Mei 2024, 16:00 WIB

Begini Cara Mengobati dan Mencegah Serangan Asam Urat yang Sering Kambuh

Asam urat yang sering kambuh terasa sangat menyakitkan dan sangat menganggu aktivitas.
Ilustrasi - Asam urat yang sering kambuh terasa sangat menyakitkan dan sangat menganggu aktivitas. (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com)
Life03 Mei 2024, 15:30 WIB

Begini 5 Ciri Orang Miskin Banyak Gaya Padahal Keuangan Terbatas

Updaters, Inilah Sederet Ciri Orang Miskin Banyak Gaya Padahal Keuangan Terbatas. Coba Perhatikan Baik-baik!
Ilustrasi. Konsumtif. Ciri Orang Miskin Banyak Gaya Padahal Keuangan Terbatas. (Sumber : Pexels/AlexandraMaria)
Sukabumi03 Mei 2024, 15:21 WIB

Sadisnya Pelajar SMP Sukabumi Ini, 47 Adegan Bunuh dan Sodomi Bocah SD

Kasus tewasnya bocah sd di Cipetir Kadudampit Sukabumi yang tubuhnya ditemukan dengan leher terjerat celana
Rekontruksi penyidikan perkaran pembunuhan disertai tindak asusila bocah sd oleh pelajar SMP di Sukabumi (Sumber: su/awal)