Kemunculan Tiga Ekor Buaya Hebohkan Gelaran Festival Geopark Ciletuh 2016

Sabtu 24 Februari 2018, 16:47 WIB

SUKABUMIUPDATE.COM – Wisatawan yang hadir pada acara persiapan Festival Geopark Ciletuh 2016 yang akan digelar pada 27-28 Agustus mendatang, mendapat suguhan ekstra dengan kemunculan tiga buaya laut di Pantai Ujunggenteng, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Namun, kemunculan buaya ini tidak membuat warga sekitar menjadi panik, karena warga umumnya sudah mengetahui hal tersebut. Yang membuatnya menjadi daya tarik bagi warga dan wisatawan karena kemunculan buaya ini tidak terjadi setiap saat. Karenanya kemunculan tiga ekor buaya laut ini, merupakan hal langka.

Menurut Koordinator Wilayah Selatan Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Sukabumi, Dadang Hermawan, kemunculan buaya laut tersebut tidak berbahaya. Walaupun merupakan hewan pemangsa, tetapi ketiga buaya ini tidak pernah melukai siapapun apalagi sampai menelan korban jiwa. Bahkan, penyelam lokal dan nelayan kerap berenang berdampingan dengan buaya jenis ini.

"Tiga buaya air asin (laut-red) ini, tergolong tidak berbahaya, karena sudah menjadi habitatnya di sini. Karena tidak jauh dari Pantai Ujunggenteng terdapat hutan lindung. Bahkan, kemunculan buaya ini menjadi daya tarik wisatawan," terang Dadang kepada sukabumiupdate.com, di Sukabumi, Minggu (21/8).

Ditambahkan Dadang, tiga buaya tersebut sudah hidup puluhan tahun di wilayah Kecamatan Ciracap. Adapun ukurannnya, yang satu ekor memiliki panjang sekitar lima meter, sedangkan dua lagi sekitar empat meter.

Namun Dadang membantah jika kemunculan tiga buaya tersebut terkait peristiwa mistis atau gaib. Dadang mengimbau kepada warga dan wisatawan untuk tidak mengganggu hewan tersebut, apalagi sampai merusak habitatnya.

Buaya tersebut muncul di waktu-waktu tertentu saja atau saat musim ikan, biasanya reptile itu muncul di Pantai Serwan dan Batu Mandi. Namun, untuk beberapa hari terakhir ini satu dari tiga buaya tetrsebut muncul di Dermaga Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap.

Masih menurut Dadang, bagi warga atau wisatawan yang ingin melihat buaya tersebut agar segera datang ke Pantai Ujunggenteng, karena kemunculannya tidak pernah bisa diduga.

Selain buaya, hewan lain yang menjadi daya tarik bagi wisatawan, namun kemunculannya tidak bisa dijadwal, adalah Hiu Bentang yang memiliki panjang sekitar 15 meter.

Kapolres Sukabumi AKBP M. Ngajib membenarkan kemunculan buaya-buaya tersebut di pesisir Pantai Ujunggenteng. Pihak kepolisian menduga, buaya-buaya tersebut muncul dari Kawasan Margasatwa Cikepuh, Ujunggenteng.

"Sejauh ini pihak kepolisian belum menerima laporan adanya ancaman dari kemunculan buaya-buaya tersebut. Saat ini kami masih melakukan koordinasi dengan dinas terkait, jika memang dibutuhkan, polisi siap sedia mengambil tindakan yang diperlukan," ujar M. Ngajib melalui sambungan telepon.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life25 April 2024, 15:30 WIB

10 Cara Agar Dipercaya Oleh Orang Lain, Ini yang Harus Dilakukan

Kini, interaksi manusia semakin kompleks dan teknologi terus berkembang, maka memiliki reputasi sebagai individu yang dapat diandalkan dan dipercaya menjadi semakin penting.
Ilustrasi. Orang yang sedang berkumpul tidak gaduh dan saling percaya. Sumber : pixabay/anne00
Life25 April 2024, 15:11 WIB

Identifikasi Pemicunya, Ini 5 Cara Membantu Anak Menghentikan Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk bisa jadi kebiasaan yang akan berkelanjutan jika tidak segera dihentikan.
Ilustrasi membantu anak menghentikan kebiasaan buruk. | Foto: Freepik
Sukabumi25 April 2024, 15:03 WIB

Kunjungi Kalaju di Surade Sukabumi, Drh Slamet Dorong Kesejahteraan Nelayan

Kunjungan ini adalah dalam rangka supervisi persiapan pelaksanaan program Kalaju.
Anggota Komisi IV DPR RI F-PKS drh Slamet (paling kiri) saat mengunjungi Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Rabu, 24 April 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi25 April 2024, 15:00 WIB

Info Lowongan Kerja Kasir dengan Penempatan di Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Info Lowongan Kerja Kasir dengan Penempatan di Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya (Sumber : Freepik/pressfoto)
Life25 April 2024, 14:30 WIB

Agar Tidak Tersinggung, Ini 6 Cara Mengingatkan Teman yang Bau Badan

Bagaimana jika Anda menemui situasi yang agak membingungkan ketika Anda harus menghadapi aroma yang kurang sedap dari salah satu teman Anda?
Ilustrasi. Cara mengingatkan teman yang bau badan. Sumber : pixabay/jessie22
Sukabumi25 April 2024, 14:19 WIB

Bahas Pungli hingga Rp 17 Juta, Ratusan Warga Demo Pabrik di Cikembar Sukabumi

Massa adalah warga di sekitar pabrik di Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar.
Massa aksi saat melakukan demonstrasi di depan PT GSI di Jalan Pelabuhan II, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Kecantikan25 April 2024, 14:15 WIB

8 Cara Agar Tetap Wangi Sepanjang Hari dan Tampil Percaya Diri

Artikel ini akan membahas berbagai tips dan trik yang dapat membantu Anda menjaga kesegaran dan keharuman tubuh sepanjang hari.
Ilustrasi. Memiliki tubuh wangi. Sumber : pixabay/jessie22
Bola25 April 2024, 14:00 WIB

Prediksi Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Siapa yang Akan Lolos?

Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, akan tersaji dini hari nanti pukul 00.30 WIB.
Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, akan tersaji dini hari nanti pukul 00.30 WIB. (Sumber : X/@TimnasIndonesia/@theKFA).
Sehat25 April 2024, 13:00 WIB

Bebas Asam Urat dengan 10 Cara Alami: Mencegahnya Tanpa Obat-obatan

Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan. (Sumber : Freepik.com)
Bola25 April 2024, 12:15 WIB

Prediksi dan Link Live Streaming Dewa United vs Madura United di Liga 1 Pekan ke-33

Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33.
Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33. (Sumber : X/@dewaunitedfc_/@MaduraUnitedFC).