TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Mengerikan, Satelit Landsat 8 Abadikan Gambar Pusat Badai Ian

Dede Imran
Penulis
Kamis 6 Okt 2022, 07:00 WIB
Mengerikan, Satelit Landsat 8 Abadikan Gambar Pusat Badai Ian

SUKABUMIUPDATE.com - Pada tanggal 28 September lalu, satelit Landsat 8 melintas tepat di atas pusat badai Ian saat badai tersebut bergerak mendekati Barat Daya Florida. 

Menurut laman earthobservatory.nasa.gov Gambar itu diabadikan oleh Operational Land Imager (OLI) pada pukul 11:57 waktu setempat atau tiga jam sebelum badai mendarat di Caya Costa.

Dalam gambar tersebut terlihat zona melingkar dengan cuaca cerah di pusat badai dan dikelilingi oleh cincin badai petir sangat kuat yang menjulang tinggi.

Cincin badai itu disebut eyewall yaitu bagian dari badai dengan angin kencang dan awan yang berputar-putar di sepanjang tepi dinding mata disebut mesovortisitas atau rotasi skala kecil yang ditemukan dalam badai dengan angin kencang yang luar biasa.

Baca Juga :

Menurut keterangan badan antariksa Amerika Serikat NASA, ketika dinding mata Ian menabrak Florida, kecepatan angin maksimumnya diperkirakan mencapai 150 mil (240 kilometer) per jam.

Menurut National Hurricane Center kecepatan badai itu setara dengan badai kategori 4 pada skala angin Saffir-Simpson dan cukup cepat untuk merobek atap rumah dan memutus kabel listrik.

“Pusaran awan tingkat rendah yang menakjubkan di mata Ian mungkin memberikan petunjuk ke dalam beberapa proses penting yang mempengaruhi intensitas badai,” kata Justin Whitaker, seorang peneliti di NASA's Short-term Prediction Research and Transition Center (SPoRT).

Saat badai Ian bergerak melewati Kuba dan melewati Teluk Meksiko pada 27 September, lebar matanya (Pusat Badai) kira-kira 20 kilometer.

photo(Ilustrasi) Dampak dari badai Ian - (via: reuters)</span


Dede Imran
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini