Risiko Autisme pada Anak Dapat Meningkat Jika Ibu Hamil Terpapar DDT Tinggi

Kamis 01 September 2022, 11:26 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah studi terbaru mengungkapkan jika Ibu hamil yang memiliki tingkat tinggi produk sampingan dari insektisida DDT memiliki risiko lebih tinggi memiliki anak dengan kondisi autisme. 

Temuan ini menyoroti penyebab potensial autisme lainnya, suatu kondisi perkembangan saraf yang mempengaruhi komunikasi, perilaku, dan kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain. 

photoIlustrasi Kondisi Ibu Hamil - (Freepik)</span

Tapi DDE kemungkinan hanya "satu bagian dari teka-teki," kata pemimpin peneliti studi Dr Alan Brown, seorang profesor psikiatri dan epidemiologi di Columbia University Medical Center di New York City.

Baca Juga :

"Sangat mungkin, Anda memerlukan faktor predisposisi lain [untuk autisme] selain [DDE]," kata Brown kepada Live Science. 

“Saya tidak berpikir ibu harus keluar dan diuji untuk hal-hal ini."

Untuk melakukan penelitian, Brown bermitra dengan peneliti di Finlandia, negara dengan sistem perawatan kesehatan universal yang melacak diagnosis, seperti autisme, pada semua orang yang tinggal di sana.

Para peneliti mengidentifikasi 778 kasus anak-anak yang didiagnosis dengan autisme yang lahir dari tahun 1987 hingga 2005, kemudian mencocokkan individu-individu tersebut dengan kontrol, yaitu, anak-anak yang lahir pada periode yang sama tetapi tidak memiliki diagnosis autisme.

Kemudian, para peneliti menganalisis sampel darah yang telah diambil dari ibu anak-anak ini selama awal kehamilan. 

Setelah menganalisis sampel darah untuk DDE ini, para peneliti menemukan bahwa ibu dengan kadar senyawa yang lebih tinggi lebih mungkin memiliki anak dengan autisme. 

Terlebih lagi, tingkat DDE bahkan lebih tinggi pada ibu yang anaknya memiliki autisme dan cacat intelektual, kata Brown.

photoIbu Hamil - (Freepik)</span

Untuk lebih spesifik, kemungkinan memiliki anak dengan autisme adalah 32 persen lebih besar pada wanita dengan tingkat DDE lebih tinggi dibandingkan dengan wanita dengan tingkat DDE lebih rendah, kata Brown. 

Selain itu, kemungkinan memiliki anak dengan autisme dan cacat intelektual meningkat lebih dari dua kali lipat ketika membandingkan wanita yang tingkat DDE berada di 25 persen teratas kelompok dengan mereka yang memiliki tingkat DDE rendah.

Temuan ini bertahan bahkan ketika para peneliti mengontrol beberapa faktor, termasuk usia ibu, status sosial ekonomi ibu dan apakah orang tua memiliki riwayat gangguan kejiwaan.

Para peneliti juga menguji sampel darah ibu untuk PCB (polychlorinated biphenyls), kelas lain dari polutan lingkungan, tetapi menemukan bahwa zat ini tidak terkait dengan risiko autisme.

PCB dan DDT keduanya telah dilarang selama lebih dari 30 tahun di banyak negara, termasuk Amerika Serikat dan Finlandia. 

Tetapi karena bahan kimia ini terurai sangat lambat , mereka bertahan di lingkungan dan rantai makanan. 

"Yang terjadi adalah DDT disemprotkan ke udara sebagai insektisida untuk membunuh nyamuk, atau membunuh serangga pada buah dan sayuran," kata Brown. 

"Yang kemudian, itu masuk ke tanah dan air tanah."

Hampir setiap orang memiliki beberapa tingkat DDT dan PCB dalam tubuh mereka. Ketika tubuh memetabolisme DDT, bahan kimia tersebut terurai menjadi DDE, kata Brown. 

Ketika seorang wanita hamil, janin terpapar pada tingkat bahan kimia yang lebih tinggi daripada yang terpapar pada ibu, "karena mereka agak terkonsentrasi ketika mereka melewati darah ibu ke plasenta," katanya. 

"Kemudian, mereka masuk ke otak janin, dan mereka mengubah perkembangan otak janin," 

Brown merekomendasikan agar wanita yang sedang hamil atau berpikir untuk makan buah-buahan dan sayuran organik, serta mencuci produk untuk membilas residu beracun, tetapi "Saya tidak akan mengatakan itu perlu dikhawatirkan," kata Brown.

Seperti disebutkan, DDE mungkin hanya salah satu bagian dari teka-teki untuk menjelaskan apa yang menyebabkan autisme.

Ratusan penelitian lain menunjukkan bahwa faktor tambahan juga berperan, termasuk berat badan lahir rendah, usia orang tua (orang tua yang lebih tua cenderung memiliki risiko lebih besar ), apakah ibu menggunakan asam valproat antikonvulsan saat hamil, apakah orang tua memiliki kerabat dekat dengan autisme dan apakah ibu mengalami peningkatan tingkat peradangan saat hamil.

Baca Juga :

Tetapi studi ini mungkin memainkan peran penting ketika politisi menyusun kebijakan publik, setidaknya ketika menggunakan bahan kimia tertentu di lingkungan, kata Brown.

Gagasan itu digaungkan oleh Marc Weisskopf, seorang profesor epidemiologi lingkungan dan fisiologi di Harvard TH Chan School of Public Health, yang tidak terlibat dalam penelitian baru.

"DDT sangat tahan lama di dalam tubuh, jadi seorang wanita dengan kadar tinggi mungkin tidak dapat berbuat banyak saat dia mulai berpikir untuk hamil ," kata Weisskopf kepada Live Science.

"Untuk setiap ibu, saya masih akan menekankan bahwa peningkatan absolut dalam risiko dari paparan semacam itu masih tetap kecil. Dari sudut pandang masyarakat yang lebih besar, lebih banyak bukti untuk mencoba dan membatasi paparan DDT secara keseluruhan."

Studi ini adalah yang pertama menghubungkan insektisida dengan risiko autisme dengan menguji sampel darah ibu. Itu diterbitkan online hari ini (16 Agustus) di American Journal of Psychiatry .

Baca Juga :

SOURCE: LIVE SCIENCE

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)
Life29 Maret 2024, 14:02 WIB

5 Cara Merawat Kipas Angin Biar Lebih Awet

Pastikan kamu tidak mengoperasikan kipas angin terus menerus dalam waktu yang lama.
(Foto Ilustrasi) Kipas angin menjadi peralatan elektronik untuk menjaga kesejukan rumah saat cuaca panas. | Foto: Istimewa
Motor29 Maret 2024, 14:00 WIB

6 Tips Agar Motor Hemat Bensin: Hindari Rem Mendadak!

Membuat motor tidak boros bensin sangat bermanfaat bagi penggunanya. Sebab, hal ini bisa menghemat pengeluaran dan belanja keuangan sehingga aman terkendali.
Ilustrasi. Perawatan kendaraan roda dua. Cara membuat motor hemat bensin. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi29 Maret 2024, 13:49 WIB

Ajaran Baru 2024, UMMI Sukabumi Gandeng Jamkrindo Buka Beasiswa bagi Warga Kurang Mampu

Reny berharap beasiswa kemitraan ini dapat menjangkau seluas-luasnya masyarakat.
UMMI Sukabumi bersama PT Jamkrindo memfasilitasi anak kurang mampu agar bisa melanjutkan pendidikannya. | Foto: UMMI