Tiket MotoGP Mandalika Lombok Mulai Dijual

Kamis 10 Oktober 2019, 02:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kejuaraan balap MotoGP di sirkuit jalanan dalam Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Lombok, bakal dihelat Maret 2021. Namun penjualan tiket secara online sudah bisa dilakukan mulai 20 November 2019 mendatang di Jakarta.

Penjualan tiket ini dilakukan usai peresmian sirkuit MotoGP Mandalika Lombok. Untuk permulaan, tiket dijual 20 ribu lembar. Harganya terendah kurang dari Rp1 juta untuk kelas festival. Peresmian nantinya bakal dihadiri pembalap Suzuki Alex Rin.

Direktur Konstruksi dan Operasioanl Indonesia Tourism Develompment Corporation (ITDC) Anak Agung Ngurah Wirawan mengemukakannya sewaktu presentasi dalam rapat kordinasi Pariwisata Daerah Nusa Tenggaara Barat, Rabu 9 Oktober 2019. ''Tiketnya dijual online secara digital menggunakan barcode,'' katanya.

Menurutnya, sejak awal Oktober 2019 lalu ITDC sudah melakukan land clearing sirkuit. Konstruksi sirkuit jalanan ini dilakukan secara hati-hati agar tidak ada kekeliruan. Sebab, jika terjadi kekeliruan, memerlukan waktu setahun untuk melakukan pengulangan perbaikannya. ''Ini bukan membangun jalan biasa,'' ujar Ngurah Wirawan.

Dikatakan bahwa sirkuit MotoGP di Mandalika ini adalah terindah di dunia karena berada di dalam kawasan wisata yang terdiri dari bukit dan pantai. Selain itu, para pelaku pariwisata di NTB juga diminta kesiapannya sebab ITDC tidak mampu menangani seluruh kebutuhan calon penonton penggemar balap MotoGP ini.

ITDC hanya membangun 1,046 kamar di dalam kawasan Mandalika. Sedangkan penggemarnya yang datang diperkirakan mencapai 20 ribu orang. ''Di dalam Mandalika tidak cukup,'' ucapnya.

Karenanya, ia meminta pelaku pariwisata lainnya mampu menyiapkan 10 ribu kamar hotel maupun homestay. Selain itu juga kendaraan transportasi lainnya di antaranya sepeda motor.

Selain itu, juga diperlukan adanya perusahaan perjalanan yang siap menangani para penonton yang datang tersebut untuk jalan-jalan mengunjungi obyek wisata. Sebab, selain tiga hari kebutuhan menyaksikan kegiatan balap motor tersebut, mereka juga memerlukan mendatangi obyek wisata.

ITDC menyiapkan 12 shelter dan tempat evakuasi jika dalam keadaan darurat seandainya terjadi bencana gempa bumi dan tsunami. Ngurah Wirawan mengatakan ITDC menjadikan Mandalika sebagai area wisata sport termasuk lari marathon.

Indonesia pernah menjadi tuan rumah MotoGP pada pada 1997 di Sirkuit Sentul. Saat itu, Valentino Rossi meraih juara satu kelas 125 cc. Usai itu, Indonesia tak ernah lagi menjadi tuan rumah. Kini, Indonesia bersiap kembali menjadi tuan rumah MotoGP pada 2021, Untuk keperluan balap motor terbesar sejagat itu, Vinci Grand Project, BUMN asal Perancis mengembangkan Mandalika Street Race Circuit Cluster.

Proyek cluster seluas 130 hektare tersebut akan melengkapi akomodasi berkelas internasional di The Mandalika. Street-Race Circuit (Sirkuit Jalan Raya) pertama di dunia yang dibangun dari tahap konsep, dengan standar Fédération Internationale de Motorcyclisme (FIM) dan Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) untuk kelayakan penyelenggaraan kejuaraan dunia balap motor.

Sirkuit jalanan Mandalika ini menawarkan sejumlah keunggulan,seperti trek berstandar internasional dan panorama yang indah. Grup DORNA, selaku pemegang hak komersial dan TV ekslusif untuk kejuaraan balap motor terkemuka di dunia, dan ITDC perusahaan pengembang dan operator destinasi pariwisata terbesar di Indonesia, melakukan kontrak promoter secara terpisah dengan FIM Road Racing World Championship Grand Prix, yang sering disebut dengan FIM MotoGP™World Championship, dan MOTUL FIM Superbike World Championship.

Penandatanganan telah dilakukan antara Carmelo Ezpeleta, CEO DORNA, dan Abdulbar M. Mansoer, selaku Direktur Utama dari ITDC, di kantor DORNA di Madrid, Spanyol pada tanggal 28 Januari 2019, di hadapan tim Senior Manajemen dari kedua belah pihak dan disaksikan oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Kerajaan Spanyol, Hermono.

Perjanjian tersebut menegaskan bahwa Indonesia akan menyambut MotoGP™ dan MOTUL FIM Superbike World Championship pada tahun 2021mendatang di Pulau Lombok, tepatnya di The Mandalika, yang merupakan kawasan pariwisata berskala besar yang terintegrasi.

CEO Grup DORNA, Carmelo Ezpeleta mengungkapkan uniknya proyek ini, memiliki sirkuit perkotaan berkelas dunia di negara di mana MotoGP memiliki pengikut yang begitu besar. Indonesia adalah pasar utama bagi DORNA dengan pertimbangan jumlah penggemar olahraga motor dan atmosfer MotoGP begitu sirkuit selesai dibangun.

Satu lagi, dengan memasukkan Lombok ke dalam kalender WorldSBK menjadikan Lombok memiliki dua perhelatan balap motor internasional setiap tahun.

Menurut General Support ITDC di Lombok Lanang Brata Suta, ITDC telah menyiapkan lahan area sirkuit MotoGP seluas 130 hektar yang terdiri 18 tikungan. Panjang lintasan mencapai 4,32 kilometer untuk keperluan 24-27 lap. ''Rencana fisik sirkuit MoToGP dibangun Oktober 2019 dan selesai awal 2021 sesuai jadwal waktu berlangsungnya,'' ujar Lanang Brata Suta.

Selain MotoGP, ada pula rencana menggelar balapan Formula 1 (F1) di Lombok. Formula 1 telah terbukti menjadi acara olahraga ketiga yang paling banyak ditonton di dunia setelah Piala Dunia FIFA dan Olimpiade.

Dengan 21,1 juta pengikut media sosial, disiarkan televisi di 159 negara, dan rata-rata 200.000 orang menghadiri setiap perlombaan, F1 hampir dipastikan akan melahirkan dampak positif yang menakjubkan.

SUMBER: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram