Supaya Raketmu Terdengar "Tring", Ini yang Harus Kamu Ketahui

Senin 23 Oktober 2023, 00:52 WIB
Tarikan senar raket bulutangkis sesuai dengan strategi permainan. (Sumber : Getty Images)

Tarikan senar raket bulutangkis sesuai dengan strategi permainan. (Sumber : Getty Images)

SUKABUMIUPDATE.COM - Bulu Tangkis atau badminton adalah salah satu olahraga yang sangat populer di Indonesia. Bahkan penggemar olahraga ini tersebar pada berbagai rentang usia. Dari anak kecil yang belum sekolah sampai orang dewasa yang sudah menikah menyukai olahraga ini.

Pada olahraga badminton terdapat satu alat penting yang sangat dibutuhkan apabila ingin bermain dengan baik. Alat itu adalah raket. Seorang pemain badminton biasanya membawa raket pada sebuah pertandingan tidak hanya satu buah saja, bisa 2 sampai 3 buah tergantung kebutuhan.

Pada raket yang baik pasti terdapat juga senar yang baik. Setiap raket pasti memiliki senar yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan strategi yang akan dimainkan di lapangan.

Sebagai informasi, jenis tarikan raket ada dua, yaitu tarikan tinggi dan tarikan rendah. Raket dengan tarikan rendah biasanya bertekanan 22-25 lbs tergantung kekuatan dan daya tahan raket yang digunakan. Sedangkan senar dengan tekanan tinggi rentangnya adalah 26-30+ lbs.

Dilansir dari skor.id, raket dengan tarikan senar yang rendah maupun tinggi memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tarikan senar yang tinggi membuat kontrol terhadap shuttlecock lebih baik.

Selain itu, membuat laju shuttlecock menjadi lebih kencang. Tarikan senar yang tinggi akan sangat menguntungkan pemain yang suka bermain di depan net atau pemain yang suka netting. Akan tetapi, tenaga yang harus dikeluarkan ketika menggunakan senar dengan tarikan yang tinggi akan lebih besar.

Beban yang akan dirasakan di pergelangan tangan dan lengan akan semakin terasa. Raket yang memiliki tarikan senar rendah akan memberikan keuntungan pada pemain yang suka melakukan smash keras. Karena laju kok akan tidak bisa ditebak oleh lawan. Akan tetapi, kekurangannya adalah kontrol shuttlecock akan menjadi rendah karena tarikan senar raket yang rendah.

Raket untuk Pemula

Nah, untuk kamu yang ingin mencoba bermain bulutangkis dan masih bingung akan membuat tarikan raket di tarikan tinggi atau rendah, ini yang harus diperhatikan. Jika anda sering menjadi pemain depan, maka disarankan untuk menggunakan raket dengan tarikan tinggi.

Apabila sebaliknya, kamu lebih ingin menjadi seorang pemain belakang dan hobi melakukan smash, sebaiknya gunakan raket dengan tarikan senar rendah.

Rendah atau tingginya tarikan senar raket sangat tergantung seberepa lama kamu bermain bulutangkis. Semakin sering kamu bermain bulutangkis, tarikan senar raket akan menyesuaikan dengan gaya bermain dari anda sendiri.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat18 April 2024, 21:00 WIB

Cara Simpel Membuat Jus Mengkudu untuk Mengontrol Gula Darah, Ini Langkahnya

Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah.
Ilustrasi - Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Angela Kim).
Keuangan18 April 2024, 20:30 WIB

Pengunjung Membludak Namun PAD Wisata Belum Maksimal, Ini Respons Bapenda Sukabumi

Bapenda Kabupaten Sukabumi menyoroti soal ramainya wisatawan yang berkunjung di libur Lebaran 2024 namjn tak berbanding lurus dengan pendapatan asli daerah (PAD).
Para pengunjung sedang melakukan aktivitas libur lebaran di objek wisata pantai Karanghawu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life18 April 2024, 20:00 WIB

10 Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah

Yuk Lakukan Alternatif Hal-hal Menyenangkan Berikut Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah Hidup.
Ilustrasi. Mendengarkan Musik. Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah (Sumber : pixabay.com/@Martine)
Sehat18 April 2024, 19:45 WIB

Pradibetes: 10 Makanan yang Harus Dihindari Agar Tidak Terjadi Lonjakan Gula Darah

Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah.
Ilustrasi Makanan Manis - Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Teri Raradini)
Bola18 April 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia, Gratis!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi18 April 2024, 19:20 WIB

Diduga Rem Blong, Truk AMDK Hantam Angkot di Cicurug Sukabumi

Kecelakaan terjadi di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, melibatkan Colt Diesel Isuzu dan Angkot, Kamis (18/04/24).
Kondisi Angkot trayek Cibadak-Cicurug usai ditabrak Truk AMDK di depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat18 April 2024, 19:00 WIB

10 Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah

Berikut Beberapa Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Penderita Gula Darah.
Ilustrasi. Sayuran Hijau Brokoli. Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah | Foto: Pixabay/silviarita
Sukabumi18 April 2024, 18:42 WIB

Kecelakaan Tunggal Di Depan SMAN 5 Sukabumi, Diduga Ngerem Mendadak Di Jalan Berpasir

Kecelakaan tunggal dialami Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat (Jabar) di Jalan Sarasa tepatnya di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi
Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat korban kecelakaan tunggal di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi18 April 2024, 18:35 WIB

Batu Unik Diduga Benda Prasejarah Ditemukan di Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi

Batu unik diduga benda prasejarah berupa batu dakon ditemukan warga di aliran Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi.
Bongkahan batu unik diduga batu dakon di aliran sungai Cikarang Ciracap Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat18 April 2024, 18:30 WIB

Asam Urat: Penyebab, Gejala dan 6 Cara Efektif Untuk Mengobatinya

Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki.
Ilustrasi - Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki. (Sumber : Freepik.com).