Hari Bulu Tangkis Sedunia, Mari Mengenal 7 Teknik Dasar Bermain Bulu Tangkis

Rabu 05 Juli 2023, 13:45 WIB
Mari mengenal teknik dasar bermain bulu tangkis di hari bulu tangkis sedunia (World Badminton Day) | (Sumber : Twitter/@INABadminton)

Mari mengenal teknik dasar bermain bulu tangkis di hari bulu tangkis sedunia (World Badminton Day) | (Sumber : Twitter/@INABadminton)

SUKABUMIUPDATE.com - Tanggal 5 Juli diperingati sebagai Hari Bulu Tangkis Sedunia (World Badminton Day) setiap tahunnya, dimana tanggal tersebut juga merupakan hari berdirinya International Badminton Federation (IBF).

Hari Bulu Tangkis Sedunia diperingati untuk mempromosikan bulutangkis dan mendorong partisipasi masyarakat dalam olahraga ini.

Kini olahraga tersebut telah menjadi salah satu olahraga yang populer di seluruh Dunia termasuk Indonesia. Banyak orang yang memainkannya sebagai sarana berolahraga yang menyenangkan.

Namun, sebelum memainkan olahraga ini, sebaiknya mengetahui dulu teknik-teknik dasar bermain bulu tangkis. Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa teknik dasar dalam bulutangkis.

Baca Juga: Profil Cerezo Osaka Yanmar Ladies, Klub Jepang yang Rekrut Zahra Musdalifah

1. Pukulan Forehand

Pukulan forehand dilakukan dengan menggunakan tangan yang dominan di sisi yang sama dengan kaki depan. Pegang raket dengan tangan yang dominan, lalu ayunkan raket dari belakang dan pukul kok dengan papan raket pada saat yang tepat. Pastikan posisi tubuh tegak dan berat badan terdistribusi merata pada kedua kaki.

2. Pukulan Backhand

Pukulan backhand dilakukan dengan menggunakan tangan yang tidak dominan di sisi yang berlawanan dengan kaki depan. Pegang raket dengan tangan yang tidak dominan, lalu ayunkan raket dari belakang dan pukul kok dengan papan raket pada saat yang tepat. Pastikan posisi tubuh tegak dan berat badan terdistribusi merata pada kedua kaki.

Baca Juga: 28 Rekomendasi Nama Anak Bahasa Sunda, Ada Arti Ningrat Siliwangi!

3. Servis

Servis adalah pukulan pertama yang dilakukan untuk memulai setiap game. Ada beberapa jenis servis dalam bulutangkis, termasuk servis forehand pendek, servis backhand pendek, servis forehand panjang, dan servis backhand panjang. Pastikan untuk mematuhi aturan dan peraturan yang berlaku dalam permainan bulutangkis saat melakukan servis.

4. Drop Shot

Drop shot adalah pukulan yang dilakukan dengan tujuan meletakkan kok dengan lembut di sisi lawan, dekat dengan net. Untuk melakukan drop shot, pegang raket dengan lembut dan pukul kok dengan gerakan pendek, menghasilkan pukulan yang lembut dan jatuh dengan cepat di sisi lawan.

5. Smash

Smash adalah pukulan kuat yang dilakukan dari posisi atas kepala dengan tujuan mengirim kok dengan kecepatan tinggi ke area yang sulit dijangkau oleh lawan. Untuk melakukan smash, berdiri dengan kaki terbuka, pegang raket dengan kuat, lalu ayunkan raket dengan kekuatan penuh dan pukul kok dengan menggunakan papan raket.

Baca Juga: Diselimuti Mitos, Ikan Dewa Sungai Cibuni Sukabumi Dibanderol Ratusan Ribu Rupiah

6. Lob

Lob adalah pukulan yang dilakukan dengan tujuan mengangkat kok tinggi-tinggi di udara dan menjatuhkannya di belakang lawan. Untuk melakukan lob, pukul kok dengan gerakan panjang dari bawah ke atas dan lemparkan kok ke arah belakang lapangan lawan.

7. Net Shot

Net shot adalah pukulan yang dilakukan dengan tujuan mengirim kok melewati net dengan cepat dan jatuh di depan lawan. Untuk melakukan net shot, pegang raket dengan lembut dan pukul kok dengan gerakan pendek dan cepat saat kok berada di sekitar net.

Baca Juga: Cara Distribusi 10 Liter Air Zamzam untuk Jemaah Haji Tahun Ini

Selain itu, perlu diperhatikan juga posisi tubuh, keseimbangan, gerakan kaki, dan koordinasi mata dan tangan dalam melaksanakan teknik-teknik dasar bulutangkis ini.

Latihan rutin dan bimbingan dari pelatih akan membantu meningkatkan keterampilan dan keahlian dalam melakukan teknik-teknik tersebut.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life24 April 2024, 13:00 WIB

10 Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang

Ayah Bunda Yuk Kenali Sederet Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang (Sumber : Freepik/@freepik)
Bola24 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi Persebaya Surabaya vs Bali United di Liga 1: Susunan Pemain, H2H dan Skor Akhir

Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini.
Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini. (Sumber : X@persebayaupdate/@BaliUtd).
Life24 April 2024, 11:40 WIB

Perhatian Positif Bisa Kurangi Masalah Perilaku, Terapkan 3 Tips Ini untuk Bantu Anak

Memiliki hubungan yang sehat dan positif dengan anak dapat membantu mengurangi masalah perilaku dan mempererat hubungan orang tua dan anak.
Ilustrasi perhatian positif dapat mengurangi masalah perilaku pada anak. | Foto: Freepik
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:29 WIB

Belum Ditambah dari Jabar, Pilkada 2024 Kota Sukabumi akan Habiskan Rp 25 Miliar

Anggaran Rp 25 miliar ini muncul setelah perampingan dari pengajuan Rp 37 miliar.
(Foto Ilustrasi) KPU menyebut pilkada serentak tahun 2024 di Kota Sukabumi akan menyerap anggaran sekitar Rp 25 miliar. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:08 WIB

Anggaran Pilkada Kota Sukabumi Capai Rp25 Miliar

Ketua KPU Kota Sukabumi Imam Sutrisno mengatakan anggaran sebesar Rp25 miliar itu muncul setelah melalui proses perampingan anggaran.
Ketua KPU Kota Sukabumi saat diwawancarai pada Selasa (23/4/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life24 April 2024, 11:01 WIB

Beri Pujian, Terapkan 8 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Memukul

Memukul sering dilakukan oleh banyak orang tua, karena menurut mereka hal ini efektif untuk mendisiplinkan anak. Padahal, hal ini memiliki efek negatif jangka panjang pada diri anak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa memukul. | Foto: Freepik
Life24 April 2024, 11:00 WIB

Melihat Dirimu Apa Adanya, 10 Ciri Si Dia Ternyata adalah Jodoh Sejatimu

Jodoh adalah seseorang yang akan menemani kita dalam suka dan duka, menjadi partner hidup, dan membangun keluarga bersama.
Ilustrasi - Jodoh adalah seseorang yang akan menemani kita dalam suka dan duka, menjadi partner hidup, dan membangun keluarga bersama. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sukabumi24 April 2024, 10:52 WIB

Selamat! 66 Siswa Dapat Beasiswa Wali Kota Sukabumi di Universitas Nusa Putra

Calon mahasiswa peraih beasiswa ini merupakan hasil seleksi dari ratusan peserta.
Pemerintah Kota Sukabumi bekerja sama dengan Universitas Nusa Putra memberikan beasiswa kepada 66 siswa. | Foto: Universitas Nusa Putra
Life24 April 2024, 10:31 WIB

6 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Membentak, Salah Satunya Tetapkan Aturan yang Jelas

Ketika sering membentak atau mengomel anak, maka mereka akan menangkap bahwa hal itu boleh dilakukan kepada orang lain. Ada cara lain untuk mendisiplinkan anak tanpa perlu membentak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa membentak. | Foto: Pexels.com/@Monstera Production
Sehat24 April 2024, 10:30 WIB

10 Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Penderita Diabetes atau Gula Darah Tinggi Yuk Simak, Ini Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah!
Ilustrasi - Konsumsi Buah-buahan Sehat. Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah (Sumber : Freepik/ASphotofamily)