5 Fakta Adobe Flash Player, Software Animasi Yang Pupus Ditelan Zaman

Senin 04 Januari 2021, 16:49 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu perangkat lunak atau software besutan Adobe Systems yaitu Adobe Flash Player telah diumumkan akan berakhir masa aktifnya pada bulan Januari 2021.

Setelah lebih dari 20 tahun beroperasi, Flash Player menjadi teknologi pembuat dan pemutar animasi yang mumpuni dan menarik banyak pengguna. Kini, Flash Player tinggal menghitung hari sebelum benar-benar lenyap. Seiring dengan berkembangnya teknologi yang lebih mutakhir, membuat para pengembang web browser dan animasi memilih beralih.

Buat kamu yang belum terlalu tahu mengenai Adobe Flash Player. Berikut ini 5 fakta yang telah sukabumiupdate.com rangkum.

1. Berpindah Pengembang

Macromedia sudah tidak asing lagi di industri perangkat lunak komputer. Perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan grafis dan pengembangan web ini didirikan pada tahun 1992 di California, Amerika Serikat. Perusahaan berkembang pesat pada tahun 1990an dan 2000an ini kemudian diakuisisi oleh pesaingnya, Adobe Systems. Sehingga semua produk Macromedia pun berpindah pengembang ke Adobe Systems, termasuk Flash Player.

2. Dibuat oleh Programmer Pemenang Pameran Sains SMA

Adobe Flash Player diciptakan oleh Jonathan Gay. Gay adalah seorang programmer Amerika yang menuliskan program pertamanya pada komputer Apple II. Ketika SMA di tahun 1980-an pernah memenangkan lomba pemrograman dalam pameran sains di sekolahnya. Sehingga menarik perhatian sang pendiri Silicon Beach Software, Charlie Jackson.

3. Berganti-ganti nama

Ketika pertama kali diciptakan oleh pengembangnya, perangkat lunak ini diberi nama Future Splash Animator oleh FutureWave Software. FutureWave didirikan oleh Jonathan Gay pada tahun 1993. Ketika haknya dibeli oleh Macromedia pada Desember 1996, namanya menjadi Macromedia Flash 1.0. Flash Player berada dibawah naungan Macromedia hingga perilisan Macromedia Flash Lite 2.0 (2015) dan setelah berganti kepemilikan menjadi Adobe Flash Player 9 (2006).

4. Kompatibel dengan berbagai sistem operasi

Adobe Flash Player dapat dijalankan dengan sistem operasi Microsoft Windows, Mac Os X, Linux, Solaris, Blackberry Tablet OS, Android dan Pocket PC. Tersedia juga secara bebas sebagai Plugin untuk versi terbaru dari beberapa peramban yaitu Opera, Mozilla Firefox, Internet Explorer, Safari dan dapat terintegrasi pada Google Chrome melalui pengaturan pengguna.

5. Dulu populer, kini ditinggalkan

Flash player memungkinkan penggunanya untuk membuat animasi dan game yang dapat disematkan pada website. Pernah menjadi idola dengan jangkauan penggunanya yang luas hingga berangsur mendapatkan banyak kritikan karena beberapa kelemahan yang dimiliki. Kini, seiring dengan kemajuan HTML5, WebGL, dan WebAssembly, banyak peramban yang beralih dan menyebabkan Adobe mengakhiri masa pakai Flash Player.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi14 April 2024, 21:36 WIB

Aman Dilalui Meski Hujan? Tol Bocimi Sukabumi Menuju Bogor Dibuka Hingga Malam

Tol Bocimi Seksi 2 dari arah Sukabumi menuju Bogor-Jakarta dibuka hingga malam hari, meskipun sejak Minggu (14/4/2024) sore dilanda hujan dengan intensitas tinggi dan terus menerus.
Tol Bocimi arah Sukabumi menuju Bogor dibuka hingga malam meski hujan | Foto : Ibnu Sanubari
Life14 April 2024, 21:00 WIB

Mampu Menerima Kritik, 10 Ciri Orang yang Kuat Mental Meski Sering Disakiti

Menjadi orang yang kuat mental bukanlah hal yang mudah, namun dapat dilatih dan dipelajari.
Ilustrasi. Menjadi orang yang kuat mental bukanlah hal yang mudah, namun dapat dilatih dan dipelajari. (Sumber : pixabay.com/@Elias)
Seleb14 April 2024, 20:45 WIB

Pulang Shooting di Sukabumi Terjebak Macet, Luna Maya Puji Situ Gunung: Pinter Banget Pilih Lokasinya

Model dan artis papan atas Luna Maya tertangkap kamera warga berkunjung ke Situ Gunung, Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, hari ini Minggu (14/4/2024).
Pulang Shooting dari Sukabumi Terjebak Macet, Luna Maya Puji Situ Gunung: Pinter Banget Pilih Lokasinya | Foto : Ist
Life14 April 2024, 20:00 WIB

Menatapmu, 10 Bahasa Tubuh Wanita Pertanda dia Jatuh Cinta Padamu

Bahasa tubuh wanita bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah dia tertarik atau jatuh cinta kepadamu.
Bahasa tubuh wanita bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah dia tertarik atau jatuh cinta kepadamu. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi14 April 2024, 19:53 WIB

Baru 4 Bulan, Dermaga Apung Muara Indah Cikaso Sukabumi Sudah Rusak-Terancam Terbawa Arus

Dermaga apung di Pantai Kesik Urug Muara Indah Cikaso, Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, menjadi sorotan warga
Kondisi Dermaga Apung Muara Cikaso Desa Buniasih Kecamatan Tegalbuleud | Foto : Ragil Gilang
Gadget14 April 2024, 19:00 WIB

16 Rekomendasi HP Tecno Edisi April 2024 yang Harganya Mulai dari Rp1 Jutaan

HP Tecno memang mulai dikenal di tanah air dan mulai cukup bersaing dengan produsen HP lainnya.
Spesifikasi Tecno Phantom V Flip 5G -  HP Tecno memang mulai dikenal di tanah air dan mulai cukup bersaing dengan produsen HP lainnya. (Sumber : tecnomobile)
Gadget14 April 2024, 18:35 WIB

Terbuka untuk Umum, DPC PDIP Buka Pendaftaran Bacalon Walikota/Wakil Walikota Sukabumi

DPC PDIP Kota Sukabumi membuka pendaftaran untuk menjaring bakal calon walikota dan wakil walikota yang akan diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.
Pembukaan penjaringan bakal calon walikota dan wakil walikota Sukabumi untuk Pilkada 2024 | Foto : Sukabumi Update
Life14 April 2024, 18:00 WIB

Baca Doa Ini untuk Memohon Diampuni Dosa atas Kesalahan yang Telah Diperbuat

Bacaan doa untuk memohon ampunan dosa atas keselahan-kesalahan yang telah diperbuat.
Ilustrasi. Bacaan doa untuk memohon ampunan dosa atas keselahan-kesalahan yang telah diperbuat. | Foto: Unplash/Rachid Oucharia
Musik14 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Ingkar dari Tulus Viral di TikTok, “Aku Coba dengan yang Baru”

Kombinasi dari lirik yang relatable, penggunaan dalam konten yang sedang tren, dan melodi yang easy listening inilah yang membuat lagu "Ingkar" viral di TikTok.
Kombinasi dari lirik yang relatable, penggunaan dalam konten yang sedang tren, dan melodi yang easy listening inilah yang membuat lagu "Ingkar" viral di TikTok. (Sumber : Instagram/@tulusm).
Sukabumi14 April 2024, 16:31 WIB

Sigap, Puskesmas Ciracap Tangani Dua Laka Di Pantai Cibuaya Sukabumi

UPTD Puskesmas Ciracap Dinkes Kabupaten Sukabumi selama libur Lebaran 1445 H memberikan pelayanan kesehatan, baik melalui petugas yang piket di Puskesmas maupun pelayanan di lokasi wisata Pantai Cibuaya.
Tim medis Puskesmas Ciracap bersama tim pengamanan Pospam Pantai Cibuaya | Foto : Ragil Gilang