Selain What Cake R U, Ini 8 Tes Kepribadian yang Bantu Kembangkan Karir

Selasa 27 Februari 2024, 10:07 WIB
Ilustrasi seseorang sedang bekerja. | Foto: Pixabay.com/@StartupStockPhotos

Ilustrasi seseorang sedang bekerja. | Foto: Pixabay.com/@StartupStockPhotos

SUKABUMIUPDATE.com - Seiring viralnya kuis dari Cake Resume yaitu What Cake R U, perlu kamu ketahui juga bahwa ada banyak kuis atau tes kepribadian yang dapat membantu kamu dalam mengembangkan karir.

Ada berbagai situs tes kepribadian yang dapat diakses agar kamu bisa mengetahui tipe kepribadianmu secara online. Mengetahui tipe kepribadian akan memudahkanmu dalam mendapatkan karir yang tepat.

Untuk itu, tidak ada salahnya menggunakan salah satu dari situs-situs yang tersedia untuk mengetahui tipe kepribadianmu seperti apa. Berikut 8 situs tes kepribadian online yang dilansir dari glints.com.

1. 16 Personalities

Tes kepribadian Myers-Briggs atau MBTI ialah salah satu psikotes yang populer di kalangan warga net. MBTI juga merupakan tes yang paling umum digunakan dalam proses rekrutmen.

Baca Juga: Viral untuk Tes Profesi Ideal, Ini 6 Fakta Kuis What Cake R U

Kamu juga bisa lho, mencari tahu tipe kepribadian MBTI-mu secara online. Situs 16 Personalities merupakan salah satu situs yang menawarkan layanan tes kepribadian MBTI secara online dan gratis. Dalam situs tersebut kamu akan mendapatkan hasil yang jelas mengenai kepribadian, keahlian, kekurangan hingga rekomendasi jenjang karir yang cocok buatmu.

Berikut link tesnya: https://www.16personalities.com/id

2. Crystal Knows

Selain MBTI, DiSC merupakan tes kepribadian lainnya yang sering digunakan dalam proses rekrutmen. Dalam psikotes ini terdapat 4 tipe kepribadian, yaitu dominance, influence, submission, dan compliance.

Jika penasaran, kamu bisa mengetahui tipe kepribadian DiSC kamu melalui situs Crystal Knows. Tes ini akan menentukan tipe kepribadian dan ciri perilaku individumu berdasarkan tipe-tipe tersebut.

Berikut link tesnya: https://www.crystalknows.com/disc/types

3. Eysenck Personality Inventory

Eysenck Personality Inventory (EPI) ini mengukur dua dimensi kepribadian yang menyebar dan independen. Dua dimensi ini adalah extraversion-introversion dan neuroticism-stability.

Kedua dimensi ini menjelaskan sebagian besar varian dalam domain kepribadian. EPI ini akan mengukur cara kamu berperilaku dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat memperlihatkan bagaimana karir yang sesuai.

Tes kepribadian ini sederhana dengan cukup mengisi 57 pertanyaan dengan setiap pertanyaan yang memiliki pilihan jawaban “Ya-Tidak” tanpa pengulangan pertanyaan.

Berikut link tesnya: https://chsresults.com/blog/test/eysencks-personality-inventory-epi-extroversionintroversion/

4. EQ Test Goleman

EQ Test Goleman dirancang berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Daniel Goleman, yang merupakan seorang psikolog dan jurnalis sains New York Times.

Goleman juga dikenal melalui bukunya Emotional Intelligence: Why It Can Matter More than IQ.

Dalam tes ini membahas mengenai bagaimana kecerdasan emosional yang membentuk kepribadian, dengan menyajikan pertanyaan dalam bentuk studi kasus kamu dapat mengerjakannya dan mendapatkan hasil sesuai kepribadian yang dimiliki.

Berikut link tesnya: https://www.arealme.com/eq/id/

5. My Next Move O*NET Interest Profiler

O*NET Interest Profiler merupakan tes kepribadian yang dirancang oleh Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat. Melalui tes ini, kamu dapat mengetahui di mana minat karir yang sesuai dengan kepribadianmu. Terdapat arahan rekomendasi karir yang juga sesuai dengan hasil dari tes kepribadianmu.

Tes ini juga memberikan kamu informasi mengenai hal apa yang perlu kamu persiapkan agar dapat menjalani karir tersebut.

Berikut link tesnya : https://www.mynextmove.org/explore/ip

6. Hexaco Personality Inventory

Hexaco Personality Inventory membagi tipe kepribadian dalam 6 dimensi.
Dimensi tersebut diantaranya ialah honesty-humility, emotionally, extraversion, agreeableness, conscientiousness, dan openness to experience.

Dalam tes ini akan menentukan tipe kepribadian apa yang kamu miliki serta kesesuaian dengan jenjang karir yang dapat kamu miliki.

Kamu bisa langsung mengikuti tes kepribadian ini secara online melalui situs resminya.

Berikut link tesnya: https://hexaco.org/hexaco-online

7. Interpersonal Skills Self-Assessment

Pada tes ini mencakup empat komponen besar dari kemampuan interpersonal. Hal itu mulai dari kemampuan dalam komunikasi verbal, mendengarkan, kerja sama tim bahkan kemampuan kecerdasan emosional.

Dengan mengikuti tes ini, kamu juga akan memahami sejauh mana perkembangan kemampuan interpersonalmu dan area mana saja yang perlu ditingkatkan sehingga nantinya perjalanan karirmu akan jauh lebih baik.

Berikut link tesnya: https://www.skillsyouneed.com/quiz/343479

8. Sokanu

Sokanu merupakan alat penilaian karier yang menguji kepribadian, latar belakang, minat, dan tujuanmu untuk menentukan jalur karier yang ideal sesuai dengan kepribadian yang kamu miliki. Banyak yang menggunakan untuk membantu proses rekrutmen, seperti perusahaan besar termasuk General Assembly, NYU, dan Redfin.

Setelah mengikuti tes ini, kamu akan mendapat gambaran mengenai kepribadianmu, yang mana hal ini dapat membantu kamu untuk menjelajahi berbagai pilihan karir dan tempat kerja sebelum menentukan rencana karir.

Berikut link tesnya: https://www.careerexplorer.com/

Itulah beberapa situs tes kepribadian yang dapat diakses secara online dan gratis untuk membantu dalam pengembangan karirmu. Selamat mencoba!

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 Juni 2024, 23:49 WIB

8 Fakta di Balik Misteri Penemuan Tengkorak Manusia di Cioray Sukabumi

Penemuan tengkorak manusia di sebuah kebun di belakang Perumahan Nadira, Kampung Cioray, Sukabumi, pada Senin (24/6/2024) telah menghebohkan warga setempat.
Tengkorak manusia dan celana panjang warna merah di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat24 Juni 2024, 22:34 WIB

Terbukti Curang, Disdik Jabar Coret 199 Siswa dari PPDB SMA/SMK 2024

Dinas Pendidikan Jawa Barat membatalkan 168 siswa atau calon peserta didik setelah pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB SMA 2024
Ilustrasi Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi24 Juni 2024, 22:12 WIB

Peninggalan Bersejarah: Pos Security Zaman Belanda di Surade Sukabumi Masih Kokoh

Bangunan bersejarah dari masa penjajahan Belanda masih tegak kokoh di tepi Sungai Cikarang, berbatasan antara Desa Pasiripis Kecamatan Surade
Peninggalan zaman Belanda berupa bangunan yang dahulunya merupakan pos security | Foto : Ragil Gilang
Keuangan24 Juni 2024, 21:12 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Kecam Aksi Calo Klaim Program Jaminan Sosial

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan secara tegas mengutuk praktik calo dalam pendaftaran program jaminan sosial yang dilaksanakannya.
Ilustrasi praktik calo dalam pendaftaran program jaminan sosial | Foto : Pixabay
Opini24 Juni 2024, 21:00 WIB

Penerapan Metode Kultur Jaringan pada Petani Pedesaan

Teknik kultur jaringan tanaman (plant tissue culture technique) tidak dapat dipisahkan dari berbagai teknologi terkini yang mewarnai kemajuan bidang pertanian.
Penerapan Metode Kultur Jaringan pada Petani Pedesaan | Foto : Pixabay
Sehat24 Juni 2024, 21:00 WIB

Pengaruh Terhadap Gula Darah: 3 Tips Memperbaiki Kualitas Tidur Bagi Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga kualitas tidurnya demi mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Bagi penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga kualitas tidurnya demi mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com/DC Studio)
Sukabumi24 Juni 2024, 20:15 WIB

Selain Celana Merah dan Bra Ada Kemeja Bergaris Biru, Tengkorak di Cioray Sukabumi

Berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis, tengkorak tersebut diduga berjenis kelamin perempuan dengan usia di perkirakan antara 20 sampai 30 tahun.
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 20:03 WIB

Misteri Uang 62 Ribu Di Saku Celana Tengkorak Di Cioray Sukabumi

Penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, masih menjadi misteri. Penemuan tengkorak itu disertai dengan temuan pakaian korban dan uang di saku celana.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life24 Juni 2024, 20:00 WIB

Kembang Kol dan Gula Darah: 10 Manfaat dan Memasukkannya ke Diet Ramah Diabetes

Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes.
Ilustrasi - Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Sukabumi24 Juni 2024, 19:52 WIB

100 Meter Ke Pemukiman, Lokasi Penemuan Tengkorak di Cioray Sukabumi Jarang Dilalui Warga

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, menjelaskan bahwa lokasi penemuan tersebut jarang dilalui warga karena kondisi yang rimbun dan tidak terurus. Padahal cuma sekitar 100 meter dari pemukiman warga
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari