Selain What Cake R U, Ini 8 Tes Kepribadian yang Bantu Kembangkan Karir

Selasa 27 Februari 2024, 10:07 WIB
Ilustrasi seseorang sedang bekerja. | Foto: Pixabay.com/@StartupStockPhotos

Ilustrasi seseorang sedang bekerja. | Foto: Pixabay.com/@StartupStockPhotos

SUKABUMIUPDATE.com - Seiring viralnya kuis dari Cake Resume yaitu What Cake R U, perlu kamu ketahui juga bahwa ada banyak kuis atau tes kepribadian yang dapat membantu kamu dalam mengembangkan karir.

Ada berbagai situs tes kepribadian yang dapat diakses agar kamu bisa mengetahui tipe kepribadianmu secara online. Mengetahui tipe kepribadian akan memudahkanmu dalam mendapatkan karir yang tepat.

Untuk itu, tidak ada salahnya menggunakan salah satu dari situs-situs yang tersedia untuk mengetahui tipe kepribadianmu seperti apa. Berikut 8 situs tes kepribadian online yang dilansir dari glints.com.

1. 16 Personalities

Tes kepribadian Myers-Briggs atau MBTI ialah salah satu psikotes yang populer di kalangan warga net. MBTI juga merupakan tes yang paling umum digunakan dalam proses rekrutmen.

Baca Juga: Viral untuk Tes Profesi Ideal, Ini 6 Fakta Kuis What Cake R U

Kamu juga bisa lho, mencari tahu tipe kepribadian MBTI-mu secara online. Situs 16 Personalities merupakan salah satu situs yang menawarkan layanan tes kepribadian MBTI secara online dan gratis. Dalam situs tersebut kamu akan mendapatkan hasil yang jelas mengenai kepribadian, keahlian, kekurangan hingga rekomendasi jenjang karir yang cocok buatmu.

Berikut link tesnya: https://www.16personalities.com/id

2. Crystal Knows

Selain MBTI, DiSC merupakan tes kepribadian lainnya yang sering digunakan dalam proses rekrutmen. Dalam psikotes ini terdapat 4 tipe kepribadian, yaitu dominance, influence, submission, dan compliance.

Jika penasaran, kamu bisa mengetahui tipe kepribadian DiSC kamu melalui situs Crystal Knows. Tes ini akan menentukan tipe kepribadian dan ciri perilaku individumu berdasarkan tipe-tipe tersebut.

Berikut link tesnya: https://www.crystalknows.com/disc/types

3. Eysenck Personality Inventory

Eysenck Personality Inventory (EPI) ini mengukur dua dimensi kepribadian yang menyebar dan independen. Dua dimensi ini adalah extraversion-introversion dan neuroticism-stability.

Kedua dimensi ini menjelaskan sebagian besar varian dalam domain kepribadian. EPI ini akan mengukur cara kamu berperilaku dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat memperlihatkan bagaimana karir yang sesuai.

Tes kepribadian ini sederhana dengan cukup mengisi 57 pertanyaan dengan setiap pertanyaan yang memiliki pilihan jawaban “Ya-Tidak” tanpa pengulangan pertanyaan.

Berikut link tesnya: https://chsresults.com/blog/test/eysencks-personality-inventory-epi-extroversionintroversion/

4. EQ Test Goleman

EQ Test Goleman dirancang berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Daniel Goleman, yang merupakan seorang psikolog dan jurnalis sains New York Times.

Goleman juga dikenal melalui bukunya Emotional Intelligence: Why It Can Matter More than IQ.

Dalam tes ini membahas mengenai bagaimana kecerdasan emosional yang membentuk kepribadian, dengan menyajikan pertanyaan dalam bentuk studi kasus kamu dapat mengerjakannya dan mendapatkan hasil sesuai kepribadian yang dimiliki.

Berikut link tesnya: https://www.arealme.com/eq/id/

5. My Next Move O*NET Interest Profiler

O*NET Interest Profiler merupakan tes kepribadian yang dirancang oleh Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat. Melalui tes ini, kamu dapat mengetahui di mana minat karir yang sesuai dengan kepribadianmu. Terdapat arahan rekomendasi karir yang juga sesuai dengan hasil dari tes kepribadianmu.

Tes ini juga memberikan kamu informasi mengenai hal apa yang perlu kamu persiapkan agar dapat menjalani karir tersebut.

Berikut link tesnya : https://www.mynextmove.org/explore/ip

6. Hexaco Personality Inventory

Hexaco Personality Inventory membagi tipe kepribadian dalam 6 dimensi.
Dimensi tersebut diantaranya ialah honesty-humility, emotionally, extraversion, agreeableness, conscientiousness, dan openness to experience.

Dalam tes ini akan menentukan tipe kepribadian apa yang kamu miliki serta kesesuaian dengan jenjang karir yang dapat kamu miliki.

Kamu bisa langsung mengikuti tes kepribadian ini secara online melalui situs resminya.

Berikut link tesnya: https://hexaco.org/hexaco-online

7. Interpersonal Skills Self-Assessment

Pada tes ini mencakup empat komponen besar dari kemampuan interpersonal. Hal itu mulai dari kemampuan dalam komunikasi verbal, mendengarkan, kerja sama tim bahkan kemampuan kecerdasan emosional.

Dengan mengikuti tes ini, kamu juga akan memahami sejauh mana perkembangan kemampuan interpersonalmu dan area mana saja yang perlu ditingkatkan sehingga nantinya perjalanan karirmu akan jauh lebih baik.

Berikut link tesnya: https://www.skillsyouneed.com/quiz/343479

8. Sokanu

Sokanu merupakan alat penilaian karier yang menguji kepribadian, latar belakang, minat, dan tujuanmu untuk menentukan jalur karier yang ideal sesuai dengan kepribadian yang kamu miliki. Banyak yang menggunakan untuk membantu proses rekrutmen, seperti perusahaan besar termasuk General Assembly, NYU, dan Redfin.

Setelah mengikuti tes ini, kamu akan mendapat gambaran mengenai kepribadianmu, yang mana hal ini dapat membantu kamu untuk menjelajahi berbagai pilihan karir dan tempat kerja sebelum menentukan rencana karir.

Berikut link tesnya: https://www.careerexplorer.com/

Itulah beberapa situs tes kepribadian yang dapat diakses secara online dan gratis untuk membantu dalam pengembangan karirmu. Selamat mencoba!

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi02 Mei 2024, 15:15 WIB

Bejat, Gadis 13 Tahun Digilir 8 Remaja di Kosan Usai Dicekok Miras di Sukabumi

Berawal dari status di media sosial, gadis dibawah umur berinisial R (13 tahun) warga Salabintana, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, menjadi korban pencabulan dan digilir delapan orang.
Ilustrasi, Gadis inisial R (13 tahun) asal Selabintana menjadi korban pencabulan 8 remaja di kosan di Cicantayan Kabupaten Sukabumi | Foto: : Freepik/raybon
Sukabumi02 Mei 2024, 15:15 WIB

Pernah Jadi Korban, Pengakuan Pembunuh dan Pelaku Sodomi Bocah SD di Sukabumi

Polisi akan memeriksa secara medis kejiwaan S dan wilayah lubang anusnya.
(Foto Ilustrasi) Terduga pelaku pembunuhan dan sodomi di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, berinisial S (14 tahun), mengaku pernah menjadi korban. | Foto: Pixabay
Inspirasi02 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Barista, Minimal Lulusan SMA/SMK

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Barista, Minimal Lulusan SMA/SMK (Sumber : pexels.com/Wendy Wei)
Sukabumi02 Mei 2024, 14:50 WIB

Lewat E-Lapor, Empat Aduan Diterima Pemkot Sukabumi Selama April 2024

Keempat aduan ini paling banyak disampaikan untuk DPUTR Kota Sukabumi.
(Foto Ilustrasi) Pemkot Sukabumi melalui Diskominfo mencatat selama April 2024 empat aduan masuk ke E-Lapor. | Foto: Istimewa
Sukabumi02 Mei 2024, 14:37 WIB

Hardiknas, Pemkot Sukabumi: Momentum Melanjutkan Gerakan Merdeka Belajar

Hardiknas yang diisi penampilan kesenian para pelajar merupakan bukti tingkat pendidikan di Kota Sukabumi sudah cukup baik.
Disdikbud Kota Sukabumi pada Kamis (2/5/2024) menggelar Upacara Peringatan Hardiknas Tingkat Kota Sukabumi di Lapang Merdeka. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Life02 Mei 2024, 14:35 WIB

7 Cara Mendidik Anak agar Hidup Hemat Sampai Dewasa, Yuk Terapkan!

Mendidik anak agar hidup hemat harus terus dilakukan oleh orang tua. Sebab hal ini membantunya bisa pandai dalam mengelola keuangan di masa depan
Cara mendidik anak hidup hemat | Foto : Pexels/Annushka Ahuja
Life02 Mei 2024, 14:30 WIB

Picu Serangan Kambuh, 5 Alasan Gangguan Tidur Tidak Baik untuk Asam Urat

Meskipun tidak ada bukti langsung yang menunjukkan bahwa gangguan tidur secara langsung menyebabkan asam urat, namun ada hubungan antara gangguan tidur dan kondisi yang mempengaruhi asam urat.
Ilustrasi. Picu Serangan Kambuh, Ketahui Sederet Alasan Gangguan Tidur Tidak Baik untuk Asam Urat. (Sumber : Pexels/CraigAdderley)
Sukabumi02 Mei 2024, 14:23 WIB

Puluhan Siswa SD di Ciracap Sukabumi Ikuti Seleksi O2SN Tingkat Kabupaten

Sebanyak 4 gugus, terdiri dari 30 sekolah dasar yang ada di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, ikut bertanding dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kecamatan Ciracap,
Pertandingan bola voli dalam seleksi O2SN tingkat SD di Ciracap Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi02 Mei 2024, 14:21 WIB

Kronologi Sadisnya Siswa SMP di Kadudampit Sukabumi Sodomi dan Bunuh Bocah SD

Kasus ini mulai terungkap saat MA ditemukan meninggal misterius di kebun warga.
Proses ekshumasi makam MA (7 tahun) di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, pada 25 Maret 2024 oleh tim forensik Polda Jawa Barat. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Bola02 Mei 2024, 14:00 WIB

Persib Bandung Siap Hadapi Bali United di Championship Series, Ini Jadwalnya!

Persib Siap menyongsong Championship Series melawan Bali United.
Persib Siap menyongsong Championship Series melawan Bali United.(Sumber : Persib.co.id)