6 Kelebihan Edit Dokumen di Google Docs, Bisa Komentar Revisi Skripsi

Jumat 22 September 2023, 14:00 WIB
Ilustrasi. Gadget | Kelebihan Google Docs untuk Edit Dokumen, Bisa Komentar Revisi Skripsi (Sumber : Freepik/@rawpixel.com)

Ilustrasi. Gadget | Kelebihan Google Docs untuk Edit Dokumen, Bisa Komentar Revisi Skripsi (Sumber : Freepik/@rawpixel.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Google Document atau Google Docs adalah salah satu fitur Google yang kegunaannya serupa dengan Microsoft Word.

Perbedaan Google Docs dan Microsoft ini terletak pada editor dokumennya. Dokumen di Google Docs dapat diedit secara bersamaan di waktu yang sama, sementara Microsoft Word hanya dapat diedit oleh satu pengguna di waktu tertentu.

Akan tetapi, edit dokumen di Google Docs mayoritas digunakaan dengan metode daring (dalam jaringan) atau online, meskipun bisa juga diedit secara offline. Berbeda dengan Microsoft Word yang diedit secara offline atau tanpa internet.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Anak Laki-laki yang Sulit Menuruti Perkataan Orang Tua

Mengutip informasi Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) DKI Jakarta di laman lpmpdki.kemdikbud.go.id, Google Docs online memudahkan para penggunanya untuk mengerjakan tugas (task) bersama dalam satu waktu sehingga akan lebih cepat selesai dengan kerja tim.

Ada enam kelebihan Google Docs untuk membuat dokumen, diantaranya memiliki fungsi penyimpanan otomatis, bisa diakses fleksibel, kolaborasi pembuatan dokumen, komentar, riwayat edit dan bisa mengubah file Pdf menjadi Word di Google Docs. Simak ulasannya berikut ini:

Kelebihan Google Docs untuk Edit Dokumen

1. Google Docs memiliki fungsi penyimpanan otomatis

Saat pengguna membuat perubahan apapun terhadap dokumen, maka semua akan otomatis tersimpan.

Jadi pengguna tidak perlu menyimpan dokumen manual dan tidak perlu khawatir file tidak tersimpan saat komputer tiba-tiba mati. Pengguna Google Docs bisa membuka dokumen melalui fitur Google Drive.

2. Google Docs bisa diakses fleksibel

Fleksibilitas Google Docs ini maksudnya adalah bisa diakses dimana, kapan dan menggunakan perangkat apa saja baik laptop maupun handphone. Ketika pengguna membuka dokumen di Docs, maka bisa membukanya melalui Google Drive dengan perangkat apa saja dengan catatan menggunakan akun yang sama.

Baca Juga: 11 Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Memiliki Kepribadian Baik

Jadi saat pengguna sedang diperjalanan sekalipun, jika ada kebutuhan mengakses dokumen di google docs bisa dengan mudah kita buka asal terhubung dengan internet.

3. Kolaborasi membuat dokumen di Google Docs

Cara membuat dokumen di Google Docs bisa mengajak pihak lain berkolaborasi. Hal ini mempermudah seseorang untuk mmenyelesaikan satu dokumen, atau mengajak siswa berkolaborasi menyelesaikan tugas kelas dengan kerja tim.

4. Komentar di Google Docs

Google Docs memiliki fungsi agar pemilik dokumen atau pun pengguna lain berkomentar saat akses editor dibuka. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk meminta masukan dari rekan kerja terhadap dokumen yang kita buat.

Biasanya, fitur komentar digunakan untuk memberi masukan revisi saat penyusunan naskah skripsi. Dosen pembimbing bisa memberikan komentar di dokumen Google Docs untuk revisi skripsi mahasiswanya.

5. Riwayat Edit Dokumen di Google Docs

Kelebihan Google Docs selanjutnya adalah tersedia fitur untuk melihat kembali isi data sebelumnya. Apabila mengedit isi dokumen dan merasa lebih menyukai isi yang sebelumnya, coba gunakan fitur tersebut.

Baca Juga: 9 Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Penurut Pada Orang Tua

Secara otomatis, isi data di Google Docs akan kembali sesuai dengan waktu yang dipilih. Fitur riwayat edit dokumen di Google Docs juga dapat memperlihatkan history kapan saja data diedit.

6. Ubah File Pdf menjadi Word di Google Docs

Terakhir, kelebihan Google Docs adalah bisa mengubah file PDF menjadi Word dengan mudah.

Cara mengubah file Pdf menjadi Word di Google Docs yaitu hanya dengan mengunggah file yang ingin diubah. Kemudian Klik File lalu pilih Download As Microsoft Word (docx.) dan dokumen sudah berubah otomatis saat disimpan.

Itulah sederet Kelebihan Google Docs yang biasa digunakan untuk mengedit dokumen bersama. Semoga bermanfaat!

Sumber: Kemdikbud

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat27 Juli 2024, 09:00 WIB

7 Cara Mengurangi Risiko Penyakit Jantung Mulai dari Sejak Usia Muda

Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas.
Ilustrasi -  Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas. (Sumber : pexels.com/Andrea Piacquadio)
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)