6 Kelebihan Edit Dokumen di Google Docs, Bisa Komentar Revisi Skripsi

Jumat 22 September 2023, 14:00 WIB
Ilustrasi. Gadget | Kelebihan Google Docs untuk Edit Dokumen, Bisa Komentar Revisi Skripsi (Sumber : Freepik/@rawpixel.com)

Ilustrasi. Gadget | Kelebihan Google Docs untuk Edit Dokumen, Bisa Komentar Revisi Skripsi (Sumber : Freepik/@rawpixel.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Google Document atau Google Docs adalah salah satu fitur Google yang kegunaannya serupa dengan Microsoft Word.

Perbedaan Google Docs dan Microsoft ini terletak pada editor dokumennya. Dokumen di Google Docs dapat diedit secara bersamaan di waktu yang sama, sementara Microsoft Word hanya dapat diedit oleh satu pengguna di waktu tertentu.

Akan tetapi, edit dokumen di Google Docs mayoritas digunakaan dengan metode daring (dalam jaringan) atau online, meskipun bisa juga diedit secara offline. Berbeda dengan Microsoft Word yang diedit secara offline atau tanpa internet.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Anak Laki-laki yang Sulit Menuruti Perkataan Orang Tua

Mengutip informasi Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) DKI Jakarta di laman lpmpdki.kemdikbud.go.id, Google Docs online memudahkan para penggunanya untuk mengerjakan tugas (task) bersama dalam satu waktu sehingga akan lebih cepat selesai dengan kerja tim.

Ada enam kelebihan Google Docs untuk membuat dokumen, diantaranya memiliki fungsi penyimpanan otomatis, bisa diakses fleksibel, kolaborasi pembuatan dokumen, komentar, riwayat edit dan bisa mengubah file Pdf menjadi Word di Google Docs. Simak ulasannya berikut ini:

Kelebihan Google Docs untuk Edit Dokumen

1. Google Docs memiliki fungsi penyimpanan otomatis

Saat pengguna membuat perubahan apapun terhadap dokumen, maka semua akan otomatis tersimpan.

Jadi pengguna tidak perlu menyimpan dokumen manual dan tidak perlu khawatir file tidak tersimpan saat komputer tiba-tiba mati. Pengguna Google Docs bisa membuka dokumen melalui fitur Google Drive.

2. Google Docs bisa diakses fleksibel

Fleksibilitas Google Docs ini maksudnya adalah bisa diakses dimana, kapan dan menggunakan perangkat apa saja baik laptop maupun handphone. Ketika pengguna membuka dokumen di Docs, maka bisa membukanya melalui Google Drive dengan perangkat apa saja dengan catatan menggunakan akun yang sama.

Baca Juga: 11 Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Memiliki Kepribadian Baik

Jadi saat pengguna sedang diperjalanan sekalipun, jika ada kebutuhan mengakses dokumen di google docs bisa dengan mudah kita buka asal terhubung dengan internet.

3. Kolaborasi membuat dokumen di Google Docs

Cara membuat dokumen di Google Docs bisa mengajak pihak lain berkolaborasi. Hal ini mempermudah seseorang untuk mmenyelesaikan satu dokumen, atau mengajak siswa berkolaborasi menyelesaikan tugas kelas dengan kerja tim.

4. Komentar di Google Docs

Google Docs memiliki fungsi agar pemilik dokumen atau pun pengguna lain berkomentar saat akses editor dibuka. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk meminta masukan dari rekan kerja terhadap dokumen yang kita buat.

Biasanya, fitur komentar digunakan untuk memberi masukan revisi saat penyusunan naskah skripsi. Dosen pembimbing bisa memberikan komentar di dokumen Google Docs untuk revisi skripsi mahasiswanya.

5. Riwayat Edit Dokumen di Google Docs

Kelebihan Google Docs selanjutnya adalah tersedia fitur untuk melihat kembali isi data sebelumnya. Apabila mengedit isi dokumen dan merasa lebih menyukai isi yang sebelumnya, coba gunakan fitur tersebut.

Baca Juga: 9 Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Penurut Pada Orang Tua

Secara otomatis, isi data di Google Docs akan kembali sesuai dengan waktu yang dipilih. Fitur riwayat edit dokumen di Google Docs juga dapat memperlihatkan history kapan saja data diedit.

6. Ubah File Pdf menjadi Word di Google Docs

Terakhir, kelebihan Google Docs adalah bisa mengubah file PDF menjadi Word dengan mudah.

Cara mengubah file Pdf menjadi Word di Google Docs yaitu hanya dengan mengunggah file yang ingin diubah. Kemudian Klik File lalu pilih Download As Microsoft Word (docx.) dan dokumen sudah berubah otomatis saat disimpan.

Itulah sederet Kelebihan Google Docs yang biasa digunakan untuk mengedit dokumen bersama. Semoga bermanfaat!

Sumber: Kemdikbud

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat18 April 2024, 21:00 WIB

Cara Simpel Membuat Jus Mengkudu untuk Mengontrol Gula Darah, Ini Langkahnya

Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah.
Ilustrasi - Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Angela Kim).
Keuangan18 April 2024, 20:30 WIB

Pengunjung Membludak Namun PAD Wisata Belum Maksimal, Ini Respons Bapenda Sukabumi

Bapenda Kabupaten Sukabumi menyoroti soal ramainya wisatawan yang berkunjung di libur Lebaran 2024 namjn tak berbanding lurus dengan pendapatan asli daerah (PAD).
Para pengunjung sedang melakukan aktivitas libur lebaran di objek wisata pantai Karanghawu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life18 April 2024, 20:00 WIB

10 Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah

Yuk Lakukan Alternatif Hal-hal Menyenangkan Berikut Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah Hidup.
Ilustrasi. Mendengarkan Musik. Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah (Sumber : pixabay.com/@Martine)
Sehat18 April 2024, 19:45 WIB

Pradibetes: 10 Makanan yang Harus Dihindari Agar Tidak Terjadi Lonjakan Gula Darah

Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah.
Ilustrasi Makanan Manis - Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Teri Raradini)
Bola18 April 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia, Gratis!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi18 April 2024, 19:20 WIB

Diduga Rem Blong, Truk AMDK Hantam Angkot di Cicurug Sukabumi

Kecelakaan terjadi di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, melibatkan Colt Diesel Isuzu dan Angkot, Kamis (18/04/24).
Kondisi Angkot trayek Cibadak-Cicurug usai ditabrak Truk AMDK di depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat18 April 2024, 19:00 WIB

10 Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah

Berikut Beberapa Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Penderita Gula Darah.
Ilustrasi. Sayuran Hijau Brokoli. Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah | Foto: Pixabay/silviarita
Sukabumi18 April 2024, 18:42 WIB

Kecelakaan Tunggal Di Depan SMAN 5 Sukabumi, Diduga Ngerem Mendadak Di Jalan Berpasir

Kecelakaan tunggal dialami Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat (Jabar) di Jalan Sarasa tepatnya di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi
Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat korban kecelakaan tunggal di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi18 April 2024, 18:35 WIB

Batu Unik Diduga Benda Prasejarah Ditemukan di Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi

Batu unik diduga benda prasejarah berupa batu dakon ditemukan warga di aliran Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi.
Bongkahan batu unik diduga batu dakon di aliran sungai Cikarang Ciracap Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat18 April 2024, 18:30 WIB

Asam Urat: Penyebab, Gejala dan 6 Cara Efektif Untuk Mengobatinya

Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki.
Ilustrasi - Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki. (Sumber : Freepik.com).