Liburan Natal dan Tahun Baru, Ini 9 Tips Hadapi Komentar Bentuk Tubuh

Selasa 24 Desember 2019, 21:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi beberapa orang momen liburan seperti Natal dan Tahun Baru jadi tantangan tersendiri, terutama yang sering menghadapi komentar tentang bentuk tubuh. Komentar seperti “Sekarang gendutan ya?” atau “Kok jerawatnya tambah banyak?,” atau “Kenapa sekarang jadi hitam?” dan "Kapan gendutnya nih" kerap terlontar dari teman lama atau bahkan keluarga sendiri. Para ahli menyarankan untuk membuat rencana kecil yang dapat membantu Anda mempertahankan perasaan self-love Anda. Dengan begitu, Anda akan siap menghadapi bola curam yang tak terduga, dan memiliki dukungan untuk diri sendiri.

Penting untuk diingat bahwa Anda tidak sendirian; banyak orang merasa tahun ini sulit karena alasan yang sama. Penyanyi Sam Smith mengunggah tentang berjuang dengan harga diri selama musim liburan di Instagram pada Desember 2019. "Sepanjang tahun ini selalu memicu masalah citra tubuh yang rumit untuk saya… Mari kita pastikan kita mengingatkan tubuh kita selama ini, berapapun beratnya kita, kita layak mendapatkan cinta dan penerimaan." Komentar di unggahannya itu menunjukkan bahwa ribuan orang merasakan hal yang sama.

Jika Anda mengalami pergulatan citra tubuh untuk pertama kalinya, para ahli mengatakan, ada banyak sumber daya untuk membantu Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Melansir laman Bustle, berikut sembilan cara untuk melewati musim liburan dengan perasaan baik.

1. Bicaralah Dengan Keluarga & Teman Anda

Jika Anda takut komentar tentang bentuk tubuh Anda, atau tentang tubuh secara umum, ada baiknya mencoba untuk berbicara dengan orang-orang di sekitar Anda tentang bagaimana perasaan Anda. "Cobalah berbincang sepenuh hati dengan keluarga atau teman tentang bagaimana memberikan dukungan Anda suportif," kata psikoterapis Jessica Vechakul. "Bahkan jika mereka tidak sepenuhnya mengerti, mudah-mudahan mereka akan mencoba menghindari membuat komentar berbahaya tentang makanan atau tubuh."

Mungkin baik untuk menyiapkan beberapa kalimat balasan saat menghadapi komentar tentang citra tubuh. Sehingga jika Anda merasa kewalahan atau kesal, Anda dapat mengandalkan pernyataan yang sudah disiapkan untuk membantu saat ini. Psikoterapis Sherry Lyn Kaplan a merekomendasikan untuk mengatakan hal-hal seperti, "Mengkhawatirkan kalori membuat saya stres dan tidak membantu," atau "Saya sedang berusaha mencintai tubuh saya apa adanya, jadi lebih baik bagi saya untuk fokus pada apa yang saya rasakan dan bukan ukuran saya. "

"Begitu Anda memutuskan mana yang ingin Anda praktikkan gunakan, ada baiknya untuk menuliskan frasa ini atau meletakkannya di telepon Anda untuk membantu Anda mengingatnya," kata Kaplan.

2. Kurasi media sosial

Media sosial dapat menjadi sarana kebijaksanaan untuk membangun nilai positif pada tubuh, tetapi juga dapat memacu perasaan mengkritik diri sendiri. Pastikan Anda mengkurasi media sosial sehingga tidak memicu negativitas tentang tubuh Anda. "Ikuti akun media sosial tentang body positivity, sehingga Anda tahu tidak sendirian dalam berjuang, dan juga untuk membingkai ulang apa yang mungkin Anda katakan pada diri sendiri tentang tubuh Anda," kata Lisa Du Breuil, seorang pekerja sosial yang berspesialisasi dalam body positivity.

Vechakul merekomendasikan tagar berikut yang merayakan body positivity termasuk #EffYourBeautyStandards dan #HealthAtEverySize, untuk memastikan bahwa feed Anda diisi dengan pesan dan gambar yang mendukung.

3. Katakan Tidak Saat Dibutuhkan

Terkadang sudah cukup. Du Breuil merekomendasikan untuk mengawasi perasaan Anda sendiri, dan menolak undangan jika Anda merasa tidak enak. "Tidak apa-apa untuk mengatakan tidak, terima kasih untuk kegiatan, pesta, dan sebagainya," katanya kepada Bustle. "Tidak apa-apa untuk membatasi waktu kamu di acara-acara, atau untuk memastikan kamu mendapatkan waktu sendirian selama akhir pekan bersama keluarga." Sedikit waktu pemulihan Anda sendiri, di mana Anda membantu mengingatkan diri sendiri betapa hebatnya Anda, bisa menjadi waktu khusus untuk memanfaatkan sebagian besar musim liburan.

Jika Anda berada di tengah-tengah percakapan, Anda juga dapat melihatnya. "Kadang-kadang, terlalu sulit untuk mengatakan sesuatu setelah ada yang memicu komentar tentang body positivity," katanya. "Maafkan dirimu dari situasi ini." Katakanlah Anda akan mengambil makanan atau minuman lagi, atau ada orang lain yang perlu Anda sapa - dan melarikan diri dengan anggun.

4. Ubah Percakapan

Beberapa orang tidak akan merasa terhalang untuk berbicara tentang tubuh Anda - atau tentang tubuh mereka - bahkan jika Anda mencoba untuk berbicara tentang mengapa hal itu membuat Anda marah. Ketika itu terjadi, Dr. Vechakul merekomendasikan menggunakan taktik pengalih perhatian. "Arahkan pembicaraan dari kebijakan tubuh atau kritik dengan topik yang menginspirasi koneksi dan kegembiraan," sarannya. Fokus pada ingatan positif, kisah keluarga, resep, tradisi, dan prestasi. Ini mempertahankan alur percakapan, tetapi mengarahkan kembali perhatian ke topik lain, yang lebih positif dan mendukung yang membuat Anda dan orang-orang di sekitar Anda merasa gembira, daripada memikirkan aspek-aspek yang akan menjatuhkan Anda.

5. Siapkan teknik perawatan diri

Khususnya jika Anda bepergian untuk liburan, penting untuk membawa teknik perawatan diri ke mana pun Anda pergi selama musim liburan. Du Breuil merekomendasikan untuk fokus pada tidur Anda, waktu makan yang teratur, camilan dan hidrasi, untuk memastikan tubuh Anda merasa dicintai setiap saat. Ini juga bisa menjadi ide yang baik untuk memiliki perawatan yang memanjakan. "Jadikan diri Anda sebuah paket perawatan diri, termasuk hal-hal seperti jurnal, musik, gambar yang menginspirasi Anda, catatan semangat, bola pijat, mainan fidget, atau minyak esensial," kata Dr. Vechakul.

Ketika Anda justru lebih banyak merenungkan pikiran negatif tentang tubuh Anda, bawa alat ini di dekat Anda. Bahkan jika Anda tidak membawa apa pun secara fisik, Anda bisa tetap merawat diri, misalnya dengan teknik pernasapan. "Saya telah menemukan bahwa meditasi adalah salah satu hal paling bermanfaat yang dapat kita lakukan karena banyak teknik dapat dipraktikkan di mana saja dan kapan saja," kata Kaplan. Ia merekomendasikan latihan pernapasan yoga, napas dalam perut, dan meditasi welas asih.

6. Buat Jaringan Dukungan

Liburan dapat menjadi waktu yang terisolasi jika Anda terpisah dari jaringan teman biasa. Du Breuil menyarankan untuk memastikan bahwa Anda selalu memiliki seseorang untuk dihubungi ketika Anda merasa sangat negatif tentang tubuh Anda. "Berteman dengan setidaknya satu teman atau anggota keluarga yang dekat, sehingga Anda dapat saling mengirim pesan untuk dukungan, atau validasi sesuai kebutuhan," katanya. Dengan begitu Anda dapat berbagi perasaan atau pikiran saat frustrasi, merasa saling mendukung, dan menghindari sensasi kesepian di saat-saat terberat Anda.

Jika ada teman yang bisa hadir secara fisik dengan Anda, Kaplan menyarankan meminta mereka untuk bertindak sebagai penyangga setiap kali memicu topik, atau membantu Anda ketika Anda meminta untuk mengalihkan percakapan. “Anda mungkin terkejut melihat bagaimana beberapa orang yang dicintai berusaha mengikuti keinginan Anda ketika mereka memahaminya," katanya.

7. Gunakan keterampilan bertahan

Ini adalah kampanye untuk mencintai diri sendiri, jadi rencanakan sebelumnya "Integrasikan keterampilan coping dari sehari-hari Anda ke dalam liburan Anda," kata Dr. Vechakul. Ingat taktik yang membuat Anda merasa nyaman dengan tubuh Anda - berjalan-jalan, menari, makan apa pun yang menyehatkan Anda dan membuat Anda bahagia, meluangkan waktu untuk bermeditasi - dan melanjutkannya selama liburan.

Keterampilan coping liburan Anda dapat mencakup merencanakan apa yang akan Anda pakai sebelumnya. "Cari satu atau dua pakaian yang kamu rasa benar-benar bagus (atau setidaknya tidak buruk!) Pakai, dan beri dirimu izin untuk menjadikannya 'seragam liburan' kamu," ujarDu Breuil memberi tahu Bustle. Misalnya rok hitam dan turtleneck. Tidak perlu menyimpang dari apa yang membuat Anda merasa aman, bahagia, dan nyaman. Jika perlu, beli beberapa item yang sama dan pakai berulang kali.

8. Gunakan mantra

Ketika segala sesuatunya menjadi sulit, akan sangat membantu untuk memiliki ucapan-ucapan positif untuk diulangi pada diri Anda sendiri agar membantu Anda melewati saat ini. "Ini bisa berupa apa saja dari, 'Saya memilih untuk memasukkan energi ke dalam pertumbuhan saya, tidak mengecilkan tubuh saya,” atau 'Menghitung kalori tidak membawa kebahagiaan'," katanya kepada Bustle. Mengulangi mantra-mantra ini secara diam-diam untuk diri sendiri - atau bahkan menuliskannya - ketika Anda merasakan gelembung peningkatan citra diri yang buruk dapat membantu mengingatkan Anda tentang seberapa jauh Anda telah datang, dan seberapa banyak cinta yang Anda miliki untuk tubuh Anda (dan tubuh Anda memiliki untukmu).

9. Bantuan Profesional

Tidak ada rasa malu dalam meminta bantuan profesional. "Jika Anda atau seseorang yang Anda sayangi menghadapi tantangan emosional, mental, atau fisik yang membuatnya sulit untuk tetap aman, silakan terhubung dengan profesional kesehatan untuk mendapatkan dukungan khusus," kata Dr. Vechakul. Ini sangat penting jika Anda berjuang dengan masalah citra tubuh tanpa orang lain di sekitar Anda sebagai sistem pendukung.

Kaplan merekomendasikan menemukan terapis yang berspesialisasi dalam masalah gangguan makan dan citra tubuh yang dapat membantu. Perjuangan citra tubuh selama liburan itu nyata, tetapi itu tidak harus menjadi fokus musim perayaan Anda. Terapkan praktik-praktik sehat ini dan Anda akan memiliki kerangka kerja yang kuat untuk menavigasi liburan dengan bahagia.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life26 April 2024, 10:00 WIB

Berkhianat! 10 Ciri Orang Munafik yang Gampang Terlihat dari Sikap dan Ucapannya

Seseorang yang munafik mungkin terlihat tidak konsisten dalam perilaku dan ucapannya.
Ilustrasi - Seseorang yang munafik mungkin terlihat tidak konsisten dalam perilaku dan ucapannya. (Sumber : pexels.com/@Josue Feijoo)
Nasional26 April 2024, 09:31 WIB

Ada Zonasi, Simak 4 Jalur PPDB Tahun 2024 untuk SD, SMP, dan SMA

PPDB diselenggarakan secara objektif, transparan, dan akuntabel.
(Foto Ilustrasi) Ketentuan PPDB diatur dalam Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021. | Foto: Freepik/@master1305
Inspirasi26 April 2024, 09:30 WIB

Info Penerimaan Pegawai Lulusan SMA di Perusahaan, Penempatan Jawa Barat

Berikut Informasi Penerimaan Pegawai Lulusan SMA di Perusahaan untuk Penempatan Wilayah Jawa Barat.
Info Penerimaan Pegawai Lulusan SMA di Perusahaan, Penempatan Jawa Barat  (Sumber : Freepik)
Sukabumi26 April 2024, 09:02 WIB

Warga Resah! Beredar Video Konvoi Motor Bersajam di Jalan Pajampangan Sukabumi

Dalam video terlihat salah satu orang yang dibonceng menggesekkan sajam ke aspal.
Tangkapan layar video konvoi kawanan bermotor sambil membawa sajam di Jalan Nasional Jampangkulon-Surade, Desa Talagamurni, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Senin malam, 22 April 2024.| Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi26 April 2024, 09:01 WIB

Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi Studi Banding BUMD ke Yogyakarta

Sejumlah anggota Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi saat ini tengah  melakukan perjalanan dinas ke Jogjakarta
Sekretaris Fraksi PAN DPRD Kabupaten Sukabumi Heri Antoni  (Sumber : DPRD Kabupaten Sukabumi)
Sehat26 April 2024, 09:00 WIB

Bisa Anda Coba Dirumah, 8 Ide Camilan Ringan untuk Menurunkan Berat Badan

Camilan dapat membantu memuaskan rasa lapar di antara waktu makan, mencegah keinginan mengidam, dan memberikan nutrisi penting yang sehat dalam makanan Anda.
Ilustrasi - Camilan dapat membantu memuaskan rasa lapar di antara waktu makan, mencegah keinginan mengidam, dan memberikan nutrisi penting yang sehat dalam makanan Anda. (Sumber : pexels.com/@Antoni Shkraba).
Life26 April 2024, 08:00 WIB

12 Kebiasaan Sederhana yang Membuatmu Disenangi Semua Orang

Kebiasaan sederhana ini menunjukkan rasa hormat dan perhatianmu terhadap orang lain, dan orang-orang cenderung merasa dihargai saat merasa didengarkan dengan baik.
Ilustrasi - Kebiasaan Sederhana yang Membuatmu Disenangi Semua Orang (Sumber : Pexels/Thirdman)
Sehat26 April 2024, 07:00 WIB

9 Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari, Bisa Mengurangi Perut Kembung

Rutinitas pagi yang tenang dan santai, seperti minum air hangat, dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Minum Air Hangat. Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Food & Travel26 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Kencur untuk Meredakan Nyeri Sendi, Ini 8 Langkahnya!

Meskipun kencur memiliki banyak manfaat kesehatan, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum menggunakannya secara teratur, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.
Ilustrasi. Air Rebusan Kencur. (Sumber : Instagram/@meygaahuang)
Bola26 April 2024, 05:12 WIB

Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala Asia U-23 2024 usai Menang Dramatis atas Korsel

Fenomenal! Timnas Indonesia berhasil lolos semifinal Piala Asia U-23 2024 usai taklukan Korsel lewat drama adu pinalti.
Rafael Struick (kanan) cetak dua gol untuk Timnas Indonesia U-23 di laga versus Korsel. (Sumber : IG AFC Asian Cup)