Diet Ingin Sukses? Tambahkan Ini pada Menu Anda

Sabtu 04 Februari 2017, 06:19 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Anda tentu pernah mengalami rasa lapar saat sedang melakukan diet. Rasa lapar ini membuat banyak orang mengurungkan niatnya untuk diet. 

Namun, kini, Anda tak perlu khawatir lagi dengan rasa lapar tersebut. Kuncinya ada dalam jumlah serat yang dimakan dalam menu diet Anda. Sebab, serat dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, menurunkan gula darah, dan bebas kalori.

Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan minimal 25 gram serat untuk wanita dan 38 gram untuk pria. Sayangnya, kebanyakan orang dewasa hanya mengkonsumsi 15 gram serat setiap hari dalam diet mereka.

Padahal, menurut penelitian terbaru yang dilaporkan dalam Annals of Internal Medicine itu, asupan serat harian memiliki manfaat besar. Studi ini menemukan bahwa peserta yang menaikkan serat dalam diet setidaknya 30 gram sehari, tanpa mengubah apa pun dalam diet, dapat mengurangi sekitar 5 pon atau 2,5 kilogram.

Lalu bagaimana meningkatkan serat saat Anda sedang berdiet? Sereal dan kacang-kacangan mungkin bisa menjadi alternatif dalam menu diet karena mengandung serat yang besar. Buah-buahan, sayuran, juga suplemen serat bisa menjadi pilihan. 

Berikut ini beberapa jenis makanan tinggi serat.

Plum

Satu porsi (sekitar 4 plum) memiliki 3 gram serat dan 290 miligram kalium serta kurang dari 100 kalori. Sebuah studi menunjukkan, dibandingkan dengan makanan ringan lainnya, plum dapat membantu kadar glukosa darah, meningkatkan rasa kenyang, dan menekan rasa lapar.

Pasta

Sebagian besar varietas pasta memiliki sekitar 3 gram serat dimasak per cangkir. Beberapa merek lain memiliki hingga 6 gram serat untuk menjaga Anda berenergi dan kenyang lebih lama.

Pistachio

Satu porsi atau satu ons (sekitar 49 biji) memiliki 3 gram serat dan 6 gram protein, ditambah 30 vitamin yang berbeda, mineral, dan fitonutrien. Kalori yang dihasilkan pun hanya 160 kalori dan 13 gram lemak serta 90 persen dari lemak dalam pistachio merupakan tak jenuh, yaitu "lemak baik".

Apel

Sebuah apel berukuran kecil mengandung 75 kalori dan 3,5 gram serat. Penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Appetite menunjukkan wanita yang menambahkan tiga apel kecil untuk diet mereka setiap hari akan kehilangan berat badan sekitar dua pon atau 1 kilogram dalam 10 minggu. Apel mengandung asam ursolic, senyawa alami yang dipercaya dapat meningkatkan pembakaran lemak dan dapat mempromosikan massa otot.

 

Sumber: TEMPO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Sukabumi18 Mei 2024, 21:43 WIB

Tertimpa Bangunan Akibat Longsor, Kronologi Tewasnya Penjaga Ponpes di Sukabumi

Meninggalnya Jaenudin pertama kali diketahui oleh tenaga pengajar dan santri.
Petugas di lokasi longsor Ponpes Yaspida, Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Nasional18 Mei 2024, 21:07 WIB

Sempat Dirawat, Tokoh Pers Salim Said Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Prof Salim Said dikonfirmasi oleh istrinya, Herawaty.
Salim Said meninggal dunia. | Foto: Istimewa/Ranahriau.com
Sehat18 Mei 2024, 21:00 WIB

Nyeri Dada, 7 Gejala Tak Biasa Kolesterol Tinggi Pada Pria di Malam Hari

Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari.
Ilustrasi - Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi18 Mei 2024, 20:53 WIB

Jumat Berbagi, Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi Bagikan 100 Porsi Makanan

Yuniar Budi Satrio menekankan pentingnya berbagi dengan sesama.
Kegiatan Jumat Berbagi Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi. | Foto: PLN
Sehat18 Mei 2024, 20:00 WIB

Galau Asam Urat Sering Kambuh? Cobain 6 Makanan Ini untuk Mengobatinya

Asam urat yang menyerang tubuh akan membuat si penderitanya merasa terganggu dan tersiksa.
Ilustrasi. Beberapa makanan ini ampuh untuk mengatasi asam urat. (Sumber : Freepik/lifeforstock)
Life18 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut.
Ilustrasi - Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi Memilih18 Mei 2024, 18:56 WIB

Koalisi Harapan Baru Sukabumi, Relawan Deklarasi Iyos Somantri untuk Pilkada 2024

Iyos mengatakan komunikasi dengan beberapa partai politik terus dilakukan.
Iyos Somantri dimintai keterangan oleh wartawan setelah deklarasi di salah satu hotel di Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Bola18 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bali United, Siapakah yang Lolos ke Final?

Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024.
Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi18 Mei 2024, 18:04 WIB

Penjaga Ponpes di Kadudampit Sukabumi Tewas Akibat Longsor

Polisi berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat dan Ponpes Yaspida.
Petugas dan warga di lokasi longsor di Kampung Renged RT 10/03 Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 18:00 WIB

5 Doa untuk Membolak Balikan Hati Seseorang, Bisa Bikin Luluh!

Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras.
Ilustrasi berdoa. - Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras. | (Sumber : Foto: Freepik.com)