WNA China yang Diselamatkan Di Laut Sukabumi Diserahkan Ke Imigrasi

Selasa 18 Juni 2024, 18:15 WIB
9 orang WNA asal China saat di Sat Reskrim Polres Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi

9 orang WNA asal China saat di Sat Reskrim Polres Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi

SUKABUMIUPDATE.com - Usai melakukan penyelidikan, akhirnya Kepolisian Resort Sukabumi menyerahkan sembilan orang warga negara asing (WNA) asal China dan tiga Warga Negara Indonesia (WNI) asal NTT ke kantor Imigrasi kelas II Non TPI Sukabumi

Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo, menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap sembilan WNA tersebut dan hasilnya menunjukkan tidak ada bukti yang mengarah pada tindak pidana. 

Oleh karena itu, kata Tony, pihak memutuskan untuk menyerahkan mereka secara langsung kepada para petugas Kantor Imigrasi kelas II Non TPI Sukabumi untuk proses lebih lanjut. 

"Sejauh ini polisi belum menemukan adanya indikasi perbuatan melawan hukum," kata Tony kepada sukabumiupdate.com, Selasa (18/6/2024) 

Tony mengatakan, setelah berkoordinas dengan petugas imigrasi, para WNA diserahkan kepada Kantor Imigrasi kelas II Non TPI Sukabumi, pada hari minggu tanggal 16 Juni 2024 pukul 10.00 WIB, di halaman Mako Sat Reskrim Polres Sukabumi dalam Keadaan sehat dan lengkap. 

Baca Juga: 9 WNA China Terombang-ambing di Laut Sukabumi dan Sempat Ditangkap Tentara Australia

Adapun identitas warga negara asing asal China yang diamankan adalah Lu Zhijia (55), Dong Guanyou (52), Jiang Maozhen (41), Liu Shiwen (25), Zhou Shiwei (47), Dong Guansheng (47), Zhong Weisheng (62), Yu Zongzheng (28) dan Zhang Lin (55). Dan identitas tiga WNI asal NTT adalah La Ode Saharudin (41), La Alamin (39) dan La Jamii (41). 

Sebelumnya diberitakan, Polisi mengamankan sembilan orang warga negara asing (WNA) yang berasal dari China di perairan laut Kabupaten Sukabumi pada Sabtu (15/6/2024). 

Saat itu, Kasat Polairud Polres Sukabumi, AKP Tenda Sukendar, membenarkan kejadian tersebut setelah sebelumnya mendapat laporan dari nelayan di dermaga PPNP, Palabuhanratu.  

"Ya, benar. Ada laporan dari orang di dermaga PPNP bahwa nelayan dari Ujung Genteng, sekitar 40 mil (sekitar 8 jam perjalanan), menemukan sebuah kapal meminta bantuan. Di dalam kapal tersebut terdapat 12 orang, termasuk 9 WNA dari China dan 3 warga dari Nusa Tenggara Timur," ujar Tenda. 

Menurut Tenda, setelah diperiksa paspor ke sembilan WNA tersebut sudah tidak berlaku sejak satu bulan yang lalu. Polisi segera berkoordinasi dengan Polres Sukabumi dan Kasat Intelkam untuk menindaklanjuti penjemputan WNA di tengah laut. 

"Kami juga berkoordinasi dengan pihak imigrasi. Kami berangkat menjemput mereka di laut, bertemu dengan nelayan yang membawa mereka, kemudian mengarahkan mereka ke dermaga dan langsung dibawa ke Polres," ungkapnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik22 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Steal My Girl One Direction yang Viral di TikTok

Salah satu penggalan Lirik Lagu Steal My Girl One Direction yang viral di TikTok adalah "Everybody wanna steal my girl. Everybody wanna take her heart away", sehingga banyak dicari warganet.
Official Video Lagu Steal My Girl One Direction. Foto: YouTube/OneDirection
Sukabumi22 Juli 2024, 16:51 WIB

Curug Puncak Manik Terbengkalai, Pemdes Cibenda Sukabumi Bicara Pelepasan Lahan

Curug Puncak Manik, sebuah air terjun eksotis yang dikenal sebagai objek wisata fenomenal, kini menghadapi tantangan serius
Curug Puncak Manik, Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Entertainment22 Juli 2024, 16:45 WIB

Unggah Foto Kentang Goreng McD, V BTS Dapat Kritikan dari ARMY Hingga Trending di X

V BTS mendapatkan kritikan dari penggemar dan netizen usai mengunggah foto kentang goreng dari restoran cepat saji McDonald’s (McD) pada Minggu, 21 Juli 2024, di Instagram pribadinya.
Unggah Foto Kentang Goreng McD, V BTS Dapat Kritikan dari ARMY Hingga Trending di X (Sumber : Instagram/@thv)
Film22 Juli 2024, 16:30 WIB

Sinopsis Kang Mak from Peek Mak, Film Remake Horor Thailand yang Dipenuhi Kelucuan

Kang Mak from Peek Mak adalah salah satu film horor komedi terbaru di Indonesia yang akan tayang di seluruh bioskop Tanah Air, pada Kamis, 15 Agustus 2024 mendata
Sinopsis Kang Mak from Peek Mak, Film Remake Horor Thailand yang Dipenuhi Kelucuan (Sumber : Instagram/@vinogbastian__)
Sukabumi22 Juli 2024, 16:07 WIB

Bobby Maulana dan Tim MKTech Bantu Modal Usaha Pak Engkos Korban Hipnotis

Bagian dari program "Menata Kebaikan," Bobby Maulana dan tim MKTech memberikan bantuan modal usaha kepada Pak Engkos. Selain itu, mereka juga memberikan penghargaan sebagai pelaku UKM yang telah konsisten berjualan selama puluhan
Artis Bobby Maulana saat bertemu Pak Engkos (tukang tahu yang jadi korban hipnotis) warga Kota Sukabumi | Foto : Ist
Life22 Juli 2024, 16:00 WIB

7 Ciri Perempuan yang Memiliki Inner Beauty Kuat Dalam Dirinya

Perempuan dengan inner beauty memancarkan daya tarik yang jauh melampaui penampilan fisik.
Ilustrasi - Perempuan dengan inner beauty memancarkan daya tarik yang jauh melampaui penampilan fisik. (Sumber : pexels.com/@Hải Nguyễn).
Entertainment22 Juli 2024, 15:45 WIB

Rilis Foto Welcome Back, 2NE1 Akan Kembali dengan Menggelar World Tour

Kabar gembira buat penggemar Kpop, girl grup legendaris asal YG Entertainment yaitu 2NE1 akan comeback dan menggelar tur secara global untuk bertemu dengan penggemar.
Rilis Foto Welcome Back, 2NE1 Akan Kembali dengan Menggelar World Tour (Sumber : Instagram/@yg_ent_official)
Sukabumi22 Juli 2024, 15:33 WIB

Rumah di Parungkuda Sukabumi Kebakaran, Baru Ditinggalkan 2 Menit oleh Pemilik

Hanya berselang dua menit setelah meninggalkan rumah, api sudah terlihat berkobar.
Rumah Muhammad Raharjo (20 tahun) kebakaran pada Senin (22/7/2024). Rumah ini berlokasi di Kampung Leuwi Orok RT 10/04 Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Film22 Juli 2024, 15:30 WIB

Sinopsis Daily Dose of Sunshine, Menang Drama Terbaik di Blue Dragon Series Awards

drama korea Daily Dose of Sunshine memenangkan nominasi sebagai drama terbaik di Blue Dragon Series Awards ke-3. Bahkan, Park Bo Young yang menjadi pemeran utama juga menjadi pemenang sebagai pemeran utama wanita terbaik
Sinopsis Daily Dose of Sunshine, Menang Drama Terbaik di Blue Dragon Series Awards (Sumber : X /@infodrakor_id)
Bola22 Juli 2024, 15:00 WIB

Link Live Streaming Persis Solo vs PSM Makassar di Grup A Piala Presiden 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persis Solo vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persis Solo vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Istimewa.).