Selamat Ya! Berikut Daftar Juara Pemilihan Duta Baca Kabupaten Sukabumi 2024

Sabtu 08 Juni 2024, 12:56 WIB
Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi, Aisah (tengah) berfoto bersama dengan para Duta Baca Kabupaten Sukabumi 2024 terpilih. (Sumber : Istimewa)

Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi, Aisah (tengah) berfoto bersama dengan para Duta Baca Kabupaten Sukabumi 2024 terpilih. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Arsip dan Perpustakaan atau Diarpus Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan ajang Pemilihan Duta Baca Kabupaten Sukabumi di tahun 2024 ini.

Sebanyak 64 orang peserta dari 27 Kecamatan mengikuti masa pra karantina yang dilakukan secara daring mulai tanggal 3-5 Juni 2024, dan karantina di Hotel Sukabumi Indah, Kecamatan Sukabumi, tanggal 6-7 Juni 2024.

Kepala Bidang Perpustakaan Diarpus Kabupaten Sukabumi, H. Yana Chefiana mengatakan, bahwa kegiatan pemilihan Duta Baca Kabupaten Sukabumi tahun 2024 ini merupakan salah satu ikhtiar Diarpus dalam meningkatkan pembudayaan kegemaran membaca di masyarakat.

“Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan, bahwa perpustakaan harus bersinergi dengan berbagai pihak dalam pembudayaan kegemaran membaca, dan salah satunya adalah dengan para Duta Baca," kata Yana.

Baca Juga: Diarpus Catat Tingkat Baca di Kabupaten Sukabumi Meningkat, Siap Hadirkan Inovasi

Menurut Yana, para peserta menerima berbagai materi, wawasan dan pengetahuan dalam berbagai hal seperti penyusunan karya tulis ilmiah, mendongeng, personal branding, dan pembuatan konten yang menarik. Selain itu mereka juga mengikuti berbagai tahapan penilaian dari para Dewan Juri, mulai dari presentasi, wawancara serta unjuk kabisa.

Kegiatan Pemilihan Duta Baca Kabupaten Sukabumi tahun 2024 ditutup oleh Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan, Hj. Aisah, S.E.Ak., M.Sc., dengan menyampaikan harapan besar kepada para seluruh Duta Baca 2024 untuk tetap semangat dan terus berkolaborasi dengan Diarpus.

“Kami berharap Duta Baca menjadi perpanjangan tangan Diarpus dan menjadi agent of change dalam mengkampanyekan dan mensosialisasikan pentingnya pembudayaan kegemaran membaca, baik di keluarga, sekolah, perguruan tinggi maupun di desa/kecamatan masing-masing," ujar Aisah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, berikut daftar pemenang ajang pemilihan Duta Baca Kabupaten Sukabumi tahun 2024.

Juara 1 putra : M. Faisal (Kecamatan Sukaraja)
Juara 1 putri : Annisa Siti Farikha Ramlan (Kecamatan Cisolok)
Juara 2 putra : Kitman Arianto (Kecamatan Cibadak)
Juara 2 putri : Mira Nurmaulidya (Kecamatan Gunungguruh)
Juara 3 putra : M. Ariel Nurfadli (Kecamatan Cikakak)
Juara 3 putri : Sabrina Nuralisa (Kecamatan Cibadak)
Juara Harapan 1 putra : Muhammad Maliq (Kecamatan Gunungguruh)
Juara Harapan 1 putri : Harindi Hasnawa (Kecamatan Cikembar)
Juara Harapan 2 putra : Muhammad Dani (Kecamatan Nyalindung)
Juara Harapan 2 putri : Tazkia Mutmainnah (Kecamatan Ciracap)

Para pemenang mendapatkan hadiah berupa uang, sertifikat, selempang, dan berbagai doorprize menarik dari sponsor, diantaranya Universitas Muhammadiyah Sukabumi, PT. Semen Indonesia (SCG), Primaya Hospital, PT. Erlangga, Pegadaian Syariah, Bank Muamalat, Pt. Yakult Indonesia Persada, PT. Indolakto, PT. Aqua, PT. Amerta Indah Otsuka, serta Gramedia.

Selain itu ada beasiswa kuliah di kelas internasional Universitas Nusa Putra yang diberikan kepada 3 orang terbaik dari tingkat SMA yaitu M. Faisal, M. Ariel, dan Nazwa Yulistia.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada panitia internal Dinas maupun Paguyuban Duta Baca serta kepada seluruh sponsor yang telah mendukkung dan berkolaborasi dengan Diarpus sehingga kegiatan Pemilihan Duta Baca Kabupaten Sukabumi tahun 2024 berjalan dengan baik dan sukses," tutup Yana. (ADV)

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 Juni 2024, 19:20 WIB

Polisi Telusuri Identitas Tengkorak Celana Merah di Cioray Sukabumi

Pihak kepolisian tengah lakukan penyelidikan kasus penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Keuangan24 Juni 2024, 19:09 WIB

BPJS dan UU Desa Baru: Kades, Perangkat dan BPD Dilindungi Jamsostek

Melalui perannya dalam UU Desa, BPJS Ketenagakerjaan berperan aktif dalam mendukung pembangunan dan perlindungan sosial di tingkat desa, sehingga masyarakat desa dapat merasakan manfaat nyata.
Peran BPJS Ketenagakerjaan dan UU Desa 2024 | Foto : Ist
Sehat24 Juni 2024, 19:00 WIB

Asam Lambung & GERD! Awas 7 Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung, yang bisa memperparah kondisi seperti refluks asam (GERD) atau penyakit tukak lambung. Asam lambung berlebih dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada dan tenggorokan.
Ilustrasi. Asam Lambung Naik! Awas Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sehat24 Juni 2024, 18:30 WIB

Begini 7 Cara Menghindari Lonjakan Gula Darah yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 Juni 2024, 18:17 WIB

Ada Training Pink dan Bra, Mayat Tinggal Tengkorak Di Cioray Sukabumi Diduga Perempuan

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, mengatakan bahwa saat ia bersama sejumlah anggota Kepolisian tiba di lokasi, diduga tengkorak tersebut berjenis kelamin perempuan
Tengkorak manusia dan celana panjang warna merah di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life24 Juni 2024, 18:00 WIB

Doa yang Dibaca Saat Menyambut Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air

Doa untuk jemaah haji yang pulang ke tanah air ini dianjurkan dibacakan saat menyambutnya.
Ilustrasi - Jemaah haji yang pulan ke tanah air. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sukabumi24 Juni 2024, 17:48 WIB

Sidak Ke PT BBM: BPJS dan Disnakertrans Sukabumi Pastikan Ahli Waris Pekerja Tewas Dapat Hak

Inspeksi ini dilakukan sebagai respons terhadap laporan kecelakaan kerja yang mengakibatkan kematian salah seorang buruh.
BPJS dan Disnakertrans Sukabumi Sidak ke PT BBM Padabeunghar menyusul adanya pekerja tewas tergiling mesin pengolah batu kapur | Foto : Ist
Life24 Juni 2024, 17:45 WIB

Mengenal Gangguan Keterikatan Reaktif Pada Anak Serta Gejala Hingga Penyebabnya

Gangguan Keterikatan Reaktif atau RAD merupakan suatu kondisi kesehatan mental yang terbentuk akibat kekerasan emosional hingga fisik dari orang tua dan pengasuhnya.
Ilustrasi mengenal gangguan keterikatan reaktif (RAD) pada anak (Sumber : Pexels.com)
Sehat24 Juni 2024, 17:30 WIB

4 Makanan dan Minuman yang Bermanfaat untuk Penderita Asam Urat

mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengatasi gejala asam urat.
Ilustrasi - mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengatasi gejala asam urat. (Sumber : pexels.com/Matt Hardy)
Sukabumi24 Juni 2024, 17:13 WIB

Sinergi BJB Syariah - LW Doa Bangsa Dalam Pengelolaan Wakaf di Daerah

Lembaga Wakaf (LW) Doa Bangsa telah menginvestasikan Dana Wakafnya di Bank BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Sukabumi, dalam program Tabungan Setara Deposito atau disingkat Tasedo, pada Senin (24/6/2024).
Lembaga Wakaf Doa Bangsa mulai menginvestasikan dana nasabah di BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Sukabumi | Foto : Ist