Mengupas Kalibunder: Potensi UMKM dan Surga Wisata di Selatan Sukabumi

Kamis 06 Juni 2024, 11:02 WIB
Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Memiliki luas wilayah 7.736 hektare, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan. Terdapat tujuh desa di kecamatan selatan Sukabumi ini yakni Kalibunder, Sukaluyu, Balekambang, Cimahpar, Sekarsari, Mekarwangi, dan Bojong.

Camat Kalibunder Encep Iwan Kartawirya mengungkapkan kecamatannya memiliki moto "Kalibunder Hiber". Ini adalah gagasan dari camat terdahulu. Kalibunder Hiber artinya Kalibunder berprestasi, bermanfaat, dan bermartabat. Saat ini, kata Encep, pihaknya bersama Forkopimcam sedang menjalankan program "sapoe di lembur".

Adapun pelayanan "sapoe di lembur" berupa adminduk, kesehatan, dalduk, keamanan dan ketertiban masyarakat, pelayanan KUA, pelayanan BPP/pertanian, pembinaan linmas, ormas, dan pembinaan agama. "Beberapa kegiatan yang sedang dilakukan ini mudah-mudahan menjadi langkah menuju Kalibunder Hiber. Upaya membentuk SDM yang tangguh," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Rabu, 5 Juni 2024.

Baca Juga: Dinsos Salurkan Bantuan untuk Anak Penyandang Disabilitas di Kalibunder Sukabumi

Terkait ekonomi di Kalibunder, lanjut Encep, ada kurang lebih 1.361 UMKM yang tersebar di tujuh desa. Aktivitasnya mengarah kepada kegiatan home industry seperti konveksi, pengolahan gula merah, mebel, ternak, kerajinan anyaman, pembuatan tempe, budi daya jamur tiram, industri pengolahan makanan seperti donat, kue pasar, keripik pisang, keripik singkong, warung kelontongan, jual beli hasil bumi, dan kerajinan sapu ijuk.

"UMKM sedang difasilitasi legalitasnya oleh Dinas Perdagangan dan Industri bebarapa waktu lalu, tanggal 28 Mei 2024, melalui kegiatan sosialisasi dan pendampingian legalitas UMKM di aula Kecamatan Kalibinder. Diharapkan seluruh UMKM dan IKM memiliki legaliatas usaha," katanya.

Encep menyebut Kalibunder juga memiliki potensi wisata, namun lebih kepada wisata adventure seperti wisata sungai yakni Cikaso, Ciseureuh, dan Sungai Ciawitali. Lalu wisata danau seperti Danau Ciengang dan Bagendit yang sudah melegenda di telinga warga Pajampangan. Kemudian sirkuit PO Cimahpar dan Kaleang Bolang (wisata sungai).

"Ini potensi yang dimiliki Kecamatan Kalibunder. Untuk menggali semua itu memang tidak mudah. Perlu menyiapkan sumber daya manusia. Hari ini mulai langkah dan upaya mengembangkan dan menciptakan sumber daya manusia yang mumpuni," ujar Encep.

Kecamatan Kalibunder berada 350 meter di atas permukaan laut dengan sebagian besar wilayah berbentuk perbukitan. Kalibunder diapit empat kecamatan. Di sebelah utara ada Lengkong, timur Pabuaran, selatan Tegalbuleud, dan barat berbatasan dengan Cimanggu. Sementara jumlah penduduk di Kecamatan Kalibunder hingga akhir Februari 2024 adalah sekitar 31.968 orang. (ADV)

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 Juni 2024, 20:15 WIB

Selain Celana Merah dan Bra Ada Kemeja Bergaris Biru, Tengkorak di Cioray Sukabumi

Berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis, tengkorak tersebut diduga berjenis kelamin perempuan dengan usia di perkirakan antara 20 sampai 30 tahun.
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 20:03 WIB

Misteri Uang 62 Ribu Di Saku Celana Tengkorak Di Cioray Sukabumi

Penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, masih menjadi misteri. Penemuan tengkorak itu disertai dengan temuan pakaian korban dan uang di saku celana.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life24 Juni 2024, 20:00 WIB

Kembang Kol dan Gula Darah: 10 Manfaat dan Memasukkannya ke Diet Ramah Diabetes

Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes.
Ilustrasi - Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Sukabumi24 Juni 2024, 19:52 WIB

100 Meter Ke Pemukiman, Lokasi Penemuan Tengkorak di Cioray Sukabumi Jarang Dilalui Warga

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, menjelaskan bahwa lokasi penemuan tersebut jarang dilalui warga karena kondisi yang rimbun dan tidak terurus. Padahal cuma sekitar 100 meter dari pemukiman warga
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 19:20 WIB

Polisi Telusuri Identitas Tengkorak Celana Merah di Cioray Sukabumi

Pihak kepolisian tengah lakukan penyelidikan kasus penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Keuangan24 Juni 2024, 19:09 WIB

BPJS dan UU Desa Baru: Kades, Perangkat dan BPD Dilindungi Jamsostek

Melalui perannya dalam UU Desa, BPJS Ketenagakerjaan berperan aktif dalam mendukung pembangunan dan perlindungan sosial di tingkat desa, sehingga masyarakat desa dapat merasakan manfaat nyata.
Peran BPJS Ketenagakerjaan dan UU Desa 2024 | Foto : Ist
Sehat24 Juni 2024, 19:00 WIB

Asam Lambung & GERD! Awas 7 Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung, yang bisa memperparah kondisi seperti refluks asam (GERD) atau penyakit tukak lambung. Asam lambung berlebih dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada dan tenggorokan.
Ilustrasi. Asam Lambung Naik! Awas Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sehat24 Juni 2024, 18:30 WIB

Begini 7 Cara Menghindari Lonjakan Gula Darah yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 Juni 2024, 18:17 WIB

Ada Training Pink dan Bra, Mayat Tinggal Tengkorak Di Cioray Sukabumi Diduga Perempuan

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, mengatakan bahwa saat ia bersama sejumlah anggota Kepolisian tiba di lokasi, diduga tengkorak tersebut berjenis kelamin perempuan
Tengkorak manusia dan celana panjang warna merah di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life24 Juni 2024, 18:00 WIB

Doa yang Dibaca Saat Menyambut Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air

Doa untuk jemaah haji yang pulang ke tanah air ini dianjurkan dibacakan saat menyambutnya.
Ilustrasi - Jemaah haji yang pulan ke tanah air. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi