Terjawab Sudah, Sumber Listrik TV di Tengah Sawah dalam Iklan Jadul RCTI

Senin 26 Februari 2024, 18:30 WIB
Terjawab sudah kenapa TV dalam iklan jadul RCTI bisa nyala padahal lokasinya berada di tengah-tengah sawah dan jauh dari permukiman (Sumber : YouTube/Official RCTI)

Terjawab sudah kenapa TV dalam iklan jadul RCTI bisa nyala padahal lokasinya berada di tengah-tengah sawah dan jauh dari permukiman (Sumber : YouTube/Official RCTI)

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi orang yang tumbuh di era 90-an pastinya tidak asing dengan iklan ikonik dari salah satu stasiun televisi RCTI.

Iklan tersebut mungkin sangat berkesan bagi sebagian orang dan bahkan banyak yang memuji konsep iklan tersebut yang dianggap unik jika dibandingkan dengan iklan lain di zaman itu.

Dalam iklan jadul RCTI itu salah satu scenenya memperlihatkan beberapa orang yang tengah menonton televisi di sebuah gubuk yang ada di tengah-tengah hamparan persawahan.

Banyak pertanyaan mengenai iklan tersebut salah satunya adalah darimana sumber listrik untuk menyalakan televisi mengingat lokasinya yang jauh dari perkampungan, , alat yang digunakan untuk mengambil gambar dari udara, hingga lokasi syuting.

Baca Juga: Lokasi Iklan Jadul RCTI di Tengah Sawah Ternyata di Pelabuhan Ratu Sukabumi

Rasa penasaran yang bertahun-tahun terpendam pun akhirnya terjawab sudah. Mulai dari lokasi syuting hingga pengambilan gambar kini mulai terbongkar satu-persatu.

Salah satu akun X (dulu Twitter) dengan username @ipangwahid, membongkar semua rahasia di balik iklan jadul RCTI di tengah sawah tersebut.

Menurutnya, iklan tersebut adalah hasil produksi dirinya yang lokasi syutingnya ada di Pelabuhan Ratu, Sukabumi di tahun 1995. Namun tidak disebutkan lokasi persisnya.

Rasa penasaran warganet dengan teknologi yang digunakan RCTI untuk iklan jadulnya akhirnya telah terjawab sudah.Rasa penasaran warganet dengan teknologi yang digunakan RCTI untuk iklan jadulnya akhirnya telah terjawab sudah.

“Ini iklan saya yg buat. Syutingnya di pelabuhan ratu tahun 1995. Saya lupa waktu itu kameranya dimount di helikopter atau di pundaknya burung elang,” tulisnya.

Baca Juga: Bukan Drone! Syuting Iklan RCTI di Sawah Pelabuhan Ratu Ternyata Pakai Alat Ini

Beliau menjelaskan dalam cuitan selanjutnya, bahwa iklan RCTI di sawah ternyata menggunakan helikopter dan menggunakan kamera film 35mm yang dipasang di samping body helikopternya.

Kemudian, untuk masalah TV di tengah sawah, rupanya TV tersebut tidak benar-benar dinyalakan, namun menggunakan teknologi green screen.

“Syutingnya di Pelabuhan Ratu pakai helikopter dgn kamera film 35mm dipasang disamping body heli. Heli gak terlalu dekat objek supaya saung gak tertiup angin. TVnya tidak nyala, tapi ditempel greenscreen,” ungkapnya.

Ia memberitahukan jika dirinya sendiri yang memberi arahan kepada para pemainnya langsung. Apalagi saat itu tidak bisa komunikasi dengan pilot atau kameramen di helikopter, jadi hanya memakai insting.

Baca Juga: Viral Pernikahan Mojang Sukabumi, Seserahan Mobil Mewah hingga Rumah 1,5 M

“Saya ikutan jalan di pematang, kasih arahan ke pemainnya. Krn gak bisa komunikasi dgn pilot/kameraman di heli, jadi semuanya pakai insting saja,” ujarnya.

Terdapat hal unik saat pencarian lokasi syuting sawah di Pelabuhan Ratu Sukabumi ini. Ternyata pemilihan lokasinya menggunakan helikopter dan untuk menentukan lokasi aktualnya lompat dari helikopter dan melalui jalan darat karena belum ada GPS.

Ipang Wahid sendiri saat itu menjabat sebagai Line Produser, Penata Artistik dan Asisten Sutradara. Sementara sutradaranya orang Inggris, kameramen orang Australia dan Produsernya adalah Mira Lesmana.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi18 Mei 2024, 21:43 WIB

Tertimpa Bangunan Akibat Longsor, Kronologi Tewasnya Penjaga Ponpes di Sukabumi

Meninggalnya Jaenudin pertama kali diketahui oleh tenaga pengajar dan santri.
Petugas di lokasi longsor Ponpes Yaspida, Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Nasional18 Mei 2024, 21:07 WIB

Sempat Dirawat, Tokoh Pers Salim Said Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Prof Salim Said dikonfirmasi oleh istrinya, Herawaty.
Salim Said meninggal dunia. | Foto: Istimewa/Ranahriau.com
Sehat18 Mei 2024, 21:00 WIB

Nyeri Dada, 7 Gejala Tak Biasa Kolesterol Tinggi Pada Pria di Malam Hari

Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari.
Ilustrasi - Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi18 Mei 2024, 20:53 WIB

Jumat Berbagi, Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi Bagikan 100 Porsi Makanan

Yuniar Budi Satrio menekankan pentingnya berbagi dengan sesama.
Kegiatan Jumat Berbagi Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi. | Foto: PLN
Sehat18 Mei 2024, 20:00 WIB

Galau Asam Urat Sering Kambuh? Cobain 6 Makanan Ini untuk Mengobatinya

Asam urat yang menyerang tubuh akan membuat si penderitanya merasa terganggu dan tersiksa.
Ilustrasi. Beberapa makanan ini ampuh untuk mengatasi asam urat. (Sumber : Freepik/lifeforstock)
Life18 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut.
Ilustrasi - Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi Memilih18 Mei 2024, 18:56 WIB

Koalisi Harapan Baru Sukabumi, Relawan Deklarasi Iyos Somantri untuk Pilkada 2024

Iyos mengatakan komunikasi dengan beberapa partai politik terus dilakukan.
Iyos Somantri dimintai keterangan oleh wartawan setelah deklarasi di salah satu hotel di Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Bola18 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bali United, Siapakah yang Lolos ke Final?

Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024.
Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi18 Mei 2024, 18:04 WIB

Penjaga Ponpes di Kadudampit Sukabumi Tewas Akibat Longsor

Polisi berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat dan Ponpes Yaspida.
Petugas dan warga di lokasi longsor di Kampung Renged RT 10/03 Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 18:00 WIB

5 Doa untuk Membolak Balikan Hati Seseorang, Bisa Bikin Luluh!

Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras.
Ilustrasi berdoa. - Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras. | (Sumber : Foto: Freepik.com)