Pernah Diresmikan Mantu Jokowi, Proyek Perumahan Di Sukabumi Mangkrak

Jumat 09 Februari 2024, 22:52 WIB
Lokasi proyek perumahan Bobby Nasution (Mantu Jokowi) di Sukabumi mangkrak | Foto : Asep Awaludin

Lokasi proyek perumahan Bobby Nasution (Mantu Jokowi) di Sukabumi mangkrak | Foto : Asep Awaludin

SUKABUMIUPDARE.com - Proyek pembangunan perumahan bersubsidi melalui program 'Nawacita Sukabumi Sejahtera Satu' yang pernah diresmikan Bobby Nasution yang juga merupakan menantu dari Presiden Joko Widodo mangkrak. Kondisi lahan kini ditumbuhi rumput liar setinggi dua kali lipat orang dewasa.

Pantauan langsung sukabumiupdate.com di lokasi proyek yang berada di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi pada Jumat 9 Februari 2024, lokasi itu kian tak terurus. Tak ada satupun bangunan yang berdiri di atas lahan seluas 35 hektar itu, yang terlihat hanya semak belukar setinggi 3 hingga 4 meter. Selain itu, pembangunan hanya menyisakan akses jalan bebatuan dan dinding Tembok Penahan Tanah (TPT) saja.

Warga setempat, Uus (53 tahun) mengungkapkan bahwa mangkraknya proyek tersebut diperkirakan sudah hampir empat tahun yang lalu sejak proses cut and fill dilakukan.

Baca Juga: Sekelumit Persoalan Jejak Mangkraknya Perumahan Mantu Jokowi di Sukabumi

"Kurang lebih ada 4 tahun mah (mangkrak), pertamanya ini ya hutan aja, pertamanya hutan ya sekrang juga jadi hutan lagi aja, cuman kalau dulu kan banyak pohonnya kalau sekarang cuman rumput aja tinggi-tinggi," ujar Uus kepada sukabumiupdate.com di lokasi proyek pada Jumat (9/2/2024).

Selain itu, sejak pemberhentian proses cut and fill beberapa tahun kebelakang, Uus mengungkap tidak ada bangunan yang nampak selain TPT dan badan jalan bebatuan di lokasi proyek. Terlebih dua rumah contoh yang sempat dibangun pun kondisinya hanya tersisa pondasi saja.

"Iya cuman ini bangunan mah (TPT) kalo dulu kan buat ngejaga supaya nggak longsor dari sana, paling Rumah Contoh ada dua rumah cuman udah nggak ada, udah di bongkar lagi," kata dia.

"Baru dua aja yang dibenahin mah cuman ini (TPT) akses jalan sama ngeratain tanahnya aja patok-patok gitu buat rumahnya cuman belum ada bangunan apa-apa masih kosong," tambah dia.

Baca Juga: Profil Mantu Jokowi yang Pernah Resmikan Proyek Perumahan di Sukabumi

Lebih lanjut, Uus mengaku tidak tahu pasti alasan mangkraknya proses pembangunan perumahan itu. Namun demikian berdasarkan kabar burung yang diterimanya bahwa pemilik proyek sudah tidak ada. "Belum ada bangunan, masih tanah aja nggak tahu kenapa nggak diterusin Bobbynya nggak ada katanya," pungkasnya.

Sebelumnya, seperti dikutip dari teras.id, proyek perumahan program Nawacita Sukabumi Sejahtera Satu dibangun di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. Proyek ini diresmikan Bobby Nasution pada Senin, 21 Januari 2019 di tengah hujan deras.

Dalam peresmian tersebut, Bobby Nasution menjelaskan, tahap awal rencana pembangunannya 500 unit rumah, dari total keseluruhan 1500 unit rumah. Tahap ini menghabiskan lahan 15 hektar dan untuk selanjutnya keseluruhan ada 35 hektar. "Ini merupakan program nawacita yang bekerja sama dengan pemerintah dan Bank Tabungan Negara (BTN). Semua anggaran pun sesuai aturan pemerintah, begitu juga perbankan sesuai yang ditunjuk pemerintah," katanya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi17 Mei 2024, 23:06 WIB

Rahmat Tamatan SD, Menyoroti Lingkaran Sosial Pembunuh Ibu Kandung di Kalibunder Sukabumi

Lingkaran sosial budaya dan pendidikan di lingkungan Rahmat Pembunuh Ibu Kandung jadi perhatian serius Forkopimcam Kalibunder Sukabumi.
Rumah Inas (43 tahun) dan Rahmat alias Herang (25 tahun) atau lokasi pembunuhan di Kampung Cilandak RT 15/04, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi17 Mei 2024, 22:12 WIB

Studium Generale UMMI Sukabumi Bahas Implementasi Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan

Gelar Studium Generale, UMMI Sukabumi bahas implementasi transisi PAUD ke SD yang menyenangkan bersama Kemendikbudristek RI.
Studium Generale UMMI Sukabumi bersama Kemendikbudristek dihadiri para guru hingga unsur dinas pendidikan setempat. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel17 Mei 2024, 21:00 WIB

Bantu Anak Tumbuh Tinggi, 6 Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari

Dengan mengintegrasikan kebiasaan minum susu di malam hari, anak dapat memperoleh manfaat gizi dan kesehatan yang signifikan. Kebiasaan minum susu ini akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.
Ilustrasi. Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi17 Mei 2024, 20:36 WIB

Kecelakaan di Jalur Lingsel Sukabumi, Dua Pemotor Remaja Terpental usai Tabrak Mobil

Berikut kronologi kecelakaan dua pemotor remaja yang terpental usai tabrak mobil yang sedang menyeberang di Jalur Lingsel Sukabumi.
TKP dua pemotor remaja terpental usai tabrak mobil yang sedang menyebrang di Jalur Lingkar Selatan (Lingsel) Cisaat Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 20:30 WIB

5 Alasan Mengendalikan Kadar Asam Urat dalam Tubuh Sangat Penting

Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat.
Ilustrasi - Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Sehat17 Mei 2024, 20:00 WIB

Sufor Pengganti ASI, Ini 10 Jenis Susu yang Bisa Dikonsumsi Anak

Alternatif lain, namun perlu diperhatikan bahwa susu almond biasanya lebih rendah protein dibandingkan ASI atau susu sapi. Maka dari itu, pilih jenis susu yang difortifikasi sebagai pengganti ASI.
Ilustrasi. Susu Formula Berbasis Susu Sapi adalah jenis susu formula yang paling umum dan mirip dengan komposisi ASI dalam hal protein, lemak, dan karbohidrat. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi17 Mei 2024, 19:34 WIB

Habiskan Rp10 Juta, Ini Alasan Warga Swadaya Cor Jalan Rusak di Cidahu Sukabumi

Perbaikan jalan rusak secara swadaya di Cidahu Sukabumi saat ini tengah dihentikan sementara.
Warga dan komunitas di Cidahu Sukabumi swadaya cor jalan rusak. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 19:30 WIB

Sehat dan Bebas dari Kolesterol Tinggi: 5 Latihan Fisik yang Harus Anda Lakukan

Penderita kolesterol dapat meringankan gejalanya dengan latihan fisik sederhana.
Ilustrasi - Penderita kolesterol dapat meringankan gejalanya dengan latihan fisik sederhana. (Sumber : Freepik.com).
Life17 Mei 2024, 19:00 WIB

5 Kelompok Ciri Anak Lelah Mental Karena Sering Dimarahi Orang Tua

Anak yang lelah karena sering dimarahi orang tua berusaha keras untuk menyenangkan orang tua dan menghindari konflik dengan melakukan apa pun yang diminta, tanpa memikirkan kebutuhannya sendiri.
Ilustrasi. Ciri Anak Lelah Mental Karena Sering Dimarahi Orang Tua (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Sukabumi17 Mei 2024, 18:44 WIB

Dikeluhkan Warga, TPS Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi Ditutup Sementara

DLH Kabupaten Sukabumi dan pihak kelurahan Palabuhanratu sepakat tutup sementara TPS Pangsor Lio.
TPS Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi ditutup sementara usai dikeluhkan warga karena sampah menumpuk. (Sumber : SU/Ilyas)