Kapok? Inilah Sederet Kesan Pengunjung Usai Berwisata ke Geopark Ciletuh Sukabumi

Selasa 30 Januari 2024, 19:16 WIB
Geopark Ciletuh salah satu tempat wisata di Kabupaten Sukabumi. | Foto: Pinterest (Maniak Wisata Indonesia)

Geopark Ciletuh salah satu tempat wisata di Kabupaten Sukabumi. | Foto: Pinterest (Maniak Wisata Indonesia)

SUKABUMIUPDATE.com - Para pengunjung objek wisata alam di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu Sukabumi relatif mengaku puas setelah menikmati langsung pengalaman aneka ragam objek wisata yang tersedia.

Mereka kadang tak segan-segan memuji keindahan dan keasrian alam Sukabumi. Bahkan diantara mereka banyak membandingkan wisata alam Sukabumi dengan keindahan wisata alam di daerah lain yang sudah terkenal, seperti Bali, Lombok dan lain-lain.

Namun, banyak juga para pengunjung mengaku tidak puas dengan berbagai fasilitas yang tersedia di obyek wisata yang mereka kunjungi di Geopark Ciletuh Sukabumi maupun perjalanan menuju lokasi.

Sebagai informasi, destinasi wisata Geopark Ciletuh Sukabumi merupakan salah satu objek wisata yang paling banyak diulas oleh pengunjung. Ragam kesan pengunjung atas kondisi wisata alam Sukabumi tersebut mereka tinggalkan di kolom ulasan google, setidaknya terdapat 6.023 ulasan. Berikut adalah sederet ulasan terbaru seperti dilihat sukabumiupdate.com, Selasa (30/1/2024).

Baca Juga: 14 Latihan Sederhana Agar Punya Mental Kuat dan Tidak Mudah Stres

"secara keseluruhan bagus ya dengan lautan yg mengarah ke samudra. di tambah curugnya pokoknya seru tapi jalannya cukup curam dan banyak tikungan2 kalo gak kuat bisa muntah. untuk yang masuk ke tugu geopark air lautnya kotor banyak sampah. kurang paham knp bisa kotor dan banyak sampah," tulis manjit sanghera.

Ulasan lainnya, seperti ditinggalkan oleh badi 2021, ia menuliskan kesannya cukup panjang. 

Perjalanan Lampu merah Jl Raya Pelabuhan Ratu menuju Ciletuh cukup menantang. Banyak tanjakan/ turunan tajam yang panjang dan berkelok. Siapkan kondisi kendaraan agar prima.

Banyak titik henti untuk menikmati pemandangan yang indah, perpaduan antara bebatuan pantai, laut dan perbukitan.

Setidaknya menginap semalam - dua malam untuk bisa menikmati obyek2 menarik: curug, pantai, pulau2, dan makanan lautnya.

Belum ada sovenir khas yang dijual khusus untuk wisatawan. Oleh-oleh yang bisa dibawa adalah ikan asin, ikan segar, dan mangga. 

Berikutnya: 

Ombak nya tenang karena letaknya yg merupakan teluk.
Pantainya pasir hitam, dan airnya keruh karena jadi pertemuan dua sungai. Jadi baju bekas main pasir nya kotor sekali.
Kalau mau menikmati pantai pasir putih bisa menyebrang ke pulau dengan trif 40.000/orang (Desember 2023)
Jalan ke geopark ciletuh ini luar biasa menantang dan bikin degdegan.
Pastikan kendaraan dalam kondisi baik sebelum menuju kesini karena mostly tanjakan & turunan yg curam serta belokan tajam.
Tapi selebihnya, jalur menuju geopark ciletuh punya pemandangan yg luar biasa indah dan memanjakan mata. tulis Ariyani Pancawati

Rutenya seru sepanjang jalan indah, jalanan mulus namun tanjakan panjang & tikungan jadi ekstra hati², kanan kiri hutan, masih sepi, ada pantai pasir putih nyebrang bayar 300k perkapal airnya jernih. Sri Rahmawati (ERA)

Spot foto banyak yang bagus, perjalanan menuju kesana view-nya sangat mengesankan.
Selalu berhati-hati jika ingin kesini terlebih cek kondisi kendaraan anda.
Bisa berkemah juga disini pokok tempat nya enak sekali, parkiran juga luas ada homestay juga bagi yang ingin menginap dan jangan lupa minum es kelapa samping pantai wkwkkw. Dede Hendi Purnama

Baca Juga: DPRD Sukabumi Prihatin dengan Kondisi Perumda ATE, Dorong Pemkab Turun Tangan

Jalurnya banyak tikungan, seru cornering tipis2 wkwk... Tanjakan lumayan extream, kendaraan wajib fit sih apa lagi boncengan, harus memadai bagian cvt nya bagi matic.. tapi asli mantep pemandangannya, gak sia2 jauh2 kesini..lebih asik rombongan sih ini soalnya saya solo riding 😁 -+5jam perjalanan dari tangerang selatan sampai sini. Adi Saputra

Pantai yang cukup bagus sudah bisa camping dilokasi juga dan warung2 pinggir pantai yg cukup baik dengan pengunjung, harga camp di lokasi 30k termasuk pantai yg bersih dari parung memakan waktu 6 jam perjalanan dan ada tanjakan yg cukup ekstrem tapi view nya kereen bangeet motor kami sepmpay tidak kuat nanjak.. πŸ˜‚πŸ˜‚. Sania Armawati

Sangat indah... Blum banyak wisatawan..objek foto cantik...makanan murah.. penginapan murah. Pembayaran cash atau bisa juga transfer.

Tapi...persiapkan diri anda untuk perjalanan...cikidang...loji...sungguh luar biasa menguji adrenaline... Jalanannya sudah bagus..tapi curam dan mendaki...

Isi bensin penuh penuh..karena sangat jarang ketemu pom bensin besar... Pom mini banyak . Tapi terkadang trnyata sudah tidak beroperasi. Afrida Triana.

Pemandangan dari Puncak Darma, Ciletuh Geopark sangat indah. Jalan berkelok menuju lokasi menjadi kenikmatan tersendiri bagi pengendara motor, tak heran banyak komunitas motor menuju kesana. Retribusi dan parkir dikelola secara mandiri oleh penduduk setempat.
Warung - warung tradisional menyediakan hidangan seperti indomie, mie ayam, es kelapa muda, koi dan teh serta minuma ringan lain. Semoga semakin berkembang menjadi pusat wisata yang mendunia. Ignatius Setiawan

Nice and beautyfull view, walau track nya sangat membuat jantung dag dig dug tapi terbayarkan pas sampai di Atas. Harga² penginapan dan makanan juga terjangkau dan masuk di akal A.K.A tidak Nembak Harga. Disarankan datang saat Weekday jadi Puas sekali karna sepi, nyebrang dan snorkling pun tanpa batas an waktu. Dan sudah tidak ada PungLi saat sy kesana. Diah Ayu.

Perjalanan menuju geopark ciletuh…Mantap perjalanan yg menggemaskan, bagi sy seorang perempuan (emak emak 50 thnn) nyetir sendiri start dari kota sukabumi melalui jalur puncak darma dg menggunakan honda jazz 2016, adalah pengalaman yg takkan terlupakan, mengingat jalur yg cukup menantang, dg tikungan yg tajam dan tanjakan yg aduhai, harus ekstra hati hati dan waspada, pokoknya bagi saya sangat menantang n menggemaskan, alhamdulillah rambu rambu lalin n marka jalan sangat jelas jadi sangat membantu sy sbg driver dlm menguasai jalur perjalanan, sampai di puncak darma -masyaAllah- kita disuguhi pemandangan yg sangat cantik menawan, pokoknya all in kereeeen bangetHadijahrochman2789 Hadijah

Masya Allah pemandangan nya dr sini bisa liat laut, hutan & perkebunan sekaligus. Tempat makan disini juga lumayan enak dengan harga yg terjangkau. Cuma selagi makan terganggu oleh kucing yg menghampiri piring kita ( krn kita makan lesehan), udh dikasih makanan masih aja deketin piring jadi risih & ga tenang makan nya. seli triwahyuni

Ini salah satu tempat yang sudah diakui oleh UNESCO. Dimana di dalam satu kawasan geopark terdapat Curug, pantai, dan puncak. Namun, untuk menuju kesini nya diperlukan usaha yang cukup besar, karena akses jalan menuju geopark Ciletuh lumayan menantang. Tapi kalau sudah sampai saya rasa sudah cukup terbayarkan..ultramen sakti

Pantai nya bagus, tp emang kurang perhatian perintah setempat utk hal kebersiahan nya.
Homestay dan penginapan lumayan bnyk dgn hrg terjangkau. Terima kasih ciletuh. fahroel rahman

Baca Juga: Nomor Favorit Bisa Mengungkapkan Kepribadian Seseorang, Anda yang Mana?

Tempat yg sangat indah terutama curugnya. Sebuah kawasan geopark yg luas. Gak cukup sehari menelusuri tempat ini. Baru bisa sehari ke 8 tempat yaitu curug sodong, curug cilanteh, curug ngelay, curug cimarinjung, pantai palangpang, patai kunti dan puncak darma.

Kemarin ikut tour dari explorer.idn. harga di luar makan dan minum ya.
Geopark ciletuh ini kalau ke curug ngelay harus naik ke atas yg cukup curam. Tapi oemandangannya indah bngt lo. fania surya

Best place ❀️ Gunung perbukitan laut pulau sawah sungai curug pedesaan dll lah semua ada disini, homestay disini terjangkau jg harganya.
Saran kalau kesini motornya harus SEHAT pake banget πŸ˜‚ buat liat keindahan semuanya itu ekstream bngt 😁 menyiksaku tapi sungguh candu.. πŸƒπŸƒ Ayu Lestari

Mending pake tour guide yg dr IG, @Geopark_Ciletuh_Sukabumi_ . Rekomen banget! Fix yg demen hiking, ini cocok bgt, seru dan pengalaman banget orangnya! Ter luv! Tp pantainya agak kotor sih. Dan jalan kesana effort bgt astaga😩😩 Mendaki gunung, jalan kelak kelokπŸ₯²πŸ₯² Irella Hidna Uli Nuha (IG: Irellahun)

Itulah sederet komentar atau ulasan yang ditinggalkan para pengunjung dalam ulasan google yang dipilih redaksi sukabumiupdate.com.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi03 Mei 2024, 13:49 WIB

Disperkim Segera Bangun Tugu Nol Kilometer Kabupaten Sukabumi, Lokasi Mulai Dirapihkan

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) telah memulai melakukan penataan area lokasi yang akan menjadi tempat pembangunan Tugu Nol Kilometer Kabupaten Sukabumi yang berada di Alun-Alun Palabuhanratu.
Penataan area pembangunan tugu nol kilometer Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life03 Mei 2024, 13:48 WIB

Hadiahi Perilaku Baik, Ini 8 Cara Mengajarkan Keterampilan Disiplin Diri pada Anak

Apa pun jenis disiplin yang Anda gunakan pada anak, tujuan akhir dari strategi pengasuhan Anda adalah untuk mengajarkan disiplin diri pada anak.
Ilustrasi mengajarkan keterampilan disiplin diri pada anak. | Foto: Pexels.com/@Andrea Piacquadio
Sukabumi03 Mei 2024, 13:36 WIB

Penguatan P2WKSS, Pemkot Sukabumi Tingkatkan Peran Perempuan dalam Pembangunan

Ineu Nuraeni menjelaskan soal P2WKSS dan lokus program di Kelurahan Sukakarya.
Rapat koordinasi program P2WKSS pada Jumat (3/5/2024) di Balai Kota Sukabumi. | Foto: Website KDP Kota Sukabumi
Life03 Mei 2024, 13:30 WIB

6 Alasan Kenapa Perantau Dikenal Punya Mental Tangguh dan Petarung, Ini Penyebabnya

Para perantau pada umumnya akan memiliki mental tanggung dan petarung. Sebab, berada di lingkungan baru membentuknya sedemikian rupa.
Ilustrasi. Alasan perantau punya mental tangguh. Sumber foto : Pexels/GustavoFring
Science03 Mei 2024, 13:25 WIB

Prediksi Temperatur di Jawa Barat, BMKG Soal Suhu Panas di Indonesia dan Asia

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung, Teguh Rahayu, pada Kamis 2 Mei 2024 menjelaskan bahwa fenomena ini dipengaruhi oleh gerak semu matahari.
peta temperatur wilayah pada Jumat (3/5/2024) (Sumber: zoom.earth)
Sukabumi03 Mei 2024, 13:16 WIB

Dipasang Bronjong, Dinas PU Tangani Longsor Tebing Di Jalan Surade Sukabumi

UPTD Pekerjaan Umum Jampangkulon Kabupaten Sukabumi melaksanakan kegiatan pemasangan bronjong pada lokasi longsor di ruas jalan Kadaleman-Mareleng Sta 3+800 di Desa Kadaleman, Kecamatan Surade.
Pemasangan bronjong di lokasi longsor di jalan ruas Kadaleman-Mareleng, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sehat03 Mei 2024, 13:00 WIB

Langkah Simpel Membuat Teh Daun Mangga untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : YouTube/G Family Thai).
Life03 Mei 2024, 12:30 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang yang Berakhlak dan Beradab, Yuk Terapkan!

Cara mendidik anak agar menjadi orang yang berakhlak dan beradab memang impian semua orang tua. Yuk, terapkan!
Ilustrasi. Cara mendidik anak agar berakhlak dan beradab. Sumber foto : Pexels/GustavoRing
Bola03 Mei 2024, 12:00 WIB

Peluang Terakhir ke Olimpiade Paris 2024: Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Laga Play-off

Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika.
Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika. (Sumber : pssi.org)
Life03 Mei 2024, 11:40 WIB

Simak Alasan dan Konsekuensi Perbedaan Pendapat dalam Mendisiplinkan Anak

Perbedaan pendapat terkadang bisa menjadi pelengkap dalam setiap pasangan, begitu pun ketika mendisiplinkan anak. Namun apa alasan perbedaan itu?
Ilustrasi perbedaan pendapat dalam mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Migs Reyes